Cara Jitu Cari Modal Usaha

Dalam dunia usaha, modal adalah unsur terpenting, sebab dalam tanpa modal, usaha tidak akan berjalan, alias berjalan di tempat. Tentu saja hal ini bagi para wiraswasta merupakan mimpi buruk, oleh karena itu para pebisnis biasanya mencari cara sekuat mungkin untuk bisa cari modal usaha untuk bisa dikembangkan dan menguntungkan.

Hal ini tentu saja tidak keliru, yang keliru adalah cara berpikir para pebisnis yang terpatri kalau yang namanya modal adalah uang dan uang. Mereka lupa bahwa mereka pun sejatinya punya modal, hanya saja tidak dalam bentuk uang.

Walau demikian diakui atau tidak memang modal finansial adalah hal yang tidak perlu dikesampingkan juga untuk menjadi modal, sebab kenyataannya memang banyak pengusaha yang hebat namun kehebatannya menjadi tidak menguntungkan sebab tidak ditopang oleh financial yang kuat. Oleh sebab itu cari modal usaha dalam bentuk uang juga penting.

Cara Cari Modal

Saat anda mencari modal usaha, Anda harus mengerti bagaimana cara jitu cari modal usaha. Berikut ini adalah beberapa cara efektif dan jitu dalam mencari modal usaha :

  1. Anda harus tahu ke mana cari modal usaha, sebab jika Anda tidak tahu tempat yang biasa meminjamkan modal maka Anda pastinya tidak akan dapat modal dengan jumlah yang diharapkan.
  2. Anda harus mengetahui sistem pinjaman modal, pemahaman ini biasanya tergantung kepada keyakinan. Jika Anda merasa yakin dengan sistem syariah, Anda bisa mendapatkan modal di BMT maupun di bank yang menyediakan sistem syariah yang saat ini mulai menjamur dengan sistem bagi hasil.
  3. Setelah anda mengetahui tempat dan sistemnya, maka langkah selanjutnya saat cari modal usaha adalah membuat proposal. Dalam proposal itu dijelaskan jenis usaha Anda, nominal uang yang akan Anda pinjam sesuai kebutuhan bisnis Anda, peluangnya serta waktu pengembaliannya. Setelah Anda buat proposal selanjutnya tunggu keputusan dari pihak pemodal.

Anda Adalah Modal

Anda yang sering terlewat saat Anda mencari modal, yaitu diri Anda sendiri. Ya diri Anda sendiri adalah modal yang bisa diandalkan saat anda mencari modal financial. Semakin baik diri Anda untuk dijadikan modal tentu saja semakin baik juga para pemodal dalam melihat prospek bisnis Anda, sehingga mereka pun tidak akan segan-segan memberi bantuan saat anda mencari modal usaha.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda upayakan untuk menjadikan Anda sendiri sebagai modal yang baik dalam membangun bisnis Anda:

  1. Kejujuran Anda adalah modal untuk mencari modal usaha. Hubungan pemodal dengan pengusaha biasanya cukup kuat dipengaruhi oleh kejujuran. Jika para pemodal mengerti benar kalau Anda adalah orang yang jujur, tentu saja hal ini dapat memudahkan Anda dalam upaya cari modal usaha. Oleh sebab itu, sebaiknya nama baik Anda sebagai orang jujur harus dipertahankan sekuat mungkin.
  2. Jaringan Anda mencari modal dalam upaya mencari modal usaha. Ada adagium yang mengatakan sebaik apa pun usaha Anda kalau tidak punya jaringan usaha Anda akan gagal. Luasnya jaringan Anda sebaiknya Anda perlihatkan secara detail di depan pemodal, hal ini tentu akan menyakinkan pemodal bahwa usaha yang akan Anda kembangkan ditopang oleh jaringan bisnis yang kuat.

Berbagai Cara Mengembangkan Modal

Jika Anda mendapatkan modal usaha dari orang tua atau dari diri Anda sendiri, tentu Anda akan berhati-hati karena tidak mau modal yang dikeluarkan hangus begitu saja. Oleh sebab itu, selalu dibutuhkan cara untuk bisa mengembangkan modal tersebut menjadi sesuatu yang mendatangkan keuntungan.

Jika Anda sudah memiliki modal tersebut, segera pertimbangkan jenis usaha apa yang memang benar-benar sesuai dengan bakat, kemampuan, dan selera Anda. Jika Anda memang berbakat di dunia kuliner, maka Anda bisa mempergunakan modal tersebut untuk membuka usaha kuliner.

