Cara Membuat Blog di Blogger Dengan Mudah

Bagaimana cara membuat blog di blogger? Web blog atau yang biasa disebut blog adalah sebuah aplikasi web tempat kita bisa memposting artikel secara berurutan dan membagikannya (sharing) ke pembaca lain. Pemilik blog disebut dengan blogger. Banyak blogger yang menggunakan blognya sebagai sebuah catatan harian online. Namun, ada juga yang menggunakan blog sebagai sarana pencari uang.

Di zaman internet seperti sekarang, memiiki blog atau website adalah hal yang biasa. Ada banyak sekali provider yang menyediakan layanan blog dan sejenisnya, seperti blogspot, joomla, wordpress, blog detik dan masih banyak lagi.

Jika Anda adalah seorang pemula dan ingin membuat blog untuk pertama kali, ada baiknya jika Anda menggunakan provider blogspot/blogger. Blogspot adalah provider blog yang disediakan oleh Google. Hal ini tentu memiliki banyak keuntungan daripada provider lain. Di antaranya adalah blog Anda akan mudah terindex oleh mesin pencari Google di halaman pertama.

Semakin sering blog Anda muncul di halaman pertama, semakin banyak pula orang yang masuk ke blog Anda. Tentu hal ini akan berdampak pada naiknya page rank blog dan akan sangat menguntungkan apabila Anda memasang iklan di sana.
Cara membuat blog di blogger sangat mudah. Namun masih banyak pemula yang merasa kesulitan dalam membuatnya. Berikut ini adalah penjelasan tentang bagaimana membuat blog di blogger dengan cepat.

Buat Email

Pertama, Anda harus memiliki alamat email aktif. Email sangat penting karena digunakan sebagai identitas Anda dalam membuat blogger. Apabila belum mempunyai email, Anda bisa membuatnya terlebih dahulu. Sama seperti blog, ada banyak provider email di dunia maya, baik yang bersifat gratis maupun berbayar.

Provider yang direkomendasikan adalah gmail karena provider ini sudah terintegrasi langsung dengan Google. Kunjungi terlebih dahulu alamat gmail di http://mail.google.com. Gmail sudah menyediakan layanan bahasa untuk semua negara di dunia. Anda bisa mengubah settingan bahasa menjadi Bahasa Indonesia dengan cara mengeklik tombol drop down di pojok kanan bawah, pilih  ‘Indonesia’ maka otomatis setting bahasa akan berubah menjadi bahasa Indonesia.

Setelah itu, pindahkan kursor ke bagian pojok kanan atas lalu pilih tombol ‘Buat Akun’.

Anda akan masuk ke halaman pengisian formulir. Formulir berisi tentang data diri dan semua identitas yang berkaitan dengan Anda. Pada kolom ‘Nama Depan’ dan ‘Nama Belakang’, isi dengan nama asli Anda. Apabila nama Anda terdiri atas 3 suku atau lebih, isikan saja suku pertama dan suku terakhir. Kemudian isi ‘Pilih nama pengguna Anda’ dengan nama yang Anda inginkan. Ini akan berfungsi sebagai alamat email Anda. Misalnya Anda menggunakan kata: anakgaulgituloh, maka alamat email Anda akan menjadi anakgaulgituloh@gmail.com.

Sekadar informasi, satu alamat email hanya bisa digunakan oleh satu pengguna di seluruh dunia. Tidak mungkin ada satu email yang dimiliki oleh dua orang yang berbeda. Oleh karena itu, Anda tidak bisa lagi menggunakan alamat email yang sudah dipakai oleh orang lain.

Setiap pengisian nama alamat, pihak gmail akan mengeceknya terlebih dahulu untuk mengetahui ketersediaan alamat tersebut. Apabila ternyata nama yang Anda pilih sudah dimiliki oleh orang lain, Anda bisa menambahkan angka ke nama tersebut, misal: anakgaulgituloh666, anakgaulgituloh69 atau yang lain.

Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengisi password dalam ‘Buat sandi’. Pilihlah password dengan campuran huruf dan angka agar tidak mudah terlacak oleh software robot jahat. Semakin alay password Anda, semakin kuat pula keamanan password tersebut.

