Definisi Asuransi Jiwa & Manfaatnya

Ilustrasi Manfaat AsuransiHidup merupakan sesuatu yang paling tidak bisa diprediksi. Mungkin saat ini hidup Anda baik-baik saja tapi Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi pada diri Anda di masa yang akan datang, bahkan Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan Anda alami dalam satu menit kedepan.

Seandainya saja bola krital untuk meramal masa depan itu benar-benar ada, Anda tidak perlu khawatir mengenai masa depan Anda karena Anda akan tahu apa-apa saja yang harus Anda hidari agar hidup ada terbebas dari masalah. Namun sayangnya tidak ada yang namanya bola kristal dan segala jenis ramalan yang sering Anda dengar tetap saja tidak pasti sifatnya.

Masih erat hubungannya dengan kenyataan bahwa hidup itu sangat tidak bisa diprediksi maka diciptakanlah satu sistem yang dapat menjamin masa depan hidup Anda secara finansial, yaitu lewat Asuransi Jiwa. Hampir semua dari Anda pernah mendengar jenis asuransi ini, tapi tentu saja tidak semua dari Anda tahu definisi sebenarnya dari Asuransi Jiwa dan apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan dari asuransi ini.

Pengertian Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa adalah kontrak yang sah antara dua pihak, yaitu perusahaan asuransi, dan pemegang polis. Ini memastikan bahwa penerima menerima dukungan keuangan dalam hal kematian tertanggung atau kecelakaan. Istilah negara polis asuransi yang pemegang polis setuju untuk membayar premi tertentu secara berkala.

Asuransi jiwa tergantung pada sejumlah faktor, termasuk usia, pendapatan, pengeluaran, pinjaman, jumlah tanggungan, kesehatan, dll Hal ini terutama dari empat jenis yang berbeda, asuransi jiwa universal, asuransi jiwa berjangka, asuransi seumur hidup, dan endowment asuransi jiwa. Dijelaskan secara rinci di bawah ini adalah menawarkan keuntungan asuransi jiwa.

Secara umum, sistem asuransi menawarkan kepada Anda sebuah solusi dimana Anda bisa menjamin masa depan Anda secara finansial dan Asuransi Jiwa menawarkan beberapa macam solusi yang terkait dengan kebutuhan hidup Anda di masa depan. Asuransi jenis ini juga tersedia dalam berbagai macam jenis dan pilihannya tergantung kebutuhan Anda.

Mungkin mudahnya agar hidup Anda terjamin dimasa depan Anda akan mengambil semua asuransi yang ditawarkan kepada Anda. Mudah memang tapi jelas-jelas sangat tidak bijaksana karena bisa-bisa gaji bulanan Anda hanya dihabiskan untuk membayar premi Asuransi Jiwa Anda saja.

Beragam Asuransi

Adapun beberapa contoh yang termasuk dalah golongan Asuransi Jiwa adalah asuransi kesehatan, asuransi kematian, dan masih banyak lagi. Namun, apapun jenis asuransi yang Anda pilih, memepelajari seluk beluk sistem asuransinya sangatlah direkomendasikan. Semakin banyak Anda tahu mengenai sistem asuransi ini semakin banyak keuntungan dan manfaat yang bisa Anda ambil.

Adapaun manfaat yang bisa Anda ambil dari Asuransi Jiwa adalah tentu saja jaminan hidup Anda dan keluar Anda secara finansial di masa depan. Banyak sekali contoh yang sering terjadi, ketika satu keluarga harus menghadapi kenyataan bahwa sang ayah, yaitu satu-satunya orang menjadi tulang punggung keluarga meninggal dunia karena kecelakaan.

Tanpa Asuransi Jiwa, satu-satunya yang bisa dilakukan pihak keluarga yang ditinggalkan adalah berusaha menerima kenyataan bahwa satu-satunya tulang punggung keluarga sudah tidak Anda dan berusaha mencari solusi terbaik. Banyak sekali keluarga yang akhirnya harus rela menjual rumahnya hanya agar bisa bertahan hidup sampai keadaan membaik.

Jaminan Terbaik Pada Asuransi

Dengan adanya asuransi, Anda bisa mengajukan claim kepada pihak yang bersangkutan. Mungkin memang tidak bertahan lama tapi setidaknya Anda tetap memiliki pegangan selama masa-masa sulit.

Mungkin beberapa dari Anda akan berfikir, bukannya lebih baik menabung uang Anda ketimbang membayar premi Asuransi Jiwa secara berkala. Mungkin Anda harus sedikit menggunakan ilmu hitung Anda disini. Berapa uang yang Anda tabung setiap bulannya? Hitung saja 2 juta Rupiah dan Anda sudah menabung sekitar 30 tahun, berarti ada sekitar 60 juga di rekening Anda.

