Gema Insani – Geliat Penerbit Buku Islam

Ilustrasi penerbit buku islam

 

Seiring semakin tumbuhnya kalangan menengah Muslim yang telah mendapat pendidikan memadai pada dekade ‘80-an, penerbit buku Islam pun semakin marak. Buku telah menjadi kebutuhan kalangan terdidik ini, setelah kebutuhan pangan, sandang, dan papan mereka terpenuhi. Hal ini dibaca sebagai peluang yang menjanjikan bagi para pelaku penerbitan, khususnya penerbit buku Islam.

Salah satu penerbit buku Islam yang muncul pada dekade ‘80-an adalah penerbit buku Islam Gema Insani (dahulu GIP, Gema Insani Press). Penerbit buku Islam ini didirikan pada 29 April 1986. Bermula dari usaha percetakan kalender, usaha ini kemudian berkembang pesat menjadi penerbitan berskala besar yang cukup diperhitungkan.

“Momen” perang Afghanistan menjadi awal kemunculan penerbit buku Islam Gema Insani. Perang yang pecah pada 1979 akibat invasi Uni Soviet ke negara Asia Selatan itu telah mencabik-cabik perasaan umat Islam. Didorong rasa solidaritas terhadap penderitaan umat Islam di Afghanistan, penerbit buku Islam Gema Insani pun menerbitkan buku berjudul Perang Afghanistan pada 1986. Tak disangka, buku tersebut mendapat sambutan besar dan menjadi best seller.

Hingga saat ini penerbit buku Islam Gema Insani telah menerbitkan lebih dari seribu judul buku. Buku-buku tersebut mencakup bidang akidah, syariah, syakhsiyah (kepribadian), mar’ah (kewanitaan), dakwah, harakah (pergerakan), politik, ekonomi, manajemen, buku keluarga, buku remaja, buku anak, dan kamus.

Tidak hanya buku, penerbit buku Islam Gema Insani juga menerbitkan produk penunjang multimedia, seperti kaset dan CD, dan nonmultimedia, seperti kalender dan poster. Produk-produk tersebut tidak hanya diterbitkan dengan label Gema Insani, tetapi juga menggunakan nama-nama penerbit lain, yaitu Al-Qalam, Al-Huda, Al-Insan, Inovasi, Kreasi, Prestasi, Perspektif, dan Sinergi.

Kini, penerbit buku Islam Gema Insani telah mengembangkan sayap menjadi sebuah kelompok penerbitan yang membawahkan beberapa lini, tergantung jenis dan varian produk.

Distribusi Produk Penerbit Buku Islam Gema Insani

Distribusi produk penerbit buku Islam Gema Insani mencakup hampir seluruh wilayah Indonesia. Ini didukung oleh kantor-kantor perwakilan yang ada di beberapa kota utama di Indonesia. Kantor-kantor perwakilan tersebut yaitu:

  1. Kantor Perwakilan Jawa Timur, dengan alamat Gedung GIP Malang, Jl. Raya Tlogo Mas No. 119, Malang. Telp. (0341) 564434, faks. (0341) 569771.
  2. Kantor Perwakilan DI Yogyakarta/Jawa Tengah, dengan alamat Gedung GIP Yogyakarta, Jl. Ringroad Utara No. 171, Pogung Lor, Yogyakarta 55281. Telp./faks. (0274) 557562.
  3. Kantor Perwakilan Jawa Barat, dengan alamat Gedung GIP Bandung, Jl. Cibaduyut Lama No. 57, Bandung 40235. Telp./faks. (022) 5413506.
  4. Kantor Perwakilan Sumatra Utara, dengan alamat Pusat Distribusi GIP Medan, Jl. Mahkamah No. 86, Medan 20213. Telp. (061) 7360083, 77872601.

Bukan hanya di Indonesia, produk-produk penerbit buku Islam Gema Insani, terutama buku, kini juga sudah masuk pasar Malaysia. Di negeri jiran tersebut, buku-buku terbitan penerbit buku Islam Gema Insani cukup diminati karena sesuai dengan kebutuhan informasi dan pengetahuan masyarakat Muslim di sana.

Prestasi Penerbit Buku Islam Gema Insani

Dengan kerja keras dan komitmen yang kuat, hingga saat ini penerbit buku Islam Gema Insani telah meraih banyak penghargaan yang cukup bergengsi dalam bidang perbukuan. Penghargaan-penghargaan yang dimaksud yakni:

  1. Juara II Pewajahan Buku Nonfiksi pada IKAPI (Ikatan Penerbit Indonesia) Book Fair ‘92 di Jakarta.
  2. Desain Sampul Terbaik untuk Buku Nonfiksi pada IKAPI Book Fair 1992/1993.
  3. Stand dengan pengunjung terbanyak pada BISTEK (Buku Islam dan Teknologi) I Fair 1992 di Masjid Istiqlal, Jakarta.
  4. Desain Sampul Terbaik ke-3 untuk buku Jangan Jadi Bebek pada Pesta Buku Jakarta 2003.
  5. Stand Terbaik pada Indonesia Book Fair 2003 di Jakarta.
  6. Cover Terbaik untuk buku Jangan Nodai Cinta pada Indonesia Book Fair 2003.
  7. Stand Terbaik pada Pesta Buku Jakarta 2004.
  8. Juara I Buku Nonfiksi Terbaik untuk buku Wajah Peradaban Barat pada Indonesia Book Fair 2006.
  9. Juara I Buku Nonfiksi Terbaik untuk buku Trend Pluralisme Agama pada Indonesia Book Fair 2007.
  10. Juara II Buku Nonfiksi Terbaik untuk buku Hegemoni Kristen-Barat pada Indonesia Book Fair 2007.
  11. Juara III Buku Terjemahan Terbaik untuk buku Hijrah dalam Pandangan Al-Qur’an pada Indonesia Book Fair 2007.
  12. Stand Terbaik pada Islamic Book Fair 2008 di Jakarta.