Jika Anda tidak memiliki pegangan untuk membuat sebuah usaha kuliner yang baru, maka Anda bisa membuka usaha kuliner waralaba seperti yang banyak dilakukan para wirausahawan di Indonesia. Beberapa jenis usaha waralaba di bidang kuliner antara lain adalah KFC, McDonald, CFC, Dunkin Donuts, Kebab Turki, dan masih banyak lagi jenis usaha yang bisa Anda jalani dengan sistem tersebut.

Namun, jika Anda memiliki ide yang memang baik dan unik, maka lakukan usaha tersebut dengan sungguh-sungguh dan sebaik-baiknya agar bisa berkembang sehingga modal yang Anda gunakan tidak akan sia-sia.

Selain usaha di bidang kuliner, Anda juga bisa membuka bisnis lain dengan modal yang Anda miliki. Seperti halnya membuka butik atau toko pakaian, membuka toko elektronik, dan hal lain yang memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Tapi ingat, usaha yang Anda jalankan tersebut tentu harus Anda ketahui terlebih dahulu.

Modal Usaha dari Bank

Salah satu tempat yang banyak digunakan oleh para wirausahawan untuk cari modal usaha adalah Bank. Bank merupakan lembaga umum yang memberikan pelayanan peminjaman terhadap siapa pun yang hendak membuka usaha. Salah satu Bank dengan prestasi yang baik dalam hal meminjamkan modal usaha adalah Bank Mandiri.

Bank tersebut bahkan memberikan penghargaan setiap tahunnya kepada wirausahawan yang telah sukses menjalankan bisnisnya di bidang yang mereka tekuni.

Anda pun tentu bisa melakukan peminjaman dengan syarat-syarat yang nantinya akan diketahui lewat costumer service yang bekerja di bidang peminjaman modal. Biasanya, Anda perlu membuat proposal mengenai usaha yang akan dibangun dengan perincian modal yang diperlukan untuk membangun usaha tersebut.

Atau, Anda juga bisa terlebih dahulu membangun usaha yang ingin dikembangkan dengan menggunakan modal pribadi. Jika usaha tersebut memperlihatkan kemajuan selama beberapa bulan atau tahun, pihak Bank akan lebih cepat memberikan peminjaman modal dibandingkan jika Anda belum melakukan usaha apa pun untuk menjalankan bisnis Anda.

Cari Modal Usaha dari Koperasi

Sama halnya dengan Bank, koperasi juga menyediakan pelayanan untuk memberikan pinjaman modal. Namun, untuk meminjam modal dari koperasi, Anda terlebih dahulu harus menjadi anggota dari koperasi tersebut. selain itu, usaha yang hendak dijalankan sebisa mungkin akan memberikan dampak yang baik bagi kemajuan koperasi.

Akan tetapi, koperasi biasanya memiliki dana yang tidak terlalu besar seperti halnya Bank sehingga Anda harus kembali menghitung berapa modal yang diperlukan untuk membangun usaha tersebut agar tidak salah perhitungan saat hendak melakukan peminjaman modal ke koperasi.

Syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam peminjaman modal ke koperasi juga biasanya sama dengan persyaratan yang harus dipenuhi saat hendak meminjam modal ke Bank. Namun, di koperasi ini biasanya Anda lebih mudah untuk mencicil modal tersebut daripada di Bank.

Cari Modal Usaha dari Donatur

Ada lagi satu cara yang bisa digunakan untuk mencari modal usaha, yakni dengan membuat proposal usaha dan mengajukannya ke beberapa instansi baik pribadi maupun kelompok yang berhubungan dengan usaha yang akan dijalankan.

Misalnya saja, untuk menjalankan usaha salon, Anda bisa mendatangi instansi yang bergerak di dalam pembuatan produk kecantikan. Atau Anda juga bisa mendatangi instansi yang berhubungan dengan masalah kecantikan. Namun, modal yang biasanya didapat tidak hanya berjenis materi uang saja.

Ada beberapa instansi yang lebih memilih untuk memberikan modal berupa barang dibandingkan uang. Misalnya saja, jika Anda mau membuka usaha salon kecantikan dan meminta modal kepada perusahaan sampo untuk memberi modal, mereka akan lebih memilih memberikan modal berbentuk sampo yang nantinya dipergunakan untuk kebutuhan salon.

Namun, ingat juga, baik modal usaha yang dipinjam atau pun didapatkan secara gratis tentu akan menuntut pertanggungjawaban Anda sehingga Anda harus berhati-hati dalam menjalankan usaha tersebut agar bisa dipercaya oleh orang atau pihak yang memberikan modal tersebut.

Speak Your Mind

*