Cerpen Lucu – Obat Stress yang Simpel

Ilustrasi cerpen lucuBeberapa waktu lalu, sebuah majalah gaya hidup memaparkan sebuah hasil penelitian bahwa 95% orang Indonesia pemarah. Hal ini bertolak belakang dengan isi buku-buku pelajaran kita dahulu yang menggambarkan penduduk Indonesia terkenal akan keramahannya.

Apakah perkembangan zaman yang makin pesat telah mengubah sifat masyarakat kita? Wah, itu memerlukan penelitian lebih lanjut lagi. Tapi, betul kalau dikatakan perubahan yang sangat cepat, globalisasi membuat persaingan dalam merebutkan pekerjaan, dan lainnya, menjadi tinggi. Tekanan dan tuntutan hidup membuat orang jadi mudah marah dan stres.

Cerpen Lucu – Solusi Jitu Atasi Stress

Apa solusi agar Anda terhindar stres? Sungguh berbahaya kalau sampai stres berkepanjangan dan menjadi depresi, melakukan hal nekat seperti mencoba bunuh diri atau tenggelam dalam obat-obatan terlarang dan minuman keras. Mengobatinya pun butuh biaya besar dan butuh waktu lama. Serem, ah.

Agar tidak stres, orang harus rileks. Melakukan sesuatu yang menyenangkan dan menjadi kegemarannya. Membaca buku bisa menjadi pilihan refreshing dan obat antistres yang murah-meriah dan ampuh. Selain membaca buku kita juga bisa membaca cerpen lucu.

Di manakah kita bisa membaca cerpen lucu ini? Jika Anda tidak sempat mencari atau menemukan kumpulan cerita pendek yang lucu, Anda bisa menemukannya di kumpulan artikel yang menyediakan cerita pendek yang lucu. Tertawa itu menyehatkan, namun tidak sedikit orang yang susah menemukan cara untuk tertawa selain dari bercanda. Nah, membaca cerpen lucu ini salah satu solusi yang jitu. Anda bisa membacanya di situs khusus yang menyediakan cerita pendek yang lucu dan segar.

Apa saja bisa Anda lakukan untuk bisa rileks dan meluruskan saraf yang menegang dengan cara tertawa. Bila sudah tertawa rasanya otot yang tegang bisa sedikit mengendur dan kita menjadi semangat. meski banyak yang beranggapan jika cerita pendek yang lucu itu cerita yang gampagan, tetapi bila kita cermati lagi banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan membaca cerita pendek yang lucu ini. Salah satunya kita bisa mendapatkan sudut pandang lain menanggapi situasi.

Cerpen Lucu – Contoh Cerita Pendek yang Lucu

SANDALKU RAIB

Rudi dan Andi adalah sahabat yang sangat dekat, kemanapun dan dimanapun mereka selalu berdua. Seperti kata pepatah, dimana ada gula di situ pasti ada semut, dimana ada Rudi disitu pasti ada Andi.

Suatu sore Andi curhat sama Rudi. “Hari ini aku bener-bener kesal banget Rud”, tutur Andi kepada Rudi.

“Emangnya kenapa And?”. Tanya Rudi kepada Andi.

Dengan sedikit menggerutu Andi menjawab pertanyaan Rudi, “Tadi siang aku sholat jum’at berjama’ah di masjid Sabilul Khoir di sebelah rumahku. Aku berangkat ke masjid memakai sandal yang baru kubeli di mall bareng kamu minggu lalu, ta….”. Dia berhenti bicara karena terpotong omongan Rudi.

“Emang kenapa dengan sandalmu And?”, sahut Rudi karena merasa penasaran dengan cerita Andi.

