Eksotisme Wisata Alam Laut Bunaken

Ilustrasi laut bunakenApakah Anda senang bercengkerama dengan makhluk laut? Atau, pernahkah Anda ingin bertemu dengan duyung sungguhan?  Di Bunaken Anda dapat melakukan semua itu. Laut Bunaken merupakan salah satu lokasi menyelam yang terkenal di Indonesia. Bunaken yang indah dan eksotis ini menarik minat pecinta air dari seluruh dunia.

Taman Laut Nasional di Laut Bunaken

Bunaken adalah pulau seluas 8,08 km² yang terletak di Teluk Manado, di sebelah utara Pulau Sulawesi. Bunaken diresmikan menjadi taman laut nasional pada 1991. Taman laut tersebut juga meliputi pulau-pulau tetangga Bunaken, yaitu Manado Tua, Siladen, Montehagen, Nain, dan Nain Kecil. Bunaken memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi, antara lain memiliki lebih dari 70 genus coral dan lima spesies penyu. Selain itu, terdapat 70% spesies ikan di Samudra pasifik, hiu karang, ikan duyung, ikan tuna dan barakuda, buaya laut, dan masih banyak lagi.

Bunaken beriklim tropis. Musim hujan berlangsung antara November hingga April. Musim kemarau terjadi pada Mei hingga Oktober, dengan suhu tertinggi mencapai 35°C. Bunaken paling menarik dikunjungi antara Mei hingga Agustus. Pada saat itu, Anda dapat menikmati keindahan Bunaken secara maksimal. Di Bunaken, Anda dapat melihat berbagai macam kehidupan laut yang indah, bahkan aneh. Air laut yang jernih mempermudah untuk melihat pemandangan di bawah laut. Bagi Anda yang gemar scuba diving, Bunaken memiliki lebih dari 20 titik untuk dipilih.

Mencapai Laut Bunaken dan Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Sana

Untuk mencapai Bunaken, Anda bisa naik motorboat dari Manado. Perjalanan berkisar 40 menit. Biaya yang diperlukan sekitar Rp. 25.000 per orang. Kapal feri dari Manado ke Bunaken berangkat setiap hari pukul 14.00, kecuali hari Minggu.  Perjalanan pulang dari Bunaken ke Manado dimulai pagi hari sekitar pukul 07.00. Selain itu, Anda juga dapat menyewa boat yang berangkat pagi hari dan kembali di sore hari.

Bunaken memang surga bagi para penyelam. Namun, masih banyak kegiatan yang dapat dilakukan selain menyelam. Antara lain sebagai berikut:

  • Menyusuri pantai, terutama saat air surut.
  • Berjalan kaki menyusuri teluk-teluk terpencil yang terletak di bagian timur dan utara pulau.
  • Memancing, namun hanya diperbolehkan di luar area taman laut. Anda dapat menyewa kapal atau bergabung dengan nelayan lokal.
  • Melihat lumba-lumba dan paus. Hal ini dapat dilakukan dengan menyewa kapal pribadi maupun bergabung bersama rombongan diveboat.

Selain aktivitas yang telah disebutkan di atas, Anda dapat bersantai menikmati kuliner lokal. Banyak sekali restoran dan kafe di Manado dan pulau-pulau sekitarnya. Kuliner khas di sana adalah seafood, bubur manado, dan berbagai makanan terbuat dari kelapa.

Di Bunaken Anda dapat memilih homestay dengan biaya mulai dari Rp40.000,- per orang per hari. Anda juga dapat menginap di hotel-hotel di Manado lalu memilih paket perjalanan ke Bunaken.  Untuk Anda yang berencana menikmati Bunaken dalam waktu lama, resort merupakan pilihan alternatif. Biasanya, resort sudah memiliki paket-paket untuk berbagai aktivitas di Bunaken.

Rekomendasi Penginapan di Laut Bunaken

Selayaknya destinasi wisata alam yang menjanjikan liburan berkesan, laut Bunaken memiliki sejumlah penginapan yang siap menampung para wisatawan di sana. Ada beragam harga dan fasilitas yang ditawarkan penginapan-penginapan ini. Tarif yang mereka pasang sebanding dengan fasilitas yang diberikan. Inilah beberapa rekomendasi penginapan di Bunaken:

