Hemat Dan Tepat Saat Belanja Baju

Ilustrasi belanja bajuApakah saat ini Anda ingin membeli baju baru? Meski sudah tidak lagi dalam nuansa lebaran, membeli baju bisa kita lakukan kapan saja. Tapi banyak di antara kita yang belanja baju secara sembarangan. Kita sering tergiur oleh diskon, model baju yang sedang trend atau toko baju yang sedang jadi perbincangan di kantor atau sekolah. Hati-hati! Belanja baju tidak jauh berbeda dengan memilih pasangan. Anda harus mencari baju berkualitas dengan harga terjangkau namun awet bila digunakan secara terus menerus alias tidak cepat rusak.

Bila Anda bingung bagaimana belanja baju dengan hemat dan tepat, berikut kami berikan tips untuk Anda :

  • Pertama, atur budget Anda untuk membeli baju. Jangan sampai Anda belanja dengan uang yang melebihi budgetAnda untuk membeli baju-baju diskon yang sebenarnya tidak terlalu Anda butuhkan.
  • Buka lemari Anda dan pilah-pilah baju mana yang butuh pasangan. Misal, kemeja biru Anda belum mempunyai bawahan yang pas, Anda bisa belanja rok atau celana untuk dipadankan dengan kemeja biru Anda.
  • Sebelum belanja baju, ada baiknya Anda shopping windows dulu ke sekeliling Mall/toko baju yang sudah menjadi langganan Anda atau toko baju baru yang sedang Anda incar. Anda cari-cari terlebih dahulu jenis baju yang Anda butuhkan.
  • Ingat, belilah sesuai kebutuhan untuk menghemat uang Anda. Bila Anda sudah menemukan target baju apa yang hendak Anda beli, sebaiknya segera pergi ke toko baju yang sudah Anda incar dan segera beli. Tidak perlu lirik-lirik ke bagian baju yang lain.
  • Tidak perlu terlalu nafsu melihat harga murah. Lihatlah kualitas bahan, perhatikan bagaimana cara mencucinya apakah perlu disetrika atau tidak. Harga murah belum tentu mempunyai kualitas baik dan biasanya cepat rusak.
  • Perhatikan baju-baju yang sedang diskon. Bila budget belanja baju Anda hanya cukup untuk membeli baju diskon, pilah-pilihlah baju yang sedang obral/diskon dengan sebaik-baiknya. Biasanya Anda harus berdesakan dengan pengunjung lain. Oleh karena itu, siapkan fisik Anda sebaik-baiknya untuk mencari baju diskon yang kualitasnya bagus.
  • Pastikan harga yang tertera di baju adalah harga diskon. Anda bisa bertanya kepada SPG apakah harga tersebut sudah diskon atau tidak. Karena seringkali ditemukan kasus, baju seharga 100 ribu tercecer di box baju dengan diskon 50%, tapi sebenarnya baju 100 ribu itu tidak termasuk ke dalam diskon. Jangan sampai Anda membayar baju yang Anda pikir diskon, ternyata tidak.
  • Poin paling penting dalam belanja baju adalah : Apakah baju itu muat untuk Anda pakai atau tidak. Jangan malas untuk pergi ke kamar pas. Cobalah baju yang hendak Anda beli dengan berbagai posisi. Posisi duduk, berdiri, berputar, melangkah dan lain-lain.
  • Pastikan bahwa baju yang hendak Anda beli benar-benar dalam kondisi baik. Tidak ada keliman yang putus, tidak ada bagian yang robek atau kancing yang terlepas.

Belanja Baju Muslimah

Baju adalah salah satu hal yang wajib dimiliki oleh manusia untuk melindungi tubuh dari berbagai serangan lingkungan buruk, cuaca ekstrem, dan tentu saja untuk menutup aurat, terutama bagi penganut agama Islam atau muslim dan muslimah.

Kebanyakan para muslimah memilih baju yang longgar dan tidak bermotif untuk menghindari adanya godaan bagi yang melihat ke arahnya. Namun, hal tersebut bukan berarti bahwa para muslimah harus berpakaian tidak modis atau tidak rapi sehingga tidak enak dipandang mata.

Dengan berbagai macam jenis baju, manusia bisa membuat dirinya tampil lebih anggun, lebih seksi, dan tentu saja lebih percaya diri. Muslimah membuat baju mereka tertutup namun tetap dengan berbagai aksesoris yang nyaman untuk dipakai dan enak saat dipandang.

