Cara Mudah Membuat Website Pribadi dan Berbisnis Online

Membuat Website Pribadi – Pada era yang sudah serba canggih ini, ada banyak media baru untuk memperkenalkan diri kepada khalayak ataupun dunia luas. Banyak cara yang bisa dilakukan dan menjadi alternatif. Salah satunya adalah membuat website pribadi.

Membuat Website Pribadi

Mengenal Website Pribadi

Dalam kehidupan nyata, website bisa dianalogikan sebagai rumah, rumah yang akan menjadi tempat tinggal kita. Begitu pun dengan website. Website adalah alamat yang akan menjadi tinggal kita dan tujuan yang akan dikunjungi para tamu. Fungsi website tak jauh berbeda dengan fungsi rumah.

Dalam website, ada yang namanya beranda (Home), di sanalah pengunjung atau tamu-tamu kita pertama kali akan tahu website kita. Dalam website juga ada suguhan lain yang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan fungsi rumah. Namun bedanya, website ada di dunia maya, sedangkan rumah ada di dunia nyata.

Website bisa digunakan sebagai media untuk memperkenalkan diri dan dunia yang kita senangi kepada khalayak ramai. Selain itu, masih banyak manfaat dan kegunaan lain dari website. Misalnya untuk mempromosikan barang dagangan dan usaha kita, mempublikasikan karya-karya kita, dan lain-lain.

Banyak orang sukses membangun usahanya dari website. Inilah yang dikenal dengan internet marketing. Mereka memmbuat website pribadi lalu memasarkan produk yang dibuatnya. Adapun barang yang didagangkan bermacam-macam. Ada yang menjual produk dan jasa digital, misalnya seperti ebook, software, audio dan sebagainya.

Ada juga yang menjual produk non digital seperti menjual barang tanpa proses tatap muka, seperti yang dilakukan situs palasarionline.com, yang menjual buku-buku cetak tanpa proses tatap muka dengan konsumen.

Sungguh tak ada yang sulit dipasarkan melalui internet, asal Anda mendagang barang dagangan dengan jujur dan benar. Ingat, kepuasan pembeli menjadi jaminan keberhasilan bisnis online atau internet marketing Anda.

Membuat Website Pribadi

Untuk membuat website caranya sangatlah mudah. Apalagi, saat ini sudah banyak layanan membuat website gratis. Berikut adalah cara yang sederhana untuk membuat website.

1.    Mendaftar

Pendaftaran membuat website bisa dilakukan di penyedia layanan website. Banyak sekali penyedia layanan ini. Semuanya tergantung keinginan kita. Jika kita ingin membuat website gratis, maka carilah browser yang menyediakan layanan website gratis. Lalu, mulailah mendaftar sesuai dengan persyaratan yang ditentukan pihak penyedia.

Persyaratan membuat website biasanya sangat simpel. Cukup menulis data diri yang lengkap, beserta mencantumkan alamat e-mail kita. Dalam langkah ini, kita harus menentukan alamat website kita.

Anda bisa bisa membuat website pribadi dengan memanfaatkan blog atau hosted service yang dikombinasikan dengan web hosting gratisan, seperti 000webhost.com, 150m.com dan lain-lain. Namun jika Anda ingin sedikit lebih mudah Anda bisa memanfaatkan blogger.com lalu membeli domain. Website yang Anda miliki benar-benar muncul dengan nama Anda.

Tak ada yang sulit dalam membuat website pribadi. Jika hanya untuk pemasaran produk sja, Anda bisa membuat website pribadi dengan modal sekitar 120 ribu rupiah saja, dengan memiliki domain pribadi. Cukup murah, bukan? Dengan pembelian ebook yang dilakukan oleh dua orang saja, maka modal untuk membuat website pribadi sudah kembali.

2.   Mengatur Tata Letak Website

Setelah kita berhasil mendaftar, langkah selanjutnya adalah mengatur tata letak website kita. Mengatur tata letak adalah langkah yang paling penting. Kenyamanan para pengunjung ditentukan oleh tata letak. Jika tata letak website kita membosankan, maka pengunjung tidak akan betah berlama-lama mengunjungi website kita.

Seperti halnya rumah, jika rumah kita tidak nyaman untuk para tamu maka tamu-tamu tersebut akan segera meninggalkan rumah kita. Isi website kita tidak akan dilihat dan dibaca jika tata letaknya tidak menarik.

Untuk mengubah tata letak website pribadi, Anda dapat memanfaatkan template yang disediakan. Bahkan Anda sendiri pun bisa membuat template sendiri dengan memanfaatkan situs-situs yang membantu pembuatan template sendiri seperti firdamatic, psycho, dan trix. Anda bisa merubah wajah website Anda sesuai dengan keinginan.

3.   Mengisi Website

Mengisi website adalah langkah terakhir yang bisa kita lakukan. Jika kita sudah mendaftar dan menyusun tata letak semenarik mungkin, maka kita harus mengisi website dengan hal-hal yang kita tawarkan, sesuai dengan tujuan awal kita dalam membuat website. Misalnya kita membuatnya untuk keperluan promosi, maka isilah website itu dengan produk-produk yang akan kita jual.

