Cinta Tanah Air, Cinta Indonesia

Sejarah Indonesia sepertinya menjadi tonggak utama yang membuat kita sebagai masyarakat indonesia wajib untuk mengetahui pergolakan sejarah di masa lalu. Tanpa sejarah, masyarakat Indonesia tidak akan bisa berdiri seperti sekarang ini.

Oleh sebab itu, sejarah bangsa Indonesia perlu diketahui sebagai motivasi dan pedoman paling besar untuk bisa mempertahankan negeri ini dari berbagai jajahan yang bisa menurunkan pertahanan dan kualitas keamanan nasional.

Sejarah Indonesia merupakan bentuk paling besar dari kebudayaan yang dimulai sejak zaman prasejarah yang menemukan manusia Jawa hingga berbagai periode sejarah Indonesia yang meliputi era prakolonial, munculnya beragan kerajaan Hindu, Budha, peralihan, dan Islam, hingga era kolonial di mana Indonesia dijajah oleh bangsa Eropa yang datang dengan berbagai tujuan.

Motivasi Cinta Indonesia

Bila ada yang bertanya apa motivasi terbesar yang membuat masyarakat Indonesia wajib mencintai negara dan bangsanya tentu adalah para pahlawan yang berjuang dengan sekuat tenaga untuk memberikan kebebasan dan kemerdekaan kepada generasi penerusnya, yakni masyarakat Indonesia yang ada pada saat ini.

Oleh sebab itu, mencintai negara Indonesia bukan hanya mencintai karena keindahan dan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh negara ini, tapi juga mencintai karena berbagai kekurangan yang harus dibenahi oleh masyarakatnya.

Cinta negara atau tanah air adalah sebagian dari iman. Negara adalah bagian dari sesuatu yang mengalir di darah kita, yang akan selalu kita bawa hingga kita sudah meninggalkan dunia, sampai kapan pun negara tidak bisa dilepaskan dari identitas kita, karena negara adalah roh yang menyatu dengan raga kita.

Sebagai orang Indonesia, kita harus bangga karena dilahirkan dan menjadi orang Indonesia. Banyak cara untuk mencintai Indonesia. Wujud cinta Indonesia bisa dilakukan dengan hal-hal yang sederhana atau dimulai dari hal-hal yang kecil, seperti misalnya merasa bertanggung jawab atas lingkungan kita.

Rasa cinta kita sebaiknya ditunjukkan dengan hal-hal yang bersifat aplikatif, yaitu dengan bekerja dan turun langsung untuk menjaga dan melindungi tanah air Indonesia, seperti menanam pohon, membuang sampah pada tempatnya, dan lain sebagainya.

Berbagai Perilaku Wujud Cinta Indonesia

Mencintai bangsa dan negara Indonesia bukan berarti hanya diwujudkan dengan melakukan upacara pengibaran bendera merah putih saat hari proklamasi datang, melainkan lebih dari itu.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan demi mewujudkan rasa cinta kita terhadap tanah air dan bangsa ini. Beberapa hal mendasar yang mencerminkan bahwa kita mencintai Indonesia bisa dibuktikan dengan melakukan tindakan-tindakan berikut ini.

1. Bangga sebagai orang Indonesia

Rasa bangga terhadap tanah air akan menumbuhkan rasa cinta dan memiliki yang sangat besar terhadap Indonesia. Jika sudah bangga dan cinta, kita akan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik bagi bangsa kita. Kita akan selalu menjaga nama baik Indonesia dan memperjuangkan kelangsungan kemerdekaan Indonesia.

2.    Memakai produk dalam negeri

Memakai produk dalam negeri berarti mencintai hasil karya orang-orang Indonesia. Dengan memakai produk dalam negeri, berarti kita berusaha mencintai segala sesuatu yang berasal dari Indonesia. Pakailah produk-produk dalam negeri. Dengan membeli produk dalam negeri, berarti kita membantu melancarkan pembangunan di negeri ini.

Pembangunan yang dimaksud tentu bukan hanya dalam tatran perekonomian negara, melainkan tataran sosial dan budaya yang di dalamnya tentu memuat berbagai aspek kehidupan lain dari bangsa ini.

Misalnya saja, dengan menggunakan produk dalam negari, kita bukan hanya meningkatkan kreativitas masyarakat dalam menciptakan suatu barang yang indah dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, tapi juga memberikan bukti akan kualitas kebudayaan negara dalam membentuk nilai kehidupan yang lebih baik.

Selain itu, meningkatkan kualitas produk dalam negeri juga sama halnya dengan meningkatkan kepercayaan masyarakat Indonesia akan kemampuan bangsanya untuk memberikan nilai ekonomi dan sosial yang lebih tinggi dalam tataran kenegaraan sehingga nilai-nilai tersebut tidak hanya berlaku di wilayah dalam negeri saja, tapi juga sampai ke dunia internasional.

