Cara Membuat Contoh ID Card Perusahaan untuk Pemula

Ilustrasi contoh id card perusahaan 

Sebuah perusahaan biasanya selalu mempunyai tanda pengenal sebagai ciri atau identitas untuk mengetahui nama dan jabatan dalam perusahaan. Biasanya mereka mempunyai identitas itu berbentuk kartu yang ditempelkan di dada atau sekarang ini banyak kartu identitas perusahaan yang digantungkan di leher dengan pengikat tali. Banyaknya beragam perusahaan yang membuat kartu identitas untuk para pekerjanya membuat para pengusaha printing membuat beragam contoh ID card perusahaan dengan berbagai macam harga dan model yang beragam.

Untuk membuat ID card ini, memang dibutuhkan modal yang cukup besar. Tapi hasil yang diperoleh juga bisa dibilang seimbang jika kita konsisten dan sudah dipercaya untuk membuat ID card untuk beberapa perusahaan.

ID card selain untuk identitas perusahaan, juga untuk beberapa perusahaan dibutuhkan untuk tanda masuk datang ke kantor. Bayangkan jika ID card tertinggal dan kita tidak bisa masuk ke kantor karena tidak menggunakan tanda pengenal? Hal ini akan membuat rugi diri sendiri.

Mencoba usaha printing dan membuat ID card untuk perusahaan memang salah satu usaha yang menjanjikan. Karena setiap perusahaan biasanya mempunyai banyak karyawan yang jumlahnya besar. Maka besar juga pendapatan dalam membuat ID card jika lebih besar karyawan yang dipunyai oleh sebuah perusahaan.

ID card perusahaan tersedia dalam berbagai bentuk. Misalnya, bentuk ID card yang berbahan kartu PVC dengan gantungan yang bisa ditaruh di saku dada. Setiap ID card mempunyai nama staf, posisi keperjaan, nama perusahaan juga foto setiap staf. ID Card yang berbahan PVC ini juga dilengkapi dengan sampul plastik di setiap ID cardnya.

Bentuk ID card lain adalah ID card yang dibentuk dengan tambahan gantungan yang bisa digantung di leher. Dalam ID card ini, biasanya tidak diberikan sampul plastik lagi tidak seperti ID card yang ditempel di saku dada. Beberapa Id card biasanya dilengkapi dengan barcode yang tertera di belakang akrtu sebagai kode akses masuk ke dalam kantor.

Cara Membuat Contoh ID Card Perusahaan

Membuat contoh ID card perusahaan dengan mudah bisa dilakukan sendiri jika kita mempunyai alatnya. Bagaimana membuat ID card untuk perusahaan yang mudah? Apa saja bahan dan langkah untuk melakukannya? Berikut ini cara membuat ID card untuk perusahaan.

Bahan-bahan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat ID card adalah sebagai berikut.

  • Kertas PVC (kertas tebal) ukuran A4 dan kertas laminating transparan ukuran A4. Kertas PVC dan kertas laminating transparan tidak bisa ditemui di sembarang tempat penjualan ATK atau alat tulis kantor. Kertas PVC bisa ditemui di beberapa toko material printing dengan harga Rp250.000/set. Satu set terdiri atas 100 lembar kertas laminating transparan dan 50 lembar kertas PVC.
  • Aksesori ID card seperti tali dan card holder atau pegangan kartu. Aksesori ID card bisa dengan mudah ditemui di toko ATK besar.

Alat-alat

Alat-alat yang dibutuhkan dalam pembuatan ID card itu adalah sebagai berikut.

  • Komputer. Komputer adalah alat utama untuk membuat ID card karena rancangan gambar, model, dan tulisan dibuat semuanya menggunakan komputer.
  • Ada komputer, tidak lupa ada printer untuk mencetak ID card tersebut. Printer yang digunakan boleh menggunakan merek apa saja, yang penting mempunyai model yang tidak hanya berfungsi mencetak teks melainkan bisa digunakan untuk mencetak gambar dengan kualitas tinggi.
  • Tinta yang digunakan adalah tinta dye sublimation. Tinta dye sublimation adalah tinta yang digunakan khusus untuk printing gambar dengan kualitas tinggi. Boleh menggunakan tinta biasa, tetapi cetakan yang dihasilkan akan kurang berkualitas dibandingkan cetakan yang menggunakan tinta dye sublimation.
  • Mesin laminating. Mesin laminating bisa dibeli di toko ATK besar di mana saja.
  • Card cutter atau pemotong kartu. Pemotong kartu biasanya bisa dibeli di toko ATK besar.

