Download Winamp: Pemutar Musik Berbagai Codec dan Tipe Audio

Ilustrasi download winampSemua pengguna komputer pasti pernah sangat familiar atau setidaknya pernah mendengar istilah Winamp. Winamp, software gratisan pemutar musik handal di komputer. Hampir semua PC atau laptop pasti telah mebenamkan Winamp sebagai software abadi yang wajib diinstal. Bisa dikatakan kalau belum afdhal mendengarkan musik tanpa winamp. Winamp merupakan salah satu pemutar media handal. Kemampuannya dalam memainkan musik dengan berbagai code, menjadikan Winamp mendapatkan hati tersendiri di kalangan pemakai pemutar musik.

Walaupun telah ada software sejenis standar komputer yang terintegrasi (Windows Media Player), namun jika tidak menginstal Winamp, sepertinya ada yang kurang di komputer kita.

Keunikan Winamp

Winamp bisa dibilang software yang sangat unik. Kenapa dibilang software unik? Tentu saja karena kelebihan yang dimiliki oleh winamp ini. Software ini adalah software yang sangat ringan. Tentu saja ini sangat berpengaruh dengan performa komputer yang digunakan. Karena software ini ringan digunakan, aktifitas mendengarkan musik tidak akan menganggu kinerja komputer kita. Selain ringan, kemampuannya melebihi dari nilainya. Nilai di sini adalah cara kita mendapatkan Winamp. Ya benar. Untuk memperoleh Winamp atau download winamp kita tidak diwajibkan membayar.

Sepersen pun rupiah tidak harus dikeluarkan. Semuanya cuma-cuma alias gratis. Meskipun ada versi Winamp Pro yang berbayar. Tentu saja fiturnya melebihi dari Winamp reguler. Dengan winamp gratis pun, fasilitas yang diberikan sudah cukup untuk mendengarkan musik, seperti radio, video, playlist lagu, dan juga fitur lainnya yang mempermudah penggunaan winamp sebagai music player.

Winamp sendiri adalah salah satu software garapan Nullsotf. Sebuah pemutar media serbaguna. Nullsoft sendiri sekarang adalah anak perusahaan dari Warner. Sebagai software yang berlabel freeware serta shareware, bukan berarti Winamp adalah piranti lunak kacangan.

Kemampuan Winamp dalam memainkan berbagai macam codec sangat diacungi jempol. Dan berbagai tipe audio yang dapat dikostumisasi juga sangat diamini pecinta dunia digital sebagai prestasi yang luar biasa. Dan jika ada file yang belum bisa diputar di winamp, kita bisa menambahkan codec yang diperlukan pada winamp agar file tersebut dapat diputar di winamp.

Orang di Balik Winamp

Adalah Justin Frankel orang di balik keberadaan Winamp. 1996 Justin Frankel memulai menggarap Winamp. Dan usahanya ini tidak sia-sia. Karena hingga sekarang, hampir semua perangkat komputer telah terintegrasikan dengan pemutar media yang satu ini.

Pujian pun mengalir tiada henti. Beberapa tokoh di dunia teknologi serta komputer memuji kepiawaian Justin Frankel. Seperti Will Fisher, Maksim Tyrtyshny, Chris Edwards, dan masih banyak lagi.

Pengguna Winamp

Pengguna bulanan yang mulanya hanya di kisaran angka 33 juta pemakai, melonjak hingga 57 juta pemakai aktif. Prestasi ini menempatkan Winamp sebagai pemutar media yang paling sering digunakan dunia setelah Windows Media Player-nya Microsoft.

Versi terbaru Winamp saat tulisan ini ditulis adalah versi 5.58. Dengan kemampuan serta keunggulan yang lebih baik dari versi sebelumnya. Software ini selalu dimutakhirkan secara berkala.

Jika kita menggunakan Winamp dan sedang terkoneksi dengan internet, apabila terdapat versi terbaru dari Winamp maka secara otomatis Winamp akan memberikan semacam notifikasi kepada kita. Dan Anda dapat secara otomatis memutakhirkan versi Winamp Anda.

Cara Men-download Winamp

Untuk mengunduh Winamp sebenarnya tidak begitu susah. Yang perlu Anda lakukan hanya mengunjungi laman resminya. Situs web Winamp itu sendiri dapat diakses di alamat http://www.winamp.com/.

