Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Asuransi Jiwa

Ilustrasi Memilih Asuransi JiwaAsuransi jiwa merupakan salah satu produk asuransi yang terkenal pada masa sekarang ini. Banyak orang-orang terutama yang berdomisili di kota, mengambil asuransi jiwa. Mereka memutuskan untuk mengambil asuransi jiwa untuk mengamankan dan menyelamatkan keluarga mereka bila sewaktu-waktu terjadi sesuatu.

Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih asuransi jiwa yang sehat, yaitu:

 Memilih dari perusahaan asuransi yang sudah memiliki nama

Bukan berarti kita sebagai klien gila dengan perusahaan terkenal. Namun demikian, di jaman seperti ini, nama baik dari sebuah perusahaan termasuk perusahaan asuransi setidaknya memberi tahu pada kita bahwa perusahaan tersebut credible dan dapat dipercaya.

Banyaknya penipuan berkedok asuransi salah satunya yaitu asuransi jiwa, membuat kita patut merasa was-was dan berhati-hati, pasalnya bila tidak berhati-hati maka kita sendiri yang akan rugi.

Perusahaan asuransi yang sudah memiliki nama baik biasanya akan menjaga kualitas dari perusahaannya tersebut dengan terus menjaga kepercayaan klien serta memberikan yang terbaik bagi kliennya. Dan yang paling penting perusahaan tersebut tidak akan menipu kliennya.

Oleh sebab itu hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih asuransi jiwa yang pertama adalah lihatnya atau pilihlah asuransi jiwa yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi terkemuka dan sudah terkenal, karena paling tidak mereka tidak akan sembarangan dalam memberikan pelayanan dan akan selalu menjaga image dengan memberikan yang terbaik pada klien. Semisal :

  1. Mempertimbangkan apakah asuransi jiwa memang perlu diambil atau tidakAsuransi memang kadang perlu kita ambil, terutama asuransi jiwa. Biasanya para suami mengasuransikan dirinya, agar bila sewaktu-waktu terjadi sesuatu dengan dirinya, maka keluarga tidak mengalami kesusahan. Namun demikian, perlu dipikirkan kembali alasan untuk mengambil asuransi jiwa, apakah karena memang sudah perlu atau karena alasan ikut-ikutan semata atau ketertarikan sesaat.

    Bagaimanapun juga kita harus realistis. Bila kebutuhan sehari-hari saja tidak bisa dicukupi dengan baik, bagaimana bisa ikut asuransi yang setiap bulan harus menyerahkan sejumlah uang tertentu.

  2. Langkah untuk segera berasuransi terutama asuransi jiwa adalah langkah yang bagus, tapi semua itu juga harus dipikirkan kembali apakah untuk jangka pendek atau masa sekarang hal itu bijak bila diambil atau sebaliknya.Jangan terlalu percaya dengan apa yang dikatakan oleh agen asuransi

    Banyak sekali saat ini agen asuransi yang menawarkan janji manis namun ternyata di tengah-tengah klien ditipu. Oleh sebab itu jangan terlalu percaya dengan apa yang dikatakan oleh agen asuransi. Jangan mudah tertarik dan jangan mengambil keputusan secara emosional. Semuanya harus dipertimbangkan dan dipikir masak-masak.

  3. Pelajari lebih dalam tentang asuransi jiwa yang ditawarkanHampir sama dengan penjelasan sebelumnya, hendaknya klien tidak terlalu gegabah dalam memutuskan. Segala keputusan harus dipertimbangkan masak-masak. Mempelajari tentang asuransi jiwa yang ditawarkan merupakan ide bagus.
  4. Kita bisa bertanya tentang alokasi dana yang akan kita terima kepada agen asuransi. Usahakan kita mengerti, agar tidak ada penyesalan di kemudian hari.Pada dasarnya, hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih asuransi jiwa adalah tingkat kebenaran. Banyaknya kasus penipuan yang sekarang ini banyak terjadi berkedok asuransi harus diwaspadai oleh para calon klien asuransi untuk tidak mudah percaya begitu saja.

    Beberapa hal yang sudah disampaikan sebelumnya adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih asuransi jiwa yang tepat. Jangan lupa, klien asuransi sebaiknya atau mungkin malah wajib memiliki pendapatan tetap. Bila pendapatan tetap masih tidak stabil atau naik turun sebaiknya kita menghindari untuk ikut asuransi jiwa.

    Banyak orang yang belum memahami asuransi itu seperti apa, termasuk salah satu produk asuransi yaitu asuransi jiwa. Oleh sebab itu, sebelum mengambil keputusan untuk berasuransi, sebaiknya kita mempelajarinya lebih dahulu.

Seberapa Penting Asuransi Jiwa?

Kematian memang kebenaran tak terhindarkan dari kehidupan setiap individu. Jika Anda adalah tumpuan nafkah dari keluarga Anda, dan Tuhan ternyata lebih cepat memanggil Anda pada jalan berikutnya ang di namakan kematian maka, Anda harus berpikir lebih adil lagi kepada keluarga yang ditinggalkan.

