Cerpen Persahabatan – Bunga Itu Untuk Kamu

Ilustrasi cerpen persahabatanMembaca cerpen persahabatan adalah suatu kegiatan yang bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun. Cerpen ini berisi cerita yang pendek sehingga memungkinkan untuk selesai dibaca dalam waktu yang relatif singkat. Menyenangkan, bukan?

Banyak sekali cerpen yang menyuguhi kita berbagai cerita-cerita yang menarik, sedih, gembira, atau bahkan menegangkan. Namun, kali ini yang akan disajikan adalah salah satu cerpen persahabatan yang isinya pun tidak jauh dari persoalan sahabat dan segala dinamikanya.

Bagaimana serunya membaca cerpen yang bertema persahabatan? Berikut penulis sajikan salah satu contoh cerpen persahabatan untuk Anda nikmati.

Cerpen Persahabatan – Bunga Itu untuk Kamu

Hatiku ciut. Ibu Nurma memanggil namaku dan memberiku aba-aba untuk maju ke depan kelas. Keringat dingin membasahi tubuhku. Perasaanku tidak menentu. Aku takut sekali dengan hukuman. Oleh karena itulah aku selalu berusaha untuk tidak melanggar peraturan apa pun.

Tapi kini, di hari razia ini, Ibu Nurma telah menemukan sepucuk surat dan setangkai bunga plastik berwana ungu di dalam tasku. Bunga itu indah sekali. Aku suka. Tapi aku tidak menyangka bahwa bunga itu berasal dari tasku.

Tubuhku menggigil. Aku melangkah ke depan dengan tatapan yang tak percaya. Akupun bertanya-tanya dalam hati, siapakah yang telah tega mempermainkan aku. Ingin sekali menangis dan berteriak dan mengatakan bahwa aku tidak tahu. Tapi buat apa aku mengelak. Tak ada gunanya. Buktinya bunga itu ada di dalam tasku tadi. Itu yang dikatakan Ibu Nurma, wali kelasku yang terkenal judes.

“Baca surat ini,” perintah Ibu Nurma. Aku mengambil surat berwarna ungu itu. Teman-temanku bersorak riuh sekali. Aku mulai membaca surat berkertas harum itu dengan diiringi sorakan dari teman-teman.

“Tidak ada yang bersuara selagi Uti membacakan surat ini. Bila ada yang tertawa atau bersuara, maka dia akan menemani Uti menjalani hukumannya kelak.”

Kata-kata Ibu Nurma cukup membuat semua temanku terdiam dan menjadi patung. Mereka menanti aku melanjutkan membaca isi surat tersebut. Suaraku bergetar.

“Uti yang cantik, berminggu-minggu aku memikirkan apa yang bisa aku berikan kepadamu. Aku tak mengerti apa yang kamu suka. Aku bingung sekali. Tapi rasa sayangku padamu menuntunku untuk membuat setangkai bunga ini.

Uti yang pintar, terimalah persembahan ini dengan hati senang. Senyummu kutunggu saat kau menatap bunga ini. Terima kasih, Uti yang lembut hati. Aku sayang kamu.”

Sungguh aku tak tahu siapa yang telah memberiku bunga nan cantik itu. Pada akhirnya Ibu Nurma percaya bahwa aku benar-benar tidak tahu siapa pengirim bunga itu. Akhirnya aku tidak dihukum. Hari itu semua teman-temanku pun ribut dan penasaran siapa pemberi misterius itu.

“Uti, aku minta maaf,” kata Anggi dengan nada bergetar.
“Maaf untuk apa?” tanyaku heran. Anggi adalah temanku yang tak banyak bicara.
“Surat itu dari aku,” kata Anggi singkat. Aku tentu saja kaget.
“Kamu?”
“Ya, bunga itu untuk kamu,” kata Anggi dengan nada takut.
“Kenapa kamu tidak bilang waktu itu?” tanyaku.
“Aku ketakutan sekali. Maafin aku,” kata Anggi memohon.
“Kok kamu sembunyi-sembunyi?” tanyaku penasaran.
“Aku takut kamu tidak suka dengan bunganya. Kata kakakku, aku tidak berbakat membuat bunga. Jadi aku tidak ingin melihat rona penolakan di wajahmu,” terang Anggi.
“Bunga itu cantik sekali. Aku suka kok. Kamu mempunyai bakat yang besar dalam merangkai bunga. Percaya deh,” kataku jujur.
“Benarkah?”
“Yakinlah. Aku letakkan bunga itu di ruang tamu. Mama dan papaku suka juga dengan bunga itu. Ayo, ke rumahku. Biar mamaku tahu siapa pembuat bunga ungu nan indah itu,” ajakku.
“Uti, kamu memang teman yang paling baik. Kamulah orang pertama yang menghargai karyaku. Terima kasih ya,” kata Anggi bergetar. Air matanya mengalir di pipinya yang ranum.
“Sama-sama, Anggi.”

Tak kusangka tak ada yang pernah menghargai karya Anggi selama ini. Pantas saja dia takut aku tolak.

Bagaimana, cerpennya enak dibaca, bukan? Seperti itulah cerpen persahabatan, singkat, padat, dan bermakna. Anda juga bisa kok membuat cerpen seperti halnya cerpen di atas. Bahkan, yang lebih menarik. Bagaimana caranya? Tentu saja dengan memahami cara membuat cerpen dan ada kemauan dari diri Anda.

