Cermat Belanja Perlengkapan Bayi

Ilustrasi belanja perlengkapan bayiBelanja perlengkapan bayi adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri yang akan mempunyai bayi, terutama bila bayi yang akan dilahirkan adalah anak pertama mereka.

 

Persoalan yang sering dihadapi adalah calon orang tua kebingungan perlengkapan apa saja yang harus dibeli, apa yang harus diprioritaskan untuk dibeli, dan berapa dana yang harus disiapkan.

 

Menentukan Kebutuhan

 

Belakangan ini, rata-rata toko perlengkapan bayi menyediakan daftar keperluan bayi baru. Daftar ini memang membantu, namun tetap disarankan untuk calon orang tua tetap menyusun daftar keperluan bayi versi mereka sendiri.

 

Sebagai acon orang tua yang baik tentunya kita harus paham benar tetang apa saja yang diperlukan ketika bayi sudah hadir di dunia ini. Kebutuhan yang diperlukan oleh bayi hampir sama dengan orang dewasa hanya saja sedikit berbeda dan lebih butuh banyak hal.

 

Sebagai contoh jika untuk keperluan kebersihan maka orang dewasa hanya butuh air dan sabun saja sudah cukup, tetapi bagi bayi hal tersebut lain lagi dan juga butuh perlakuan khusus. Ketika masih bayi hendaknya tidak berlama-lama terkena air karena takut kedinginan.

 

Masih banyak lagi yang jelas akan membedakan antara kebutuhan seorang bayi dengan orang dewasa. Yang paling penting adalah bahan yang digunakan harus aman dari berbagai zat berbahaya maupun bahan berbahaya lainnya.

 

Keperluan Mandi

 

Beberapa keperluan mandi yang diperlukan oleh bayi baru lahir adalah sebagai berikut.

 

1. Handuk

 

Pilihlah handuk yang cukup lebar untuk membungkus tubuh bayi dan yang terbuat dari bahan yang lembut. Handuk yang dipilih harus cukup lebar supaya ketika bayi habis dimandikan bisa langsung ditutup sempurna dengan handuk kecuali muka bayi. Dengan demikian kehangatan bayi tetap terjaga sehingga bayi tidak terkena syindrom akibat kedinginan maupun masuk angin.

 

Bahan yang digunakan oleh handuk juga harus lembut karena kulit bayi tidaklah sama dengan kulit orang dewasa. Kulit bayi lebih sensitif dan lebih tipis jika dibandingkan dengan kulit orang dewasa. Oleh karena itu, memilih handuk haruslah teliti akan bahan yang digunakan oleh handuk tersebut.

 

2. Sabun.

 

Pilihlah sabun 2 in 1, yang bisa sekalian digunakan sebagai shampoo lebih praktis dan hemat. Artinya, sabun tersebut bisa digunakan untuk badan sekaligus bisa digunakan untuk rambut. Meskipun demikian kita tetap harus waspada terhadap bahan kimia yang digunakan.

 

Jauhkan dari berbagai bahan yang berbahaya bagi anak terutama yang memiliki alergi. Meskipun demikian, kebanyakan beberapa merk ternama biasanya menggunakan bahan yang aman digunakan untuk bayi jadi memilih sabun yang sudah bermerk lebih aman.

 

Untuk memandikan bayi yang masih berumur hari disarankan untuk menyabuni bayi dulu sebelum memasukkanya ke dalam bak mandi. Jadi jika kita biasanya masuk bak dulu lalu menggunakan sabun maka pada bayi hal tersebut dibalik agar bayi tidak terlalu lama di bak mandi.

 

Jadi kegiatan di bak mandi hanya membilas saja tubuh bayi dari sabun. Dengan demikian bayi tidak akan berlama-lama di dalam air meskipun kondisi air dalam keadaan hangat.

 

3. Bak mandi

 

Pilih bak mandi yang dudukan bayinya bisa dilepas agar bak mandi dapat digunakan sampai anak sudah besar. Jangan lupa pula untuk memilih bak mandi yang nyaman ketika kita memandikan si buah hati. Kalau ketika memandikan bayi merasa tidak nyaman maka bisa membahayakan bagi bayi.

 

Selain itu, bahan yang digunakan oleh bak mandi juga perlu kita perhatikan. Misalnya saja cat yang digunakan oleh bak mandi yang biasanya digunakan oleh stiker dalam bak mandi sudah aman dari bahan berbahaya belom? Ini harus kita cermati dengan seksama agar masa depan dan kesehatan bayi terjaga.

 

Memilih bak mandi dengan ukuran yang besar juga lebih baik daripada bak mandi dengan ukuran kecil. Perkembangan bayi sangatlah cepat sehingga dalam hitungan bulan saja bak mandi yang sewaktu awal terasa besar akan menjadi sempit. Oleh karena itu, lebih baik memilih yang memiliki ukuran besar daripada yang kecil jika dana yang disediakan ada.

 

4. Waslap

 

Waslap yang lembut berguna untuk membersihkan badan bayi dan menahan badan bayi yang licin terkena sabun mandi agar tidak tergelincir dari tangan orang yang memandikannya.