Baju yang terlalu gelap dan tertutup akan menyulitkan para muslimah, khususnya muslimah Indonesia yang masih melakukan pekerjaan di hadapan masyarakat umum, serta belum terbiasa mendapatkan cuaca yang sangat panas dengan pakaian yang serba gelap dan tertutup.

Pada satu sisi, hal tersebut memang memberikan kesan bahwa muslimah harus senantiasa menutup auratnya dengan perintah yang sesuai dengan firman atau ajaran Islam. Akan tetapi, di sisi lain, para muslimah juga hendaknya menyesuaikan kondisinya dengan keadaan masyarakat di sekitarnya. Jangan sampai apa yang dipakainya justru menjadi sesuatu yang tampak menonjol dibandingkan dengan yang lain.

Pilihlah baju yang memang menutup bagian-bagian inti dari para perempuan, namun tetap memiiki nilai kenyamanan dan keindahan yang tinggi agar Anda bisa melangkah dengan percaya diri meskipun menggunakan kerudung atau jilbab.

Belanja Baju Hamil

Nah, perempuan dihadapkan pada satu kasus lagi ketika ia sedang mengandung atau berbadan dua. Baju hamil yang identik dengan nuansa yang kucel dan kumal, tentu harus diubah menjadi baju hamil yang nyaman, cocok, dan terlihat indah bagi si ibu hamil.

Penampilan yang cuek dan terkesan tidak berdandan hanya karena hamil bukanlah suatu hal yang salah. Namun, agaknya kurang tepat jika para wanita tidak memperlihatkan naluri kecantikannya sebagai seorang wanita saat ia mengandung. Baju hamil jenis daster sepertinya banyak digunakan oleh para ibu yang malas.

Seiring dengan berkembangnya zaman, para ibu hamil pun kini bisa dengan mudah mendapatkan baju hamil yang sesuai dengan zaman, menarik, dan tentu saja nyaman digunakan. Jenis baju yang ditawarkan pun bermacam-macam, mulai dari gaun pesta, acara sehari-hari, sampai baju tidur pun tersedia di sini.

Begitu juga dengan harganya yang bisa Anda dapatkan bermacam-macam bergantung pada jenis model dan bahan yang digunakan untuk membuat baju tersebut. ada yang harganya standar, yakni sekitar 60 ribu sampai 200 ribuan, ada juga di atas harga tersebut.

Namun, untuk memastikan Anda mendapatkan baju hamil yang nyaman dan membuat Anda lebih percaya diri, berikut adalah langkah-langkah yang bisa diikuti saat belanja baju hamil.

  • Hindari melakukan pemborosan untuk membeli baju hamil dalam jumlah yang banyak karena hal itu akan sangat mubadzir bila Anda sudah tidak hamil lagi.
  • Pilih baju hamil yang modis dan bermode masa kini agar nampak lebih indah dan tidak terkesan kucel.
  • Pilih model yang sederhana dan sesuai dengan karakter diri Anda.
  • Hindari menggunakan bahan baju atau aksesoris dengan ikat pinggang besar yang menonjolkan perut buncit mengandung Anda. Hal ini bukannya memperlihatkan kehamilan Anda, melainkan memperlihatkan tonjolan yang berlebihan.
  • Hindari menggunakan baju dengan motif yang tabrak warna antara atasan dengan bawahan karena hal itu akan memperlihatkan tubuh hamil Anda semakin besar dan gemuk.
  • Pilihlah bahan pakaian yang menyerap keringat karena suhu tubuh Anda meningkat sebanyak 20 persen saat Anda dalam keadaan hamil.
  • Jika datang ke sebuah pesta, pilihlah baju pesta dengan motif dan model yang sederhana.
  • Untuk menghemat pengeluaran, Anda juga bisa meminjam baju hamil miliki saudara atau adik dan kakak Anda.
  • Gunakanlah bra hamil yang tepat agar payudara yang membesar bisa disangga dengan baik selama masa kehamilan.
  • Untuk memilih aksesoris, gunakan selendang, kalung, atau perhiasan yang sederhana dan senada dengan pakaian dan warna kulit Anda.
  • Hindari penggunaan sepatu yang berhak tinggi karena hal itu akan membuat ibu hamil merasa lebih cepat lelah.

Speak Your Mind

*