Cerita Hantu Gentayangan Paling Seram

Ilustrasi cerita hantuHantu dipercaya sebagai arwah seseorang yang sudah meninggal, namun masih bergentayangan di dunia. Konon, ia tidak rela atas kematiannya yang tidak wajar, misalnya karena disiksa atau dibunuh.

Hal ini diperkuat dengan banyaknya cerita hantu penampakan di lokasi-lokasi bekas terjadinya pembunuhan berantai, kuburan, rumah tua yang penghuninya bunuh diri dan tempat seram lainnya. Sangat wajar jika tempat-tempat yang terlihat seram tersebut dianggap sebagai tempat yang ada hantunya.

Ketakutan manusia akan sesuatu yang tidak ada adalah hal yang alamiah. Manusia selalu takut akan hal yang tidak ada atau lebih populer dikenal dengan hal yang ghaib. Semua itu timbul dan ada berdasarkan pola pikir yang ada dalam diri manusia tersebut.

Sebagai contoh kecil bahwa manusia merasa takut akan sesuatu hal yang tidak ada adalah ketika berjalan sendirian. Ketika berjalan sendirian tersebut, manusia akan merasa terancam ketentramannya. Saat terancam atau terusik inilah akan timbul pola pikir-pikir yang macam-macam.

Pola pikir yang dipikirkan oleh manusia itu bermacam-macam. Ada yang takut akan diserang oleh perampok atau pencuri. Ada juga yang takut akan hantu yang akan mengancam jiwanya. Semuanya itu timbul dari dalam pikiran orang tersebut.

Padahal semua yang dibayangkan tadi bukanlah sesuatu yang ada atau nyata. Semuanya hanyalah khayalan belaka yang sebenarnya gentayangan di pikiran kita. Jika kita berpikiran positif maka semua hal yang ditakutkan tadi pasti akan leyap seketika.

Hantu dalam Islam

Hantu secara umum di Indonesia dikenal sebagai ruh atau arwah orang yang meninggal karena penasaran. Ruh manusia tersebut menjadi hantu disebabkan oleh kematian yang tidak wajar. Kematian yang tidak wajar tersebut adalah dibunuh, dianiaya atau diperkosa. Semua hal tersebut menyebabkan ruh tersebut tidak terima dan menjadi hantu.

Dalam pandangan islam, hantu tidak pernah dikenal dalam kamus Islam. Pengertian hantu yang ada di masyarakat umum bahwa hantu adalah arwah dari manusia yang telah meninggal adalah tidak benar. Dalam Islam, seseorang yang telah meninggal maka arwahnya akan masuk ke dalam alam kubur.

Jadi sangat tidak mungkin arwah tersebut berada di alam yang lain yakni alam manusia. Ruh atau arwah akan tetap berada di alam kubur hingga hari kebangkita itu tiba. Namun dalam Islam juga ada jin dan setan.

Jin merupakan makhluk gaib yang tidak bisa kita lihat maupun kita rasakan dengan kelima panca indera kita. Walaupun demikian, seorang muslim diajarkan  untuk meyakini keberadaan mereka. Selain jin dan setan makhluk gaib lainnya yang ada dalam islam adalah malaikat.

Bukti nyata keberadaan jin dalam islam adalah dalam kisah Nabi Sulaiman as. Nabi Sulaiman adalah nabi yang sangat pintar dan kaya akan ilmu dan harta. Beliau menjadi pemimpin dari semua makhluk dari golongan jin dan manusia.

Nabi Sulaiman memiliki mukjizat yang bisa melihat jin dan berbicara dengan binatang. Dalam menyelesaikan kerajaan Nabi Sulaiman dibantu oleh manusia dan jin. Ini merupakan bukti bahwa jin ada dan juga sama seperti manusia yang juga memiliki sifat taat.

Walaupun jin adalah makhluk ghaib, namun jin tidaklah mengetahui hal yang ghaib. Kematian adalah hal yang ghaib dan tidak bisa disangka-sangka kedatangannya. Banyak yang mengira bahwa makhluk ghaib pasti mengetahui masa depan dan kapan datangnya aja. Padahal jin sendiri yang merupakan makhluk yang ghaib tidak mampu mengetahui datangnya ajal.

Pada waktu Nabi Sulaiman dijemput oleh sang malaikat maut. Para jin yang sedang bekerja di sekitar Nabi Sulaiman tidak ada yang mengetahuinya. Barulah diketahui bahwa Beliau telah wafat setelah tongkat yang digunakan untuk menyanggah tubuhnya terjatuh dan tubuh Nabi Sulaiman pun tersungkur. Setelah itu barulah jin tahu bahwa Nabi Sulaiman telah pergi meninggalkan mereka.

Jin merupakan ciptaan Allah yang serupa dengan manusia. Mereka ada yang memiliki sifat baik tetapi ada juga yang memiliki sifat yang jahat. Jin juga terkadang menampakkan wujudnya di tempat yang banyak digunakan untuk maksiat. Wujud dari jin tersebut bisa bermacam-macam. Orang yang tidak memiliki iman pasti akan ketakutan dan orang yang memiliki iman yang tebal pasti ditakuti oleh mereka.

Penampakkan jin inilah yang kemungkinan dianggap oleh hantu. Untuk mengusir rasa takut akan hal yang ghaib tersebut, cukuplah dengan memperbanyak mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan demikian iman akan kuat dan perasaan takut akan hal ghaib tidak akan pernah datang karena hanya Allah azza wa jallah tempat berlindung dan bernaung dari segala mara bahaya.