 

Pilihlah yang tidak luntur karena akan mengenai bayi dan tentunya tidak aman bagi kesehatan bayi. Kebanyakan waslap tidak luntur tetapi tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga ketika memilih.

 

 Keperluan Menyusui

 

Berikut adalah beberapa kebutuhan yang diperlukan guna memenuhi kebutuhan perut si bayi.

 

1. Botol susu

 

Botol susu akan berguna bagi bayi yang ditinggal bekerja oleh ibunya. Hendaknya memilih botol yang sesuai dengan usia anak, misalnya saja anak masih kecil maka belihlah botol yang kecil saja dan bukan yang besar.

 

Selain itu, perhatikan pula lubang bayi yang ada pada botol susu. Jangan melubangi lagi puting botol susu karena bayi malah akan tersedak karena susu menglair dengan drastis. Biasanya hal seperti ini dilakukan oleh sebagian mereka yang merasa lubangnya terlalu kecil, padahal lubang tersebut sudah disesuaikan dengan kebutuhan bayi.

 

2. Pemerah ASI

 

Berbagai model dan jenis pemerah ASI tersedia di pasaran. Namun sebenarnya metode memerah ASI dengan tangan (hand expressing) dapat dipilih sehingga alat pemerah ASI dapat dikeluarkan dari daftar belanja perlengkapan bayi.

 

Sekarang juga tersedia tempat penyewaan pemerah ASI sehingga kita tidak perlu lagi membeli pemerah ASI yang pemakaiannya hanya sebentar. Tetapi jika tetap ingin memiliki pemerah ASI sendiri maka bisa membeli yang murah atau yang mahal tergantung selera.

 

3. Botol penyimpan ASI perah

 

ASI perah akan disimpan dalam jangka waktu yang lama (bisa sampai tiga bulan) di dalam freezer. Botol kaca adalah penyimpan yang terbaik untuk ASI perah. Namun demikian, tersedia juga dari bahan plastik. Jika Anda memilih botol plastik, perhatikan keamanan bahan plastik yang digunakan.

 

4. Sikat botol

 

Sikat botol digunakan untuk membersihkan botol susu yang telah dipakai. Pilihlah yang bulu sikatnya lebat dan pegangannya tidak licin. Biasanya dijual sepaket dengan sikat dot.

 

5. Cairan pensteril botol susu

 

Cairan ini praktis jika dibawa untuk bepergian. Namun sebenarnya ada cara lain yang lebih murah untuk mensterilkan botol yaitu dengan merebusnya. Sehingga pembelian cairan pensteril ini dapat ditunda.

 

Pakaian

 

Beberapa perlengkapan yang diperlukan guna melengkapi pakaian bayi adalah sebagai berikut.

 

  • Popok
  • Popok kain
  • Popok sekali pakai
  • Gurita. Disarankan untuk tidak membeli gurita terlalu banyak karena biasanya bayi akan memakai gurita ini selama pusarnya belum puput saja. Setelah itu bayi dapat dipakaikan celana dan kaos biasa.
  • Kaos kaki
  • Topi
  • Pakaian hangat
  • Kaos
  • Celana

 

Keperluan Bepergian

 

  • Gendongan bayi
  • Tas keperluan bayi
  • Nursing cover untuk keperluan menyusui di tempat umum. Nursing cover berguna.

 

Lain-lain

 

  • Kain bedong. Kain bedong ini digunakan untuk menyelimuti bayi ketika tidur, membungkus tubuh bayi agar tetap hangat dan dapat digunakan sebagai alas tidurnya.
  • Minyak telon. Dibalurkan pada tubuh bayi untuk menghangatkan badan bayi dan mencegah gigitan nyamuk dan serangga lainnya.
  • Baby oil. Untuk keperluan membersihkan kerak kulit bayi atau untuk memijat bayi.
  • Tissue basah. Tissue basah dapat digunakan untuk banyak hal seperti membersihkan sisa-sisa susu/makanan dan membersihkan pantat bayi setelah selesai buang air. Fungsi kapas basah dapat digantikan oleh tissue basah.

 

Pada dasarnya, orang tua harus cermat dan jeli ketika belanja perlengkapan bayi. Membeli dengan cara mencicil dapat dilakukan ketika dana yang tersedia terbatas.

 

Keputusan untuk segera belanja ketika usia kehamilan masih belum terlalu tua merupakan keputusan yang baik, karena ibu hamil akan dapat menikmati saat-saat belanja ini sebagai sebuah kegiatan rekreatif yang menyenangkan selagi beban kehamilan belumlah terlalu berat.

 

Hal yang terpenting ketika berbelanja adalah selalu menyediakan keperluan mandi dan minyak penghangat bayi seperti minyak telon. Peralatan untuk menjaga kebersihan bayi juga tidak kalah penting karena bayi sangat rentan untuk terkena penyakit jika dibiarkan tidak bersih dalam waktu yang lama.

 

Selamat berbelanja.

 

 

Speak Your Mind

*