Membuat Cerpen Persahabatan

Persahabatan adalah hal penting dalam menjalin hubungan dengan seseorang. Tidak sedikit cerpen persahabatan terinspirasi dari kisah persahabatan antara dua insan. Sebuah cerpen yang bertema persahabatan ini memang sesuatu yang begitu enak dibaca dan dinikmati. Sebagian besar cerpen ini berisi cerita yang sangat menarik dan sangat menginspirasi. Oleh karena itu, cerpen ini banyak dikoleksi oleh orang yang hobi membaca cerpen.

Lalu, bagaimana cara membuat cerpen yang bertema persahabatan? Sebelum mengetahui cara membuat cerpen ini, penulis akan jelaskan sedikit tentang ciri-ciri utama cerpen, termasuk di dalamnya adalah cerpen persahabatan.

Cerpen, termasuk juga cerpen yang bertema persahabatan mempunyai beberapa ciri utama, yaitu ceritanya pendek, mengambil tema sehari-hari, dan yang sangat penting adalah peristiwa tidak mengubah kehidupan si tokoh utamanya.

Panjang cerita pendek memang tak sepanjang novel atau roman. Panjang maksimal cerpen 15 halaman. Selain itu, alur yang dibangun juga tidak serumit novel. Jika alur novel bercabang- cabang, maka alur cerpen hanya satu.

Salah satu contoh alur cerpen adalah perkenalan, konflik dan penyelesaian. Misalnya,   tokoh utama berkenalan dan menjalin sebuah persahabatan. Kemudian munculah konflik diantara keduanya, misalnya gara- gara berebut pacar. Lalu, alur ini akan ditutup dengan sebuah penyelesaian. Apakah persahabatan akan terus berlanjut atau putus ditengah jalan.

Tema cerpen ini dapat diambil dari kegiatan atau kejadian yang berasal dari kehidupan sehari- hari. Salah satu contohnya adalah kisah persahabatan yang ternodai oleh berebut pacar baru, kesalahpahaman tentang sesuatu hal, atau yang lainnya.

Cerpen yang bertema persahabatan ini tidak mengubah kehidupan si tokoh utama. Misalnya pada cerpen  yang bertema persahabatan, tidak mungkin di dalam cerita yang bertema persahabatan dikisahkan hal-hal yang mengubah hidup seseorang, seperti pernikahan, kematian, dan lain-lain.

Membuat cerpen bagi pelajar memang sudah tidak asing lagi. Biasanya, guru bahasa Indonesia sering memberi tugas membuat cerpen kepada anak didiknya. Selain sebagai tugas, para pelajar pun sering membuat cerpen untuk kegiatan perlombaan cerpen. Salah satu cara agar cerpen yang dibuat tersebut memperoleh nilai yang bagus adalah dengan membuat cerpen yang bertema persahabatan. Alasannya, membuat cerpen dengan tema persahabatan itu sangat mudah dan topiknya pun sangat disukai.

Anda dapat membuat cerpen persahabatan yang sumber ceritanya diambil dari berbagai pengalaman hidup Anda dan teman. Bisa juga membuat cerpen ini dengan bersumber dari imajinasi. Dengan demikian, seseorang mampu mengasah daya khayal dalam membuat cerpen yang bertema persahabatan.

Jika ingin belajar membuat cerpen jenis ini dengan baik dan benar, maka tidak ada salahnya Anda membaca dan mempelajari kumpulan cerpen yang bertema persahabatan yang ada di toko buku, perpustakaan, dan di internet.

Tips Membuat Cerpen Persahabatan

Ada beberapa unsur yang wajib diperhatikan ketika akan membuat cerpen persahabatan. Sebagai informasi tambahan, gaya bercerita dalam cerpen ini berbeda dengan cerita dalam cerpen cinta. Berikut ini beberapa tip untuk membuat cerpen persahabatan.

  • Tuliskanlah kisah-kisah persahabatan yang mengesankan dalam cerpen ini, seperti nonton bareng, makan bersama, dan lain-lain.
  • Saat membuat cerpen ini, disarankan tokoh sahabatnya tidak terlalau banyak. Idealnya jumlah tokoh sahabat dalam cerpen ini adalah satu atau dua orang saja.
  • Cerita dalam cerpen yang bertema persahabatan juga memerlukan konflik. Jadi, hadirkanlah konflik dalam cerpen yang akan Anda buat.
  • Gaya bahasa juga sangat penting dalam membuat cerpen yang bertema persahabatan ini. Jadi, buatlah gaya bahasa yang berbeda dengan cerpen lainnya sehingga tema persahabatan sangat terasa dalam cerpen yang bertema persahabatan yang Anda buat.

Itulah sedikit uraian tentang cerpen persahabatan yang berkaitan dengan contoh cerpen, pengertian cerpen, cara membuat cerpen yang baik, dan tips- tips yang bisa digunakan saat menulis cerpen.

Selanjutnya, dengan terbiasa membuat cerpen seperti ini, mungkin saja Anda nantinya mampu mengembangkan cerpen ini menjadi sebuah novel atau skrip film. Semoga cerpen yang berjudul Bunga Itu untuk Kamu dan cara membuat cerpen yang bertema persahabatan yang telah dijelaskan di atas mampu memberi arti sahabat bagi Anda. Nah, selamat mencoba membuat cerpen persahabatan!

Speak Your Mind

*