Cara Memakai Eye Shadow yang Bikin Wow

Ilustrasi cara memakai eye shadowMemakai eye shadow merupakan salah satu bagian paling asyik dalam berdandan. Ini karena kita bisa memadupadankan aneka warna sesuai kehendak kita. Meskipun terlihat mudah, tidak jarang orang kesulitan memilih warna yang tepat atau menerapkan cara memakai eye shadow yang hasilnya bisa bikin orang terpana.

Kenali Jenis-jenisnya

Eye shadow memiliki beberapa bentuk: bubuk padat (pressed eye shadow), bubuk (loose eye shadow), krim dan gel. Masing-masing bentuk memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bentuk eye shadow paling umum yang kita temui adalah dalam bentuk pressed eye shadow. Bentuk ini adalah bentuk yang paling mudah dipakai, akan tetapi juga mudah hilang jika tidak diberi dasar.

Bentuk bubuk biasanya memiliki warna yang lebih kuat. Akan tetapi karena bentuknya, ia harus diberi dasar agar bisa menempel di mata. Karena bubuk, ia juga mudah menyebar di mana-mana hingga bisa terkesan berantakan.

Eye shadow dalam bentuk krim menarik untuk dipakai karena warnanya yang “jreng” di mata. Untuk membuatnya lebih tahan lama, tambahkan bedak tabur di atasnya. Hanya saja hal ini akan membuat efek bersinarnya berkurang. Cara mengaplikasikan eye shadow bentuk krim adalah dengan menggunakan jari atau kuas sintetis.

Eye shadow yang berbentuk gel juga bagus untuk dipakai. Meskipun demikian, eye shadow jenis ini kering lebih cepat dibandingkan dengan bentuk krim. Jadi, Anda harus bergerak cepat untuk mengaturnya. Gunakan kuas sintetis atau jari sebagai cara mengaplikasikan eye shadow ini.

Bagaimana Cara Memakai Eye Shadow?

Pada dasarnya, memakai eye shadow itu mudah saja. Anda tinggal memilih dua warna atau lebih, kemudian mengaplikasikannya ke mata. Anda bisa memilih mengaplikasikan di bagian kelopak mata secara gradasi dari bagian dalam mata ke arah luar. Lalu, tambahkan highlight warna muda (seperti merah muda, putih atau kuning) di bawah alis mata. Anda juga bisa membuat lapisan bertumpuk dari bawah ke atas dengan warna paling gelap di bagian dasar.

1. Membuat Mata Terlihat Lebih Bulat

Untuk membuat mata Anda terlihat lebih bulat, bubuhkan eye shadow mulai dari sudut mata dalam ke arah luar dengan ketebalan yang sama. Tambahkan juga di sudut luar menuju bagian bawah mata. Untuk mata yang sipit, cara mengaplikasikan eye shadow adalah dengan menyapukan eye shadow membentuk oval dengan puncak pada bagian tengah mata. Tambahkan juga di bagian bawah.

2. Membuat Mata Lebih Lebar

Agar mata Anda terlihat lebih lebar, sapukan warna gelap pada sudut luar mata naik membentuk mata hingga separuh jalan. Lakukan hal yang sama dengan bagian bawah. Si mata sipit dapat menggunakan cara mengaplikasikan eye shadow dengan membentuk sudut lingkaran yang sedikit naik dibandingkan mereka yang bermata bulat.

3. Menghilangkan Si Mata Mengantuk

Agar mata Anda terlihat terbuka, bubuhkan warna gelap dari bagian luar mata dan bagian bawah mata menuju ke sudut luar mata secara diagonal. Hati-hati jangan terlalu tajam atau hasilnya akan terlihat tidak natural.

4. Agar Mata Terlihat Lebih dalam dan Besar

Jika Anda membubuhkan warna eye shadow gelap di bagian bawah mata dan bagian atas tempat bulu mata tumbuh, Anda akan menciptakan ilusi mata yang lebih dalam dan besar. Cara mengaplikasikan eye shadow ini membuat Anda terlihat lebih tajam dan ekspresif.

