Hal-Hal yang Memengaruhi Harga Jual Sarang Burung Walet

Saat ini, banyak orang yang tertarik untuk jual sarang burung walet. Hal ini disebabkan karena permintaan pasar terhadap burung walet yang terus meningkat. Selain itu, hasil penjualan sarang burung walet juga menawarkan keuntungan yang menggiurkan, sehingga tidak heran jika banyak orang yang tertarik untuk memulai usaha jual beli sarang burung walet.

Sarang Burung Walet

Semua tentu sudah tahu bahwa harga sarang burung walet memang sangat mahal. Banyak pengusaha yang rela mengeluarkan dana hingga ratusan juta rupiah hanya untuk membuat sarang burung walet di dekat sungai. Satu kilogram sarang burung walet yang berkualitas tinggi yang berbentuk mangkok sempurna dapat mencapai Rp 17 juta.

Oleh sebab itu, maka tidak mengherankan jika bisnis jual beli sarang burung walet merupakan salah satu bisnis yang menggiurkan. Sebelum banyak orang melakukan budidaya sarang burung walet, dulu banyak orang yang mempertaruhkan nyawanya dengan mendaki gunung atau bukit yang sudut kemiringannya hampir 90 derajat untuk memasuki goa-goa untuk mencari sarang burung walet.

Orang-orang rela bergelantungan di tebing dan mengambil resiko yang besar karena mengingat betapa besar penghasilan yang akan mereka dapatkan dari panen sarang burung walet. Uang hasil penjualan sarang burung walet tersebut dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Mengingat besarnya resiko dan sulitnya medan yang dihadapi, maka pantas jika usaha mereka dihargai dengan nilai yang fantastis. Kadang pekerjaan mengambil sarang burung walet di goa juga membuat merehk harus bertarung dengan hewan-hewan liar dan orang-orang jahat yang berniat untuk mencuri sarang burung walet yang telah didapatkan.

Setelah melihat bagaimana susahnya orang-orang memanen sarang walet, maka banyak ide yang muncul tentang bagaimana membuat sarang walet dengan peralatan modern. Tempat singgah burung walet yang akan memberi keuntungan tersebut mulai dilirik oleh mereka yang paham dengan pasar penjualan sarang walet.

Karena sarang burung walet sangat sulit didapat sedangkan permintaannya semakin banyak, hal ini membuat sarang burung walet menjadi sangat mahal. Apalagi, orang-orang juga rela mengeluarkan uang berapapun demi mendapatkan khasiat dari sarang burung walet.

Khasiat Sarang Burung Walet

Mereka yang jual sarang burung walet tentu sudah paham betul dengan manfaat atau khasiat sarang burung walet. Khasiat sarang burung walet diantaranya adalah menyembuhkan berbagai macam penyakit dan dipercaya mampu membuat orang-orang yang mengkonsumsinya menjadi awet muda.

Bagian yang berkhasiat dari sarang burung walet sebenarnya adalah air liurnya. Air liur walet tersebut menempel pada sarang mereka. Karena khasiat dan manfaat yang ditawarkan oleh sarang burung walet, orang-orang akan melakukan berbagai cara untuk mendapatkan manfaat tersebut, termasuk membelinya dengan harga yang sangat tinggi.

Karena sulitnya mendapat sarang burung walet dari alam, banyak orang berminat mendirikan bangunan yang khusus digunakan untuk memelihara walet. Namun, di beberapa tempat hal tersebut tidak diijinkan karena sarang walet yang ada di tempat gelap dengan kolam didalamnya justru akan membuat nyamuk lebih mudah berkembang biak.

Tidak hanya itu saja, suara burung walet juga sangat berisik sehingga hal ini akan sangat menganggu jika dibangun di tempat yang padat penduduknya. Oleh sebab itu, sarang walet banyak dibuat di daerah pinggir kota. Salah satu tempat yang terkenal dengan budidaya sarang burung walet adalah kota Betung di Sumatera Selatan. Banyak masyarakat disana yang telah membudidayakan sarang burung walet.

