Cara Membuat Website Sederhana di Google Site

Cara membuat website sederhana sudah banyak dikupas dalam berbagai artikel. Masyarakat dunia, termasuk Indonesia sudah mulai menikmati beragam kemudahan yang diberikan oleh internet melalui beragam website sudah banyak bermunculan di dunia maya. Untuk yang berniat membuat website sederhana, ada kabar baik yang sudah disediakan Google untuk Anda.

cara membuat website sederhana

Februari 2008 lalu, Google telah meluncurkan program web hosting-nya yang bebas biaya alias gratis. Program tersebut dinamakan Google Sites. Web yang dibuat menggunakan Google Sites, meskipun hanya web sederhana, dapat diakses oleh siapa pun dan dari mana pun selama memiliki akses internet.

Program ini dapat dimanfaatkan oleh setiap pengguna Google yang telah memiliki akun Google untuk membuat website sederhana yang bersifat pribadi. Bagi pengguna yang belum memiliki akun Google, cara termudah untuk mendapat akun Google dan tentunya akun Google Sites adalah mendaftar akun Google Mail. Setelah akun email Anda aktif, akun tersebut dapat dipakai pula untuk log-in di Google Sites.

Sebelum memberikan penjelasan secara detail terkait cara membuat website sederhana, penulis akan memperkenalkan terlebih dahulu beberapa istilah yang berkaitan dengan dunia website, seperti domain dan hosting.

Cara Membuat Website Sederhana – Mengenal Domain dan Hosting

1.  Cara Membuat Website Sederhana – Domain

Sebuah halaman web site di internet sebenarnya dikenali dengan sederetan angka yang disebut IP Address, misalnya: 192.0.34.69. Namun untuk lebih memudahkan mengenali IP Address tersebut, maka dibuatlah sebuah nama pengganti dalam bentuk huruf (tulisan/nama). Nama “pengganti” inilah yang disebut dengan Nama Domain (Domain Name).

Nama Domain digunakan untuk mengidentifikasi alamat sebuah website.secara sederhananya nama domain bisa kita artikan “sebuah nama yang menunjukan alamat website tertentu”. Misalnya, nama domain dari web Asian Brain Hosting adalah www.AsianBrainHosting.com.

Nama Domain bersifat unik, artinya tidak ada 2 nama domain yang sama di internet. Sebuah organisasi bernama InterNIC bertugas melakukan administrasi Nama Domain ini.

2. Cara Membuat Website Sederhana – Hosting

Hosting atau biasa disebut dengan Web-Hosting, adalah perusahaan yang menyediakan layanan dan penyimpanan Web bagi perorangan atau perusahaan. Dengan kata lain Hosting adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menyimpan file-file websitenya sehingga bisa menampilkan layanan jasa atau produknya di web/situs Internet.

Sebuah server web hosting akan online 24 jam sehari, sehingga memungkinkan kita bisa membuka web site yang di hosting kapan pun dan di manapun. Jadi, jika diibaratkan, domain adalah alamat rumah, sedangkan hosting itu rumahnya.

Setelah mengenal dua istilah tersebut, saatnya Anda memulai membuat website sederhana. Berikut adalah cara membuat website sederhana di Google Site.

Cara Membuat Website Sederhana – Tahap Pembuatan Website Sederhana

Sekali lagi, sebelum membuat situs di Google Sites, pastikan bahwa Anda telah memiliki akun Google. Jika belum, buat dulu akun Google melalui pendaftaran Google Mail. Email ini pun akan berguna nantinya, ketika Anda akan melakukan konfirmasi pendaftaran.

Setelah Anda memiliki akun Google, akses portal Google Sites melalui alamat http://sites.google.com. Halaman log-in Google Sites mirip dengan Google Mail atau Gmail. Di sisi kanan, Anda akan temukan kotak log-in. Isikan nama akun Gmail Anda di kotak email, sedangkan sandi atau password email Anda di kotak sandi.

Apabila log-in berhasil, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah sebagai beriku.

