Dampak Positif dan Negatif Internet bagi Anak-anak

Ilustrasi dampak positif dan negatif internetTahukah Anda dampak positif dan negatif internet? Apa yang Anda rasakan dari dampak positif dan negatif internet dewasa ini? Dewasa ini, sesuai dengan perkembangan zaman, internet sudah menjadi kebutuhan yang tidak terelakkan dalam kehidupan sehari-hari. Jaringan komunikasi yang dibuat untuk mempermudah penggunanya dalam mengakses berbagai informasi ini menjadi suatu jalan paling mudah yang sering digunakan.

Bahkan, tidak sedikit orang yang menjalankan pekerjaan mereka dengan hanya mengakses internet dan melakukan hubungan komunikasi kerja dengan kolega mereka. Akan tetapi, ada pula dampak positif dan negatif internet bagi pengguna kalangan anak-anak, terutama mereka yang belum memiliki kebutuhan dengan skala prioritas yang tinggi. Jika pada zaman dahulu peralatan elektronik yang digunakan hanya televisi, surat kabar, dan radio, sekarang Anda bisa mendapatkan dan memberikan informasi di mana pun dan kapan pun.

Dampak Positif dan Negatif Internet

Munculnya internet memang memberikan banyak keuntungan jika dipergunakan sebagaimana mestinya. Namun, pengawasan yang kurang memadai bagi para pengguna internet di kalangan anak-anak dan remaja justru akan memicu ketegangan konflik budaya dalam kehidupan masyarakat. Oleh sebab itu, dalam artikel ini akan dibahas beberapa dampak positif dan negatif internet bagi masyarakat, khususnya anak-anak dan semua pengguna pada umumnya.

1. Dampak Positif Penggunaan Internet

Berikut adalah beberapa dampak positif yang bisa dijadikan pertimbangan saat Anda mengakses berbagai informasi melalui internet.

Tidak Terbatasnya Informasi dan Pengetahuan

Tidak dipungkiri lagi, internet memang memberikan banyak kemudahan dalam mengakses berbagai hal mengenai pengetahuan dan informasi lain yang dibutuhkan oleh masyarakat. Internet bahkan menyediakan layanan informatif secara tidak terbatas dengan kemudahan akses yang bisa didapatkan melalui PC, ponsel, dan gadget lainnya yang menyediakan fitur layanan internet.

Peluang Bisnis

Selain menyediakan layanan informasi dan pengetahuan yang tidak terbatas, internet juga memberikan kemudahan kepada penggunanya dalam menjalankan hubungan bisnis. Berbagai bisnis bisa dilakukan dengan mengakses berbagai keperluan melalui jaringan internet. Misalnya saja, munculnya facebook dan jejaring sosial lain merupakan salah satu wadah yang diberikan internet sebagai fasilitas untuk memperluas jaringan bisnis sehingga Anda tidak harus menawarkan barang jualan atau jasa secara langsung.

Hiburan Mengasyikkan

Dampak positif lain yang dihadirkan oleh internet adalah mudahnya seseorang untuk bisa mendapatkan hiburan secara gratis ataupun bayar (sesuai dengan ketentuan situs yang dituju). Anda bisa memainkan game online, mengunduh berbagai video dan gambar yang disukai, atau bahkan memasukkan berkas yang  ingin Anda bagikan kepada publik. Hal-hal tersebut tentu akan mampu meminimalisasi tingkat stres atau depresi di kalangan pekerja dan pelajar yang sehari-harinya berkutat dengan pekerjaan dan pelajaran yang menjemukan.

Akses Pengetahuan dengan Biaya Terjangkau

Jika sebelumnya harus mencari berbagai informasi melalui buku yang harganya mahal, sekarang Anda bisa mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan dengan hanya membayar biaya internet. Bahkan sekarang ini, terdapat banyak situs popular yang menyajikan berbagai informasi secara gratis.

Sarana Komunikasi Efektif dan Efisien

Pada zaman dahulu, Anda harus menunggu dalam waktu lama agar surat yang Anda kirim kepada seseorang bisa sampai dan dibalas oleh orang tersebut. Akan tetapi, setelah kemunculan internet, Anda hanya tinggal menunggu beberapa detik untuk bisa mengirim atau menerima data dan informasi yang dibutuhkan oleh kolega Anda. Bahkan, pengiriman uang atau penerimaan uang pun bisa dilakukan melalui internet banking.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan komunikasi dengan menggunakan situs jejaring sosial seperti facebook, twitter, netlog, yahoo messanger, dan aplikasi chatting lainnya tanpa harus mengeluarkan biaya seperi halnya pada penggunaan ponsel.

