Harry Potter 7 – Kisah Penutup Berdaya Magis

Ilustrasi harry potter 7

 

Siapa tak kenal tokoh Harry Potter dalam film Harry Potter 7? Si penyihir muda yang menjadi tumpuan kaum sihir dari teror Lord Voldemort, penyihir hitam yang ingin membawa dunia ke dalam kegelapan. Petualangan Harry Potter dan kawan-kawannya ditulis dalam seri novel karya J.K. Rowling yang terdiri atas tujuh buku. Harry Potter barangkali buku cerita tersukses dan terlaris karena mampu membius jutaan pembaca di seluruh dunia.

Berkat kepopulerannya, tidak heran jika kisah Harry Potter kemudian dituangkan ke dalam film layar lebar. Enam film pertama, semuanya sesuai dengan cerita buku pertama hingga keenam, telah dibuat dan diluncurkan ke pasaran. Semuanya meraih sukses dan mendapat sambutan yang sangat baik dari penikmat film.

Masing-masing adalah Harry Potter and the Sorcerer’s Stone, Harry Potter and the Chamber of Secret, Harry Potter and the Prisoner of Azkaban, Harry Potter and the Goblet of Fire, Harry Potter and the Order of Phoenix,dan Harry Potter and the Half-Blood Prince.

Harry Potter and the Deathly Hallows adalah seri ketujuh dan penutup dari rangkaian novel Harry Potter. Bukunya dirilis pada 21 Juli 2007. Kejadian-kejadian di dalam buku ini menggambarkan konfrontasi final antara Harry Potter dan musuh terbesarnya, Lord Voldemort. Kesuksesan buku ini terlihat dari angka penjualan pada 24 jam pertama setelah peluncurannya yang mencapai 15 juta kopi.

Film ketujuh pun siap menyempurnakan akhir dari kisah Harry Potter. Rencananya, Harry Potter and the Deathly Hallows versi layar lebar akan ditayangkan dalam dua bagian. Bagian pertama akan diluncurkan pada 19 November 2010, sementara bagian kedua pada 15 Juli 2011. Tahap pascaproduksi telah diselesaikan pada 12 Juni 2010.

Harry Potter 7 Dibagi Dua

Produser David Heyman menyatakan bahwa Harry Potter and the Deathly Hallows diperlakukan sebagai satu film, tetapi dirilis terpisah supaya cerita dalam buku bisa dituangkan secara lengkap tanpa diperpendek. Masing-masing bagian akan tersedia dalam bentuk 3 Dimensi dan 2 Dimensi.

Sutradara yang dipercaya membuat film ini adalah David Yates, yang juga menyutradari seri kelima dan keenam. Peran Harry Potter tetap dipegang oleh Daniel Radcliffe, aktor Inggris berbakat yang sangat identik degan tokoh penyihir muda berkacamata itu. Emma Watson dan Rupert Grint pun tetap memainkan karakter Herminone Granger dan Ron Weasley seperti pada film-film sebelumnya.

Selain peran-peran utama, film Harry Potter ketujuh ini juga dimeriahkan pemain-pemain lain yang menjadi tokoh-tokoh penting, seperti Robbie Coltrane sebagai Rubeus Hagrid, Alan Rickman sebagai Severus Snape, Tom Felton sebagai Draco Malfoy, Maggie Smith sebagai Minerva McGonagall, dan Michael Gambon sebagai Albus Dumbledore. Meski telah diceritakan meninggal dalam seri keenam, tokoh Dumbledore tetap muncul dalam beberapa penampilan.

Skenario film dikerjakan oleh Steve Kloves, sebagaimana dalam seri-seri sebelumnya. Kloves mengikuti arahan langsung dari Rowling, meskipun ia mendapat keleluasaan untuk melakukan pengembangan. Namun, Rowling memintanya untuk tetap setia pada cerita sesuai buku.

Harry Potter 7 – Menghancurkan Horcux

Harry Potter and the Deathly Hallows akan melanjutkan perjuangan Harry, dibantu Ron dan Hermione, dalam mencari dan menghancurkan kepingan-kepingan jiwa Lord Voldemort. Kepingan jiwa tersebut disebut horcrux.

Sebelum kematiannya, Dumbledore memberitahu Harry bahwa kemungkinan terdapat tujuh buah horcrux yang tersimpan dalam benda-benda sihir peninggalan para pendiri Hogwarts dan di beberapa tempat lain. Sebelum seluruh horcrux dihancurkan, Lord Voldermort tidak bisa dibunuh. Oleh karena itu, tugas ini sangat penting bagi Harry.

