Informasi Ringan Tentang Software

Ilustrasi tentang softwarePada dasarnya, software atau perangkat lunak komputer terdiri dari beberapa jenis. Dua jenis software yang biasa ditemukan pada suatu komputer, yaitu:

1. Perangkat lunak sistem (system software)

Perangkat ini diperlukan untuk mendukung dan membantu komputer dalam melakukan tugas-tugas atau fungsi-fungsi tertentu. Dengan kata lain, perangkat lunak sistem ini mendukung pengembangan dan pengoperasian perangkat lunak aplikasi. Contoh dari perangkat lunak sistem adalah sistem operasi (OS = operating system), misalnya Microsoft Windows, Linux, dan Mac Os.

2. Perangkat lunak aplikasi (application software)

Perangkat lunak ini adalah program yang dirancang atau dibuat dengan fungsi dan cara khusus yang dapat digunakan langsung oleh pengguna komputer (user) untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu, misalnya membuat dokumen teks, mengolah gambar, memainkan musik, dan lain-lain. Salah satu contoh perangkat lunak aplikasi adalah Microsoft Office Word, yang merupakan salah satu perangkat lunak aplikasi untuk mengolah kata (word processing program).

Selain dapat dikelompokkan menjadi perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi, perangkat lunak atau software komputer juga dapat dibedakan ke dalam kelompok-kelompok berikut.

  • Sistem Operasi (Operating System), perangkat lunak atau software yang bertugas untuk mengatur kerja perangkat keras komputer (hardware) dan juga mengatur operasi-operasi dasar sistem komputer, termasuk menjalankan program-program aplikasi tertentu.
  • Utility Program, yaitu perangkat lunak atau software yang berfungsi untuk membantu dan melengkapi kekurangan atau kelemahan sistem operasi. Contoh-contoh utility program adalah Norton UtilityPC ToolsCC CleanerEasy RecoveryDeepFreezeMindSoft Undelete, dan lain-lain.
  • Program Paket (Package Program), yaitu seperangkat program komputer yang dibuat untuk mengatasi berbagai permasalahan standar atau umum. Contoh-contoh program paket antara lain adalah Microsoft Office Word, Microsoft Office Excel, Microsoft Office AccesPrint Shop, dan Word Star.
  • Bahasa Pemrograman (Programming Language), yaitu software yang digunakan untuk membuat suatu program komputer. Bahasa pemrograman ini menggunakan bahasa atau kata-kata unik yang menjadi kode untuk menjalankan perintah tertentu pada komputer. Contoh bahasa pemrograman adalah Turbo PascalFortranClipperdBaseDelphiVisual BasicCobolTurbo C+, dan lain-lain.
  • Program Aplikasi, yaitu software yang dirancang khusus untuk melakukan fungsi atau tugas tertentu, misalnya program aplikasi untuk absensi sidik jari, program aplikasi untuk penggajian karyawan, dan lain-lain.

Itulah beberapa informasi ringan tentang software yang dapat memperkaya pengetahuan Anda. Masih ada lagi informasi menarik lainnya yang perlu Anda ketahui seputar software ini. Salah satunya adalah mengenai software aplikasi.

Tentang Software Aplikasi

Selanjutnya kita akan membahas tentang software aplikasi. Pengertian software aplikasi, yaitu suatu program komputer yang berfungsi untuk melakukan tugas-tugas khusus, seperti membuat dokumen, memanipulasi foto, membuat laporan keuangan, atau merancang rumah.

Meski sekarang sudah banyak program software aplikasi yang kita temui, masih banyak yang belum mengerti apa itu pengertian software aplikasi. Mungkin hanya bagi mereka yang berkecimpung di dunia komputer saja yang mengetahuinya. Bagaimana dengan kita yang masih awam ini? Apa itu pengertian software aplikasi.

Pengertian software aplikasi tidak lepas dari beberapa macam program pembangunnya, yaitu terdiri dari software hiburan, pendidikan, bisnis, perangkat lunak khusus, serta produktivitas kerja.

Kita bisa mengetahui pengertian software aplikasi tidak hanya secara harfiah atau terminologinya saja, tetapi kita juga bisa mengetahui pengertian software aplikasi dari produk software aplikasi tersebut.

Misalnya jika kita akan menggunakan software aplikasi multimedia, secara tidak langsung kita akan mengerti pengertin software aplikasi dari multimedia, bahkan sampai ke fungsinya.

Seluk Beluk Tentang Software Aplikasi

Ada yang masih bertanya-tanya apa itu pengertian tentang software aplikasi? Sudah membaca banyak referensi masih belum mengerti juga? Berarti Anda termasuk orang yang bisa memahami sesuatu melalui contoh, demikian halnya untuk memahami pengertian software aplikasi ini. Melalui contoh beberapa program software aplikasi, orang dengan tipe ilustrasi tersebut akan mengerti bagaimana pengertian software aplikasi.

Contoh program software aplikasi ini bisa membantu Anda untuk lebih memahami apa itu pengertian software aplikasi. Terutama bagi Anda yang termasuk orang istilahnya gaptek atau gagap teknologi, sebaiknya perbanyak pemahaman Anda mengenai pengertian software aplikasi melalui produk perangkat lunak untuk aplikasi komputer.

