Cara Membuat Iklan Gratis di Internet

Ilustrasi Cara Membuat Iklan Gratis 

Cara membuat iklan gratis sangat bermanfaat terutama untuk pengguna jasa internet. Saat ini internet adalah salah satu tempat beriklan yang efektif. Iklan ini adalah sarana komunikasi antara pembeli dan penjual. Pembeli mendapatkan informasi barang dan jasa sedangkan penjual memperoleh sarana untuk mempromosikan produknya.

Iklan sendiri memiliki makna penting. Iklan membuat penjual dapat menyampaikan pesan produk kita ke seluruh dunia. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa internet membuat semua pengguna internet di dunia membaca iklan kita. Orang yang mengiklankan suatu produk juga berkesempatan untuk melakukan riset terhadap calon pelanggan.

Cara terbaik dan unsur-unsur yang berpengaruh terhadap calon konsumen juga dapat diketahui. Hal ini bisa dilakukan tanpa berinteraksi langsung dengan mereka. Hal yang ling penting adalah melalui iklan kita dapat menghemat dana dalam melakukan penawaran produk.

Pemasangan iklan di internet sangat bermanfaat jika anda memiliki bisnis online. Dengan adanya bisnis, maka anda perlu mengiklankan web perusahaan anda. Pemasangan iklan gratis memiliki beberapa manfaat. Manfaat pertama adalah membangun lalu lintas di website yang kita miliki. Pemasangan iklan gratis di website yang kita miliki dapat meningkatkan pengunjung website.

Semakin banyak pengunjung maka semakin banyak orang yang melihat produk yang dijual. Tentunya ini akan mendorong penjualan produk. Selain itu, kita juga dapat memperoleh penghasilan dari iklan gratis yang kita pasang. Bukan hanya pendapatan yang kita peroleh tapi juga jaringan afiliasi.

Manfaat lainnya adalah memperkecil biaya yang dikeluarkan. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa biaya iklan bisa sangat mahal. Bagi kita yang memiliki modal pas-pasan biaya tersebut tentu bisa dialokasikan ke pos lain. Dengan memanfaatkan iklan gratis berarti memperkecil modal yang kita butuhkan. Jika dari iklan gratis ini bisnis kita berhasil, bukan tidak mungkin kita tidak perlu mengeluarkan biaya iklan selamanya.

Tips Memasang Iklan

Dalam memasang iklan gratis tidak hanya sekedar asal membuat iklan. Iklan harus dibuat setepat mungkin agar iklan gratis dapat berjalan secara efektif. Tips pembuatan iklan gratis tersebut adalah sebagai berikut :

1. Buatlah judul iklan dengan singkat dan jelas

Judul iklan seharusnya singkat, padat, dan jelas. Buatlah kalimat iklan maksimal 60 kata.

2. Berikan deskripsi barang yang pas

Deskripsikan produk anda dengan jujur mulai dari spesifikasinya, kondisi barang, serta kelebihan dan kekurangannya.

3. Tampilkan foto yang jelas

Foto yang jelas akan memperbesar kesempatan iklan anda dilirik oleh calon konsumen

4. Tentukan kategori iklan

Kategori iklan berkaitan dengan jenis iklan yang akan anda pasang. Jika anda akan mengiklankan baju pilihlah kategori baju. Perjelaslah lagi apakah itu baju baru atau second, baju itu berbentuk kemeja, kaos, rok, atau long dress.

5. Isilah data dengan benar dan lengkap

Tampilkan data anda dengan benar dan lengkap, berkaitan dengan nomor kontak anda dan hal lainnya. Hal ini akan memudahkan orang yang tertarik dengan produk anda.

Dimanakah Anda Bisa Memasang Iklan?

Ada banyak website yang menyediakan layanan iklan gratis di internet. Berikut ini adalah referensi website tempat memasang iklan dan cara membuat iklan gratis yang dapat anda pertimbangkan.

• Berniaga.com

Situs ini adalah salah satu situs tempat bertemunya penjual dan pembeli. Situs ini menjadi sangat terkenal setelah melakukan promosi besar-besaran di televisi. Situs ini dirilis pada tahun 2009. Perusahaan ini dimiliki oleh PT 701Search. Perusahaan tersebut merupakan gabungan Schibsted ASA dan Singapore Press Holdings Limited.

