Fakta Tentang Monster Laut Ancol

Ilustrasi monster laut ancolBerbagai mitos tentang monster perairan bermunculan. Misalnya, monster danau Lochness di Scotlandia yang bernama Nessie. Dan yang tidak kalah heboh, Indonesia juga memiliki monster di perairannya yaitu Monster Laut Ancol.

Seperti Apakah Sosok Monster Laut Ancol Ini?

Jika Nessie dari Danau Lochness memiliki perawakan seperti dinosourus berleher panjang dan semakin mengecil di bagian kepala, bertubuh besar, dan kakinya menyerupai sirip, lalu apakah monster laut Ancol bersosok ala monster raksasa juga?

Salah seorang pengunjung berhasil memfilmkan monster laut Ancol yang sedang beraksi. Anda dapat melihatnya di youtube. Video yang berlangsung beberapa menit itu memperlihatkan bangkai ikan yang dilempar ke laut tiba-tiba dikerubuti hewan kecil-kecil yang memangsa bangkai tersebut sampai habis.

Ya, monster laut Ancol ternyata hewan kecil yang menurut sebagian orang memiliki sifat seperti piranha, yaitu ikan karnivora atau kanibal yang doyan makan daging. Kontan saja video ini meresahkan masyarakat yang hendak bertamasya ke Laut Ancol.

Benarkah Monster Laut Ancol Sejenis Piranha?

Ketika dikonfirmasi ke Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, ternyata nama daerah untuk monster laut Ancol itu adalah kutu air. Meskipun sebenarnya hewan tersebut bukanlah sejenis kutu yang berasal dari golongan serangga. Kutu air yang satu ini berasal dari golongan udang-udangan.

Makanan kutu air memang bangkai. Beberapa dari mereka adalah herbivora pemakan plankton. Mereka tidak pernah memakan daging hewan yang masih hidup. Oleh karena itu, kutu air memiliki peranan yang sangat penting untuk menjaga keseimbangan ekosistem di laut. Bangkai-bangkai ikan dan hewan yang telah mati akan diurai mereka sehingga tidak terjadi pembusukan.

Mereka juga takut jika didekati manusia. Jadi, sama sekali tidak memiliki sifat seperti piranha.

Ciri-ciri Monster Laut Ancol

Lebih detail tentang kutu air yang memiliki nama ilmiah Cirolana adalah sebagai berikut :

  • Hewan kecil menyerupai udang dengan ukuran 3 mm. Kadang sulit terlihat oleh mata telanjang.
  • Memiliki warna pucat hingga kecoklatan
  • Tubuhnya terdiri dari tujuh ruas
  • Kakinya panjang, berguna untuk berenang dan melompat

Informasi mengenai kutu air ini dapat diakses melalui mesin pencari di internet dengan kata kunci sand fleas, no-see-um flies, hop-a- long atau beach flea.

Speak Your Mind

*