Cara Membuat Blog Keren Untuk Bisnis

Cara Membuat Blog Keren Untuk Bisnis – Blog adalah salah satu media online yang kini banyak diminati oleh berbagai kalangan dan untuk berbagai tujuan. Ada yang menggunakannya untuk sekedar curhat, ada pula yang mempunyai misi edukasi tertentu misalnya tentang kesehatan, agama, fashion, wisata, kuliner dan bisa juga menjadi salah satu fasilitas penting untuk mempromosikan bisnis atau usahanya. Berikut ini ulasan cara membuat blog keren yang mudah dipraktekkan.

Blog sebetulnya merupakan singkatan dari web blog, yang merupakan bentuk aplikasi dari web yang dibuat dalam bentuk tulisan kemudian dimuat di web tertentu. Mengapa blog disukai? Tentu alasan utama adalah karena boleh dipakai siapapun secara Cuma-Cuma alias gratis. Ada banyak situs web yang tersedia, tiga diantaranya yang sering digunakan adalah  blogspot, multiply dan wordpress. Panduan cara membuat blog keren juga sudah banyak tersedia, karena layaknya rumah yang indah bisa membuat nyaman, maka blog yang keren pun bisa membuat pengunjung betah di blog yang dibuat.

Sebagai salah satu media yang mudah diakses di dunia maya,  blog juga dijadikan sarana untuk memasarkan produk atau dengan kata lain blog kini dijadikan sebagai media bisnis mulai menggantikan posisi web berbayar yang biasanya digunakan. Memasarkan produk di media gratis tentu akan memberikan banyak keuntungan, biaya promosi bisa ditekan namun bisa menghasilkan efek promosi yang lebih luas. Bukankah kini sudah semakin banyak dan semakin mudah masyarakat mengakses interenet? Kemudahan dari aplikasi ponsel pun menjadikan pemasaran online kini menjadi primadona bagi dunia bisnis.

Panduan Membuat Blogspot

Hal pertama yang harus dilakukan jika ingin memulai pemasaran melalui blog adalah dengan  memiliki akun di blog. Ada banyak pilihan blog yang bisa digunakan, namn kali ini akan diberikan panduan tentang tata cara membuat akun di blogspot.

1. Membuat Email

Email adalah syarat utama yang harus dimiliki jika ingin melakukan registrasi atau pendaftaran akun blog. Email ini nantinya akan digunakan sebagai sarana mengirim pesan dari pemilik kepada pelanggan atau sebaliknya.  Ada banyak layanan email yang bisa digunakan, misalnya yahoo dan gmail. Namun jika ingin membuka akun blogpot maka harus membuka akun email di situs gmail. Hal ini karena blogspot sudah diakuisisi oleh Google, sehingga Google pun membuat aturan khusus, hanya akun email Gmail (dibawah perusahaan Google) yang boleh melakukan registrasi di Blogspot.

Jika belum mempunyai akun gmail, maka segeralah lakukan registrasi terlebih dahulu. Caranya sangat mudah, bisa mengunjungi situs mail.google.com, kemudian mengisi lembar regitrasi yang berisi biodata lengkap, setelah mengisi lembar registrasi tersebut, maka sudah berhasil memiliki akun gmail baru.

2. Registrasi Blogspot

Untuk melakukan registrasi ini , masuklah ke situs Blogger.com, kemudian bergeser ke arah kanan, akan dilihat kolom Google Akun. Masukan email gmail beserta password atau kata sandi. Klik MASUK.

  • Langkah berikutnya adalah mendaftarkan atau melakukan registrasi untuk blog. Isi setiap kolom yang tersedia, yakni alamat email, nama , dan juga nama tampilan. Setelah selesai klik LANJUTKAN
  • Selanjutnya Anda akan masuk ke lama Kelola Blog, kemudian klik Ciptakan Blog
  • Buatlah judul blog. Judul blog inilah yang akan muncul sebagai alamat URL, misalnya bisa membuat anneahira.blogspot.com. sebelumnya cek ketersediaan alamat blog terlebih dahulu.
  • Pilihlah template bagi blog, terdapat banyak pilihan template dan pilihlah yang paling sesuai dengan yang diinginkan.
  • Jika rangkaian ini sudah selesai, akan ada pemberitahuan yang menunjukkan bahwa proses registrasi sudah berhasil dan blog sudah berhasil dibuat. Klik Mulai Blogging.