3.    Menaati peraturan

Mentaati peraturan adalah contoh aplikatif yang paling besar dalam mencintai Indonesia. Dengan mentaati peraturan, berarti kita peduli akan kelangsungan kehidupan yang damai di negeri Indonesia tercinta ini. Jangan pernah melanggar peraturan yang telah ditetapkan negara, karena pada akhirnya akan sangat merugikan orang banyak.

Berbagai peraturan yang berlaku tentu menjadikan manusia Indonesia menghargai artinya bernegara dan meningkatkan kualitas pertahanan dan keamanan negara. Sebagai contoh, salah satu tindakan yang tidak mencerminkan sikap menaati peraturan adalah lahirnya para koruptor di negeri ini.

Kemajuan bangsa Indonesia dalam bidang ilmu dan teknologi seyogyanya bisa memberikan kemajuan yang baik pula bagi bangsanya dalam hal moralitas dan tindakan bernegara.

Korupsi bukan hanya merugikan satu atau dua orang yang menjadi korban tindakan tersebut, tapi juga merugikan bangsa dan negara ini dalam bidang ekonomi, sosial, dan budaya.

Masyarakat dengan tingkat korupsi yang tinggi memperlihatkan bahwa negara ini memiliki moralitas yang rendah yang akan sangat berpengaruh terhadap tindakan ekonomi, sosial, dan budaya masyarakat lainnya.

Dengan tindakan tersebut, maka akan banyak khalayak miskin yang hidupnya lebih miskin lagi sehingga mereka memilih untuk melakukan tindakan buruk seperti mencuri, merampok, dan hal lain untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup mereka.

Oleh sebab itu, tindakan dalam menaati peraturan merupakan salah satu hal yang bisa dilakukan untuk membuktikan rasa cinta kita terhadap bangsa dan negeri yang memiliki ragam kebudayaan ini.

4.    Membayar pajak

Sebagai orang yang bijak, kita harus membayar pajak. Dengan membayar pajak, kita telah melancarkan pembangunan di Indoneia. Berkat uang yang diperoleh dari hasil pajak kita, negara akan lancar melakukan pembangunan dan tidak akan terkendala biaya. Jika kita tidak membayar pajak, berarti kita akan menghambat kemajuan Indonesia dan menghambat pembangunan di Indonesia.

Itulah hal-hal sederhana untuk menunjukkan rasa cinta kita terhadap tanah air Indonesia. Hal-hal tersebut sekilas mungkin akan sangat mudah untuk kita jalani. Namun, untuk melakukannya diperlukan pengorbanan yang besar. Mencintai Indonesia memang harus rela berkorban, sebagaimana para pahlawan yang rela mengorbankan nyawanya demi kemerdekaan Indonesia.

Dengan membayar pajak, kita berarti telah melakukan aturan yang berlaku di negara ini untuk mewujudkan pembangunan yang diharapkan bisa berjalan sesuai dengan rencana dan harapan sebagian besar masyarakat Indonesia.

Tidak hanya itu, membayar pajak juga berarti turut memberikan kontribusi terhadap masyarakat prasejahtera yang masih membutuhkan uluran tangan dari pemerintah dan masyarakat lain yang sudah menduduki tingkat sejahtera dalam strata ekonomi masyarakat.

5.    Mengapresiasi kebudayaan nusantara

Tindakan lain yang bisa menjadi wujud kecintaan kita terhadap bangsa dan negeri ini adalah dengan mengapresiasi kebudayaan nusantara. Misalnya saja, kebudayaan dalam bidang kesenian yang menuntut masyarakat Indonesia untuk senantiasa menghargai hakikat kebudayaan.

Kebudayaan Indonesia tentu merupakan hak dan kewajiban masyarakat Indonesia karena hal itu juga berhubungan dengan nilai-nilai kehidupan lainnya. Dengan kebudayaan yang kuat, maka masyarakatnya pun akan menjadi masyarakat yang kuat dan berguna bagi negaranya.

Hal tersebut merupakan representasi wujud bangsa Indonesia sehingga dengan kebudayaan yang kuat, maka akan lahir pula generasi bangsa yang kuat dan memiliki moralitas yang tinggi.

Dari paparan di atas, dapat disimpulkan bahwa banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mewujudkan bangsa dan negara yang sesuai dengan harapan kita sebagai masyarakat Indonesia. Kelima tindakan di atas hanya sebagian kecil contoh perilaku cinta Indonesia yang bisa diterapkan guna mewujudkan negara impian di masa mendatang.

Speak Your Mind

*