Flash Player untuk Kenyamanan Web Browser Anda

Pernah mendengar istilah Flash Player? Jangan diartikan secara harfiah sebagai “pemain kilat / cepat”. Pun tak ada hubungannya sama sekali dengan film super hero The Flash, apalagi Flash Gordon. Flash player yang diperbincangkan di sini adalah sebuah aplikasi yang terintegrasi dalam web browser Anda. Aplikasi yang terintegrasi pada browser biasa disebut dengan plugin.

Mungkin Anda pernah mengalami ketika mengunjungi suatu situs tetapi tidak muncul gambar atau animasi di halaman depan web tersebut, atau tiba-tiba Anda diminta untuk menginstall sebuah plugin yang hilang terlebih dahulu. Itulah fungsi dari flash player yaitu untuk memutar atau menampilkan animasi yang ada pada sebuah website.

Jika sudah seperti itu, tentu saja kenyamanan Anda ketika surfing di internet tak bisa dilepaskan plugin ini. Apalagi ketika kita membuka sebuah situs yang berkonten file interaktif, seperti gambar yang bergerak atau video yang berjenis file swf dan flv, atau ketika nonton video di youtube (www.youtube.com). Semuanya dapat Anda nikmati karena keberadaan plugin satu ini yang dibuat oleh Adobe, sebuah perusahaan software raksasa yang sudah lama berdiri.

Tentang Adobe

Para pengguna komputer mungkin telah sejak lama mengenal perusahaan Adobe System Inc. Ya, sebuah perusahaan perangkat lunak yang telah didirikan sejak 1982 ini telah banyak mengeluarkan produk yang biasa dipakai oleh para pengguna komputer. Perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia ini bergerak dalam penciptaan program grafis, video, animasi, hingga pengembangan web.

Tiga produk Adobe System Inc. Yang paling terkenal dan paling banyak dipakai oleh pengguna komputer adalah Adobe Photoshop, Adobe Acrobat Reader, dan Flash Player. Ketiga produk keluaran perusahaan Adobe ini dapat dipastikan banyak terpasang di komputer-komputer di seluruh dunia. Mengapa penulis bisa merasa seyakin itu? Karena fungsi dari ketiga produk ini sangatlah vital.

Tentang Flash Player

Adobe sendiri pada awalnya tidak menyediakan plugin flash ini, karena awalnya plugin ini dimiliki oleh Macromedia yaitu perusahaan software yang mengeluarkan software bernama Macromedia Flash. Tetapi, karena masalah finansial, akhirnya perusahaan ini dikuasai oleh Adobe sehingga nama dari sofwatare tersebut diubah menjadi Adobe Flash dan plugin flash player disediakan oleh Adobe. Plugin ini merupakan alat pemutar untuk memainkan file-file yang dibuat dengan menggunakan Adobe Flash. File yang dibuat dengan menggunakan Adobe Flash ini biasanya berupa vector atau animasi gambar. Dari awal kemunculannya hingga saat ini, plugin ini sudah mencapai versi 11 dan pihak Adobe sendiri akan terus meningkatkan versi dari plugin ini. Tentu saja peningkatan versi ini juga akan diimbangi dengan peningkatan fitur dari plugin player ini sendiri.

Plugin ini memang bisa didapatkan secara gratis, tetapi ketika orang ingin membuat animasi tentulah harus menggunakan software khususu. Adobe dalam hal ini menyediakan software Adobe Flash yang berfungsi untuk membuat animasi tersebut. Tentu saja, dengan adanya penyediaan plugin player ini, merupakan salah satu bentuk promosi dari Adobe sendiri.

Kegunaan Adobe Flash Player

Kehadiran plugin dari Adobe ini sangat diperlukan oleh pengguna komputer, terutama bagi mereka yang memiliki pekerjaan di bidang multimedia. Tak hanya itu, kehadiran plugin player pun dirasa sangat membantu bagi para penjelajah dunia maya atau internet.

