Cara Men-download Video dan Film Lewat Media Streaming

Ilustrasi Bagaimana Cara Men-download VideoBagaimana cara men-download video?Ada beberapa pilihan dalam men-download streaming media, tentu saja semua memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Anda dapat menyimpan video favorit atau musik streaming yang diinginkan. Cara men-download video dan film lewat video streaming dapat dilakukan dengan memafaatkan tiga media berikut ini:

  1. Websitemedia ini dikembangkan secara khusus untuk membantu anda men-download
  2. Browser web,media ini menyediakan pilihan cara-cara untuk men-download
  3. Softwaremedia ini yang berada pada komputer dan berfungsi untuk men-download file.

Ketiga media tersebut memiliki perbedaan dalam penggunaannya, hal itu tergantung pada pilihan dalam men-download streaming audio atau video. Metode dasar yang digunakan pada umumnya sama, namun harus diingat hukum hak cipta serta persyaratan penggunaan untuk situs web yang anda gunakan dan pastikan bahwa itu bukan termasuk dalam pelanggaran merekam atau men-download media streaming.

Jika anda ingin men-download video lewat streaming media yang ada dalam internet, seperti pada akses free-to-use website, ada metode dasar yang dapat dengan mudah digunakan. Metode tersebut sangat menguntungkan karena memiliki prinsip dasar yang sama dalam merekam audio seperti biasanya. Pada komputer terdapat soundcard yang memungkinkan untuk melakukan proses perekaman.

Program-program yang ada dalam komputer yang ada kaitannya dengan soundcard bisa digunakan untuk membantu kelangsungan proses perekaman oleh soundcard melalui speaker. Anda juga dapat men-download progam khusus dan menampilkan pada browser web pilihan atau menginstal program yang dapat digunakan hanya apabila anda menginginkannya.

Pada kasus ke dua ada pula program yang dirancang untuk merekam audio.Audio yang diatur sebagai sumber biasanya di-input dari mikrofon. Anda juga dapat memilih untuk menggunakan input yang berbeda-beda. Contoh, ketika anda memilih untuk menggunakan kartu suara atau soundcard sebagai sumber, maka ketika anda tengah menekan suatu notasi, secara otomatis komputer akan merekam audio yang diputar. Fasilitas ini akan memungkinkan anda untuk bisa mengatur kapan anda ingin memulai dan mengakhiri proses perekaman audio.

Bagaimana cara men-download video yang benar? Prosesuntuk men-download file streaming media dari situs-situs yang menyediakan video populer dapat dilakukan dengan menggunakan program-program yang ada pada komputer. Program-program tersebut bisa saja sudah ada pada komputer anda atau mungkin anda harus men-download program tersebut melalui website download khusus audio.

Ada beberapa program yang akan menyimpan file hasil download anda adalam format flash atau disebut FLV. FLVsendiri adalah format file yang biasanya menjadi standar di situs penyedia video.Situs-situs penyedia video tersebut biasanya tidak gratis namun juga tidak terlalu mahal. Pada situs ini juga disediakan berapa pilihan editing dan compositing.

Ada juga extension browser web yang dapat di gunakan untuk membantu anda untuk men-download streaming media dari jendela browser web saat anda sedang melakukan navigasi internet. Sebagian besar situs yang telah menggunakan video streaming file FLV yang khusus untuk kompresi dan streaming.

Biasanya situs-situs tersebut tidak memungkinkan download secara sederhana yaitu dengan klik kanan dan download.  Extension browser web inilah yang  dapat memungkinkan anda untuk dengan mudah men-download dan menyimpan file langsung dari dalam browser.

Sejumlah website download telah dibuat dan dirancang untuk memungkinkan anda men-download streaming media tanpa menggunakan program yang berbeda. Website ini akan meminta anda untuk memasukan uniform resource locator (URL) untuk video tertentu pada situs hosting dan website akan secara otomatis menghasilkan link yang dapat anda gunakan untuk men-download video di situs hosting.

Kelemahan utama dari situs ini adalah sistem ini harus dirancang khusus untuk situs tertentu. Sistem ini mungkin tidak kompatibel untuk website lain yang mendukung situs hosting video yang ingin anda download.

