Ide Bisnis Terserak di Internet

Ilustrasi ide bisnisDari mana datangnya cinta? Dari mata turun ke hati. Dari mana datangnya ide bisnisAu ah gelap! Pertanyaan pertama memang mudah jawabannya karena sudah sering menjadi lirik dari berbagai lagu dan puisi. Tapi pertanyaan kedua? Jawabannya panjang dan berliku.

Sesungguhnya jika sekadar mengeluarkan ide sangat gampang. Bahkan, dalam obrolan sehari-hari kita sering mendengarkan betapa seseorang memiliki banyak sekali ide. Tidak kalah banyak dibanding penulis buku-buku wirausaha seperti 200 Ide Bisnis Sampingan, atau 99 Ide Bisnis buat Pensiunan, dan sejenisnya.

Yang sulit itu adalah merealisasikan ide tersebut menjadi bisnis sungguhan. Nah, ternyata hal ini susahnya minta ampun. Beberapa orang yang katanya punya ide segudang, sampai berbusa-busa mengeluarkan idenya, tapi tak juga menjadikan ide tersebut menjadi bisnis. “Ah teori”;

Bisnis merupakan salah satu gerbang bagi kita yang menginginkan pasif income atau penghasilan yang mengalir tanpa kita bersusah payah bekerja. Telah banyak motivator dan trainer yang memberikan inspirasi bisnis kepada para peserta seminarnya. Bahkan acara motivasi dan kiat bisnis sudah ditayangkan bebas di televisi. Namun pertanyaannya sekarang adalah, apakah semua usaha dari para motivator tersebut sudah dapat menggerakkan sebagian rakyat Indonesia terjun ke dalam dunia usaha?

Ya, kita patut bersyukur walaupun sebagian kecil yang tergerak dengan berbagai seminar dan acara motivasi bisnis. Terdapat varian masalah yang menghadang para pemula untuk terjun di dunia bisnis. Mulai dari kepercayaan diri, kesulitan waktu, kesulitan modal, dan lain-lain. Tapi bila kita cerdas memikirkan hal ini, maka kesulitan yang paling mengganjal dari para pemula bisnis adalah menemukan ide bisnis yang cocok bagi mereka.

Suatu ide/rencana bisnis akan tidak terlaksana dengan baik apabila dipaksakan kepada seorang pemula yang tidak menguasai bidang bisnis yang dirancang. Setidaknya seseorang bisa dikatakan mumpuni untuk memulai suatu jenis bisnis apabila dia mempunyai keterikatan dengan bidang yang akan digelutinya. Misalnya hobi, minat, atau bahkan sekedar menyukai bidang tersebut. Karena menurut penuturan orang terkaya di dunia Bill Gate, bahwa faktor terpenting dari mengembangkan bisnis adalah pengusaha menikmati semua aktivitas di dalam bisnisnya.

Menikmati aktivitas dalam bisnis dapat berpengaruh besar terhadap semua hal yang akan dihasilkan oleh usaha kita tersebut. Misalnya saja kita contohkan, seseorang yang membuka bisnis makanan atau warung tetapi dia tidak menyukai aktivitas menggoreng, merebus bahan makanan, ataupun menyajikan sebuah menu makanan kepada konsumen.

Maka dapat diperkirakan masakan di warung tersebut tidaklah dimasak dengan semaksimal mungkin, atau penyajian yang ala kadarnya. Sehingga bisnis tersebut akan berjalan di tempat karena sedikitnya pelanggan yang menaruh hati terhadap warung tersebut.

Ide bisnis dapat muncul kapan dan dimana saja. Seseorang yang peka terhadap kebutuhan masyarakat akan dapat dengan mudah membaca peluang bisnis yang menguntungkan. Tetapi bagaimana dengan kita yang masih awam dalam membaca kebutuhan masyarakat atau mencari peluang bisnis? Jawabnya adalah dengan banyak menambah ilmu dengan membaca berbagai sumber informasi tentang bisnis terkini. Di bawah ini akan diuraikan beberapa sarana yang dapat mengantarkan kita menuju ide/peluang bisnis.

Ide dari Media Massa

Tapi baiklah, mungkin banyak juga orang yang tidak punya ide atau hanya memiliki satu dua ide saja, dan membutuhkan sumber ide bisnis lainnya. Salah satu sumber ide paling baik adalah media massa, karena di sana terhimpun informasi dari berbagai belahan dunia. Kita bisa belajar banyak dari berbagai sumber baik media cetak, televisi atau radio.

Sejumlah surat kabar dan majalah secara konsisten memberikan inspirasi lewat pebisnis-pebisnis sukses atau pemula. Tentu hal tersebut akan memberikan ide kepada kita. Demikian pula radio dan televisi yang sering menayangkan profil usaha sukses. Jika kita mau lebih rajin sedikit dan serius mengamatinya, maka media massa akan menjadi sumber ide bisnis yang tak akan ada habisnya.

