Cari Rumah; Sesuaikan dengan Kantong

Ilustrasi cari rumahCari rumah di masa sekarang haruslah dipersiapkan dengan matang. Karena itu menyangkut investasi di masa yang akan datang. Rumah digolongkan sebagai bisnis properti yang menggiurkan, namun juga butuh modal yang tidak sedikit. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan selain uang, tentunya juga ada hal lain agar rumah yang kita huni nantinya nyaman dan bernilai jual tinggi.

Cari rumah tidaklah sama dengan mencari barang lainnya apalagi barang elektronik. Barang elektronik semakin lama harganya akan menurun dan mengalami penyusutan, sementara rumah bila dipersiapkan dengan benar semakin lama semakin mahal harganya. Karena populasi penduduk semakin meningkat, jumlah manusia yang meninggal jauh lebih sedikit daripada kelahiran setiap harinya.

Banyaknya para pengembang yang menawarkan produk perumahan mulai dari desain, lokasi, dan model pembayaran yang relatif memudahkan calon konsumen. Cari rumah sangatlah mudah sebagai investasi masa depan, karena calon konsumen berhak memilih-milih apakah rumah yang ditawarkan sesuai dengan kocek kantong ataukah desain yang diinginkan sesuai dengan seleranya. Jika tidak ditentukan dari awal, baru beberapa saat (tahun) sudah pindah rumah lagi, tentu menguras kantong bukan?

Cari rumah yang nyaman merupakan idaman keluarga. Di sanalah kita akan membina keluarga yang sakinah, tempat beristirahat dari jenuhnya kerja, tempat bertemu dan melepas lelah bersama keluarga, dan tempat membesarkan anak-anak. Sehingga cari rumah idaman haruslah sesuai dengan kriteria.

Tips Cari Rumah

Cari rumah tidak dapat dipisahkan dari proses pemilihan lokasi perumahan yang dilakukan oleh konsumen. Sebelum cari rumah yang akan dibeli, tentukan terlebih dahulu beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebagai konsumen, beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli rumah sebagai tempat hunian Anda adalah sebagai berikut:

  • Harga. Sesuaikan harga dengan kantong Anda, bila harga yang Anda miliki hanya untuk tipe 56, janganlah mencari tipe 72. Syukur-syukur bisa mendapatkan tipe 72 dengan uang Anda untuk tipe 56. Anda termasuk beruntung.
  • Lokasi. Lokasi perumahan yang strategis lebih dilirik oleh konsumen daripada lokasi perumahan yang agak pedalaman, misalnya, dekatnya dengan jalan raya, pasar, rumah sakit, tempat kantor, sekolahan, dan banyak lain.
  • Fasilitas Umum. Cari rumah yang memiliki banyak fasilitas umum. Fasilitas umum itu misalnya di dekat rumah atau perumahan terdapat area bermain anak, sekolah, pusat perbelanjaan, dan lain-lain.
  • Perijinan. Perijinan yang dimaksud adalah legal tidaknya seluruh perijinan yang telah dilakukan oleh pihak developer, misalnya Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), legalitas pembebasan tanah, Hak Milik Bangunan, sertifikat dan lain sebagainya.
  • Desain Rumah. Semakin bagus dan rumit sebuah desain maka harganyapun semakin tinggi. Konsumen lebih memilih desain rumah yang sesuai dengan seleranya daripada harus memaksakan selera developer.

Pahami Beberapa Opsi Ini

Ketika Anda telah memutuskan untuk membeli sebuah rumah, Anda memiliki sejumlah pilihan yang tak terhitung. Beberapa dari  rumah mungkin terlihat baik tapi mungkin berada di luar anggaran Anda. Sementara  yang sesuai dengan anggaran Anda, tidak mungkin terlihat menarik bagi mata maksudnya kantong. Tips yang diberikan di bawah ini akan membantu Anda menemukan rumah yang Anda inginkan dan salah satu yang ada di dalam anggaran Anda:

  • Mulai cari Saat ini, lebih dari tujuh puluh persen dari orang-orang yang ingin membeli rumah, browsing internet untuk mencari rumah impian atau mengubek ubek kolom properti koran. Duduk dalam kenyamanan rumah lama , dan membuat beberapa klik mouse dapat membantu mendapatkan daftar rumah dijual. Anda dapat melihat foto-foto rumah calon dan tetangganya juga. Foto-foto ini akan memberikan Anda gambaran pola dasar dan jenis rumah yang Anda cari.
  • Menyebar mata mata, namun bila internet terlalu mewah dan terlalu wah, maka sebarkan mata mata, yakni menghubungi setiap kawan yang Anda kenal, bilamana di dekat mereka ada rumah yang di jual. Ada kemungkinan bau makelar dalam urusan ini, tidak masalah yang penting kepuasan.
  • Uang  Biaya rumah adalah masalah besar bagi pembeli rumah. Anda harus memilah-milah semua masalah keuangan Anda sebelum Anda memulai pencarian sebenarnya untuk rumah Anda. Sebelum membuat anggaran untuk membeli rumah, cobalah mengevaluasi pengeluaran Anda saat ini, utang dan pendapatan, jika mau masuk ke wilayah KPR dan bukan beli kontan, pelajari kemungkinan kredit macet.
  • Pajak Anda harus diingat, bahwa selain dari pembayaran yang sebenarnya, ada pajak, asuransi rumah dan biaya tambahan lainnya juga. Sebagai aturan umum, sebuah rumah yang biaya dua setengah kali gaji tahunan Anda, dianggap sebagai terjangkau untuk Anda.
  • Menyewa Agen Real Estate Meskipun fakta bahwa Anda telah mengakses daftar rumah di internet, atau mata mata lokal, selalu dianjurkan untuk menyewa agen real estat yang profesional. Agen akan menilai kebutuhan Anda dan membantu Anda dalam mendapatkan rumah yang cocok dengan semua parameter pencarian Anda.
  • Selama waktu negosiasi dan menyelesaikan kesepakatan dengan penjual Anda, agen ini real estate dapat membantu Anda dalam banyak cara, sampai ke wilayah detil seperti fengshui sejenisnya, saya tidak percaya sihir, tapi kalau fengshui penting sepertinya.
  • Pilih dengan Perawatan Anda mungkin menyukai rumah kedua bahwa agen Anda telah menunjukkan Anda. Bahkan kemudian, tidak berhenti di situ dan segera memulai dengan membeli formalitas. Pertimbangkan setidaknya sepuluh lebih banyak pilihan dan membuat perbandingan yang baik dengan yang Anda sukai. Jika Anda menemukan bahwa itu adalah masih yang terbaik, maka sudah saatnya untuk beralih ke langkah berikutnya.
  • Inspeksi Setelah Anda berhasil memutuskan rumah yang akan Anda beli, sekarang saatnya untuk pemeriksaan beberapa. Anda harus melibatkan inspektur rumah profesional, dengan pengalaman yang tepat untuk melaksanakan inspeksi rumah tersebut.
  • Dengan inpeksi maka akan mampu mencari tahu jenis masalah yang mungkin timbul di masa depan dan jika ada pekerjaan perbaikan segera diperlukan. Ini akan membantu Anda untuk memutuskan tawaran sesuai. Perhatikan lingkungan rumah, jika banyak perusahaan besar, lebih baik jangan, karena perusahaan besar selalu main kotor untuk membeli sesuatu dari tetangga nya.
  • Negosiasi Deal Jangan memulai negosiasi dengan harga yang sangat rendah. Ini dapat memberikan indikasi yang salah untuk penjual dan dapat mengirim seluruh pesan bahwa Anda tidak terlalu tertarik untuk membeli properti.
  • Hal ini penting untuk sehingga beberapa pekerjaan rumah dan mencari tahu tingkat di mana rumah-rumah lainnya di wilayah yang sama yang dijual. Secara umum, Anda dapat memulai penawaran di tujuh sampai sepuluh persen lebih rendah dari harga yang diminta dari penjual.
  • Setelah Anda telah mencapai kesepakatan dengan penjual Anda, Anda adalah pemilik rumah Anda. Sekarang, saatnya bagi Anda untuk memindahkan semua barang-barang Anda ke rumah baru Anda. Berharap semua yang disebutkan di atas rumah membeli kerja tips untuk Anda. Ini hanya sebuah upaya pada bagian saya untuk membuat pengalaman Anda membeli rumah yang bebas stres.

Demikianlah beberapa tips cari rumah yang sesuai dengan kantong Anda, semoga Anda mendapat rumah yang sesuai dengan pilihan Anda.

 

 

 

Speak Your Mind

*