Informasi Mengenai Tempat Liburan Murah

Ilustrasi Tempat Liburan MurahSiapa yang tidak menginginkan liburan murah, refreshing ke tempat-tempat menarik, bersenang-senang bersama kawan-kawan tanpa menghabiskan banyak rupiah? Kabar baiknya, semua orang memiliki kesempatan untuk mendapatkan liburan murah sekaligus pengalaman luar biasa bersama teman-teman.

Berlibur merupakan aktivitas yang menyenangkan sekaligus efektif untuk melepaskan beban pikiran selama masa kerja. Sebagian besar masyarakat menghabiskan hari libur di akhir minggu untuk berlibur atau berekreasi. Di hari sabtu dan minggu, orang-orang akan memenuhi tempat wisata di berbagai kota. Mulai dari yang berpasangan hingga yang telah dikaruniai keluarga dan anak-anak.

Kata berlibur mempunyai makna menghabiskan uang banyak menurut sebagian orang. Namun bila berlibur tersebut dimaknai sebagai acara rekreasi menuju tempat di luar kawasan rumah, maka berlibur dapat menjadi sebuah aktivitas yang murah meriah. Rekreasi tidak harus dilalui di tempat-tempat wisata yang terkenal di suatu daerah. Walaupun tidak dapat dipungkiri bahwa menghabiskan waktu di tempat wisata mempunyai banyak keuntungan, seperti kemudahan memperoleh berbagai fasilitas yang diperlukan pengunjung.

Yang dibutuhkan sekarang adalah persiapan yang matang, keberanian, dan tentu saja semangat yang akan membuat liburan menjadi suatu hal yang menyenangkan dan pengalaman tak terlupakan.

Persiapan Liburan Yang Menentukan

Persiapan yang matang menjadi kunci utama untuk bisa menekan budget. Jadi, keinginan untuk berlibur puas tanpa banyak pengeluaran bisa terlaksana. Persiapan berlibur tentu saja meliputi tempat yang akan dikunjungi.

Pintar-pintar memilih tempat berlibur yang menyenangkan dengan biaya rendah bukanlah hal yang terlalu sulit jika kita tahu kemana harus mencari informasi dan bagaimana menekan biaya selama berlibur.

Meski begitu, kadang diawal rencana kita akan kebingungan dalam menentukan tempat murah yang mengasyikkan untuk menghabiskan waktu saat berlibur. Untuk memudahkannya, tentukan terlebih dahulu liburan seperti apa yang ingin dilakukan.

Berlibur Menambah Pengetahuan

Jika liburan kali ini adalah liburan edukatif, museum bisa menjadi pilihan tempat yang bagus. Selain tiket masuk yang rata-rata masih terjangkau, banyak wawasan serta ilmu pengetahuan baru yang bisa kita dapatkan dengan melakukan kunjungan ke museum. Contohnya, kita bisa menghabiskan waktu liburan di museum Bahari yang ada di daerah Sunda Kelapa (Jakarta Utara).

Tiket masuk museum hanya Rp 2,000 dan kita akan mendapatkan suguhan miniatur kapal legendaris yang mengharumkan nama Indonesia, kapal Phinisi Nusantara.

Bisa juga kita mengunjungi Bayt Al Quran yang ada di dalam kompleks TMII. Di sini kita bisa belajar ba nyak tentang agama Islam khususnya Al Quran. Kita hanya butuh merogoh kocek sebesar Rp 500 – Rp 1,000 untuk menikmati ilmu yang bisa kita timba di dalam museum ini.

Atau jika alam yang menjadi tujuan utama berlibur, kita bisa mengunjungi Taman Nasional Gunung Halimun. Taman Nasional ini berada di Sukabumi dan menyajikan pemandangan hutan yang luar biasa serta satwa-satwa yang tinggal di dalamnya. Banyak pengalaman yang akan didapatkan dari kebebasan kita keluar masuk hutan dan berinteraksi langsung dengan alam.

Ada juga tempat menginap yang memudahkan kita untuk terus menikmati hutan di Taman Nasional Gunung Halimun ini. Tiket masuk hanya Rp 3,000 (anak-anak). Atau bila kita ke Bogor, Taman Nasional Gunung Pantjar siap untuk dikunjungi.

Taman nasional ini selain memberikan pengalaman berinteraksi langsung dengan alam juga memberikan kegiatan seperti akupuntur dan air panas mineral yang merupakan kegiatan pemulihan kesehatan.