Berniaga.com memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari berniaga.com adalah memiliki fitur-fitur yang mudah. Fitur ini mempermudah untuk menentukan lokasi penjual. Dengan penentuan lokasi yang mudah dapat memudahkan kita menemui penjual. Kekurangan dari website ini adalah harus adanya tatap muka antara pembeli dan penjual.

Langkah ini dinilai lebih aman karena dapat menghindari adanya penipuan. Namun langkah ini juga menjadi tidak efisien karena pembeli harus menemukan lokasi penjual. Berikut ini adalah cara memasang iklan gratis di berniaga.com :

  1. Masuk ke situs www.berniaga.com
  2. Klik pada kotak “Gratis klik disini untuk memasang iklan”
  3. Isilah formulir yang disediakan. Jangan lupa masukkan iklan yang akan anda pasang
  4. Setelah formulir terisi, klik “lanjutkan”
  5. Masukkan sandi dan konfirmasi sandi. Pilihlah sandi yang mudah anda ingat
  6. Kemudian akan muncul konfirmasi dari berniaga.com. Konfirmasi ini mengharuskan anda melakukan verifikasi dengan mengklik link yang disediakan
  7. Verifikasi akan dikirim ke e-mail anda. Cek inbox e-mail. Jika tidak ada, coba cek di kotak spam anda
  8. Setelah selesai akan muncul kalimat “Terima kasih atas iklan anda”
  9. Selesai. Setelah tiga jam iklan anda akan terpasang

• Tokobagus.com

Tokobagus.com adalah website penyedia iklan gratis yang sedang populer. Web ini adalah alternatif tempat memasang iklan gratis selain berniaga.com. Website ini memiliki komitmen menyediakan layanan yang cepat dan mudah. Situs ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari tokobagus.com itu antara lain :

1. Memiliki banyak pengunjung

Jumlah pengunjung situs ini mencapai ratusan ribu per hari. Pengunjungnya adalah anggota dan non anggota. Ini membuka peluang agar iklan kita dilihat banyak orang

2. Pendaftaran gratis dan mudah

Cukup mudah untuk mendaftar di tokobagus.com. Hanya perlu waktu beberapa menit anda dapat memasang iklan secara gratis di tokobagus.com

3. Wilayah dan kategori

Situs ini menyediakan pilihan kategori sesuai dengan wilayah iklan. Ini akan membantu calon pembeli ketika berminat terhadap sebuah produk. Misal untuk produk baju dengan wilayah Malang. Dari sini kita bisa mencari barang sesuai dengan wilayah tempat tinggal kita

4. Verifikasi Akun

Dengan adanya verifikasi akun akan meningkatkan tingkat kepercayaan kita. Ini berguna untuk menjamin transaksi kita bebas dari penipuan

5. Populer

Tokobagus.com adalah salah satu situs yang populer. Orang yang mengunjungi situs ini biasanya sudah tau apa yang mereka cari. Ini akan memudahkan barang yang kita iklankan dilihat oleh calon konsumen. Adapun kekurangannya adalah : 

  • Pembayaran lewat transfer

Situs ini adalah situs tempat iklan baris. Pembayaran hanya dapat dilakukan dengan transfer melalui bank

  • Ketidakamanan transaksi

Situs ini hanyalah perantara. Transaksi akan kita lakukan dengan pembeli produk kita. Maka dari itu kita harus mewaspadai adanya penipuan

  • Kualitas produk

Seperti halnya transaksi online lainnya, kita tidak dapat mengetahui dengan pasti bagaimana kualitas barang sebenarnya.

Lalu bagaimana cara membuat iklan di tokobagus.com? Berikut ini adalah langkah-langkahnya :

  1. Daftarlah ke website tokobagus.com. Isikan nama dan password anda
  2. Setelah berhasil masuklah ke tokobagus.com. Klik log in
  3. Klik  di kotak “pasang iklan”
  4. Mulailah mengisi formulir yang disediakan. Isi judul iklan, kategori, harga, dan kondisi barang
  5. Upload foto dengan klik “tambah foto”. Masukkan minimal dua foto agar iklan lebih maksimal
  6. Jika tidak memiliki promopoint lewati saja bagian ini. Klik “simpan”
  7. Selesai. Iklan anda sudah muncul di tokobagus.com

Speak Your Mind

*