Ada fenomena menarik tentang pencarian sebuah ide tentang bisnis. Terkadang suatu ide tentang usaha yang menguntungkan muncul di daerah yang maju secara teknologi misalnya perkotaan. Ya, dengan mengamati berbagai bisnis baru yang muncul di beberapa kota besar di Indonesia kita dapat menemukan peluang bisnis yang sedang tren saat ini. Tapi yang perlu diperhatikan serius adalah ide usaha tersebut dapat bertahan lama atau tidak.

Kita dapat belajar tentang sejumlah bisnis instan yang muncul di awal tahun 2000 hingga sekarang. Bisnis instan tersebut memang menggiurkan bagi seseorang yang mempunyai niat untuk membuka sebuah usaha. Namun sayangnya bisnis yang dia geluti hanya populer sekian bulan saja, padahal sejumlah modal telah dikeluarkan dengan harapan keuntungan melimpah.

Sebut saja bisnis ikan louhan, di awalnya bisnis ini menyedot perhatian banyak orang dengan berbagai even yang diadakan dan liputan sejumlah media tentang prospek usaha ikan louhan. Hingga banyak orang yang menyisihkan tabungannya untuk membeli ikan louhan dengan harapan dapat membesarkannya kemudian dijual dengan harga yang melambung tinggi.

Tetapi harga ikan louhan tidak bertahan lama di pasaran, hanya sekian bulan atau hampir setahun berlalu sejak kemunculannya harga ikan louhan anjlok draktis. Tentu saja kita tidak menginginkan usaha kita seperti contoh tadi, oleh karena itu usahakan untuk memperhatikan ketahanan atau prospek sebuah bisnis dengan jeli.

Ide dari Internet

Yang tak kalah hebatnya dibanding media massa konvensional dalam memberikan ide bisnis adalah internet. Bahkan boleh disebut, media internet lebih mudah, lebih murah dan lebih banyak muatannya dibanding media massa biasa. Kehadiran internet menjelang akhir abad ke-20 lalu, menjadi solusi bagi perbaikan kehidupan manusia termasuk dalam berbisnis.

Silakan saja Anda klik ide bisnis melalui mesin pencari seperti Google, maka dalam waktu beberapa detik saja akan muncul ribuan artikel dan situs tentang ide usaha. Dan jika kita lebih jeli memilih ide usaha tersebut, maka ide usaha di dalam internet sendiri, ternyata teramat potensial.

Ribuan ide tentang bisnis berserakan di internet, namun perlu kelihaian dari kita untuk menyeleksi macam-macam bisnis tersebut. Saat memilih atau menyeleksi peluang bisnis di internet perlu kita perhatikan adalah kelayakan peluang usaha tersebut untuk kita jalankan di daerah kita. Karena setiap daerah memiliki potensi masing-masing. Ada yang berpontensi untuk dijadikan sebagai tempat penjualan produk lewat kedai atau stan di pinggir jalan, ada juga yang sangat cocok untuk dipakai dalam pendirian usaha dalam bidang pertanian dan peternakan.

Ya, memahami potensi yang ada pada diri dan lingkungan sekitar sangat penting bagi seorang pengusaha. Setelah menemukan ide tentang bisnis di internet, langkah selanjutnya adalah membuat rencana bisnis dengan matang. Buatlah sedemikian lengkap mulai dari modal yang dibutuhkan hingga pengeluaran sehari-hari.

Bila kita kesulitan dalam hal pendanaan awal usaha, maka kita dapat mengubah rencana bisnis tersebut menjadi sebuah proposal bisnis. Dengan proposal bisnis ini, kita dapat menarik orang yang kita kenal sebagai investor untuk mendanai usaha kita agar dapat berjalan. Buatlah proposal bisnis dengan rapi dan mudah dimengerti oleh pembacanya, karena menawarkan bisnis kepada seseorang tidaklah tersedia waktu yang cukup lama seperti halnya kita ceramah atau ngobrol.

Bisnis Internet

Bisnis internet mulai menggeliat kuat sejak awal 2000-an, dimotori oleh para pengguna internet di Amerika Serikat. Mereka memanfaatkan internet untuk berbagai kebutuhan hidup, sehingga otomatis membuka peluang usaha yang sangat luas.

Setiap tahun, uang yang beredar melalui bisnis internet mencapai triliunan dolar Amerika. Atau kalau dibuat harian, maka yang beredar di bisnis ini mencapai milyaran dolar. Siapa yang tak tergiur?

Awalnya banyak orang yang mencibir bisnis internet, karena belum tahu banyak tentang bisnis ini secara detil. Tapi sekarang, sebagian dari mereka sudah paham bahwa internet memang sangat menggiurkan dan potensinya tak terbatas. Jika Anda sekarang memutuskan untuk menjadikan ide usaha di internet sebagai bisnis Anda, jelas tidak keliru.

Agar tidak menyesal dan gagal seperti orang lain, Anda perlu belajar dari ahlinya. Silahkan Anda cari pakar-pakar bisnis internet di Indonesia untuk belajar kepadanya. Salah satu yang sudah terbukti adalah Anne Ahira dengan Asian Brain nya.

Tentukan ide bisnis Anda sekarang juga, sebelum berubah pikiran!

Speak Your Mind

*