Harry, Ron, dan Hermione pun meninggalkan tahun terakhir mereka di Sekolah Sihir Hogwarts demi menemukan Hogwarts. Dalam pencarian, mereka bertarung dengan para Pelahap Maut, menghadapi ular Lord Voldermort, dan mengetahui kisah Benda-benda Kematian (Deathly Hallows) yang dipercaya sebagai benda-benda sihir terkuat.

Mendekati akhir cerita, pertarungan besar-besaran antara dunia sihir putih dan hitam pun berlangsung di Hogwarts yang berpusat pada duel Harry dan Voldemort.

Kapan Harry Potter 7 Tayang di Indonesia?

Film Harry Potter 7 atau Harry Potter and the Deathly Hallows II tayang di Indonesia sekitar bulan Juni 2011 dan membutuhkan waktu sekitar dua minggu untuk diputar setelah pemesanan dilakukan. Proses yang memakan waktu sekitar dua minggu ini adalah waktu standar saat film dari luar negeri dipesan sampai diputar di seluruh bioskop Indonesia. Itulah pernyataan yang disampaikan oleh Johny Syafrudin selaku Ketua Umum Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI).

Ketika itu, tahap pemesanan film itu masih pada proses teknis dan proses selanjutnya dibutuhkan waktu sekitar dua minggu. Jadi film ini tidak begitu saja masuk ke Indonesia karena harus masuk dulu ke proses lab di Thailand. Setelah itu, masuk ke Bea dan Cukai. Jika otentik dari Permenkeu sudah terbit, maka waktu paling lama untuk bisa tayang adalah dua minggu.

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) juga menambahkan bahwa sekarang kepastian film-film Hollywood atau film luar negeri, termasuk Harry Potter 7, masuk ke Indonesia bergantung pada Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) No. 102 Tentang film impor.

Peraturan ini dikabarkan sebagai jalan keluar atau jalan tengah antara pemerintah Indonesia dan para imoprtir film. Ini juga mengindikasikan jika film-film Hollywood  seperti Harry Potter 7 akan tayang setelah memakan waktu dua minggu jika dalam hal ini Peraturan Menteri Keuangan tentang film impor telah keluar pada pekan pertama.

Jadi, pihak GPBSI menginginkan pengesahan atau memerlukan sesuatu yang legal. Semuanya haruslah jelas dan pengesahan ini ada di Peraturan Menteri Keuangan No. 102 Tentang film impor.

Terkait dengan tampilan film Harry Potter 7 dan Transformer di situs resmi dari 21 Cineplex yang mengeluarkan coming soon atau segera, menurut Ketua Umum Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI), itu adalah hal yang wajar dan biasa bagi bioskop. Namun, ini tidak akan menjamin jika film-film tersebut akan ditayangkan dalam waktu dekat.

Film Harry Potter 7 atau Harry Potter and the Deathly Hallows II pemutarannya diputar untuk pertama kalinya di Trafalgar Square, London, Inggris pada 7 Juli 2011. Sementara itu, film Harry Potter yang dibintangi oleh Daniel Radcliffe, Rupert Grint, dan juga Emma Watson diperkirakan saat itu tayang pada tanggal 14 Juli 2011. Bagiamana dengan Indonesia?

Saat itu, walaupun perwakilan dari 21 Cineplex sudah tahu bahwa film-film Hollywood, termasuk Harry Potter, akan masuk ke Indonesia, tetapi pihak 21 Cineplex belum mau memberi kepastian soal ini.

Omega Diblokir, Harry Potter 7 Tak Bisa Masuk Indonesia

Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan sudah memastikan melakukan pemblokiran izin impor film yang dipegang Omega Film. Omega film dinyatakan masih berhubungan erat dengan kelompok 21 Cineplex, khususnya terkait dengan pihak importir yang masih belum membayar pajak.

Susiwiyono yang saat itu menjabat sebagai Direktur Informasi Kepabeanan dan Cukai, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan, menyatakan bahwa jajarannya sudah menjalankan penelitian kepada Omega Film terkait dengan eksistensi, tanggung jawab, dan kompetensi direksi perusahaan. Hasil yang diperoleh, direktur Penindakan dan Penyidikan atau P2 akhirnya mengelurkan perintah pemblokiran.