Apabila kita menginginkan rekreasi atau liburan yang bisa meningkatkan kreatifitas kita seperti membatik, melukis, atau membuat kerajinan keramik, ada juga tempat-tempat terjangkau yang bisa kita kunjungi seperti Klub Dino atau Tempat Keramik Widjayanto.

Klub Dino berada di daerah Jakarta Selatan. Biasanya setiap musim libur Klub Dino bahkan merancang paket-paket untuk anak-anak bermain dan belajar pottery, membatik, melukis, dan lain sebagainya.

Di Tempat Keramik Widjayanto, para pengunjung bisa belajar seni keramik. Tempat Keramik Widjayanto yang terletak di daerah Tana Baru ini juga memiliki galeri yang merupakan tempat dimana ibu-ibu dapat menghabiskan waktu. Ada juga restoran masakan daerah yang siap memanjakan lidah dan perut kita.

Ada banyak tempat liburan murah dan menarik lainnya yang bisa dikunjungi untuk berlibur. Kita hanya perlu banyak mencari tahu tempat-tempat tersebut. Selain itu, kita juga harus tahu bagaimana cara mengirit pengeluaran selama berlibur, seperti menyiapkan dan membawa bekal sendiri sehingga kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli makanan.

Akan lebih hemat juga jika kita tahu tempat murah untuk menginap. Kita bisa menginap di rumah warga atau jika kita mempunyai saudara di daerah rekreasi tujuan tentu akan menekan pengeluaran selama berlibur. Atau, liburan di rumah dengan segudang kegiatan juga bisa menjadi opsi liburan menyenangkan dan super murah.

Cara Pintar Untuk Mendapatkan Liburan Yang Murah

Berlibur yang hemat dapat dicapai dengan beberapa kiat yang akan dibahas di bawah ini:

1. Akomodasi yang tepat

Akomodasi atau sering disebut penginapan ini biasanya yang banyak menghabiskan dana liburan yang paling banyak. Trik menghemat biaya akomodasi yakni dengan berkunjung kepada rumah keluarga atau kerabat. Tentu saja tempat tinggal mereka tidak jauh dari wisata yang dituju. Kiat ini akan mendekatkan hubungan kekeluargaan dan kekerabatan dengan keluarga yang terpisah jauh dari kita.

Agar tidak terlalu menyulitkan pihak yang dikunjungi, maka sebaiknya memberi kabar keberangkatan jauh sebelum hari H. Dengan begitu pihak keluarga yang dikunjungi mempunyai kesempatan dalam mepersiapkan tempat menginap dan lain sebagainya.

2. Transportasi

Perhitungan sarana transportasi juga menentukan seberapa besar biaya yang akan dikeluarkan nantinya. Hitung biaya penggunaan beberapa jenis transportasi seperti mobil carteran, kereta api, bis, dan lain-lain. Perhitungan sejumlah alat transportasi itu akan menunjukkan mana yang paling murah. Umumnya jalur kereta api yang memakan biaya yang paling sedikit. Namun perlu juga untuk dipikirkan tentang kenyamanan dan kesehatan dari para anggota keluarga.

3. Hari berlibur

Jumlah hari yang dihabiskan untuk berlibur di luar kota sebanding dengan biaya yang dikeluarkan. Maka buatlah jadwal berlibur dengan sangat ketat, untuk menghindari kepulangan yang molor. Beritahukan kepada pasangan tentang rencana tersebut, agar pemahaman tentang agenda berlibur tidak berbeda.

Berlibur ke luar kota tidaklah dilakukan secara berkali-kali dalam setahun. Ambilah momen yang penting untuk melakukan liburan, tentu bukan hanya sekedar berlibur tetapi juga ada tujuan lain. Semisal silahturahmi, membangun jaringan bisnis, atau mendidik anak-anak tentang berbagai macam kebudayaan yang ada di tanah air.

Bagi kaum muslim acara mudik menjadi momen yang berlibur yang paling tepat di Indonesia. Sebagian besar penduduk kota akan mudik ke kampung halaman. Dan umumnya akan mengajak semua anggota keluarga di rumah, tentu agenda mudik tersebut dapat dimanfaatkan sebagai liburan yang menyenangkan serta mendidik. Di setiap wilayah Indonesia pasti menyimpan wisata yang indah dan layak dikunjungi, maka segera rencanakan liburan Anda sekarang juga!

Speak Your Mind

*