File 3GP dalam ponsel GSM

Ilustrasi 3gpPara pengguna telepon selular mungkin sudah tidak asing lagi dengan file video berekstention 3gp dan 3g2. Banyak sekali video/audio jenis ini yang telah beredar luas di masyarakat. File dengan format ini banyak beredar dalam bentuk file lagu, video klip, cuplikan film singkat dan sebagainya. Tapi sebenarnya apa sih format file-file tersebut?

3GP (3GPP) dan 3G2 (3GPP2) adalah 2 ekstensi file yang mirip. Perbedaan antara keduanya hanya pada penggunaannya saja. File 3GP dikembangkan untuk ponsel berbasis GSM. Sedangkan file 3G2 dirancang untuk ponsel-ponsel berbasis CDMA. Namun secara umum kedua tipe file merepresentasikan jenis file yang sama.

Apa Itu File 3GP?

Pada artikel ini, akan diulas format file 3GP. File 3GP sebenarnya merupakan kependekan dari file 3GPP (3rd Generation Patnership Project File Format). Format file ini merupakan format file hasil perjanjian dan kolaborasi sejumlah standard telekomunikasi terkemuka yang dikenal sebagai “Organizational Patner”. Di dalamnya termasuk ARIB, CCSA, EITSI, TTA dan TTC.

Tujuan dari proyek ini yaitu menyiapkan aplikasi spesifikasi teknis dan pelaporan teknis untuk sistem mobile generasi ke-3 yang memiliki jaringan GSM. Beberapa anggota dari 3GPP yang sudah dikenal masyarakat luas adalah Nokia, Samsung, Motorola, Ericsson, Philips, LG, Toshiba, Vodafone, Microsoft, Apple, AAT&T Mitsubishi dan beberapa nama vendor ternama lainya.

Format file 3GP merupakan format penampung multimedia (media container) yang digunakan untuk ponsel berteknologi 3G. Walau demikian, format file ini dapat juga dijalankan pada beberapa ponsel berteknologi 2G dan 4G, bahkan di komputer dan notebook dengan menggunakan aplikasi pemutar tertentu. File 3GP adalah format file video dan audio yang umumnya berjalan pada ponsel yang memiliki dukungan video capture.

Format video 3GP dapat menampung stream video MPEG-4 dan H.263. Untuk audio, format file ini menampung stream audio bertipe AMR dan AAC.  Ektensi file ini dikenal dengan ISO “MP4 family file”. Bahkan dalam beberapa ponsel menggunakan file berekstensi .mp4 untuk video 3GP.

Kelebihan 3GP

File format 3GP ini banyak kelebihannya. Beberapa kelebihan itu antara lain:

    • Karena merupakan kesepakatan dari beberapa vendor & organisasi telekomunikasi terkemuka, format 3GP ini dapat diputar hampir di semua ponsel.
    • Kualitas gambar yang lumayan dengan ukuran file yang termasuk ringan. Hal ini tidak terlepas dari sejarah perkembangan file ini yaitu untuk mendukung masih kecilnya media penyimpanan pada ponsel GSM di kala itu (sekitar tahun 1998)
    • Dukungan teknologi 3G yang marak saat ini memungkinkan kita dengan mudah mentransfer dan menyebarkan video jenis ini ke internet.
    • Banyaknya pengguna ponsel yang mendukung format ini sehingga kita dapat mudah berbagi file (sharing) yang dapat di akses/diputar oleh banyak orang.
  • Tersedia banyaknya aplikasi pemutar dan konversi dari 3GP ke format yang lain ataupun sebaliknya yang dapat dimanfaatkan sesuai keperluan.

Kelemahan 3GP

Selain kelebihan, ada beberapa kekurangan format file 3GP, yaitu:

  • File format 3GP biasanya memiliki kualitas yang sedikit rendah dan resolusi gambar yang kecil.
  • Rata-rata gambar per detiknya (frame rate) rendah, akibatnya gambar yang dihasilkan pada file 3GP dan MP4 terlihat patah-patah.
  • Kualitas suara yang tidak maksimal.
  • Karena mudah dan maraknya penggunaan file 3GP, banyak yang mempergunakan file berformat ini untuk tujuan negatif, seperti banyak beredarnya film porno dengan format 3GP.

Demikian ulasan singkat tentang file format 3GP. Semoga bermanfaat 🙂

Speak Your Mind

*