Dengan dikeluarkannnya pemblokiran ini, pihak Omega Film telah mengajukan Permohonan Pembukaan Blokir kepada dierktur P2. Sebelumnya, Johny Syarifudin yang merupakan Ketua Umum Gabungan Pengusaha Bioskop Indonesia manginformasikan bahwa kemungkinan besar Omega Film akan menjadi imporir film, termasuk filmHarry Potter 7. Tapi, bila langkah pemblokiran tersebut masih belum dicabut, Harry Potter rasanya akan sulit masuk ke Indonesia.

 

***

Harry Potter 7 dan Bocoran Karakternya di Masa Depan

Harry Potter 7 atau yang dikenal dengan judul Harry Potter and the Deathly Hallows (Harry Potter dan Relikui Kematian) adalah seri terakhir dari novel berseri Harry Potter karya J. K. Rowling. Dengan keluarnya novel ini, maka para penggemar Harry Potter di seluruh dunia bakal berduka. Karena bisa dikatakan novel Harry Potter yang biasanya terbit tiap tahunnya sejak 2000 bakal usai.

Harry Potter 7 adalah rangkain seri Harry Potter sebelumnya yang telah terbit 6 seri. Pada Harry Potter 7 ini musuh utama Harry Potter, Voldemort akan mati ketika bertempur dengan Harry Potter di Hogwarts. Dan bencana sihir hitam oleh Pangeran Kegelapan yang menyelimuti dunia sihir dalam beberapa kurun waktu terakhir telah usai di seri pamungkas ini.

Dalam chapter terakhir novel Harry Potter 7, Rowling sebenarnya telah memberikan sedikit gambaran, bagaimana masa depan beberapa tokoh Harry Potter ke depannya. Seperti  Harry Potter yang menikahi Ginny Weasley, atau Rom Weasley yang akhirnya menikah dengan Harmonie Gangger, dan Neville Longbottom yang akhirnya menjadi guru Herbalogi sesuai dengan keahliannya.

Meskipun Harry Potter telah usai di serinya yang ke-7, tetapi Rowling masih memiliki imajinasi yang ‘liar’ bagaimana ‘anak asuhnya’ itu nanti. Berikut di antaranya:

    • Harry Potter akhirnya tidak lagi mampu berbahasa Parseltongue, atau bahasa ular. Karena jiwa Voldemort di dalam dirinya telah musnah ketika Harry berhasil membunuhnya. Di masa depan, Harry akan bekerja di kementrian sihir sebagai kepala departemen.
    • Istri Harry, Geny Weasley di masa depan akan menjadi bagian dari tim Quidditch Inggris dan Irlandia. Dan kemudian Giny akan bekerja mengisi salah satu rubrik olahraga untuk Daily Prophet. Tentu saja untuk rubrik Quidditch.
    • Sahabat Harry, Ron Weasley bersama Saudaranya George Weasley membuka sebuah toko sihir di Daegon Aley. Namun beberapa saat kemudian, Ron akhirnya menyusul Harry bekerja di kementrian sihir dan menjabat sebagai Auror. Ayah Ron sebelumnya juga bekerja di kementrian sihir.
    • Istri Ron, Harmonie Gangger, juga bekerja di kementrian sihir dalam departemen pengawasan mahkluk gaib dan hukum sihir. Harmonie yang di masa depan akan menghapus hukum muggle atau pro-darah murni. Harmonie juga bertolak ke Australia untuk menemui orangtuanya dan menarik mantra penghapusan memori mereka.
  • Yang mengejutkan adalah penjelasan Rowling tentang Dumbledore. Dia menjelasankan Dumbledore sesungguhnya adalah seorang gay yang kecewa dengan kehidupan cinta yang tak terbalaskan dengan Gellert Grindewald.

Nah, itulah sedikit ulasan beberapa tokoh Harry Potter di masa depan yang tidak dilukiskan Rowling di seri pamungkasnya Harry Potter 7. Memang sebuah cerita harus diakhiri. Sangat sayang memang, mengingat pecinta Harry Potter di seluruh dunia menginginkan Rowling untuk melanjutkan serial Harry Potter ini.

Kita sebagai penggemar hanya bisa berharap, mungkin suartu saat nanti Rowling akan membuat sekuel Harry Potter yang ke-8 dan seterusnya. Jika tidak, semoga saja Rowling menerbitkan karya monumental baru yang tidak kalah dahsayatnya dengan 7 seri Harry Potter yang melegenda tersebut.

Speak Your Mind

*