Di Mana Mencari Video dan Film Gratis?

Berikut ini adalah beberapa situs di mana anda dapat melakukan streaming atau download video atau film online:

1. xfinity.com

Website ini merupakan bagian dari penyedia film Comcast. Film-film yang tidak di-lock  dan bebas dilihat oleh siapapun.

2. Hulu.com

Anda dapat menemukan film dari setiap genre secara gratis di Hulu. Anda tidak perlu keanggotaan atau log-in untuk menonton film di situs ini. Anda dapat mencari daftar film-film terbaru yang ada inginkan pada website ini.

3. Movieflix.com

Koleksi film di Movieflix sangat banyak. Di situs ini ada film seni bela diri, film romansa, thriller, biografi, dan banyak lagi. Namun tidak semua film tersedia secara gratis, sebagian besar dari film yang anda download memerlukan keanggotaan berbayar.

4. Vuze.com

Vuze adalah aplikasi bittorrent yang memungkinkan anda untuk men-download film-film terbaru dan gratis yang ingin anda tonton.

5. Archive.org

Ada banyak film pada situs ini seperti situs-situs lainnya. Genre-nya juga bermacam-macam, mulai dari musikal, komedi hingga film panjang lainnya.

6. Moviesfoundonline.com

Situs ini punya fitur-fitur pendukung legalitas dalam men-download film. Berbeda dengan situs-situs lain di internet seperti You Tube dan Google Video, film yang diperoleh dari situs ini adalah legal.

7. Free Documentariess

Film dokumenter menjadi sorotan utama pada situs ini. Anda dapat memperluas pengalaman dan pengetahuan serta mendapat hiburan yang menarik dari film-film dokumenter yang diproduksi secara independen.

8. Veoh.com

Jika anda seorang penggemar dari film, website ini menawarkan film-film dari masa lalu yang tersedia untuk membangkitkan kenangan anda.

9. Emol.org

Film-film yang dirilis oleh perusahaan-perusahaan besar dari tahun 1910-1960 tersedia pada situs ini. Entertainment Magazine menawarkan film-film yang umum dan sepenuhnya legal untuk di-download.

Waspadai Pembajakan dan Illegal Downloading

Sebelum anda menyelam dalam dunia streaming atau men-download film favorit, pertimbangkan konsekuensi hukum dari tindakan online tersebut. Download ilegal masih sangat marak dalam dunia internet ini dan pihak berwenang menjawab tantangan ini dengan menindak tegas semua yang serba bajakan.

Indonesia khususnya memiliki aturan yang sangat ketat pada pembajak dunia hiburan, walau masih sering lolos juga karena UU ITE belum sepenuhnya dilaksakan. Namun mereka yang dirugikan bisa menuntut haknya. Bukan hanya organisasi yang menawarkan film, tetapi juga orang-orang yang mendownloadnya.

Jangan hanya karena anda dapat menemukan salah satu film favorit secara online, anda legal mendapatkannya secara online. Apabila salah satu situs menawarkan film-film yang difilmkan dengan menggunakan kamera di bioskop atau klip yang “rip” dari DVD, maka download yang tersedia tidak berdasar hukum. Oleh karena itu, cobalah periksa situs-situs  untuk tersebut untuk mengecek apakah situs itu memiliki disclaimer resmi atau halaman informasi yang lebih lanjut untuk membahas legalitas dalam download film.

Mungkin ada film online gratis di mana-mana, tetapi anda harus men-download dengan hati-hati. Ini bukan hanya karena masalah hukum, tetapi juga karena situs ada menawarkan download ilegal sekaligus memberikan “kado manis” berupa virus, spyware, malware, dan hal-hal buruk lain yang tidak anda inginkan pada komputer anda.

Dengan mengetahui bagaimana cara men-download video dalam website di atas ini, mudah-mudahan anda akan bijaksana dalam streaming atau download. Entah film full-length yang disimpan sebagai koleksi pribadi atau film untuk keperluan komersial. Anda diharapkan bisa menghindari pembajakan, ilegal download dan menghindari situs tidak sah. Selamat berburu yang sah dan bebas malware.

Speak Your Mind

*