Dragon Ball, Pengabul Permintaan

Ilustrasi dragon ballTujuh bola naga yang mempunyai tanda bintang di dalamnya menjadi rebutan banyak orang. Konon, bola ini bisa mengabulkan permintaan apa saja yang meminta kepadanya. Tetapi, untuk mendapatkan tujuh bola naga ini tidaklah mudah karena bola naga ini berada di tempat yang berlainan.

Seorang anak perempuan bernama Bulma kemudian menciptakan alat pelacak bola naga ini dan berhasil menemukan sebuah bola naga yang mempunyai bintang 4 di dalamnya.

Bola ini dimiliki oleh Son Goku, yang merupakan peninggalan kakeknya. Dari sini cerita DragonBall bergulir dan kita bisa menyaksikan petualangan Son Goku dan Bulma dalam menemukan Dragon Ball.

Cerita Yang Panjang

DragonBall adalah sebuah komik Jepang atau yang biasa kita sebut dengan manga karangan Akira Toriyama yang kemudian diangkat menjadi serial kartun dan ditayangkan di Indosiar.

Ceritanya yang sangat panjang dan penayangan yang hanya sekali dalam seminggu, membutuhkan waktu sekitar 10 tahun masa penayangan untuk menamatkan serial kartun ini.

Secara garis besar, cerita Dragon Ball bisa dibagi menjadi dua, yaitu DragonBall yang menceritakan tentang Son Goku yang masih kecil, dan DragonBall Z yang menceritakan tentang Goku yang sudah dewasa dan mempunyai anak.

  • Dragonball I

Dragonball seri ketika Goku masih kecil menceritakan tentang bocah bernama Goku yang hidup di tengah gunung sendirian. Dia kemudian bertemu dengan Bulma, seorang gadis muda yang jenius. Bersama Bulma, Goku berusaha untuk mengumpulkan 7 bola ajaib yang dikatakan bisa mengabulkan semua keinginan. Bola-bola ajaib tersebut dinamakan dragonball.

Dragonball ini merupakan bola kristal yang tersebar di seluruh dunia. Bola tersebut berwarna jingga yang di dalamnya terdapat pola bintang. Apabila seseorang berhasil mengumpulkan ketujuh bola ajaib tersebut maka akan muncul sebuah dewa naga yang mampu mengabulkan semua permintaan apa saja. Bahkan dewa naga tersebut dapat menghidupkan kembali orang yang sudah mati.

Dalam perjalananya bersama Bulma untuk mencari dragonball tersebut, Goku harus berhadapan dengan berbagai macam rintangan. Salah satu rintangan yang harus dihadapi Goku adalah pasukan tentara pita merah. Kelompok ini memiliki keinginan yang sama dengan Bulma dan Goku untuk mengumpulkan ketujuh bola ajaib untuk bisa mengabulkan permintaannya menghancurkan dunia.

  • Dragonball Z

Dragonball Z menceritakan ketika Son Goku telah dewasa dan memiliki anak. Dragonball Z dimulai pada saat timejump dilaksanakan. Timejump sendiri merupakan waktu setelah Goku menjadi remaja atau dewasa.

Goku yang sudah beranjak dewasa ini terlihat pertama kali pada pertandingan Tenka Ichi Budokai. Pada pertandingan ini, Goku bertemu lagi dengan Chi-Chi yang pada masa kecilnya berjanji untuk dinikahi oleh Goku.

Singkat cerita, pertandingan kemudian memasuki babak final, dari situlah Goku bertemu dengan Piccolo yang merupakan suatu makhluk berwarna hijau. Diakhir pertandingan, Goku akhirnya berhasil mengalahkan Piccolo. Hubungan Piccolo dan Goku pun akhirnya menjdi sahabat karib. Setelah itu, Goku lalu memulai kelurga bersama Chi-Chi, cinta pertamanya sewaktu kecil.

Sepanjang masa pernikahannya, Goku pun dikaruniai dua orang anak bernama Son Gohan dan Son Goten. Sebelum lahirnya kedua anaknya tersebut, Goku selalu bertanding dalam pertandingan yang bernama Tenkaichi Budokai. Tenkaich Budokai merupakan pertarungan bela diri sejagat yang diadakan lima tahun sekali.

Peserta pada pertarungan ini berasal dari berbagai jenis ras yang ada di dunia Dragonball. Peserta juga datang dengan berbagai macam tujuan, ada yang ingin menguji sejauh mana kemampuan bertarungnya, ada yang berharap mendapatkan uang dari pertarungan tersebut, ada yang bertujuan untuk menghabisi lawannya, dan lain sebagainya.

Kekuatan Tanpa Batas

Diceritakan Son Goku yang merupakan makhluk dari bangsa Seiya, dikirimkan oleh kedua orang tuanya ke bumi karena planet tempat mereka berada sedang diserang oleh Frieza, seorang jahat dengan kekuatan luar biasa. Planet asal Son Goku akhirnya dihancurkan oleh Frieza.

Bangsa Seiya sendiri adalah bangsa yang terkenal dengan kegemaran mereka bertarung. Mereka menjelajah ke banyak tempat di alam raya ini untuk menguasai planet-planet yang mereka singgahi. Tetapi dengan dihancurkannya planet tempat tinggal bangsa Seiya, orang yang berasal dari bangsa ini hanya tinggal sedikit.

