Cara Pasang Olx Iklan Gratis

 

Bagaimana cara memasang Olx iklan gratis? Siapa pun di mana pun, kini bisa memasang iklan apapun tanpa harus mengeluarkan biaya sepeser pun. Satu dekade yang lalu, apabila Anda ingin memasang iklan di media massa, Anda harus merogoh kocek yang tidak sedikit. Bahkan hanya sekedar memasang iklan baris di koran. Kini perkembangan teknologi komunikasi internet, membawa dampak terhadap banyaknya situs perdagangan online yang menawarkan pemasangan iklan secara gratis. Salah satu situs perdagangan cukup populer di dunia adalah olx iklan gratis.

Internet dengan Ragam Situs Untuk Iklan Gratis

Melalui situs-situs penyedia layanan pemasangan iklan gratis tersebut, aktivitas jual beli di internet kini bisa dilakukan dengan sangat mudah dan praktis. Selain Oxl iklan gratis, sebenarnya ada banyak situs lainnya yang bisa Anda gunakan baik itu yang berskala lokal Indonesia, maupun yang memiliki jaringan internasional seperti olx ini. Prosedur yang ditawarkan cukup mudah sehingga siapa pun bisa melakukannya.

Sekilas tentang Olx

Olx iklan gratis adalah sebuah situs perdagangan online terklasifikasi yang berdiri di New York, Amerika Serikat, sejak tahun 2006. Kantor pusatnya kini berada di kota New York dan Buenos Aires, Argentina. Nama Olx sendiri adalah kepanjangan dari On Line eXchange.

Awalnya Olx adalah situs jejaring sosial semacam Kaskus yang memungkinkan siapapun melakukan diskusi dalam berbagai forum yang dibedakan berdasarkan topik yang dibahas. Ketika itu Olx bekerja sama dengan situs jejaring sosial Friendster yang sempat menjadi headlines di berbagai media massa seperti New York Times, dan juga topik seru yang diperbicangkan di antara para bloggers.

Fabrice Grinda dan Alec Oxenford adalah pendiri perusahaan ini yang resmi dilaunching pada Maret 2006. Meski kini Friendster sudah tidak berjaya lagi, namun popularitas Olx sepertinya belum berakhir. Situs ini berkembang menjadi situs perdangangan online yang kini digunakan oleh pengguna internet di lebih dari 105 negara dengan menggunakan 45 bahasa.

Olx Indonesia

Apabila Anda ingin memasang iklan di situs Olx, Anda bisa membuka situs Olx Indonesia di www.olx.co.id. Seperti kita ketahui, kode “.id” adalah kode untuk negara Indonesia. Semua situs internasional yang memiliki jaringan di berbagai negara di dunia, selalu menggunakan kode .id pada alamat URL mereka, seperti misalnya yahoo.co.id, google.co.id, dan sebagainya.

Setelah kita membuka situs olx Indonesia, pada halaman pertama kita akan melihat banner Olx berwarna biru dengan mesin pencari di iklan di sebelahnya. Kemudian ada kotak oranye dengan keterangan “Pasang Iklan Gratis”. Sementara itu di bagian atas kota oranye ini terdapat menu untuk “Masuk”, atau “Daftar”, OLX Saya, dan pilihan bahasa.

Di bagian bawah banner, terdapat teks besar dengan tulisan “Cari Iklan di Indonesia”, lalu di sebelahnya ada pilihan kota atau negara bagian. Ketika Anda mengklik bagian ini, akan muncul pilihan kota-kota populer dan negara bagian yang populer. Kedua jenis kota dan daerah berdasarkan popularitas ini juga terdapat pada bagian paling bawah halaman.

Setelah mencermati bagian banner dan bawahnya, kita akan melihat ke bagian utama atau inti dari konten Olx, yaitu bagian kategori iklan. Kategori iklan ini dibedakan menjadi: Kategori “Dijual”, kategori “Kendaraan”, kategiru “Lowongan Kerja”, kategori “Real Estate”, kategori “Jasa”, kategori “Kelas”, kategori “Komunitas”.

