Contoh Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik

Ilustrasi membuat surat lamaran kerja yang baik

 

Membuat surat lamaran kerja yang baik sebenarnya bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Hal ini dapat dipelajari dan mudah untuk diterapkan. Kita bisa mempelajarinya dari contoh-contoh surat lamaran kerja yang dapat kita peroleh dari banyak sumber.

Surat lamaran kerja adalah surat yang kita buat yang mengutarakan maksud kita bahwa kita ingin bergabung untuk bekerja di tempat yang kita lamar contohnya adalah sebuah perusahaan.

Surat lamaran kerja adalah dokumen yang paling penting saat kita melamar pekerjaan. Surat ini tidak boleh dipandang sebelah mata, karena dari surat inilah pihak perusahaan mengetahui maksud dan tujuan dari kedatangan surat tersebut. Selain itu surat lamaran kerja ini akan menjadi bahan ertimbangan dari perusahaan yang kita lamar apakah nantinya akan menerima kita sebagai pegawainya atau tidak.

Selain itu, dari surat lamaran ini perusahaan juga bisa mengetahui lampiran apa saja yang disertakan oleh pelamar. Sehingga, perusahaan tidak perlu repot-repot mengecek satu persatu lampiran untuk menentukan kelengkapan administrasi sebagai syaratnya.

Oleh karenanya, dalam pembuatan surat lamaran kerja haruslah dibuat dengan teliti dan saksama serta tidak terburu-buru. Teliti dalam menyiapkan semua berkas dan lampiran yang harus kita sertakan dalam surat lamaran kita.

Namun, Ada kalanya bagi seseorang yang baru pertama kali melamar suatu pekerjaan, keharusan membuat surat lamaran kerja yang baik menjadi sesuatu yang membebani karena tidak punya contoh surat lamaran.

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik

Sebenarnya untuk mendapatkan contoh surat lamaran kerja yang baik tidaklah begitu susah. Kita bisa mendapatkannya dari buku kumpulan surat lamaran kerja yang baik atau kita bisa searching di internet. Dengan dua hal ini tentu kita sudah bisa mendapatkan contoh surat lamaran kerja yang baik dalam jumlah yang banyak.

Dari contoh-contoh surat lamaran kerja yang telah kita peroleh, kita dapat membandingkan antara satu dengan yang lain. Lalu kita dapat membuat surat lamaran kerja yang baik menurut versi kita sendiri.

Dalam membuat surat lamaran kerja yang baik, kita harus mengikuti kaidah-kaidah yang ada dalam pembuatan surat lamaran kerja. Dengan mematuhi kaidah-kaidah ini akan membuat kita tak merasa kesulitan untuk membuat surat lamaran kerja yang baik.

Surat lamaran kerja yang baik harus berisi beberapa hal, di antaranya: nama perusahaan yang dilamar, identitas lengkap pelamar, isi yang menjelaskan permohonan lamaran, keterangan administrasi, serta tanda tangan. Sebagai gambaran, berikut ini akan diberikan contoh surat lamaran kerja yang baik. Diharapkan dengan contoh surat lamaran kerja ini, kita nantinya dapat membuat surat lamaran kerja yang baik.

Perihal : Lamaran Pekerjaan

 

Kepada Yth.

Kepala HRD PT. Media Prima Utama

di.

J a k a r t a.

 

 

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Adi Susanto, S.Kom
Tempat / Tanggal Lahir : Semarang, 01 Juli 1986
Pendidikan Terakhir : S-1 Teknik Informatika
Agama : Islam
Jenis Kelamin : Laki-laki
Alamat : Jl. Putri Ayu Raya No. 15 Rt. 009 / 03 Kec. Sendang Lor, Semarang, Jawa Tengah, Kode Pos 16789.

Dengan ini saya mengajukan permohonan kiranya Bapak/Ibu berkenan menerima diri saya untuk diangkat menjadi karyawan di lingkungan PT Media Prima Utama sebagai Staff Programmer. Latar belakang pendidikan saya membuat saya memahami dunia teknologi informasi, baik perangkat lunak maupun perangkat keras. Selain itu, pengalaman saya bekerja di perusahaan sebelumnya telah membuat saya banyak tahu tentang dunia kerja.

Sebagai bahan pertimbangan bersama ini saya lampirkan kelengkapan Administrasi sebagai berikut.

 

  1. Daftar Riwayat Hidup (DRH);
  2. Foto Copy Ijazah terakhir;
  3. Foto Copy Akte Kelahiran/ Kenal Lahir;
  4. Asli Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK);
  5. Asli Surat Keterangan Kesehatan dari Dokter Rumah Sakit/ Puskesmas;
  6. Asli Kartu Pencari Kerja/ Kartu Kuning dari Dinas Tenaga Kerja (Depnaker);
  7. Foto Copy Ijasah Kursus Komputer/ Bahasa/ Ketrampilan lain (bila memiliki);
  8. Surat Pernyataan Sanggup ditempatkan di seluruh cabang;
  9. Pas Foto hitam putih 3 x 4 cm = 10 lembar dan 4 x 6 cm = 6 lembar.