  1. Klik tombol Create Site. Pada halaman selanjutnya Anda akan disodorkan pilihan template situs. Apabila Anda ingin membangun situs pribadi Anda dari nol – bahasa kerennya, start form scracth – silakan pilih blank template. Akan tetapi, jika ingin bergerak lebih cepat, Anda bisa memilih salah satu dari berbagai opsi template yang disediakan.
  2. Pada halaman tersebut, biasanya hanya ditampilkan lima template –termasuk blank template-. Jika template yang Anda inginkan tidak ada di situ, klik Browse the gallery for more. Anda akan diarahkan ke halaman lain yang khusus menyajikan pilihan template. Untuk tahap ini, disarankan Anda memilih blank template.
  3. Jangan lupa namai situs Anda pada kotak Name your Site. Secara otomatis, nama situs Anda akan diubah menjadi alamat situs pada kotak Your site will be located at this URL. Misalnya, situs Anda dinamai sebagai Awan’s Web maka di kotak alamat situs, otomatis akan tertulis http://sites.google.com/sites/awansweb. Akan tetapi, Anda bisa mengubah sendiri alamat ini. Misalnya, Anda ingin ubah alamat http://sites.google.com/sites/awansweb tersebut menjadi http://sites.google.com/sites/worldofawan. Cukup klik pada kotak alamat situs lalu hapus alamat yang otomatis dibuatkan tadi. Ganti dengan alamat yang Anda inginkan.
  4. Langkah yang terakhir adalah tikkan kembali huruf-huruf captcha yang ada di bagian bawah. Masukkan kembali huruf-huruf tersebut pada kotak yang tersedia. Apabila semua langkah telah dilalui, klik tombol create site.

Cara Membuat Website Sederhana – Memulai Posting

Oke, situs Anda sudah tercipta. Halaman selanjutnya yang ditampilkan oleh Google Sites adalah halaman pertama situs Anda. Halaman pertama ini dikenal pula dengan istilah homepage.

Apabila memilih blank template pada halaman sebelumnya, Anda akan melihat tampilan halaman pertama yang polos. Hanya ada judul situs dan kolom navigasi di sebelah kiri. Untuk mengisi halaman depan itu dengan teks atau hal lainnya, klik tombol edit page. Tunggu loading editor-nya selesai.

Apabila Anda ingin memasukkan gambar ke halaman tersebut, klik menu Insert lalu pilih Image. Google akan menampilkan kotak dialog yang menanyakan dari mana sumber gambar yang ingin ditampilkan.

Apabila ingin mengunggah (upload) dari komputer, pilih uploaded images, lalu klik tombol browse. Pilih file yang ada di komputer Anda lalu klik open. Di kotak dialog, klik OK. Gambar yang Anda pilih akan diunggah lalu ditambahkan ke dalam halaman.

Jika Anda ingin mengambil gambar dari internet, cukup salin alamat link gambar tersebut lalu pilih Web address. Masukkan alamat link gambar yang tadi Anda salin. Klik Ok, maka gambar ditambahkan ke dalam halaman. Jika semua perubahan sudah selesai, klik Save. Jadilah halaman depan situs Anda.

Untuk menambahkan halaman baru, cukup klik tombol create page. Lakukan pengeditan seperti yang dijelaskan di atas. Setelah segalanya selesai, klik lagi tombol save. Prosedur yang sama berlaku setiap pembuatan halaman baru.

Mudah bukan? Membaca saja tentu membuat penasaran. Lantas, mengapa tidak Anda praktikkan, dan buat situs Anda dikenal berjuta orang di dunia!

Cara Membuat Website Sederhana – Membuat Toko Online

Setelah Anda mempraktikan cara membuat website sederhana dan berhasil memiliki sebuah website, Anda bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan, salah satunya adalah membuat toko online.

Untuk membuat toko online, saat ini orang sudah tidak lagi menggunakan script atau membuat websitenya dari awal (manual), tetapi menggunakan CMS seperti melalui wordpress, menggunakan plugin WP e-Commerce, atau CMS khusus toko online seperti osCommerce, PrestaShop, OpenCart, Magento,dll.

Cara tersebut terbilang sangat mudah karena Anda tidak perlu coding atau membuat websitenya dari awal. Anda hanya tinggal menginstalnya, maka toko online Anda sudah jadi. Langkah selanjutnya, Anda dapat melakukan setting untuk halaman member dan loginnya.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa penulis jelaskan terkait cara membuat website sederhana dan bagaimana cara memanfaatkannya. Semoga bermanfaat.

Speak Your Mind

*