Beberapa Cerita Hantu

Ada berbagai macam cerita tentang hantu di negeri ini. Semuanya memiliki versinya masing-masing. Penampakkan hantunya pun berbeda di tiap daerah. Berikut beberapa ceita hantu yang ada di Indonesia :

Kuntilanak

Cerita tentang hantu kuntilanak memiliki berbagai macam versi. Ia adalah sosok wanita cantik yang meninggal ketika sedang hamil. Setelah kematiannya, ia menjadi hantu gentayangan yang betah bertengger di pohon besar.

Kadang ia menampakkan diri di jalanan sepi, mengganggu perempuan hamil terutama di sore dan malam hari, dan menculik bayi yang baru lahir. Maka dari itu, beredar mitos bahwa perempuan hamil dan bayi yang baru lahir hendaknya membawa gunting kecil, bawang putih dan peniti yang diselipkan di baju atau bantalnya untuk menangkal gangguan kuntilanak.

Sundel Bolong

Versi lain dari cerita tentang hantu kuntilanak adalah sundel bolong. Ia adalah hantu wanita dengan lubang besar di punggungnya. Kematiannya sungguh tragis.

Ia melahirkan jabang bayi melalui punggungnya. Ia selalu menghantui dan menakut-nakuti orang-orang yang bekerja di malam hari seperti tukang sate, hansip, tukang ojeg atau para lelaki hidung belang yang berkeliaran di tengah malam.

Hantu Casablanca

Ada lagi cerita tentang hantu kuntilanak yang paling menyeramkan yaitu kuntilanak merah terowongan Casablanca di Jakarta. Penduduk sekitar sering mendengar tangisan misterius seorang wanita, namun begitu didekati suara itu langsung menghilang dan berpindah.

Di terowongan itu juga sering terjadi kecelakaan berujung maut tanpa penyebab pasti. Menurut cerita tentang hantu yang tersiar, beberapa pengemudi melihat penampakan wanita berbaju merah yang berambut panjang dan kusut lalu menyeberang jalan secara tiba-tiba.

Tak ayal pengemudi banting setir untuk menghindarinya sehingga mobil yang dikemudikannya tersebut menabrak trotoar atau kendaraan lain.

Konon terowongan Casablanca dibangun di atas perkuburan dan banyak arwah yang tidak senang. Karena itulah, beredar kabar bahwa sebelum memasuki terowongan, pengemudi harus membunyikan klakson 3 x agar tidak diganggu kuntilanak merah dan arwah penghuni terowongan.

Kalong Wewe

Cerita hantu kalong wewe ini sangat mengerikan. Wujudnya seperti kelelawar raksasa, bertaring, berwajah menakutkan dan selalu menculik anak-anak yang senang bermain hingga matahari terbenam.

Anak-anak itu akan disembunyikan ke dalam gua untuk dijadikan santapannya. Oleh karena itu, cerita hantu ini sering dijadikan senjata para orang tua untuk memperingatkan anak-anaknya agar tidak bermain hingga sore hari.

Tidak hanya di Indonesia, cerita hantu gentayangan juga beredar di Jepang. Diantaranya adalah :

Kuchisake Onna

Siluman wanita dengan mulut robek dari telinga kiri ke kanan ini adalah cerita hantu yang sangat populer di Jepang. Kuchisake Onna, namanya. Ia senang berjalan di lorong-lorong dan tempat sepi dengan menggunakan kipas atau syal atau masker untuk menutupi mulutnya yang robek.

Di masa hidupnya ia adalah wanita cantik yang sombong. Ketika menjadi arwah penasaran, Onna sering mengganggu orang-orang yang ditemuinya.

Ia akan bertanya pada orang tersebut apakah dirinya cantik sambil memperlihatkan wujud aslinya yang menakutkan. Jika orang tersebut menjawab ‘tidak cantik’ atau terlihat ketakutan, maka tanpa segan-segan ia langsung membunuhnya.

Hantu Sadako

Nah, siapa tidak kenal Sadako? Cerita hantu Jepang penghuni sumur tua di Kampung Teitan. Kematiannya sungguh misterius. Ia ditemukan tidak bernyawa di pinggir sumur tua tersebut. Para penduduk Kampung Teitan sering melihat penampakan Sadako sedang duduk di pinggir sumur tua atau sedang berjalan merangkak keluar sumur.

Cerita hantu Sadako yang membuat orang tidak bisa tidur nyenyak adalah ketika ia muncul secara tiba-tiba di televisi. Sedang asik-asiknya nonton, tiba-tiba acara televisi berganti dengan gambar bersemut.

Kemudian, ‘Jreng!” muncullah penampakan Sadako berpakaian putih dengan rambut panjang menutupi wajahnya yang pucat di depan sumur tua sedang berjalan menuju penonton. Sebelum penonton sadar dari keterkejutannya, ia langsung keluar dari layar televisi dan membunuh penontonnya satu persatu dengan cara yang mengerikan.

Penutup

Itulah sekelumit cerita hantu menyeramkan yang populer di dunia. Namanya juga cerita, tidak harus dipercaya, bukan? Meskipun alam ghaib itu ada, akan tetapi makhluk halus yang jail dan jahat tidak akan mengganggu orang yang beriman kepada Tuhannya. Jadi perbanyaklah ibadah agar dijauhkan dari kejahatan jin, syetan dan teman-temannya.

Speak Your Mind

*