Sajian-sajian beragam animasi gambar, bahkan demo film seperti yang ditampilkan di situs youtube akan dapat dinikmati jika plugin ini sudah terpasang di browser. Kadang pengguna komputer awam sering terlihat bingung saat mencoba membuka youtube, tapi gambar videonya tidak muncul. Seperti yang sudah disebutkan pada awal artikel ini, hal itu terjadi bukan karena terdapat kerusakan pada komputer atau lainnya, melainkan karena komputer yang dipakainya belum dipasangi plugin flash player. Jadi, untuk dapat menikmati sajian dari dunia maya secara maksimal, usahakan plugin player dari Adobe ini terpasang pada komputer dan pastikan untuk selalu melakukan update dari versi plugin ini.

Menurut pihak Adobe, sebagai penyedia aplikasi flash player ini, sudah sekitar 90% komputer di seluruh dunia yang terhubung dengan koneksi internet telah menginstall plugin ini. Tentu saja hal ini disebabkan karena banyak website yang menampilkan gambar animasi ataupun konten yang harus terinstall plugin yang satu ini. Bisa dibayangkan jika plugin ini tidak ada, kemungkinan kita akan mendapatkan informasi setengah-setengah dari sebuah website karena bisa jadi informasi yang disampaikan pada website tersebut menggunakan animasi flash.

Versi Flash Player

Setelah beberapa tahun sukses dengan software ini, kini Adobe telah kembali merilis flash player yang terbaru. Saat artikel ini dibuat, versi terbaru adalah versi 11 dan sudah bisa Anda unduh dengan gratis.

Versi terbaru terbaru ini memiliki beberapa fitur tambahan sebagai pelengkap dari versi terdahulunya. Beberapa fitur tambahan tersebut, di antaranya adalah sebagai berikut.

    • Video akselerasi hardware, yakni fitur terbaru yang memungkinkan pemutaran video berkerja dengan baik dan menghasilkan kualitas gambar terbaik. Selain itu, dalam versi terbarunya, penggunaan frame rate sangat maksimal, namun pemakaian memorinya minimal.
    • Perangkat keras rendering support untuk internet explorer 9, yakni fitur yang dapat meningkatkan kinerja grafis pada internet explorer 9.
    • Native cursor mouse custom,
    • Fitur pendukung untuk modus layar penuh.
    • 3D Effects, dapat memainkan object 3D dengan lebih baik.
    • Custom Filters dan Effects, membuat dan membagikan filter portabel kita, blend atau fill.
    • Text Layout lebih canggih, Text field lebih canggih dan fleksibel.
    • Sound and Drawing API, kinerja audio mp3 dan gambar 3D yang lebih sempurna.
    • Visual Performance Improvement, file video berjalan lebih mulus dari versi sebelumnya dengan optimalisasi pada akselerasi perangkat grafis.
  • Bug-bug yang terdapat pada flash player versi sebelumnya pun sudah diperbaiki.

Cara Memasang Adobe Flash Player

Memasang plugin pada komputer kesayangan tidaklah sulit. Selain itu, waktu yang diperlukan pun tidaklah banyak, hanya memerlukan beberapa menit saja.

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk memasang plugin ini tentu saja adalah mendownload versi terbarunya yang compatible dengan semua operating sistem dan media browsing. Mengunduh (download) sebaiknya langsung dari situs Adobe, karena tak sedikit situs-situs jahat yang mengelabui untuk mengunduh software yang palsu. Silahkan unduh di http://www.adobe.com/go/getflash. Kemudahan yang diberikan oleh situs Adobe adalah akan mengarahkan orang yang ingin mengunduh plugin player ini sesuai dengan sistem operasi yang digunakan. Misalnya saja orang yang ingin mengunduh menggunakan sistem operasi windows saat mengunjungi website Adobe, maka website tersebut otomatis akan memberikan link download plugin untuk Windows. Begitu juga untuk sistem operasi yang lain.

Pada saat download ini,Pada saat instalasi, Anda harus menutup/mematikan dulu web browser yang sedang digunakan, karena program ini bisa gagal fungsi jika Anda tidak melakukannya. Proses installasi juga sangat mudah karena hanya memerlukan beberapa kali konfirmasi. Setelah installasi selesai, Anda bisa langsung menggunakan browser untuk menjelajahi situs-situs yang di dalamnya terdapat animasi ataupun video-video dengan format swf dan flv.

So? Mulai sekarang, nyamankan saja aktifitas browsing Anda dengan flash player!

Speak Your Mind

*