3. Percantik Tampilan Blogspot

Setelah berhasil registrasi blog, maka kini saatnya untuk mempercantik tampilan blog. Pada bagian ini,  akan diberikan panduan membuat bagian atau fitur di bagian side bar dan hal lainnya yang bisa membuat blog terlihat semakin menarik.

a) Mengubah Profil Blog

Di bagian ini, pengguna bisa mengedit profil. Jika digunakan sebagai media bisnis, maka sudah seharusnya profil dibuat untuk mendeskripsikan usaha atau barang/jasa yang ditawarkan kepada pengunjung.caranya masuk ke bagian Dashbor kemudian klik Edit Profil, setelah itu masuk ke Privasi. Kemudian mengganti Foto Profil Blog. Jika sudah selesai dan ingin melihat preview profil yang sudah diedit, bisa klik Lihat Profil.

b) Memasang Template Bisnis

Untuk membuat tampilan blog semakin menarik, ubah tampilan template dengan cara klik Dashbor kemudian klik Rancangan. Pilihlan template yang disukai, dan akan terlihat tampilan template blog sudah berubah.

c) Memasang Banner Usaha

Banner adalah bagian atas dari blog, tidak boleh diremehkan karena ini merupakan bagian yang paling mencolok dari tampilan blog. Desainlah banner blog dengan cara menyesuaikan dengan tema bisnis.  Beragam aplikasi bisa digunakan untuk membuat banner ini, misalnya dengan adobe photoshop, coreldraw, atau aplikasi lainnya. Untuk melakukan pengaturan ukuran banner, bisa klik Dashbor kemudian Rancangan, kemudian Perancang Template, dan pilih Adjust Widths.  Setelah desain dan pengukuran banner selesai, maka saatnya untuk memasang banner di blog dengan cara ke Dashbor kemudian ke Rancangan, plih Elemen Laman dan klik Header. Klik Edit pada bagian Elemen Header. Terakhir akan muncul laman untuk mengknfigurasi header. Isi setiap bagiannya yaitu Judul Blog, deskripsi blog dan pilih gambar dari computer anda yang sudah anda buat sebelumnya. Kemudian Klik SAVE.

d) Promosi Produk

Saatnya untuk mulai memposting produk barang dan jasa yang ditawarkan. Dengan cara klik Kelola Blog dan pilih Entri Baru. Setelah itu bisa mulai membuat ulasan produk barang dan jasa. Pada bagian ini, tidak hanya ulasan saja, namun juga harus menyertakan gambar dari produk yang ada tawarkan. Dengan cara klik Icon Gambar di bagian atas Kolom Ketik. Setelah itu, akan muncul laman Unggah Foto, klik Choose dan pilihlah foto yang akan dimasukkan. Setiap foto yang diunggah, sebaiknya disertai dengan keterangan dari setiap foto untuk memperjelas masing-masing foto.  Tidak hanya foto, mempromosikan produk dengan cara mengunggah video, dengan klik icon video di bagian atas Kolom Ketik. Setelah selesai, klik Terbitkan Entry. Maka ulasan pun sudah diposting ke dalam blog.

e) Optimalkan Sidebar

Sidebar adalah salah satu bagian yang terdapat di dalam blog, sesuai dengan namanya side bar ini terletak pada bagian sisi dari halaman utama blog, ada di sisi kiri dan kanan, atau kiri saja atau kanan saja sesuai dengan pilihan yang bisa diatur sendiri. Pada bagian side bar ini, bisa dimaksimalkan untuk mengisinya dengan berbagai widget yang bisa mendukung upaya promosi produk barang/jasa. Untuk mencari dan mendapatkan widget yang diinginkan untuk bisa menghiasi side bar blog dengan cara arahkan ke menu Rancangan, kemudian klik Elemen Laman, klik Tambah Gadget pilih gadget /widget apa yang ingin ditambahkan , kemudian ke HTML/JavaScript. Copy paste kode HTML pada kolom Konten, setelah itu klik Simpan dan widget pun sudah terpasang dengan cantik di bagian sidebar.

Jadi, kita bisa memanfaatkan semua fasilitas yang tersedia dengan baik, terutama jika fasilitas tersebut bisa bermanfaat dalam memberikan keefektifan bagi bisnis yang sedang dijalankan. Blog adalah salah satu sarana yang bisa dioptimalkan pemakaiannya, buatlah tampilan serta konten blog yang menarik agar semakin banyak orang berkunjung dan bertransaksi bisnis. Selamat mencoba.

Speak Your Mind

*