Hendra Gunawan dan Vita Marissa, Ganda Bulutangkis yang Menjanjikan

Ilustrasi hendra gunawanSiapa di antara Anda yang tidak mengenal olahraga bulutangkis? Rasanya tidak akan ada orang Indonesia yang tidak mengenali olahraga ini. Olaghraga ini merupakan salah satu olahraga yang paling merakyat -selain sepak bola tentunya- di negeri kita.

Bulutangkis termasuk olahraga populer di Indonesia. Di pelosok tanah air mudah ditemukan masyarakat memainkan olahraga ini. Pebulutangkis Indonesia pun sejak dulu telah mengharumkan nama Indonesia dengan prestasi yang berhasil diraih di kejuaraan bulutangis internasional.

Siapa yang tak mengenal nama Liem Swie King, Ivana Lie, Icuk Sugiarto, Taufik Hidayat, dan Susi Susanti?

Selain pemain tunggal, pasangan ganda bulutangkis Indonesia juga tak kalah berprestasi di kancah internasional. Seperti di antaranya pasangan ganda putra legendaris Christian Hadinata dan Ati Jauhari di era 1980-an, hingga Ricky Subagja dan Rexy Mainaky di era 1990, atau pasangan ganda putri Lilyana Natsir dan Vita Marissa di era 2000-an.

Ganda Campuran yang Menoreh Prestasi

Beberapa tahun belakangan ini para pemain bulutangkis dunia bersaing semakin ketat. Susunan peringkat pemain bulutangkis yang dilansir BWF (Badminton World Federation) tak lagi didominasi pemain Asia, namun juga pemain dari Eropa.

Memang pemain Indonesia di sektor tunggal putra masih belum beranjak dari mengandalkan Taufik Hidayat dan juniornya Simon Santoso di jajaran sepuluh besar peringkat BWF (September 2010).

Namun, prestasi yang membanggakan ditorehkan para pemain ganda campuran Indonesia dengan meletakkan dua pasangan di peringkat pertama dan ketiga ranking BWF menjelang akhir 2010 ini.

Salah satu pasangan yang menjanjikan tersebut adalah Hendra Aprida Gunawan dan Vita Marissa. Kedua sosok ini adalah pasangan yang menjadi andalan Indonesia setelah ganda campuran senior mereka, Nova Widianto dan Liliyana Natsir.

Hendra Gunawan-Vita Marissa, Duo Serba Bisa

Hendra Gunawan dilahirkan di Majalengka pada 6 April 1982. Sedangkan Vita Marissa lahir di Jakarta pada 4 Januari 1984. Awalnya Hendra Gunawan bergabung dengan Klub SGS Bandung, lalu ditarik oleh Pelatnas. Sementara Vita Marissa berasal dari Klub Tangkas Jakarta.

Prestasi terakhir mereka adalah menjuarai turnamen Taiwan Grand Prix Gold pada 2010. Selain saling berpasangan, baik Hendra maupun Vita mempunyai kemampuan menjadi pasangan ganda yang baik dengan pemain lain.

Hendra Gunawan bermain apik dengan pasangannya di ganda putra, Alvent Yulianto. Sedangkan Vita Marissa juga bermain di ganda putri bersama Liliyana Natsir dan meraih berbagai gelar.

Saat ini Hendra Gunawan dan Vita Marissa memilih berkiprah di luar Pelatnas dan menggandeng sponsor untuk terus memajukan dunia bulutangkis di tanah air.

Speak Your Mind

*