Memang pada dasarnya, beberapa ID card perusahaan dibuat dengan modal yang lumayan besar. Pembelian kertas, mesin pemotong kartu, printer, dan tinta dibutuhkan pengeluaran yang tidak sedikit. Tapi, jika kita gigih untuk membuka usaha printing dengan saksama, hasil yang diperoleh akan terlihat untuk ke depannya.

Langkah-langkah Membuat ID Card

Langkah-langkah untuk membuat ID card adalah sebagai berikut.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah merancang model dan tulisan beserta foto setiap karyawan untuk ID card di Photoshop atau Corel Draw atau juga bisa menggunakan software lain di komputer untuk mengedit gambar. Biasanya, pemesan ID card di sebuah perusahaan mempunyai rancangan tersendiri atau mereka menyerahkan rancangan pada si pembuat ID card itu.
  • Jangan lupa, pengaturan kertas untuk merancang ID card adalah A4. Pengaturan kertas A4 adalah pengaturan umum untuk sebuah ukuran kertas. Tetapi jika ingin menggunakan ukuran F4 atau yang lainnya bisa digunakan sesuai kebutuhan dan selera. Dalam satu kertas A4 kita bisa membuat 10 pieces ID card.
  • Atur gambar dalam keadaan mirror atau terbalik sebelum diprint. Pengaturan mirror sebelum print dilakukan agar hasil print bagian depan menghadap ke kertas tebal. Aturan keadaan mirror bisa dilihat di setiap masing printer masing-masing yang digunakan.
  • Setelah semuanya dirancang, siapkan kertas laminating untuk dicetak. Usahakan untuk tidak terbalik ketika mencetak dengan kertas tebal PVC. Perhatikanlah permukaan tipis kertas laminatingnya. Kertas laminating mempunyai dua sisi, kedua sisi tersebut bisa dipakai untuk mencetak ID card. Namun, jangan terbalik, permukaan yang benar untuk dicetak adalah permukaan yang halus.
  • Setelah proses printing dengan kertas laminating transparan, persiapkan kertas PVC (kertas tebal). Jangan lupa untuk lepaskan plastik yang menempel pada kertas PVC.
  • Rekatkan kertas laminating (yang sudah ada gambar dari hasil print) dengan kertas PVC. Posisi gambar dikertas laminating harus menghadap ke kertas PVC sehingga menjadi satu.
  • Kemudian laminating kertas tersebut (kertas PVC+kertas Laminating) secara bersamaan, proses laminating dilakukan dengan menggunakan suhu sekitar 160ο C dan jangan lebih. Proses laminasi bisa dilakukan dua kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Satu kali proses laminasi bisa dilakukan kurang lebih 5 menit.
  • Setelah proses laminasi selesai, kemudian potong kertas dengan menggunakan cutting card. Potong kertas menjadi 10 bagian.
  • Setelah proses pemotongan selesai, kemudian pasangkan aksesori ID card di antaranya tali ID card atau card holder. Penggunaan tali atau card holder biasanya disesuaikan berdasarkan permintaan perusahaan.
  • Setelah semuanya dilakukan dengan benar, maka ID card akan siap dipakai.

Pembuatan ID card untuk pemula memang dirasakan cukup sulit, tetapi dengan beberapa kali mencoba, hasil yang diperoleh akan terlihat bagus. Ingin mencoba membuat ID card dan membuka usaha printing? Jangan lupa pertimbangan biaya yang matang untuk modal membeli alat dan bahan. Pertimbangkan juga untuk membayangkan untung dan ruginya dalam membuat beberapa contoh ID card perusahaan. Ingin mencoba berbisnis dan membuat ID card? Silakan. Selamat mencoba!

Speak Your Mind

*