  1. Bunaken Cha Cha Nature Resort, beralamat di Tanjung Parigi, Pulau Bunaken, Sulawesi Utara. Nomor telepon 081356930370 dan nomor faksimili 067228665. Tarif penginapan ini mulai dari Rp887.000 per malam.
  2. Raja Laut Dive Resort, beralamat di Bunaken Marine Park, Pantai Pangalisan, Pulau Bunaken, Sulawesi Utara. Tarif penginapan ini mulai dari Rp521.000 per malam.
  3. Two Fish Divers Bunaken, berlamat di Pantai Pangalisang, Pulau Bunaken, Sulawesi Utara. Tarif penginapan ini mulai dari Rp193.000 per malam.
  4. Cakalang Bunaken, beralamat di Pantai Pangalisan, Pulau Bunaken, Sulawesi Utara. Tarif penginapan ini mulai dari Rp289.000 per malam.
  5. Happy Gecko Resort (Cicak Senang), beralamat di Pantai Liang, Pulau Bunaken, Sulawesi Utara. Tarif penginapan ini mulai dari Rp337.000 per malam.
  6. Bunaken SeaGarden Resort, berlamat di Pantai Pangalisang, Pulau Bunaken, Sulawesi Utara. Tarif penginapan ini mulai dari Rp414.000 per malam.
  7. Bunaken Island Resort, berlamat di Pantai Liang, Pulau Bunaken, Sulawesi Utara. Tarif penginapan ini mulai dari Rp964.000 per malam.
  8. Froggies Divers, beralamat di Pantai Liang, Pulau Bunaken, Sulawesi Utara. Tarif penginapan ini mulai dari Rp308.000 per malam.
  9. Daniel’s Resort (Daniel’s Homestay), beralamat di Jl. Arie Lasut Kombos Permai G/18, Pulau Bunaken, Sulawesi Utara. Tarif penginapan ini mulai dari Rp164.000 per malam.
  10. Nelson Restaurant and Cottage, beralamat di Pantai Liang, Pulau Bunaken, Sulawesi Utara. Tarif penginapan ini mulai dari Rp145.000 per malam.

Tips Berlibur di Laut Bunaken

Bunaken menyediakan tempat liburan alami yang indah. Agar dapat menikmati lebih seru, ikuti tips berlibur di Bunaken berikut ini:

  • Siapkan uang tunai dalam jumlah yang cukup banyak, agar Anda tak perlu repot-repot bolak-balik ke gerai ATM di sekitaran Bunaken.
  • Jika ingin menyewa perahu, sewalah perahu yang menyediakan fasilitas pelampung.
  • Satu buah perahu harga sewanya sekitar Rp700.000 – Rp900.000. Kapal tersebut muat dinaiki 8 – 20 orang (tergantung jenis kapal). Jika Anda tidak pergi dalam rombongan dan ingin berhemat, Anda bisa menyewa perahu bersama dengan wisatawan-wisatawan lain yang kebetulan tidak pergi dalam rombongan juga.
  • Bagi Anda yang ingin melakukan snorkeling atau diving, persiapkan uang Rp250.000. Dengan uang tersebut, Anda bisa puas snorkeling seharian dengan fasilitas lengkap (kacamata, wet suit, kaki katak, pemandu, dan sebagainya).
  • Waspadai tipuan calo-calo snorkeling dan diving. Di sekitar pantai, banyak calo yang menawarkan Anda untuk melakukan penyelaman. Harga yang mereka tawarkan tidak masuk akal. Sasaran mereka biasanya adalah wisatawan yang baru pertama kali berlibur ke Bunaken sehingga tak tahu standar harga normal.
  • Agar momen indah di bawah laut terkenang, bawalah kamera bawah air. Salah satu jenis kamera bawah air manual yang murah meriah adalah jenis Lomo Aquapix. Kamera ini tahan air sampai kedalaman 3 meter.
  • Sebelum melakukan aktivitas di pantai, lindungi diri Anda terlebih dahulu dengan tabir surya. Sinar matahari di sana sangat menyengat dan dapat membuat kulit Anda terbakar.
  • Setelah bermain air di pantai, usahakan untuk tidak membasuh diri di kamar mandi umum. Di sana kamar mandi umumnya sangat jorok dan kotor. Untuk membasuh diri di kamar mandi kotor seperti ini pun Anda masih harus dipungut biaya Rp10.000.
  • Jika Anda melakukan snorkeling atau diving dengan didampingi pemandu, mintalah ia mengantar Anda ke area karang yang masih hidup. Sebagian besar karang di sana sudah mati dan dipenuhi sampah.

Demikianlah informasi seputar wisata alam laut Bunaken. Indonesia memang memiliki alam yang indah sehingga sungguh sayang jika dilewatkan. Sebelum berkunjung ke negeri orang, cobalah jelajahi keindahan alam eksotis Indonesia, salah satunya di Pulau Bunaken, Sulawesi Utara. Selamat berlibur!

Speak Your Mind

*