Pada laman tersebut Anda dapat melihat berbagai macam informasi yang berkaitan dengan Winamp. Mulai versi history, fitur, berbagai perangkat yang mendukung, serta berbagai plug-ins serta adds ons.

Berikut ini adalah tata cara men-download Winamp di laman resminya.

    1. Buka laman htt://www.winamp.com/ kemudian klik menu atau tombol Free Download.
    2. Kemudian, Anda akan dibawa ke laman sebelumnya. Ada dua pilihan; Winamp Free dan Winamp Pro. Perbedaan diantara keduanya adalah, jika di Winamp Pro mempunyai fasilitas yang lebih lengkap daripada Winamp Free. Namun Winamp Pro jika Anda ingin menngunduhnya diwajibkan membayar sebesar $ 19.95 USD. Angka yang cukup besar jika dirupiahkan. Disarankan untuk memilih Winamp Free karena fiturnya ga kalah canggih dengan Winamp Pro. Kemudian klik Winamp Standard.
    3. Sesaat kemudian maka akan tampil jendela baru Windows. Pilih save dan tungu beberapa saat proses Winamp sedang diunduh.
    4. Setelah itu, cari di mana folder unduhan tersebut. Klik ikon Winamp dua kali dan ikuti langkah selanjutnya untuk proses penginstalan.
  • Jika Anda tertarik untuk mencoba Winamp versi pro, setidaknya Anda harus merogoh kocek 19.95 USD. Sebuah angka yang cukup lumayan besar jika dirupiahkan. Namun jangan khawatir. Dengan Winamp versi reguler saja, Anda dapat menikmati seluruh fasilitas Winamp yang tidak kalah dengan versi pro-nya.

Para Pesaing Winamp

Winamp tidak berdiri sendiri sebagai pemutar musik mutahir. Di ranah digitalisasi musik, masih terdapat software-software serupa. Di dalam komputer itu sendiri sebenarnya terdapat sebuah software bawaan. Atausoftware standard yang ada ketika kita membeli sebuah komputer baru.

Ya. Software tersebut adalah Windows Media Player yang tak lain dan tak bukan adalah software besutan Microsoft. Windows Media Player sebagai pemutar media besutan Microsoft harus senantiasa waspada. Karena geliat Winamp yang tidak dapat direm eksistensinya. Tindakan ini bukan tanpa alasan karena pengguna Winamp dari tahun ke tahun semakin meningkat taja.

Software lainnya yang tak kalah canggihnya adalah iTunes besutan Apple. Dan bahkan di Apple itu sendiri terdapat iTunes Store. Sebuah toko online yang melayani pembelian lagu, track, album, dan bahkan tiket konser musik secara online. Walaupun begitu, pengguna Winamp di sistem operasi Apple ini juga tidak sedikit dan terus mengalami peningkatan.

Software lainnya adalah Jet Audio. Software ini hampir mirip dengan Winamp. Mampu memainkan bebera code serta mendapatkannya kita tidak perlu membayar atau gratis. Meskipun terdapat versi berbayarnya.

Software lainnya yang menjadi pesain Winamp adalah MPC atau Media Player Classic. Namun software ini sering digunakan untuk memutar video daripada musik. Meskipun tak jarang banyak orang yang memanfaatkannya untuk memutar musik.

VLC media player juga merupakan salah satu software yang menjadi ancaman serius bagi Winamp. Software ini juga sangat sederhana dan dapat memutar file-file video dalam versi yang lebih banyak.

Which is The Best One?

Anda jangan bingung untuk memilih mana software pemutar musik digital yang akan digunakan. Karena kesemua software tersebut mempunyai tujuan yang sama; memudahkan kita dalam menikmati alunan musik digital.

Tapi, untuk software musik yang paling sering dibenamkan di setiap komputer, dan merupakan software wajib di tiap komputer, maka jawabannya adalah Winamp.

Tidak percaya? Anda dapat mengeceknya dengan menanyakan di setiap pengguna komputer yang Anda temui. Tanyakan pada mereka, apakah sudah terinstal Winamp? Maka jawaban mereka adalah; Wajib itu!”.

Sudahkah Anda mencoba Winamp di komputer Anda? Jika belum sebaiknya Anda mencobanya dan rasakan sensasi menggunakan software multimedia player yang satu ini.

Speak Your Mind

*