Nah… Pikiran itu sendiri membuat begidik ya? Keluarga Anda tidak diragukan lagi akan merindukan, namun juga dibalik rindu, keluarga harus mencari jalan untuk tetap survive tanpa kehadiran Anda. Karena selain kerugian fisik kehilangan diri Anda, mereka akan mengalami kerugian finansial karena kehilangan topangan.

Untuk terus hidup dan kehidupan sesuai dengan standar yang sama seperti sebelumnya, tidak akan mudah bagi keluarga Anda. Untuk melunasi utang Anda sekarang jika ada, biaya pendidikan anak, mempertahankan standar hidup  yang sudah berjalan, biaya inflasi, dan sebagainya, harus diurus, setelah sang tumpuan pergi.

Maka Asuransi jiwa datang membantu mengembalikan semua ini.

Semua yang harus di urus keluarga Anda yang berkaitab kerugian fisik bisa ditangani dengan segera. Segala sesuatu yang lain akan diurus, jika Anda memiliki asuransi jiwa yang tepat.

Sekarang, jika Anda adalah seorang individu tanpa tanggungan, Anda mungkin bisa melakukan jauh lebih estimatif dengan asuransi jiwa, menolak bahkan mebiarkan saja, tetapi jika orang lain tergantung pada penghasilan Anda, asuransi jiwa adalah ide yang baik untuk menggantikan potensi penghasilan Anda, ketika Anda pergi.

Sekali Lagi Seberapa Butuh?

Berapa banyak macam asuransi jiwa yang Anda butuhkan adalah sangat subjektif dan tidak mudah untuk menjawab. Ini bukan beberapa angka ajaib yang berasal. Banyak perhitungan dan faktor yang harus dipertimbangkan saat menentukan berapa banyak asuransi jiwa yang Anda benar-benar membutuhkan.

Di bawah ini adalah beberapa faktor yang harus dipertimbangkan sementara sebenarnya menghitung

jumlah yang Anda perlu diasuransikan.

Faktor yang Dipertimbangkan

  • Keuangan yang ada stabil naik, atau cenderung menurun.
  • Apakah atau tidak pasangan Anda bekerja.
  • Setiap pengeluaran besar dalam waktu dekat seperti hipotek dan kredit yang menuntut pembayaran bulanan seperti mobil baru, apartemen, biaya pendidikan anak, dan sebagainya.
  • Utang yang harus dibayar (jika ada).
  • Kehadiran tabungan keluarga.
  • Jaminan sosial, jaminan pensiun, dll, yang ada setelah kematian.

Setelah faktor tersebut, maka ketahuilah :

  • Tujuan utama Anda adalah untuk menggantikan penghasilan Anda saat ini, sehingga bisa mempertahankan gaya hidup yang sama.
  • Mempertimbangkan situasi keuangan Anda dan merenungkan faktor di atas.
  • Daftar faktor yang harus dipertimbangkan, dan juga tentang beberapa pengeluaran yang besar, jika ada yang akan dibuat dalam waktu dekat.
  • Setelah Anda selesai dengan hitungan di atas dan yakin jangka pendek dan kebutuhan jangka panjang, Anda akan mencoba ke estimasi tertentu, Anda ingin menggantinya, mengatakan tahunan. Sebut saja A.
  • Untuk A sekarang cobalah menambahkan semua biaya perawatan keluarga seperti hiburan, perjalanan tagihan listrik, dan transportasi, dll, secara tahunan.
  • Angka ini akan menjadi sesuatu yang dekat dengan estimasi yang dihabiskan pada gaji bulanan Anda atau sedikit lebih dari itu, karena Anda menganggap banyak biaya lain juga. Sebut saja B.
  • Untuk angka ini Anda harus menambahkan biaya inflasi yang meningkat pada kecepatan sekitar 2% setiap tahun. Nah inilah C.
  • Sekarang, menghitung semua aset likuid Anda seperti saham, obligasi, tabungan, dan jika Anda memiliki aset lain di tempat lain, yang bisa dilikuidasi. Kita akan menyebutnya D.
  • Kemudian mengurangi semua aset likuid dari sosok Anda telah dihitung. yaitu (C – D).
  • Apakah semua harus diganti?
  • Angka ini merupakan jumlah asuransi jiwa yang Anda ikuti.

Untuk membuat hal-hal semakin sederhana, terdapat rumus yang dapat Anda gunakan:

Kebutuhan jangka panjang + kebutuhan jangka pendek + inflasi biaya – sumber daya (yang dapat dilikuidasi) = berapa banyak asuransi jiwa yang Anda harus ikuti.

Sebelum memilih Asuransi jiwa yang datang dalam berbagai ukuran dan layanan juga menawarkan fitur yang berbeda, harga dan syarat syaratnya, pastikan Anda mendidik diri sendiri untuk membuat pilihan yang tepat, karena Anda tidak ingin berakhir membayar lebih atau terjebak dengan cakupan tidak memada

Speak Your Mind

*