Contoh Iklan Produk Komersial di Sosial Media

Sosial media selain tempat share ide, rupanya bisa menjadi tempat beriklan. Tentunya Anda yang rajin menengok sosial media akan merasa repot berhadapan dengan banyaknya iklan yang terpampang di laman Anda. Contoh iklan produk komersial tersebut seperti seperti alat elektronik, berdagang propolis diamond, dan masih banyak lagi jenisnya.

Tapi yang beriklan bukan sesuatu yang bisa disebut posisi istimewa. Karena Anda pun bisa saja ikut beriklan dan ikut memperdagangkan produk sendiri melalui banyak iklan di sosial media.

Mengingat keberadaan popularitas situs seperti Twitter, Facebook, MySpace, dan Linkedin, maka sebagai orang yang juga memiliki hak yang sama sebagaimana banyak pemilik usaha besar dan kecil yang mengeksplorasi berbagai pilihan untuk iklan di situs jejaring sosial. Anda pun berhak melakukannya, tanpa merasa harus dilarang-larang.

Nah, iklan produk pada jejaring sosial dapat mengambil berbagai bentuk. Beberapa di antaranya hanya muncul sebagai iklan banner, sedangkan yang lain adalah halaman informasi tentang suatu produk atau jasa. Mari kita kenalilah caranya.

Mengapa Harus Anda Gunakan Media Sosial?

Terus terang, tidak ada alasan untuk tidak menggunakan internet atau situs media sosial. Jadi inilah alasnanya :

  • Mudah

Anda tidak perlu tahu HTML atau setiap program khusus untuk menggunakan media sosial. Semua Anda benar-benar perlu Anda lakukan adalah mendaftar untuk sebuah account dan mulai memasukkan informasi. Kemudian yang harus Anda lakukan adalah menemukan teman-teman dan pelanggan potensial.

  • Gratis

Pada tulisan ini, situs media sosial yang paling tidak mengenakan biaya untuk bergabung dengan situsnya. Karena mereka membuat uang dengan menawarkan ruang pada profil Anda dan halaman lain untuk pengiklan.

  • Jaringan cepat

Seperti pepatah lama tentang “satu orang mengatakan sepuluh teman-teman mereka dan mereka memberitahu sepuluh teman-teman mereka” bertepatan dengan teori sosial promosi bisnis media. Dalam beberapa hari untuk membuat halaman profil, Anda mungkin memiliki ratusan likers dan “teman-teman” baru.

  • Pergi kemana orang kumpul

Jika Anda belum melihat angka-angka tentang berapa banyak orang yang mendaftar dengan situs jejaring sosial, maka Anda mungkin tidak menyadari bahwa pengguna internet jejaring sosial numplek blek. Facebook dan MySpace memiliki lebih dari 50 juta pengguna, LinkedIn dan Bebo memiliki lebih dari 40 juta pengguna, Orkut (dibuat oleh Google) dan Tagged.com dengan cepat mencapai 80 juta.

Media Sosial Apa Saja?

Situs apa yang harus Anda gunakan untuk memaksimalkan iklan? Berikut ini situs jejaring sosial adalah tempat yang baik untuk memulainya. Setelah akrab dengan bagaimana teknisnya, maka langsung saja :

  • Facebook

Facebook memiliki pilihan untuk membuat profil untuk sebuah band atau bisnis. Lakukan ini, terutama jika Anda memiliki profil pribadi.

  • MySpace

Situs lain jejaring sosial populer adalah MySpace. Salah satu keuntungan untuk mempromosikan bisnis Anda di MySpace adalah bahwa Anda dapat membuat halaman profil yang secara khusus dapat dikategorikan. Mengelola sebuah band atau perlu meng-upload beberapa film atau hanya memiliki bisnis dasar.

  • LinkedIn

Salah satu situs yang lebih profesional diarahkan pada komunitas perusahaan dan bekerja itu LinkedIn. Anda dapat digunakan dengan perusahaan atau perusahaan sendiri untuk membuat profil. Apa yang membuat LinkedIn istimewa adalah bahwa Anda dapat meminta rekomendasi dari orang lain yang muncul di profil Anda.