Dalam mengisi website, isilah website yang sesuai dengan produk yang dijual. Jangan sampai di dalam website Anda bercampur baur isinya. Dengan konsen terhadap satu ide pembahasan di website akan membuat pengunjung situs Anda paham, bahwa Anda adalah pemilik situs yang fokus menjual produk tertentu dan fokus memberikan informasi yang sesuai dengan produk yang dipasarkan.

Sehingga ketika mereka membutuhkan informasi mengenai produk yang Anda pasarkan, tak lagi pergi ke lain hati. Mereka langsung mengunjungi website Anda. Mereka pun bakal mudah mengingat nama website Anda. Ingat, jangan campur aduk isi situs atau konten website Anda. Meski tak ada larangan, tapi untuk menunjukkan konsentrasi maka mesti Anda lakukan.

Cara Memanggil Pengunjung

Lalu Anda ingin banyak orang mengunjungi website Anda, bukan? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

  • Melalui SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah cara umum yang dilakukan kebanyakan orang dalam memasarkan produknya dan cara memanggil orang lain mengunjungi website pribadinya. Meski cara ini cenderung lama, namun tetap digunakan hampir semua pemilik situs.

Meski cenderung lama, tapi ia menjanjikan prospek. Anda pun tak mesti mengeluarkan uang. Kalau menggunakan cara cepat, mau tidak mau Anda mesti mengeluarkan uang. Karena Anda menggunakan jasa orang lain untuk memasarkan website pribadi Anda.

Untuk memanfaatkan SEO ini umumnya menggunakan Google. Google sendiri me-rating website siapa yang paling banyak pengunjungnya. Untuk menjadi pemilik rating tertinggi, maka cara yang mesti Anda lakukan adalah jadikan orang lain selalu me-link-kan nama website pribadi Anda untuk dikunjungi orang lain.

Untuk melihat contoh lebih jelasnya adalah website Adobe. Hampir semua situs merujuk kepadanya, sehingga wajar bila website Adobe berapa di posisi teratas ketika orang mencari informasi tentangnya.

  • Melalui Afiliasi

Ini adalah cara berbayar yang penulis maksud. Anda meminta orang lain untuk menjualkan produk Anda. Lalu, setiap adanya penjualan yang terjadi melalui orang tersebut Anda memberinya komisi sesuai dengan kesepakatan awal Anda dengannnya.

Anda jangan melihat komisi yang diberikan, tapi lihatlah bagaimana produk Anda dipasarkan. Bila nanti Anda membuat produk lagi, maka orang yang membeli produk Anda bakal langsung membeli melalui Anda. Pasalnya, ia sudah tahu website pribadi Anda.

  • Gunakan Joint Venture

Cara ini masih jarang dilakukan oleh kebanyakan orang. Pasalnya, terkesan capek dan sulit. Padahal sebenarnya, tidak. Joint Venture adalah dengan cara mengumpulkan 4000 email, lalu Anda kabarkan kepada mereka bahwa Anda menjual produk baru.

Jika Anda lakukan sendiri memang sangat lama. Namun cara ini bisa dilakukan dengan memohon bantuan kepada para pebisnis online yang sudah bisa menjual produk. Anda bisa meminta bantuannya untuk mendapatkan 4000 email. Gratis? Tentu saja, tidak. Anda mesti membayarnya. Namun biaya yang dikeluarkan tidak seberapa dengan banyaknya nanti orang yang membeli produk Anda.

Inilah yang sering kita lihat muncul di email kita. Kita tidak mengenalnya, tapi entah kepada dia bisa menawarkan produknya. Bila sesuai dengan kebutuhan kita, terkadang kita tertarik ingin membelinya. Lalu dikunjungilah websitenya pribadinya. Lihat apa saja yang dipasarkannya dan apa saja yang bakal didapat dengan membeli produknya.

Yakinlah cara ini memang mahal, tapi cepat mendatangkan pengunjung dan pembeli produk yang Anda pasarkan. Tinggal sekarang, Anda mesti menggabungkan ketiga cara ‘penjemput’ pelanggan ke website Anda. Dengan penggabungan ketiganya, maka produk yang Anda pasarkan di website pribadi bakal cepat laku. Ini adalah resep yang dilakukan oleh para pebisnis online yang sudah sukses.

Jika Anda ingin mendapatkan pengetahuan lebih tentang website gratis, dan mengembangkan website pribadi, ikutilah bimbingan gratis dari www.asianbrain.com. Di sana, kita akan dibimbing bagaimana agar website kita menjadi menarik dan cara-cara untuk memaksimalkan website. Bahkan, bisa mendapatkan banyak tips dan keuntungan dari website yang kita buat.

Itulah langkah-langkah dan tips sederhana dalam membuat website pribadi. Selamat mencoba.

Speak Your Mind

*