Pada masing-masing kategori terdapat daftar sub kategori yang sangat beragam. Pada kategori “Dijual” misalnya, Anda bisa menemukan daftar sub kategori berupa Alat Musik, Alat Olah Raga – Sepeda, Binis – Industri, Buku – Majalah, CD – Kaset, DVD, Elektronika, Hewan, Kamera – Asesori Kamera, Keperluan Rumah – Perabotan, Kebutuhan Berkebun, Kesehatan – Kecantikan, dan sebagainya.

Pada kategori Kendaraan, terdapat sub kategori berupa Mobil, Suku Cadang Mobil, Sepeda Motor – Sekuter, Kapal, RV – Untuk berkemah – Karavan, Truk – Kendaraan Komersial, Kendaraan lain. Begitu pula untuk kategori-kategori lainnya, masing-masing memiliki sederet daftar sub kategori yang akan memudahkan Anda menemukan iklan yang Anda cari.

Yang unik, ternyata tidak hanya iklan barang dan jasa saja yang ada di Olx, melainkan juga iklan lowongan pekerjaan, dan komunitas. Pada kaetgori “Komunitas” kita bisa menemukan sub kategori berupa Acara, Kegiatan Komunitas, Kendaraan Bersama. Musisi – Artis – Band, Sukarelawan, dan Lost and Found.

Pasang iklan gratis di Olx

Untuk bergabung dalam olx dan memasang iklan secara gratis, sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengklik kotak oranye di atas bertuliskan “Pasang Iklan Gratis”. Setelah Anda klik, Anda akan masuk ke halaman berikutnya di mana di sana Anda juga bisa menemukan daftar kategori dan sub kategori yang sama seperti di halaman muka. Hanya saja bedanya, apabila mengklik kategori atau sub kategori di halaman muka, Anda akan menemukan deretan nama perusahaan, instansi, atau pribadi yang memasang iklan berdasarkan kategori terkait.

Namun apabila Anda mengklik sub kategori pada halaman Pasang Iklan Gratis, yang akan Anda temukan adalah formulir pemasangan iklan. Agar iklan Anda bisa terpublikasikan di situs Olx dan dilihat oleh jutaan pengguna internet, Anda hanya perlu mengisi data yang diperlukan di formulir tersebut.

Secara rinci, tahap-tahap pemasangan iklan di Olx iklan gratis adalah sebagai berikut:

1. Buka situs www.olx.co.id
2. Klik kotak “Pasang Iklan Gratis” berwarna oranye di bagian atas.
3. Pilih kategori iklan yang sesuai dengan barang atau jasa yang Anda tawarkan.
4. Klik pada kategori yang tepat, dan isi formulir yang tersedia.
5. Yang perlu Anda isi pada formulir pendaftaran adalah:

– Judul Iklan
– Foto (Anda bisa mengupload foto di bagian ini)
– Tuliskan sedikit deskripsi yang menjelaskan apa yang membuat iklan Anda unik.
– Klik kolom Gratis pada bagian Harga
– Pilih “Bahasa Indonesia” pada kolom “Iklan saya ada di”
– Kemudian isi informasi penjual yang menjelaskan apakah Anda adalah profesional atau individu, alamat email, nomor telepon, lokasi, alamat iklan.
– Setelah semua data terisi, klik tombok “Pasang”

Apabila Anda mengalami kesulitan, Anda bisa meminta bantuan dengan mengklik pilihan Bantuan pada kotak berwarna biru di bagian bawah halaman. Pada kotak biru tersebut, Anda juga bisa menemukan berbagai informasi lain seputar Olx. Jangan lupa baca pula ketentuan penggunaan yang juga bisa Anda temukan di sana. Apabila Anda masih ada pertanyaan yang ingin disampaikan, silahkan hubungi Olx melalui pilihan yang ada di sana.

Kelebihan Olx

Olx memiliki banyak keunggulan, yaitu antara lain:

– Anda memiliki keleluasaan untuk mendesain iklan Anda dengan tampilan yang menarik dan didukung dengan gambar atau foto.
– Anda bisa menyeting penjualan, pembelian, maupun juga aktivitas dalam komunitas Anda dengan klik “Olx Saya” pada bagian atas di halaman muka.
– Olx terintegrasi secara langsung dengan situs jejaring sosial Facebook dan Myspace.
– Olx bisa diakses dari ponsel dengan mudah dan praktis.
– Olx tersedia dalam berbagai bahasa yang akan memudahkan setiap orang terhubung dengan komunitas mereka.

Speak Your Mind

*