Metode Iklan di Situs Jejaring Sosial

Ada tiga metode utama dari iklan di situs jejaring sosial:

  • BPM/CPM: CPM (cost per mile) adalah singkatan dari “biaya per mille”, dengan per mille berarti biaya per seribu tayangan.
  • BPK/CPC (cost per click): BPK singkatan dari “biaya per klik”. Dalam skenario ini, pengiklan membayar jaringan sosial sejumlah uang tertentu untuk setiap pengunjung yang mengklik melalui iklan dan mengunjungi produk atau layanan website.
  • BPA: BPA singkatan dari “biaya per akuisisi”, dan juga dikenal sebagai afiliasi pemasaran Dalam jenis iklan, penerbit jejaring sosial hanya dibayar ketika seseorang membuat pembelian di website vendor Amazon adalah contoh dari afiliasi pemasarannya.

Jenis Iklan Jaringan Sosial

Selain berbagai metode periklanan, ada juga berbagai jenis iklan jaringan sosial. Ini termasuk:

  • Iklan mengambang: iklan ini bergerak melintasi layar dari halaman web tertentu.
  • Trik spanduk: ini adalah bentuk paling populer iklan pada sosial media karena menyerupai pesan kesalahan. Banner memiliki kotak dialog yang memberitahu Anda bahwa komputer Anda itu tidak aman, Anda perlu mengklik karena tertarik, dan perlu tindakan tertentu harus diambil. Jika Anda mengambil tindakan ini, Anda akan dibawa ke situs web pengiklan. Contoh iklan produk jenis ini: Selamat Anda satu dari 1 juta pengklik yang memenangkan motor bebek.
  • Iklan pop-up: iklan Pop-up menampilkan iklan di jendela baru dan biasanya difasilitasi situs seperti adfly.
  • Iklan video: sesuai namanya, iklan video mirip dengan iklan televisi, karena menampilkan video yang mengiklankan produk. Apabila kita melihat situs komersial, akan ada video kecil terbuka di banner-nya.

Apakah Jaringan Sosial Periklanan Efektif?

Dalam memeriksa pengguna khas situs jejaring sosial, sudah dijadikan jelas bahwa banyak orang bergabung dengan situs ini untuk bersosialisasi dan bukan belanja. Dengan demikian, banyak anggota yang terganggu oleh iklan jaringan sosial dan melakukan yang terbaik untuk mengabaikannya (saya juga termasuk).

Bahkan, menurut sebuah artikel, banyak yang menemukan bahwa iklan yang ditargetkan pada tepian banner di Facebook misalnya, random dari segi jenis kelamin dan usia dan benar-benar bikin ofensif. Tidak setiap wanita di atas 40 tertarik iklan krim penumbuh jenggot dan tidak setiap pria berumur 12 tahunan ingin bertemu “wanita lajang muda seksi”. Penulis pun yakin Anda punya pengalaman jelek dengan iklan iklan media sosial.

Jaringan Iklan Media Sosial vs Jaringan Pemasaran Media Sosial

Walau iklan jaringan media sosial mungkin tidak efektif sebagaimana yang diharapkan, anehnya banyak perusahaan telah sukses besar dengan adanya pemasaran jaringan sosial. Bahkan lebih baik, hal ini dapat dilakukan tanpa menimbulkan biaya yang signifikan. Bisnis dan layanan dapat membuat halaman sendiri pada MySpace, dan posting buletin berkala untuk memperbarui fans tentang produk terbaru.

Selain itu, banyak perusahaan kini menyiapkan halaman di Facebook dan mendorong teman-teman untuk menjadi penggemar. Beberapa perusahaan yang menggunakan situs microblogging Twitter sebagai sarana menjawab pertanyaan dan menawarkan update cepat untuk pelanggan yang potensial.

Misalnya contoh iklan produk jenis ini, Air Asia memiliki program jumpa fans pemain klub sepak bola QPR, di halaman fans QPR. Atau Smartfren yang mendapat blessing in disguise saat kisruh jaringan, di Facebook mereka bisa semakin dekat dengan pelanggannya.

Kemampuan untuk berinteraksi dengan dan menerima umpan balik dari setiap klien potensial yang setia adalah perbedaan utama antara iklan jaringan sosial dan pemasaran jaringan sosial. Juri yang akan menjadi juri yang lebih efektif adalah sang waktu yang akan memberitahu.

Speak Your Mind

*