“Waktu aku mau pulang, sandal yang ku pakai waktu berangkat ke masjid itu sudah raib entah kemana. Setelah lama kucari, tetap gak ada, yach… akhirnya kuputuskan untuk menunggu sampai semua jama’ah sholat jum’at pulang. Aku berfikir mungkin sandalku tertukar sama sandal milik orang lain. Setelah semuanya pulang, yang tersisa hanya tinggal sepasang sandal usang, dan yang menyedihkan lagi salah satunya udah berlubang. Mau gimana lagi…, akhirnya dengan terpaksa sandal itu ku pakai dan kubawa pulang, itung-itung dibanding pulang gak pakai sandal”. Jawab Andi dengan muka agak kusut.

Sembari menahan tawa, Rudi bilang pada Andi, “Hmm… kalau gitu… minta aja pertanggung jawaban sama pak ustadz yang tadi siang jadi khotib di masjid”.

Dengan sedikit bingung Andi bertanya pada Rudi, “kok bisa gitu Rud?”.

Sambil tertawa Rudi menjawab, “Disetiap khutbah sholat jum’at, pak ustadz selalu menyerukan kepada para jama’ah untuk mengambil yang baik-baik dan tinggalkan yang jelek-jelek. Mungkin orang yang mengambil sandalmu itu mengikuti apa yang dikatakan pak ustadz”.

Mereka tertawa terbahak-bahak.

***

INTERISTI SEJATI

Karena tidak mempunyai tiket untuk menonton pertandingan secara langsung, seorang interisti, julukan bagi suporter fanatik Inter Milan mencoba memasuki stadion dengan cara memanjat tembok stadion Geusepe Meaza untuk melihat derbi klasik antara AC Milan vs Inter Milan.

Setelah berhasil memasuki stadion, dia melihat satu tempat duduk belum terisi dan disebelahnya duduk seorang Kakek yang dengan tenang menunggu dimulainya derbi itu. Interisti yang belakangan diketahui bernama Francisco Tapanuli itu kemudian mendatangi si Kakek dan bertanya kepadanya, “Permisi Kek, apakah tempat duduk di sebelah anda ini memang kosong atau ada orang lain yang akan menempatinnya tetapi belum datang kesini?”.

Kakek yang memakai kaos bermotif garis biru hitam, (Seragam tim Inter Milan) lengkap dengan syal bertuliskan Internazionale Milano itu menjawab, “Tempat duduk ini memang kosong!. Kalau mau anda boleh menempatinya!”.

“Terima kasih Kek!”, jawab Fransisco sambil duduk di sebelah Kakek itu. “Ngomong-ngomong, kenapa anda menonton pertandingan ini sendirian?”, lanjut Francisco.

“Selama lebih dari 20 tahun, saya bersama istri saya tak pernah sekalipun melewatkan derbi antara Inter Milan vs AC Milan, dan biasanya dia duduk di tempat duduk yang sedang anda tempati sekarang”, jawab si Kakek.

“Terus, dimana istri anda sekarang Kek?”, tanya Francisco dengan penasaran.

Dengan memandang ke wajah Fancisco Kakek menjawab, “Dia sudah meninggal dunia!”.

Mendengar jawaban Kakek, Francisco berkata, “Oh… Maaf Kek. Saya turut berbelasungkawa atas meninggalnya istri anda”.

“Terima kasih!”, tutur si Kakek.

Francisco dan Kakek terdiam.

Beberapa saat kemudian Francisco kembali bertanya kepada si Kakek, “Kenapa anda tidak mengajak kerabat yang lain untuk menonton pertandingan ini?”.

“Sekarang mereka semua sedang sibuk!”, jawab Kakek.

“Sibuk apa mereka Kek?”, Francisco bertanya lagi.

Dengan tenang si Kakek menjawab, “Mereka sedang menghadiri pemakaman istri saya”.

Francisco, “…!!!”, (dalam hati dia berkata, “Bener-bener Interisti Sejati”).

***

Cerpen Lucu – Kumpulan Buku Cerita Pendek

Membaca malah bikin Anda pusing? Ya, jenis bacaannya apa dulu? Novel thriller dan horor yang menegangkan. Buku politik dan hukum yang memusingkan, mungkin bukan sarana yang tepat untuk santai sejenak.