Penerbit Buku Islam – Kelompok Pembaca Buku Gema Insani

Untuk memberi pelayanan terbaik kepada para pencinta buku Gema Insani, penerbit buku Islam ini telah membentuk Kelompok Pembaca Buku (KPB) Gema Insani. KPB Gema Insani merupakan bentuk pelayanan individual dari penerbit kepada para pembaca dengan pemberian fasilitas-fasilitas khusus, misalnya informasi mengenai produk terbaru, bebas ongkos kirim, dan diskon yang cukup besar.

Jumlah anggota KPB Gema Insani telah mencapai 9.000-an orang dan terus menerima pendaftaran anggota baru. Selain di kantor-kantor perwakilan di atas, penerbit buku Islam Gema Insani juga bisa dihubungi di kantor pusatnya di Gedung GIP Depok, Jl. Ir. H. Juanda, Depok 16418, Jabar. Telp. (021) 7708891, 7708892, 7708893, faks. (021) 7708894.

Penerbit Buku Islam – Prosedur Penerimaan Naskah di Gema Insani

Dalam menerima naskah penulisan, penerbit buku Islam ini memiliki ketentuan-ketentuan, yaitu sebagai berikut.

A. Ketentuan Umum Naskah di Penerbit Buku Islam Gema Insani

  • Penerbit buku Islam Gema Insani menerima seluruh jenis naskah dan selanjutnya akan dinilai kelayakan terbitnya terlebih dahulu.
  • Isi naskah tidak menyimpang dari Al-qur’an dan As-Sunnah.
  • Penerbit buku Islam Gema Insani menerima naskah asli atau terjemahan.• Naskah dapat dikirim lewat pos ke alamat penerbit buku Islam Gema Insani, yaitu di Jalan Kalibata Utara II No. 84, Jakarta 12740, atau di Jalan Ir. H. Juanda (jalan baru Gas Alam), Depok Timur 16418.
  • Untuk naskah umum atau dewasa, kirim lewat email ke alamat gipnet@indosat.net.id atau penerbitgip@telkom.net.
  • Untuk nsakah anak, kirim lewat email ke alamat gip_anak@yahoo.com.
  • Untuk naskah remaja, kirim lewat email ke alamat gip_remaja@yahoo.com.
  • Untuk naskah wanita dan keluarga, kirim lewat email ke alamat gip_wanita@yahoo.com.
  • Naskah yang telah masuk ke penerbit buku Islam Gema Insani tidak akan dikembalikan.

B. Ketentuan Khusus Naskah di Penerbit Buku Islam Gema Insani

1. Naskah Asli

  • Naskah asli dapat berbentuk outline tulisan atau naskah yang telah lengkap.
  • Jika berbentuk outline, tambahkan siniposis tulisan, dan disertai dengan daftar isi yang lengkap.
  • Jelaskanlah bidang kajian atau jenis pembahasan dari naskah yang dikirim ke penerbit buku Islam Gema Insani. Contohnya, politik, ekonomi, sosial, fiqih, ibadah, akidah, dakwah-harakah, manajemen, parenting, wanita, atau keluarga.
  • Sebutkanlah nilai jual (selling point) dari naskah yang dikirim ke penerbit buku Islam Gema Insani tersebut. Jelaskanlah perbedaan naskah itu dengan buku-buku lainnya.
  • Lengkapi juga dengan data lengkap penulis, mulai alamat, nomor telepon, email, nomor hp, dan nomor rekening. Lengkapi juga dengan biografi singkat yang behubungan dengan biodata, aktivitas, karya-karya ydang sudah dibuat dan diterbitkan.
  • Deskripsikan jenis naskah (anak, remaja, dewasa atau umum, wanita, dan keluarga).
  • Jika mengirim naskah ke penerbit buku Islam Gema Insani via pos, diharapkan hanya mengirimkan kopian naskah.

2. Naskah Terjemahan

  • Naskah terjemahan bisa berbentuk outline terjemahan atau terjemahan yang telah lengkap.
  • Jika berbentuk outline, tambahkan dengan data lengkap dari buku asli (judul asli, judul terjemahan, penulis, penerbit, tahun terbit, sinopsis naskah, daftar isi yang lengkap, jumlah halaman, ukuran buku sampul buku:soft cover atau hard cover).
  • Deskripsikan jenis pembahasan naskah yang akan dikirm ke penerbit buku Islam Gema Insani.
  • Sebutkan nilai jual (selling point) naskah tersebut.
  • Tambahkan juga biografi singkat penulis.
  • Tambahkan data lengkap penerjemah.
  • Deskripsikan jenis tulisan (anak, remaja, desawa, wanita, dan keluarga).

Itulah ketentuan penerimaan naskah di penerbit buku Islam Gema Insani.

Speak Your Mind

*