Google Video, Apa Saja Isinya?

Ilustrasi google videoGoogle video adalah salah satu fasilitas yang diberikan Google hanya untuk pemilik account gmail.com saja. Sehingga, jika ingin melihatnya harus memiliki account Gmail.com terlebih dahulu. Karena sifatnya khusus, maka dapat diketahui bahwa yang mengupload video-video yang ada adalah para user accout gmail.com sendiri.

Keberadaan layanan ini dimaksudkan agar para user dapat dengan mudah menyaksikan video tanpa harus membuka wall baru untuk mencari video yang diinginkan. Atau, para user tak perlu sibuk-sibuk membuka situs yang menyediakan video-video seperti Youtube.com dll.

Cara Mengakses Google Video

Untuk mengakses layanan Google Video, silakan kunjungi beranda Google di http://www.google.co.id, dan kemudian membuat account Gmail.com jika belum memiliki. Jika sudah, maka langkah untuk menjelajahi layanan ini adalah:

  1. Setelah berhasil log in, silakan Anda klik menu Selengkapnya  dan sub link Video pada deretan menu di bagian atas.
  2. Jika sudah masuk di beranda Google video, maka Anda akan bertemu kolom search yang berfungsi untuk mencari dan menemukan video yang Anda inginkan. Anda ketikkan judul film yang ingin diitonton. Misalnya ketikkan KCB, maka akan muncul film yang ingin dicari.
  3. Jika Anda klik film yang ingin ditonton, maka Anda akan terbuka film yang dicari beserta situsnya.

Klasifikasi Video di  Google Video

Video yang terdapat di Google Video juga memiliki klasifikasi. Ada yang berkaitan dengan limit tayangan video yang terbagi tiga pada tiga jenis.

  1. Short, kategori video yang memiliki durasi tayang berkisar dari 0 hingga 4 menit
  2. Medium, kategori video yang memiliki durasi tayang berkisar dari 4 hingga 20 menit
  3. Long, kategori video yang memiliki durasi tayang di atas 20 menit.

Sedangkan yang berkaitan dengan waktu penguploadan video terbagi pada lima kategori:

  1. Past hour, artinya video yang diupload lebih dari satu jam yang lalu
  2. Past 24 hour, artinya video yang diupload lebih dari 24 jam yang lalu
  3. Past week, artinya video yang diupload lebih dari satu minggu yang lalu
  4. Past month, artinya video yang diupload lebih dari sebulan yang lalu
  5. Past year, artinya video yang diupload lebih dari setahun yang lalu

Ada juga video yang diupload berdasarkan tanggal (day), kualitas (quality) dan tampilan video. Malah, link rujukan video pun ditayangkan agar user bisa tinggal klik dan bisa langsung membuka situs yang mengupload video pertama kali, tanpa mengetik alamat situs terlebih dahulu.

Kehadiran Google Video jelas sangat membantu user account Gmail.com untuk berselancar dengan mudah di dunia maya. Benar-benar memanjakan dan memudahkan demi kenyamanan dalam mengakses internet yang berkaitan dengan video-video

Speak Your Mind

*