Hati-Hati Penipuan Cinta di Facebook

Ilustrasi penipuan cinta di facebookBeberapa bulan yang lalu saya didatangi oleh seorang Ibu yang mana anaknya ‘bersikeras’ ingin mengirimkan uang sebesar 40 juta ke Malaysia demi ‘pacarnya’, setelah sebelumnya dia pernah mengirimkan 17 juta, tapi katanya masih kurang.

Kemarin, saya di telepon oleh seorang Bapak, yang mana anaknya bersikeras ingin mengirimkan uang 15 juta ke Bali untuk menebus barang kiriman ‘pacarnya’ yang katanya terdampar di bea cukai bali.

Waduh! Lagi-lagi deh…

Teman-teman, terutama perempuan, HATI-HATI dengan PENIPUAN CINTA di Facebook!

Modus kejahatan ini merupakan ‘sambungan’dari¬†NIGERIAN SCAMS. Pelakunya adalah orang-orang Afrika, terutama dari Nigeria!

Biasanya si penjahat mendekati mereka yang masih SINGLE! Dia mengaku dari Inggris, Amerika, atau negara-negara kaya lainnya.

Foto bule yang dipajang biasanya ‘meyakinkan’. Bisa jadi dia ngaku-ngaku Army, atau dia ngakunya pebisnis, konsultan, atau pekerjaan mapan lainnya. Padahal yang dipajang itu foto orang lain, bukan foto dia.

Kata-katanya INDAH dan terlihat ‘natural’, luar biasa bisa membuat banyak perempuan JATUH CINTA!

Dalam jarak 1 bulan si penjahat bisa langsung melamar Anda jika Anda layani! Kalau perempuannya polos dia akan merasa ‘tersanjung’! dan berpikir jodohnya sudah dateng!

Kalau si perempuannya sudah ketahuan jatuh cinta, si penjahat bilang mau ke Indonesia! Modusnya dia pura-pura ngirim banyak barang ke Indonesia karena mau pindah dan tinggal di Indonesia bersama Anda, tapi kemudian Anda nerima surat dari ‘bea cukai’ (yg mana PALSU!)

Lalu harus ngirim uang ke Bea Cukai yang ditentukan! Misalnya Malaysia, tapi transfernya nanti Anda perhatikan, dia pasti minta transfernya ke rekening atas nama pribadi, bukan bea cukai.

Banyak korban yang telah mengirimkan uang hingga belasan juta bahkan hingga puluhan juta, karena dia telanjur ‘jatuh cinta’, dan si ‘pabean’ ini terus-terusan minta lagi!

Rugi uang, rugi hati.

So, hati-hati terutama bagi mereka yang lagi cari jodoh di Internet! Tentunya memang tidak jahat semua, tapi tetap Anda harus hati-hati!

Speak Your Mind

*