Petualangan Son Goku dalam mencari Dragon Ball selalu disertai dengan perkelahian-perkelahian untuk mendapatkan DragonBall. Perkelahian-perkelahian ini akhirnya membuat kekuatan Son Goku semakin bertambah kuat. Selain itu, Son Goku juga mengikuti lomba bela diri yang diadakan setiap 5 tahun sekali yang bernama Tenkaichi Budokai untuk mencoba kekuatannya.

Di dalam lomba ini, Son Goku banyak bertemu musuh dan juga orang-orang yang kemudian menjadi temannya seperti Krillin, Yamcha, Ten Shin Han, dan lain-lain. Untuk memperkuat diri, Son Goku juga berguru kepada seorang guru yang mengajarinya pukulan Kamehame yang menjadi pukulan andalannya untuk mengalahkan musuh.

Banyak di antara musuh-musuh Son Goku ini yang juga mencari 7 bola naga dan mengakibatkan banyak orang terluka dan hancurnya kota. Son Goku kemudian mengumpulkan 7 bola naga dan meminta dewa naga untuk mengembalikan kota seperti semula.

Seiring berjalannya waktu, ketika Son Goku dewasa, Son Goku dan rombongan pergi ke planet Namex yaitu planet tempat asal mula DragonBall untuk menghidupkan Dragon Ball yang ada di bumi. Sebab, DragonBall yang ada di bumi sudah tidak bisa dipakai lagi.

Di planet ini, Son Goku bertemu dengan Frieza yang pernah menghancurkan planetnya. Ketika bertarung dengan Frieza, Son Goku berubah menjadi Manusia Seiya Super yang kekuatannya tidak terbatas dan berhasil mengalahkan Frieza.

Kekuatan Turun Temurun

Ternyata kemampuan untuk berubah menjadi Super Seiya juga menurun kepada anak Son Goku. Son Gohan dan Son Goten juga bisa berubah seperti ayah mereka menjadi Manusia Seiya Super.

Tetapi dengan semakin kuatnya Son Goku dan tokoh baik lainnya, memunculkan juga tokoh jahat yang semakin kuat. Di antaranya adalah Android Nomor 17 dan 18, Cell, Bhu dan tokoh jahat yang lain.

Di pertarungan dengan android ini diceritakan bahwa Goku telah mati. Akan tetapi, pada kenyataanya Goku masih hidup namun berbeda dunia. di planet Namek, Goku masih hidup dan bersama dengn Yamcha ia terus berlatih untuk  mendapatkan kekuatan yang sangat besar.

Tokoh-tokoh jahat ini memaksa Son Goku untuk meningkatkan kekuatannya menjadi Super Seiya 4. Pertarungan-pertarungan antara Son Goku dan musuh-musuhnya sangat sayang untuk dilewatkan.

Setelah bertahun-tahun berlatih, pertandingan bela diri sejagat kembali diadakan. Kejuaraan ini kemudian diikuti Goku yang sengaja datang dari alam matinya. Kejuaraan ini juga diikuti oleh anak Goku yaitu Gohan yang menyamar sebagai Vegeta, Piccolo, Krillin, dan lain sebagainya. Namun, pertandingan ini tidak diikuti oleh Yamcha, Tien, dan Master Roshi.

Pada saat pertandingan, ternyata Gohan dipaksa untuk berubah menjadi Super Saiyan. Ketika berubah menjadi Super Saiyan, tiba-tiba Gohan disergap oleh dua orang suruhan Babidy. Kedua orang itu ditugaskan untuk mencari energi yang sangat besar untuk membangunkan monster Buu. Monster Buu ini merupakan monster yang nyaris menghancurkan bumi.

Setelah Buu berhasil bebas dari sangkarnya, ia kemudian tidak bisa terkalahkan lagi. Bahkan usaha Vegeta yang meledakkan energi dalam tubuhnya pun hanya menghasilkan kematian akan dirinya sendiri, dengan Buu tetap bisa hidup bebas.

Gohan yang disangka sudah tewas dalam pertempuran melawan Buu, ternyata diselamatkan oleh King Kai ke alam Kaioo. Disana ia berlatih untuk dapat mengalahkan Buu. Sementara itu Goku melatih Trunks dan Goten anak kedua Goku setelah menyadari kekuatan yang dimiliki anak-anak tersebut dapat mengalahkan Buu jika digabungkan.

Dalam pertarungan melawan Buu untuk kesekian kalinya, akhirnya Goku berhasil mengalahkan Goku dengan jurus Spirit Bombnya. Dengan begitu Goku pun berhasil menyelamatkan bumi kembali.

Juga usaha-usaha Son Goku untuk bisa bertambah kuat menjadi salah satu daya tarik tersendiri yang selalu dinantikan oleh penonton. Silakan baca komik Dragon Ball ataupun menonton serial kartunnya untuk membuktikannya.

Demikianlah pembahasan mengenai kisah Goku dalam Dragonball, semoga bermanfaat.

Speak Your Mind

*