Cara Memakai Eye Shadow Cair (Gel)

Eye shadow berbentuk gel adalah pilihan tepat bagi Anda yang baru belajar menggunakan kosmetik mata. Efek yang dihasilkan terlihat lembut dan ringan, sehingga terlihat natural dan tidak menor tetapi gemerlap. Sebaiknya pilih merek eye shadow cair sesuai dengan merek kosmetik mata Anda yang lain, seperti eye liner dan maskara agar semuanya berkolaborasi dengan baik. Ini dia langkah-langkah memakai eye shadow cair:

  1. Gunakan eye shadow cair untuk membuat tampilan berkilau (gemerlap) di mata Anda.
  2. Untuk mempertegas bentuk alis, gunakan eye shadow cair berwarna terang. Campurkan dengan eye shadow padat untuk hasil maksimal.
  3. Buat bayangan atau lekukan dengan mengaplikasikan eye shadow cair warna gelap.
  4. Untuk membuat efek smoky eyes, pilih eye shadow cair berwarna gelap dan aplikasikan di sepanjang garis mata, terutama di bagian bawah mata.
  5. Pilih warna eye shadow cair yang sesuai dengan warna mata Anda. Jika mata Anda berwarna cokelat, pilih merah, cokelat, atau biru. Mata hitam cocok dengan warna apa saja.

Itulah beberapa langkah mengaplikasikan eye shadow cair. Dalam menggunakannya, berhematlah, jangan terlalu banyak mengaplikasikan eye shadow cair ke mata Anda. Dalam memilih warna, pastikan warna eye shadow senada dengan warna kosmetik lain di wajah Anda.

Jika mata Anda teriritasi setelah menggunakan eye shadow cair, hentikan pemakaian karena itu bisa jadi merupakan reaksi alergi. Apabila Anda ingin mencoba menggunakan eye shadow cair tetapi tidak memilikinya, Anda bisa mengubah eye shadow bubuk Anda menjadi cair dengan cara membasahi sponge dan mengoleskannya ke eye shadow.

Cara Memakai Eye Shadow Bubuk

Kosmetik berbahan dasar air dan kosmetik berbentuk bubuk merupakan inovasi-inovasi kecantikan yang paling baru. Mengaplikasikan eye shadow bubuk berbeda dengan mengaplikasikan eye shadow gel atau padat. Dalam mengaplikasikannya, Anda harus berhati-hati, menyentuhkan tangan Anda dengan lembut, ringan, tanpa menekannya dalam-dalam untuk mendapatkan efek yang natural, segar, dan ringan. Secara umum, penggunaannya tidak jauh berbeda dengan penggunaan eye shadow padat. Inilah cara memakai eye shadow bubuk:

  1. Pilih satu atau dua warna eye shadow yang cocok dengan warna kulit Anda.
  2. Ketuk-ketuk wadah eye shadow bubuk Anda perlahan sebelum membukanya untuk meratakan isi wadah agar tidak tumpah.
  3. Aplikasikan eye shadow bubuk menggunakan ujung jari atau sponge dengan gerakan memutar. Untuk membuat garis tipis di kelopak mata, gunakan kuas kecil.
  4. Sapukan eye shadow cair ke kelopak mata Anda, mulai dari sudut dalam ke bagian luar. Sapukan dengan cepat dan ringan untuk meratakan eye shadow.
  5. Di atasnya, aplikasikan eye shadow bubuk berwarna terang. Sapukan dari ujung kelopak mata sampai ke tulang mata.
  6. Untuk membuat bayangan mata yang lebih gelap, aplikasikan eye shadow yang berwarna sedikit lebih gelap dan campurkan dengan cara yang sama dengan langkah kelima. Gunakan kuas yang berbeda saat mengaplikasikan eye shadow dalam warna yang berbeda-beda.

Cara Memakai Eye Shadow Krim

Eye shadow berbentuk krim banyak dipilih oleh wanita karena kemudahan penggunaannya dan warna-warnanya yang terang dan kuat. Namun, eye shadow bentuk krim juga memiliki kekurangan, di antaranya adalah warnanya yang mudah pudar. Jika Anda ingin menggunakan eye shadow krim yang tahan lama, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Aplikasikan eye shadow jenis lain (bubuk atau padat) berwarna netral sebagai dasar sebelum menggunakan eye shadow krim. Menggunakan eye shadow dasar bermanfaat untuk membantu eye shadow krim mudah melekat dan tidak mudah pudar.
  2. Gunakan eye shadow krim berbentuk stik untuk warna dasar, lalu aplikasikan warna yang lebih tua untuk membuat mata terlihat lebih dalam dengan kuas khusus. Kuas lebih baik digunakan karena dapat membantu Anda mengontrol jumlah dan lokasi penggunaan eye shadow di mata.
  3. Jangan pelit saat menggunakan eye shadow krim. Gunakan dan sebarkan ke seluruh kelopak mata menggunakan kuas. Aplikasikan sedikit dahulu pada awalnya lalu mulailah aplikasikan dalam jumlah yang lebih banyak.

Itulah beberapa tips dan informasi cara memakai eye shadow. Semoga bermanfaat!

Speak Your Mind

*