Ajang Pengenalan Diri

Unuk bisa mengenal orang dari seluruh penjuru dunia, Anda tidak perlu datang langsung ke negara mereka. Tinggal berkomunikasi melalui internet, Anda sudah bisa melakukan komunikasi dan berkenalan dengan orang-orang dari berbagai penjuru dunia.

Unit Gawat Darurat

Sekarang ini, daerah unit gawat darurat tidak hanya dimiliki oleh rumah sakit. Saat bepergian dan tidak bisa menghubungi orang dengan ponsel yang sedang kehabisan baterai, maka Anda tinggal mendatangi warung internet dan menghubungi orang tersebut melalui surel. Selain itu, saat kehabisan informasi mengenai suatu hal, Anda bisa langsung mengetahui informasinya dengan membuka situs di internet.

2. Dampak Negatif Penggunaan Internet

Di samping semua hal positif yang didapat dari penggunaan internet, tentu ada juga hal negatif yang muncul. Oleh sebab itu, perlu adanya pengawasan yang memadai dalam hal penggunaan internet oleh anak-anak dan remaja. Berikut adalah beberapa dampak negatif yang muncul akibat penggunaan internet.

Informasi Tak Tersaring

Akses internet yang memberikan layanan tak terbatas dalam berbagai hal tentu membuat Anda harus tepat memilih situs web mana yang memberikan informasi bermanfaat dan situs mana yang hanya memberikan informasi komersil. Bagi orang dewasa, hal ini tentu tidak akan sulit. Akan tetapi bagi anak-anak, hal ini tentu akan memunculkan rasa keingintahuan untuk mengorek berbagai informasi tidak lazim.

Misalnya saja, penggunaan situs web untuk dewasa yang secara tidak sengaja dibuka oleh anak-anak sehingga mereka tertarik untuk membuka kembali halaman web tersebut. Oleh sebab itu, dibutuhkan pengawasan yang baik dari orangtua saat anak mengakses informasi dari internet.

Kecanduan Internet

Beragam hiburan yang mengasyikkan tentu sulit untuk dihindari. Sekarang ini, banyak anak yang lebih memilih untuk memainkan game online sepulang sekolah dibandingkan mengerjakan PR atau bahkan makan siang. Kebanyakan dari mereka sudah kecanduan dengan beragam aplikasi permainan yang ditawarkan oleh internet. Oleh sebab itu, pengenalan terhadap internet ini perlu dibarengi dengan bimbingan dari orangtua agar anak tidak kecanduan dengan hiburan semu yang ditawarkan internet.

Kesehatan yang Buruk

Penggunaan komputer, terutama internet, seringkali tidak disadari oleh pemakainya sehingga mereka tidak ingat makan, tidak ingat tidur, dan beristirahat. Pola hidup yang seperti itu tentu akan membuat kesehatan semakin buruk. Jantung dan aliran darah akan bekerja secara tidak normal akibat tekanan yang ditimbulkannya. Begitu juga kemampuan akomodasi mata yang semakin lama semakin melemah karena terlalu sering digunakan untuk berhadapan dengan komputer.

Pergaulan Sosial yang Terbatas

Seorang yang sudah kecanduan dengan internet tidak lagi membutuhkan komunikasi dan pergaulan sosial di luar. Hal ini disebabkan oleh semua hal yang dibutuhkannya, dari informasi sampai hiburan, sudah terpenuhi oleh adanya jaringan internet. Akibatnya, seseorang yang sudah kecanduan dengan internet akan lebih memilih diam di hadapan komputer dibandingkan bersosialisasi di luar rumah.

Banyaknya Aksi Kejahatan

Berbagai kejahatan, baik secara fisik maupun psikis akan muncul di internet dengan berbagai cara. Ada yang melakukan tindakan penipuan dengan modus jual online, ada yang menipu anak di bawah umur, dan hal lain yang dilakukan melalui layanan internet.

Kebebasan yang Berlebihan

Munculnya internet dengan berbagai fasilitas di dalamnya memudahkan pengguna untuk melakukan hubungan komunikasi secara bebas dan interaktif. Akibatnya, banyak hal yang juga tidak senonoh dilakukan oleh beberapa pihak untuk menjerumuskan pengguna internet lainnya, tidak terkecuali anak-anak.

Berdasarkan pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa muncul dampak positif dan negatif internet secara bersamaan. Oleh sebab itu, kita selaku pengguna internet seyoganya mampu menempatkan diri untuk bisa mempergunakan layanan tersebut dengan bijaksana.

Penggunaan internet oleh anak-anak juga sebaiknya dilakukan bersamaan dengan pengawasan orang tua sehingga mereka tidak mendapatkan pengaruh negaif dari penggunaan produk teknologi tersebut.

Itulah dampak positif dan negatif internet. Semoga bermanfaa

Speak Your Mind

*