Info Lengkap untuk Hamster Mania

Hamster adalah hewan kecil yang termasuk dalam kelompok hewan pengerat. Bagi para hamster mania, tentu saja tak asing lagi dengan hewan mamalia ini. Gigi depan hamster sangat tajam dan  terus memanjang yang digunakan untuk mengunyah. Mereka berdarah panas dan berbulu lebat.

Fakta Hamster

Fakta-fakta hamster yang perlu diketahui para hamster mania:

  • Seekor hamster memiliki 16 puting susu untuk menyusui anak-anaknya.
  • Hamster adalah hewan enerjik dan senang mengunyah.
  • Di alam liar, hamster dapat berlari sejauh 8 kilometer di malam hari untuk mencari makanan.
  • Hamster pandai memanjat.
  • Hamster dapat menyelusupkan tubuhnya ke lobang atau terowongan sempit.
  • Hamster biasanya tidur di siang hari dan bangun pada malam hari.
  • Pendengaran hamster sangat tajam.

Untuk tempat tinggal, hamster menggali tanah dan hewan ini dapat menggali terowongan dengan cepat. Hamster menggunakan kaki depannya untuk menggali, dan kaki bawahnya untuk menendang tanah keluar.

Panjang terowongan yang dapat digali seekor hamster mencapai 10 meter. Dan terowongan terdalam dibuatnya untuk melindungi keluarga hamster dari musim dingin.

Jenis-jenis Hamster

Ada lima jenis hamster yang perlu diketahui para hamster mania:

1. Siberian.

Jenis hamster Siberian berasal dari Asia bagian utara yang dingin. Bulu mereka berubah menjadi putih pada saat musim dingin. Berguna untuk melindungi mereka dari musuh.

2. Djungarian.

Hamster Djungarian ini jinak, bahkan yang hidup di alam liar pun tak takut pada manusia. Sama dengan jenis Siberian, hamster Djungarian ini selalu berpasangan. Mereka juga dikenal dengan nama Russians.

3. Robovsky.

Jenis ini adalah yang paling kecil dan biasanya dipelihara manusia. Berasal dari daerah berpasir di Mongol dan China.

4. Chinese.

Jenis ini besarnya seperti tikus. Di alam liar, jenis Chinese ini saling menyerang satu sama lainnya.

5. Syrian.

Hamster jenis ini disebut ‘golden atau emas’ karena warna bulunya yang keemasan. Di alam liar, jenis hamster ini juga saling menyerang.

Warna dan Ukuran Hamster

Hal yang perlu hamster mania ketahui juga adalah hamster terdiri dari berbagai macam warna dan ukuran. Jenis Syberian memiliki dua warna: putih dan abu. Sementara jenis Syrian memiliki tiga warna, termasuk kuning dan putih. Jika diperhatikan secara seksama, jenis Syrian ada pula yang memiliki warna orange, putih dan abu.

Kebanyakan hamster memiliki strip putih pada bagian tengah tubuhnya. Bulu hamster lembut dan terasa seperti beludru atau satin. Bulu hamster jantan lebih panjang dari hamster betina.

Hamster adalah hewan omnivora, yang berarti mereka memakan tumbuhan dan hewan lainnya. Di alam liar, mereka memakan biji tumbuhan, akar tanaman, serangga, cacing tanah, bahkan tikus.

Speak Your Mind

*