Mau tahu apa saja perangkat lunak untuk aplikasi komputer sebagai upaya pemahaman kita terhadap pengertian software aplikasi? Berikut beberapa jenis perangkat lunak yang terdapat di pasaran untuk aplikasi komputer:

  • Perangkat lunak hiburan. Beberapa contoh dari software ini, yaitu winamp untuk mendengarkan musik, games, dan sebagainya untuk hiburan. Selain Winamp juga ada iTunes, QuickTime, dan Multimedia Player. Perangkat lunak ini bisa Anda gunakan untuk menyalurkan hobi Anda mendengaran musik atau lagu.
  • Perangkat lunak bisnis. Software ini berguna untuk aplikasi bisnis, contohnya untuk menangani utang piutang, pencatatan barang, dan sebagainya. Bisa juga perangkat lunak ini digunakan untuk membuat grafik atau trafik penjualan ataupun polling nilai jual pasar dan sebagainya yang berhubungan dengan dunia bisnis.
  • Perangkat lunak khusus. Pengertian software aplikasi bisa kita ketahui dari perangkat lunak khusus ini. Anda tentu tahu dengan lembaga atau agensi keamanan yang digambarkan dalam film-film Hollywood? Misalnya FBI, CSI, tentu merekaa menggunakan software aplikasi khusus yanng berbeda dengan software aplikasi pada umumnya. Misalnya perangkat lunak untuk data pencarian orang, atau data tindak kriminal baik dalam negara maupun di luar negara.
  • Perangkat lunak produktivitas kerja. Pengertian software aplikasi juga bisa kita pahami dari berbagai program aplikasi produktivitas kerja. Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas, para desain grafis, desain interior, arsitek, editing foto memerlukan perangkat lunak untuk produktifitas kerja, seperti multimedia.

Ragam Aplikasi Software

Kita sudah mengetahui apa saja contoh dari software aplikasi untuk produktifitas kerja seperti yang telah di sebutkan di atas. Namun kita masih bingung bagian mana saja dari profesi yang di sebutkan di atas itu berperan. Dengan kata lain bagian-bagian dalam produksi mana saja yang menggunakan software aplikasi ini.

Pengertian software aplikasi pada software produktivitas kerja yang lainnya juga bisa kita lihat dalam uraian di bawah ini. Berikut  ada pengertian software apliksi untuk menunjang produktifitas kerja selain yang disebutkan di atas, dan kita juga bisa melihat bagian-bagian mana saja yang memerlukan software aplikasi tersebut:

1. Word Processing

Word processing disebut juga pengolah kata untuk membuat dokumen. Berguna untuk memformat teks sehingga teks lebih rapi, misalnya rata kanan-kiri dan sebagainya. Gramer checker digunakan untuk mengidentifikasi kesalahan tata bahasa. Thesaurus adalah untuk mencari padanan kata.

2. Manajemen Data

Software manajemen data disebut juga dengan DBMS (Database Management System). DBMS berguna untuk mencatat, memanipulasi, dan mengambil data agar lebih cepat dan tepat.

Beberapa contoh nama DBMS, yaitu access dari Microsoft Corporation, paradox, visual Dbase, visual express, dan visual foxpro. DBMS memiliki fitur yang canggih sekali, misalnya mampu menyediakan fasilitas keamanan bagi pengakses yang tidak  berwewenang.

Begitu banyak istilah yang dapat kita pelajari dari berbagai komponen pengertian software aplikasi. Program software aplikasi tersebut sangat bermanfaat untuk memudahkan pekerjaan kita, terutama bagi mereka yang berkecimpung di dunia pemograman.

3. Spreadsheet

Spreadsheet berupa sekumpulan sel yang khas. Setiap sel terdiri dari nama baris dinyatakan dengan angka dan nama kolom dinyatakan dengan huruf.  Beberapa contoh nama spreadsheet, yaitu Claris Resolve dari Claris Corporation, excel dari Microsoft, lotus 1-2-3 dari Lotus. Development Corporation, QuatroPro dari Novel Corporation, StarOffice Calc dari Sun Microsystems.

4. Presentasi Grafik

Software ini biasanya digunakan untuk membuat bahan presentasi grafik sehingga pembuatan bahan presentasi mudah dan cepat. Anda juga bisa menambahkan fitur-fitur penambah cantiknya bahan presentasi Anda.

Contoh aplikasi ini adalah dengan menambahkan gambar animasi atau bahkan menambahkan video untuk ditayangkan guna memperjelas bahan presentasi. Contoh nama software ini adalah StarOffice Impress, FreeLance Grafics, Power Point, dan lain-lain.

5. Desktop Publishing

Biasanya digunakan untuk mencetak kartu undangan. Cocok sekali bagi yang ingin membuka usaha percetakan, karena ia bisa menggabungkan metode dari perangkat lunak yang lain. Contoh nama dari program desktop publishing, yaitu corel draw, frame maker, indesign, ventura, dan lain-lain.

Speak Your Mind

*