Demikian permohonan ini saya buat, atas perhatiaannya dan perkenaan Bapak/Ibu saya menghaturkan terima kasih.

Hormat saya

Materai Rp. 6000,-

Adi Susanto, S.Kom

Langkah-Langkah dalam Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik

Dalam membuat surat lamaran kerja yang baik, pertama kali yang harus kita lakukan adalah benar-benar memahami jenis pekerjaan yang akan kita lamar. Terkadang sebagai seorang pencari kerja kita banyak mencari referensi lowongan kerja baik dari surat kabar, dimana surat kabar banyak sekali memuat lowongan pekerjaan dan biasa dijadikan rujukan utama bagi para pencari kerja, atau bisa jadi dari situs-situs lowongan pekerjaan yang ada di internet.

Setelah kita menemukan satu atau lebih lowongan pekerjaan yang memang sesuai dengan apa yang sedang kita cari maka sebelum kita memulai untuk membuat surat lamaran sebaiknya kita benar-benar memahami pekerjaan dan lowongan pekerjaan tersebut.

Apakah pekerjaan itulah yang kita carai? Bagaimana konsekuensinya jika kita melamar dan diterima dalam pekerjaan itu? Bagaimana tugas dan tanggung jawab yang akan kita pikul jika kita bekerja dalam pekerjaan itu? Apakah kita sanggup memikul tugas dan tanggung jawab itu? Bisa jadi pertanyaan-pertanyaan seperti ini muncul dalam benak kita. Dan jika memang pekerjaan ini muncul maka kita harus dapat menemukan jawabannya.

Setelah kita benar-benar mantap dan telah membuat keputusan untuk melamar pada lowongan pekerjaan tersebut, maka sekaranglah waktunya untuk kita memmulai membuat surat lamaran yang baik.

Hal pertama yang harus kita siapkan dalam membuat surat lamaran kerja yang baik adalah format surat lamaran kerja. Sejatinya format surat lamaran kerja dapat disimpulkan menjadi satu format standar yang sering dipakai oleh banyak orang.

Hal pertama yang harus kita tulis dalam membuat surat lamaran kerja yang baik adalah informasi yang lengkap tentang tempat kerja atau perusahaan yang kita lamar. Tulislah data ini dengan lengkap di bagian awal surat kita.

Selanjutnya adalah informasi atau data yang lengkap pula tentang diri kita. Sebenarnya kita dapat memberikan informasi tentang diri kita secara singkat saja karena nanti informasi tentang data kita ini akan diperjelas di dalam daftar riwayat kehidupan atau curriculum vitae yang akan kita lampirkan dalam surat lamaran kerja ini.

Langkah selanjutnya dalam membuat surat lamaran kerja yang baik adalah mengutarakan maksud kita yang ingin melamar di perusahaan tersebut. Kita juga dapat memberikan sedikit gambaran singkat tentang diri kita berkenaan dengan pekerjaan yang kita lamar atau perusahaan tempat kita melamar.

Dalam bagian ini kita juga dapat meyakinkan perusahaan tersebut bahwa jika kita diterima di perusahaan itu, tentunya kita akan dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap persahaan tersebut.

Isi dari surat lamaran kerja tidak hanya tentang hal-hal yang telah disebutkan diatas, namun juga pernyataan bahwa kita melampirkan beberapa dokumen penting. Dokumen-dokumen ini kita lampirkan sebagai pemberi informasi tambahan tentang diri kita yang dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi perusahaan tersebut untuk menerima kita atau tidak.

Beberapa dokumen yang ikut dilampirkan adalah daftar riwayat hidup, foto copy ijasah terakhir, foto copy kartu identitas, bisa Kartu Tanda Pengenal (KTP) atau pun SIM, foto copy ijasah kursus yang telah kita ikuti, surat pengalaman kerja yang dibuat oleh tempat kita bekerja sebelumnya, foto pribadi kita dan kita bisa melampirkan beberapa dokumen tambaan lain.

Setelah pernyataan tentang data dokumen yang ikut kita lampirkan di surat lamaran yang telah kita buat, kita dapat menutup surat lamaran kita dengan pernyataan yang menandaskan bahwa kita benar-benar berharap perusahaan tersebut berkenan untuk menerima kita. Atau kita sebutkan bahwa kita sangat mengharapkan berita baik dari perusahaan tersebut. Hal ini untuk menunjukkan kesungguhan kita dalam melamar pekerjaan tersebut.

Itulah komponen-komponen yang harus ada pada surat lamaran kerja, sementara untuk tambahan lainnya Anda bisa menyesuaikan sendiri menurut syarat yang telah ditetapkan.

Untuk membuat surat lamaran kerja yang baik tidaklah begitu sulit dilakukan. Kita dapat merujuk pada contoh surat lamaran kerja yang ada lalu kita membuat surat lamaran kerja versi diri kita sendiri.

Speak Your Mind

*