Definisi Kesenian dan Kepercayaan Seniman

Seni merupakan proses yang diciptakan dan dilakukan oleh manusia. Oleh sebab itu, seni juga menjadi bagian dari ilmu yang sebagian besar bisa dilihat dari intisari ekspresi dan kreativitas manusia.

Seni juga bisa diartikan sebagai sesuatu yang diciptakan oleh manusia. Seni merupakan sesuatu yang di dalamnya terkandung berbagai nilai keindahan dan kebermanfaat yang oleh Horatius disebut dengan dulce et utile.

Untuk menilai suatu hasil karya seni, dibutuhkan suatu pemahaman yang bisa dinilai dengan proses tersendiri. Artinya, penilaian terhadap karya seni lebih bisa dibilang subjektif ketimbang objektif.

Tiap individu senantiasa memiliki peraturan dan parameter yang berbeda dalam menciptakan dan melakukan seni. Oleh sebab itu, penilaiannya pun berdasarkan peraturan atau parameter tertentu.

Dengan kata lain, seni bukan merupakan suatu objek, melainkan media perantara antara subjek dengan objek yang bisa memunculkan nilai tersendiri di dalamnya.

Di dalam seni, terdapat suatu ekspresi yang bisa dirasakan oleh penikmatnya. Selain itu, terdapat pula gagasan berupa ungkapan perasaan dan pemikiran yang juga bisa ditangkap oleh penikmat seni.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa seni sebetulnya bukan merupakan hasil akhir dari sebuah penciptaan dan pemikiran, melainkan proses yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan apa yang diharapkannya dalam bentuk suatu keindahan.

Definisi Kesenian

Lantas pada tataran berikutnya, manusia dihadapkan pada istilah lain yang merupakan turunan dari istilah seni, yakni kesenian. Segala sesuatu yang berhubungan dengan penciptaan karya seni.

Secara harfiah definisi kesenian bisa diartikan sebagai hasil karya atau kecakapan seseorang dalam membuat dan atau mencipta sesuau yang indah. Ada dua elemen dasar dalam terminologi seni atau kesenian yaitu ”cakap” dan ”indah”.

Dewasa ini hasil seni, sekalipun dianggap sebagai implikasi keunggulan daya cipta manusia, tapi tetap saja tidak bisa secara langsung diterjemahkan maksud apa yang terkandung dalam sebuah karya seni tersebut. Seorang seniman memiliki kaidah tertentu yang tidak semuanya bisa dipahami oleh masyarakat awam.

Hal tersebut semakin bertambah berjarak karena hakikatnya dalam sebuah karya seni terkandung ide, rasa dan kepercayaan yang melekat pada diri seorang seniman.

Subjektivitas Seniman dalam Kesenian

Seorang seniman seolah-olah memiliki ruang pendapat sendiri ketika akan mengekspresikannya dalam bentuk sebuah karya seni. Sekalipun pada kenyataannya manakala seorang seniman berkarya, ia terbebas dari pikiran-pikiran termasuk kaidah-kaidah bahwa kelak hasil karya ciptanya itu akan termasuk ke dalam karya seni.

Bagi seorang seniman pada umumnya, melahirkan karya cipta sesuai dengan idealismenya lebih penting daripada mengejar label-label seni tentang hasil karya ciptanya itu. Termasuk seni atau tidak, bagi seorang seniman tak akan menjadi soal.

Kesenian atau seni pada umumnya dibagi ke dalam empat kelompok, meliputi seni suara, seni rupa, seni gerak dan permainan tradisional. Pengelompokkan ini berdasarkan pada media yang dipergunakan seorang seniman dalam mengekspresikan ide-idenya.

Menurut Herberth Read, definisi kesenian adalah sebuah proses usaha untuk mencipta sesuatu bentuk yang melahirkan rasa senang dengan tetap berpatokan pada estetika ketika proses penciptaannya itu.

Baik seni suara, sastra, seni gerak, seni rupa maupun permainan tradisional memiliki pesan-pesan tertentu yang kadang menjadi idealisme senimannya. Dalam ukuran-ukuran standar, hasil karya cipta seseorang itu masih bisa diterjemahkan dengan bahasa umum.

Namun pada beberapa karya, hasil cipta seniman itu tidak lagi menggunakan ukuran-ukuran standar sehingga perlu perenungan atau proses kontemplasi untuk bisa menyelaminya. Setidaknya berusaha melakukan pendekatan-pendekatan yang sifatnya menerka-nerka.

Sebuah lukisan sosok manusia yang dibuat eksperesif dan pada bola matanya hanya berwarna hitam sehingga seperti kosong tanpa mata, akan langsung mengingatkan orang pada lukisan-lukisan Jeihan, karena itulah salah satu ciri utamanya.