Sarang Burung Walet yang Memiliki Nilai Jual Tinggi

Pembuatan sarang burung walet sendiri bisa memerlukan waktu 80 hari sehingga para pemilik usaha pun harus bersabar untuk menantikan masa panen sarang burung walet. Sarang yang dihasilkan oleh burung walet sangat beragam, ada yang bersih, ada yang warnanya agak kotor, dan bahkan ada yang mengandung lumut.

Namun jenis sarang walet yang berwarna keruh dan berlumut ini sangat digemari oleh orang-orang Malaysia dan Singapura. Biasanya, sarang yang berwarna keruh diambil dari gua-gua yang ada di tepi pantai. Sarang burung walet yang berasal dari tempat alami biasanya rasanya lebih kenyal dan tidak mudah pecah ketika dimasak.

Sementara itu, orang Indonesia dan Cina lebih menyukai warna sarang yang warnanya putih bersih. Karena banyak yang menyukai sarang walet berwarna putih bersih, kadang ada pedagang yang curang saat jual sarang burung walet dengan memberinya pemutih.

Hal ini biasanya dapat dengan mudah diketahui oleh pembeli yang sudah berpengalaman. Adanya kecurangan ini sempat membuat harga sarang walet di beberapa daerah menurun yang awalnya bisa mencapai Rp 17 juta per kilogram hanya laku dijual Rp 8 juta saja per kilogramnya.

Hal ini tentu sangat merugikan pengusaha sarang walet yang benar-benar jujur. Selain itu, perlu diketahui juga bahwa biaya pemeliharaan untuk tiap gedung tidaklah murah. Bahkan, karena tempat sarang walet ini sangat berharga, banyak pengusaha yang memasang berbagai peralatan keamanan seperti cctv di sekitar gedung.

Ciri-Ciri Sarang Burung Walet Berkualitas

Salah satu kelemahan dalam bisnis sarang burung walet adalah waktu pembuatan sarang yang lama. Hal ini disebabkan karena sepasang walet harus saling bergantian memelihara rumahnya. Kedua burung ini sangat sabar dalam mengoleskan air liurnya ke sarang.

Sarang burung walet yang berkualitas sempurna adalah sarang yang berbentuk mangkok dan memiliki dinding yang tebal, tinggi, kuat, dan bersih. Harga sarang burung walet yang seperti ini biasanya mencapai belasan juta rupiah yaitu sekitar Rp 14 juta per kilogramnya.

Namun, sarang burung walet seperti ini harganya masih berada di bawah sarang walet yang warnya putih, bersih, tebal, tidak berbau, mulus, dan memiliki serat- serat merah seperti darah yang harganya bisa mencapai Rp 17 juta per kilogramnya.

Untuk  sarang walet yang tidak terlalu tebal dan tidak berbentuk mangkok, harganya bisanya hanya sekitar 1 sampai 2 juta rupiah. Memelihara dan membudidayakan walet memang tidak mudah. Kalau mudah, tentu sudah banyak orang yang ikut memelihara walet.

Masakan Dari Sarang Burung Walet

Biasanya sarang burung walet diolah menjadi sup. Rasanya memang sangat nikmat apabila ditambah dengan berbagai bumbu seperti bawang merah, bawang putih, bawang bombay, cengkeh, merica, garam, kayu manis, dan gula. Masakan dari sarang burung walet adalah makanan suplemen berharga jual tinggi.

Selain memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan, konon sarang burung walet merupakan makanan para raja, bangsawan, dan orang kaya sehingga membuat harga jual sarang burung walet ini menjadi tinggi. Sarang walet dipercaya mengandung bahan yang bisa membuat tubuh menjadi bugar sepanjang hari.

Kandungan tersebut diantaranya adalah kalsium, kalium, fosfor, besi, natrium, protein, lemak, karbohidrat, dan asam amino. Bahkan, sarang burung walet juga dapat mengobati penyakit HIV/AIDS. Oleh karena itu, saat ini banyak orang yang tergiur untuk mulai budidaya walet dan memanen sarangnya agar bisa memperoleh keuntungan yang besar. Semoga bermanfaat.

Speak Your Mind

*