Lalu, konfirmasi ulang password tersebut pada ‘Konfirmasi sandi Anda’. Isi data diri yang lain seperti tanggal lahir, gender, ponsel sesuai data diri asli Anda. Pada pilihan ‘Alamat email Anda saat ini’ Anda diminta untuk mengisi dengan alamat email lain yang Anda miliki. Hal ini untuk mempermudah apabila Anda ingin mereset akun di gmail yang diuat.

Isi captcha sesuai dengan huruf yang tertera pada gambar. Pilih lokasi sesuai dengan lokasi, Anda tinggal dan centang kotak kecil di sebelah ‘Saya menyetujui Persyaratan Layanan dan Kebijakan Privasi Google’. Klik ‘Langkah Berikutnya’. Nanti pihak Google akan mengirimkan kode verifikasi ke ponsel sesuai nomer yang Anda berikan tadi. Masukan kode verifikasi tersebut pada form yang tersedia dan gmail sudah siap digunakan.

Membuat Blog

Setelah email selesai dibuat, langkah selanjutnya dalam cara membuat blog di blogger adalah mengunjungi situs provider blog tersebut di http://www.blogger.com. Sama seperti pada proses pembuatan email, Anda bisa mengatur settingan bahasa ke tombol drop down di kanan bawah.

Pilih ‘Indonesia’ agar prosesnya lebih mudah dipahami. Kemudian, lakukan proses login/masuk dengan cara mengisi email dan sandi alamat email yang Anda buat tadi. Sebagai informasi, alamat email tersebut juga berfungsi untuk login ke blogger.

Lalu isi formulir yang tersedia di sana, seperti ‘Nama tampilan’, ‘Jenis Kelamin’, dan ‘Penerimaan Persyaratan’. Isi nama tampilan sesuai dengan nama yang diinginkan dalam profile blog. Isi jenis kelamin sesuai dengan jenis kelamin Anda. Lalu centang pada ‘Penerimaan Persyaratan’ sebagai tanda bahwa Anda menerima dan menyetujui semua persyaratan yang ditetapkan oleh blogger. Klik tanda panah ‘Lanjutkan’ untuk melanjutkan proses. Langkah selanjutnya berisi tentang tampilan blog yang Anda inginkan.

Untuk cara membuat blog di blogger baru, klik pada tombol ‘Blog Baru’. Kemudian, isi formulir yang tertera pada halaman. Judul adalah tampilan pada bagian judul blog yang Anda inginkan. Pilihlah kalimat yang paling sesuai untuk mendeskripsikan isi blog Anda secara keseluruhan. Apabila blog berisi tentang teknologi dan gadget yang terbaru, Anda bisa memilih judul Gadget Update. Alamat adalah nama blog yang diinginkan. Sekadar informasi, alamat blog tidak dapat diedit setelah Anda membuatnya.

Jadi, perhatikan dengan baik tentang nama yang Anda inginkan. Pilihlah nama yang mudah diingat orang sehingga mereka sering berkunjung ke blog Anda. Jangan gunakan kata yang terlalu sulit untuk diucapkan karena orang cenderung lebih suka mengingat hal yang sederhana.

Template digunakan untuk memilih tampilang blog yang Anda inginkan. Salah satu kelebihan blogger/blogspot adalah ketersediaan template yang sangat banyak dan kemudahan dalam pengaplikasiannya. Jangan khawatir karena Anda bisa mengganti template kapanpun semau Anda.

Setelah Anda yakin dengan judul dan  template blog, klik tombol ‘Buat Blog’. Anda sudah bisa menggunakan blog. Kemudian, segera lakukan posting untuk menghindari spam filter. Posting bisa berisi hal random ataupun materi yang sudah Anda siapkan sebelumnya.

Untuk membuat postingan, klik tombol ‘Mulai Mengeposkan’. Dalam membuat postingan, Anda akan masuk ke dalam halaman yang berisi judul dan artikel. Ada juga pengaturan lain seperti font, warna dan lain-lain. Pilih tombol ‘Publikasikan’ untuk mempublish postingan Anda. Setelah itu, klik tombol ‘Lihat Blog’ untuk melihat tampilan blog Anda.

Begitulah cara membuat blog di blogger. Sulit? Coba saja! Ini sangat mudah.

Speak Your Mind

*