Namun, tak akan ada seorang pun tahu, tanpa pemberitahuan dari senimannya itu sendiri baik eksplisit maupun implisit, apa sebenarnya makna dari mata hitam tanpa bagian putih dan seperti kosong tanpa mata tersebut.

Begitu pula dalam seni lainnya seperti musik, seni gerak, rupa, dan permainan tradisonal. Itulah ide-ide yang melatarbelakangi terciptanya sebuah karya seni. Tapi sekali lagi, ketika seorang seniman berkarya, ia tidak pernah memikirkan apakah karyanya itu akan dikategorikan sebagai karya seni atau hanya sebatas seni keterampilan.

Jenis-jenis Hasil Karya Seni

Seperti yang sudah disebut di atas, kesenian merupakan sebuah ruang yang bisa digunakan oleh para seniman untuk mengungkapkan apa yang ada di dalam pikiran dan perasaan mereka melalui suatu karya. Berikut adalah ebberapa jenis hasil karya seni dalam dunia kesenian.

1.    Seni Rupa Topeng

Topeng merupakan sebuah hasil karya seni yang pada awalnya diciptakan demi kepentingan alat upacara dan hiburan. Salah satu topeng yang dikenal di Jawa Timur adalah topeng madura, yakni topeng yang biasa digunakan untuk pentas kesenian topeng dalang.

Dalam topeng madura, diceritakan sebuah kisah melalui penari yang tidak berbicara sehingga dialog yang terdapat di dalamnya dilakukan oleh dalang. Sementara itu, cerita yang dibawakan biasanya merupakan cerita Ramayana dan Mahabarata.

Jenis karya seni seperti ini termasuk ke dalam karya seni rupa yang lebih mementaskan rupa hasil karya cipta sang seniman dibandingkan dengan unsur seni lainnya.

2.    Seni Musik Angklung

Jenis kesenian yang sangat terkenal di seantero nusantara, bahkan sudah merambah ke wilayah internasional, adalah angklung. Karya seni yang termasuk ke dalam seni musik ini biasanya digunakan untuk suatu pertunjukan. Pertunjukan yang dilakukan bisa pertunjukan khusus seni angklung bisa juga pertunjukan seni musik atau seni suara yang diiringi oleh alunan musik angklung.

Alat musik angklung membutuhkan banyak orang untuk bisa mendapatkan hasil gradasi nada yang bagus dan unik sehingga ketertarikan masyarakat akan seni angklung menjadi kian merebak hingga kini.

3.    Seni Tari Jaipongan

Tari merupakan salah satu karya seni yang sangat disukai dan hampir seluruh suku adat di Indonesia memiliki tarian yang khas sesuai dengan wilayah mereka. Salah satu tarian yang telah menjadi ciri khas kesenian Indonesia adalah seni tari jaipongan. Tarian yang berasal dari Jawa Barat ini justru menjadi ikon negara Indonesia di dunia pariwisata dan kebudayaan Internasional.

4.    Seni Pertunjukan

Seni pertunjukan merupakan salah satu seni yang menampikan hampir seluruh kesenian yang ada di Indonesia, yakni seni musik atau seni suara, seni rupa, dan seni tari.

Dalam seni pertunjukan, selalu ada seni rupa yang dipertunjukan, seni musik yang dialunkan sebagai bentuk pengiring pertunjukan, dan tarian untuk mengiringi atau menceritakan kisah yang dipertunjukan.

Misalnya saja, seni pewayangan yang memberikan hiburan berupa seluruh bentuk karya seni. Boneka wayang sendiri terbuat dari bahan-bahan seni rupa yang sengaja dibuat untuk memberikan rupa pada penikmat seni.

Sementara itu, dalam pertunjukannya, selalu ada musik yang mengiringi dalang saat penceritaan dimulai. Lantas tarian pun dimasukkan setelah atau sebelum pertunjukan wayang dimulai.

Dengan demikian, dapat ditarik simpulan bahwa berbagai ragam seni merupakan bagian dari definisi kesenian sehingga tidak ada satu unsur kesenian pun yang tidak terkait satu sama lain. Oleh sebab itu, tidak heran jika kesenian merupakan salah satu hal yang bisa menilai apakah suatu masyarakat memiliki nilai kebudayaan yang tinggi atau tidak.

Misalnya saja, dengan melihat banyaknya karya seni yang dihasilkan oleh masyarakat Indonesia, dapat dinyatakan pula bahwa negeri Indonesia ini memiliki ragam kebudayaan dengan nilai adiluhung.

Akan tetapi, peradaban yang datang tentu menuntut masyarakat untuk senantiasa memelihara kebudayaan yang dimilikinya secara turun temurun agar tidak hilang akibat modernisme yang menjalar di ranah kebudayaan nusantara.

Speak Your Mind

*