Melihat peluang itulah, beberapa penerbit buku mengakomodasi kebutuhan akan buku bacaan yang ringan dan mengendurkan urat syaraf. Buku apakah itu? Yup, buku-buku itu adalah antologi atau kumpulan cerpen lucu disingkat kumcer. Sering disebut buku keroyokan. Para penulis menulis satu cerpen[/link atau lebih dan penerbit membukukannya.

Namun, ada pula kumcer lucu yang ditulis oleh satu orang seperti. Buku-buku ini berisikan sekumpulan pengalaman lucu dan nyata para penulisnya. Para penulis buku kocak ini antara lain Beby Haryanti, Iwok Abqary, Tria Ayu K, Raditya Dika, Arham Kendari, Ferdiriva Hamzah, Alit Susanto, dan biangnya kocak, Boim Lebon.

Beberapa penerbit yang secara rutin menerbitkan buku kumpulan cerpen lucu solo dan keroyokan ini adalah Lingkar Pena Publishing House (LPPH) di Depok, Gradien Mediatama di Yogya dan belakangan, Penerbit baru milik penulis laris, Asma Nadia yaitu Asma Nadia Publishing House (ANPH) di Depok.

Lingkar Pena Publishing House (LPPH) menggandeng banyak penulis dari komunitas penulis Forum Lingkar Pena untuk menerbitkan antologi Suparman Pulang Kampung (Boim Lebon, dkk), Badman Bidin (Boim Lebon, dkk) serta Maju Iyus Pantang Mundur (Boim Lebon).

Salah satu buku kumcer yang laris di pasaran adalah Ayat Amat Cinta (Asma Nadia, dkk), judul bukunya diparodikan dari novel terkenal Kang Abik, Ayat-Ayat Cinta. Buku kumcer lucu terbaru LPPH adalah 2012-an (Iwok Abqary, dkk) terbitan tahun 2010. Ide kumcernya diambil dari film 2012 yang sedang booming beberapa waktu lalu.

Sedangkan penerbit Gradien Mediatama yang berkantor di Jalan Gedong Kuning Yogya, merangkul penulis-penulis dari Komunitas Blogger Family atau Blogfam untuk menerbitkan hasil lomba menulis komedi cinta Blogfam, yaitu Makan Tuh Cinta! (2008) dan Ramuan Jomblo (2008). Sementara hasil kolaborasi dengan Komunitas Anging Mammiri di Makassar telah menghasilkan buku antologi yang berisi pengalaman gokil para penulisnya dan berjudul Ijo Anget-Anget (2009).

Antologi kumcer kocak terbaru Gradien adalah hasil lomba menulis pengalaman ngekos para pembaca serial buku laris Anak Kos Dodol karya Dewi Dedew Rieka. Judul bukunya adalah Anak Kos Dodol Bareng Konco dan Anak Kos Gokil (2010). Gebrakan Penerbit Asma Nadia menghasilkan buku kumcer lucu yang laris di pasaran, yaitu Maryam Mah Kapok, judul diambil dari buku tetralogi tersohor milik Andrea Hirata, Maryamah Karpov.

Beberapa penulis spesialis kocak berkolaborasi di antaranya Boim Lebon, Beby Haryanti Dewi, dan banyak lagi. Hasil penjualan buku ini pun untuk tujuan mulia, untuk membiayai taman bacaan Rumah Baca Asma Nadia untuk anak-anak miskin di daerah padat penduduk.

Rata-rata hasil penjualan buku-buku kumpulan cerpen lucu ini berada di angka yang cukup menggembirakan. Bahkan, ada yang dicetak hingga puluhan kali. Hal ini menunjukkan bahwa buku lucu dan kocak masih menjadi pilihan pembaca di Indonesia.

Speak Your Mind

*