Sementara, premi asuransi yang Anda bayarkan perbulan tidak sampai 2 juta perbulan, rata-rata hanya sekitar 100 ribu sampai 300 ribu Rupiah saja namun jaminan yang Anda dapatkan bisa mencapai angka yang sama, yaitu sekitar 50 sampai 60 juta tergantung jenis premi Asuransi Jiwa yang Anda pilih.

Dan ketika tiba-tiba Anda jatuh sakit dan membutuhkan uang sebesar 60 juta, Anda tidak perlu menunggu 30 tahun dulu agar Anda bisa mengklaim asuransi kesehatan Anda dan Anda masih memiliki tabungan Rp.1.700.000 perbulan Anda (dipotong Rp. 300.000 untuk asuransi).

Manfaat Asuransi Jiwa

    • Asuransi jiwa menyediakan cakupan moneter kepada anggota keluarga dalam hal kematian pemegang polis.
    • Ini bertindak sebagai investasi yang sangat baik, melindungi aset Anda. Asuransi jiwa menyediakan pilihan investasi custom-made yang sesuai dengan perubahan kebutuhan keuangan seseorang pada usia yang berbeda. Perencanaan untuk pendidikan anak Anda lebih tinggi, pernikahan, rumah, dan bahkan pilihan pensiun semua bisa diurus dengan berinvestasi di asuransi jiwa. Untuk pasangan muda dengan anak-anak, asuransi jiwa dapat memberikan pendidikan serta asuransi kekayaan. Sedangkan untuk pasangan tua, hal yang sama dapat menawarkan program pensiun dan hipotek. Apapun uang yang Anda disimpan ketika Anda mendapatkan, sekarang berfungsi sebagai sumber pendapatan pada saat Anda pensiun.
    • Setelah runtuhnya asuransi, hidup tertanggung dapat menjadi sumber pendapatan yang konstan bagi anggota keluarga yang berduka, sehingga lebih mudah untuk mendanai pendidikan anak-anak dan membayar tagihan tepat waktu. Jika pemegang polis telah dikeluarkan utang apapun selama hidupnya, penutup kebijakan akan membantu pasangannya / keluarga untuk melunasi utangnya.
    • Pemakaman pengeluaran saat ini adalah mahal. Membayar untuk layanan, pada saat Anda masih mati rasa dan terhuyung-huyung dari tiba-tiba kehilangan orang yang dicintai bisa sulit, untuk sedikitnya. Dalam kasus tersebut, polis asuransi jiwa bisa datang untuk membantu Anda, dengan mengurus biaya pemakaman.
    • Anda dapat menambahkan pengendara atau rencana asuransi kesehatan untuk polis asuransi hidup Anda, dan memiliki jaminan perlindungan terhadap biaya rawat inap meningkat dan penyakit kritis.
    • Ketika Anda mengajukan permohonan untuk suatu kebijakan, Anda perlu membayar premi ditetapkan secara berkala. Praktek ini membawa Anda ke dalam kebiasaan menabung sejumlah uang tertentu untuk penggunaan jangka panjang, yang penting untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda.
    • Asuransi jiwa adalah non-pajak, dan karenanya membuat untuk sumber tabungan.
    • Dalam kasus krisis uang tunai, ketika pemegang polis membutuhkan pinjaman, ia dapat memanfaatkan salah satu melalui polis asuransi, tanpa harus khawatir tentang kerepotan pembayaran. Pembawa asuransi memotong jumlah pinjaman dari kebijakan asuransi jiwa pada saat jatuh tempo.
    • Jika pemegang polis memiliki sebidang tanah, ia harus membayar pajak tanah. Jika ia bermaksud untuk mentransfer kepemilikan kepada ahli warisnya, polis asuransi jiwa dapat membantu dengan menawarkan dana yang dibutuhkan.

Dengan demikian, Anda telah melihat betapa pentingnya saat ini untuk memilih polis asuransi jiwa. Jika Anda belum diterapkan untuk satu, melakukannya tanpa penundaan. Lakukan pada saat Anda masih muda dan sehat, tanpa penyakit utama. Semakin cepat Anda menerapkan, jumlah premi yang lebih rendah Anda harus keluar. Bandingkan kutipan asuransi dari beberapa perusahaan.

Dengan cara ini Anda dapat membuat keputusan yang bijaksana dan informasi berdasarkan apa yang terbaik untuk Anda dan kebutuhan keluarga Anda. Dalam hal terjadi sesuatu dengan pencari nafkah keluarga, asuransi jiwa bisa datang langsung untuk menyelamatkan. Hal ini dapat menjadi sekutu Anda di saat terburuk, bekerja seperti selimut pelindung, menawarkan bantuan keuangan dan ketenangan pikiran.

Jadi apakah Anda masih bertahan dengan teori tabungan Anda atau Anda akan segera beralih ke Asuransi Jiwa? Keputusan semua ada di tangan Anda.

Speak Your Mind

*