iPhone dari Generasi ke Generasi

Ilustrasi iPhoneAnda tahu iPhone? Banyak orang yang tergila-gila dengan telepon genggam revolusioner yang diproduksi Apple Inc. iPhone memiliki fungsi kamera, pemutar multimedia, SMS, dan voice mail. iPhone juga bisa dihubungkan dengan internet sehingga bisa menerima dan mengirim email, menjelajah web, dan lain sebagainya. Dengan kata lain, iPhone adalah telepon genggam revolusioner yang dilengkapi dengan fungsi kamera, pemutar multimedia, SMS, dan voice mail.

Generasi iPhone

    1. Pada tanggal 29 Juni 2007 iPhone generasi pertama diluncurkan. Harganya US$ 499 untuk model 4 GB dan US$ untuk model 8 GB (tetapi dengan syarat harus kontrak dengan AT&T selama dua tahun.
    1. Pada tanggal 11 Juli 2008, iPhone generasi kedua iPhone 3G diluncurkan. Harganya US$ 199 untuk model 8 GB dan US$ 299 untuk model 16 GB (tetapi dengan syarat harus kontrak dengan AT&T selama dua tahun.)
  1. Pada tanggal 17 Juni 2009 iPhone generasi ketiga atau iPhone 3GS diluncurkan dengan harga US$ 199 untuk model 16 GB dan US$ 299 untuk model 32 GB.

 

Spesifikasi

    1. iPhone generasi pertama memiliki kamera yang beresolusi 2 megapixel.
    1. iPhone generasi kedua atau 3G juga memiliki kamera yang beresolusi 2 megapixel. Sayangnya,  iPhone generasi pertama dan kedua ini tidak dapat merekam video.
    1. iPhone generasi ketiga atau iPhone 3GS memiliki kamera yang beresolui 3,2 megapixel.

 

Kelemahan iPhone ini bisa diatasi dengan bantuan pihak ketiga yang banyak membuat aplikasi. Telepon genggam ini memiliki perangkat lunak yang dapat mengunggah foto dan juga memainkan video. Alhasil, pengguna dapat menonton televisi dan film.

Seratus ribu aplikasi iPhone bisa dibeli lewat iTunes atau Apps Store. Para pengguna iPhone dapat langsung membeli dan mengunduh aplikasi asalkan tidak melebihi 10MB di Apps Store. Tanpa berbagai komponen yang tidak diperlukan, sistem operasi iPhone adalah versi ringan dari Mac OS X yang memakan ruang 250MB. Secara berkala sistem operasi dapat diupdate secara gratis melalui iTunes.

iPhone 4, iPhone  Generasi Terbaru

Selasa, 8 Juni 2010, CEO Apple Steve Jobs memperkenalkan iPhone terbaru iPhone 4 di Worldwide Developers Conference di San Fransisco. iPhone ini memiliki ketebalan 9.3mm, lebih tipis daripada iPhone 3GS yang dikenal sebagai smarphone tertipis saat ini. iPhone 4 ini juga digambarkan sebagi sesuatu yang paling indah yang pernah dirancang. Selain itu, iPhone  4 adalah lompatan terbesar menuju masa depan sejak iPhone pertama kali diluncurkan.

iPhone 4 ini terbuat dari kaca dan stainless steel. Layar pada iPhone dapat merekam dan mengedit video dengan kualitas tinggi. Selain itu, layar pada iPhone 4 menampung empat kali resolusi layar pada iPhone  3GS.

iPhone ini memiliki resolusi layar dengan angka 960×640, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Kepadatan pixelnya adalah 326 pixel per inchi, juga lebih baik dari generasi sebelumnya. iPhone ini juga dilengkapi dengan dua kamera di depan dan belakang, yang mana kamera belakang dilengkapi dengan lampu kilat LED. Perangkat lunak iPhone4 ini memakai prosesor A4 yang biasa dipakai di iPad.

Di pasaran, iPhone 4 dijual dengan kisaran harga US$ 199 untuk kapasitas 16 GB dan US$ 299 untuk kapasitas 32 GB. Pada awalnya iPhone ini hanya akan dijual di Amerika Serikat, Prancis, Jerman, Inggris, dan Jerman namun pada bulan Juli, jumlah negaranya bertambah menjadi sekitar 18-an. iPhone ini tersedia dalam dua pilihan warna yaitu hitam dan putih.

Mengapa Harus Apple?

nama iPhone sebenarnya telah digunakan untuk sejumlah produk, namun paling dikenal sebagai lini smartphone dirilis pada tahun 2007 oleh Cupertino, iPhone berbasis di California oleh Apple Inc. Apple mempopulerkan penggunaan layar sentuh sebagai antarmuka utama untuk ponsel. Di luar aspek standar di kebanyakan smartphone seperti konektivitas internet dan pesan, fitur iPhone dapat dibagi menjadi tiga kelompok utama: perangkat keras, media, dan aplikasi.

Perangkat keras iPhone telah menjadi salah satu daya tarik terbesar dalam dunia gagdet. Berdasarkan penggunaan teknologi touchscreen, iPhone tidak memiliki tombol, sebaliknya, memiliki virtual keyboard dan tombol akan ditampilkan di layar sentuh bila diperlukan. Penghapusan tombol fisik memungkinkan layar iPhone jauh lebih besar daripada berukuran sama ponsel. Accelerometer memungkinkan iPhone untuk bereaksi dan mengubah tampilan layar tergantung pada apakah itu sedang dilihat secara horisontal atau vertikal. Ponsel ini juga memiliki sebuah flash drive internal untuk menyimpan data. Fitur hardware lainnya termasuk kamera digital, sensor cahaya sekitar, sensor jarak, pembicara, Wi-Fi ™ konektivitas, Bluetooth, dan, dalam model kemudian, A-GPS.

Selain hanya menjadi sebuah ponsel, iPhone juga sepenuhnya berfungsi dengan media player. Lagu dapat ditransfer ke memori internal dari komputer rumah yang paling serta toko iTunes, yang memungkinkan seluruh koleksi musik menjadi portabel. Foto dan dokumen dapat dilihat pada layar warna yang besar perangkat, seperti dapat full motion video.

Aplikasi secara teknis bagaimana iPhone bekerja sebagai media player dan browser web, istilah, bagaimanapun, adalah juga satu umum yang menggambarkan program download iPhone dapat berjalan. Aplikasi yang sangat bervariasi. Ada aplikasi yang memungkinkan iPhone untuk bertindak seperti sebuah Ocarina, menunjukkan lokasi telepon pada peta melalui A-GPS, secara acak memilih restoran lokal bagi pengguna, bermain game, atau hanya menampilkan gambar yang menarik. Aplikasi yang dikembangkan baik oleh Apple Inc dan pihak ketiga.

IPhone biasanya dijual dalam bentuk “dikunci”, yaitu, hanya dapat menggunakan layanan telepon selular dari penyedia selular tertentu. Di Amerika Serikat, misalnya, penyedianya  adalah AT & T. Di Indonesia penyedianya Telkomsel, bisa melalui Beberapa negara tidak memungkinkan ponsel terkunci menjadi dijual, jadi mesti dibuka versi iPhone yang tersedia secara legal di daerah tersebut. Selain itu, hacker telah mampu membuka iPhone dengan keberhasilan yang terbatas untuk digunakan pada jaringan yang tidak sah.

Sudah di sebutkan sebelumnya bahwa Apple Inc bukanlah perusahaan pertama yang merilis produk yang disebut iPhone. Pada tahun 1998, Infogear Technology Corporation dijual suatu alat internet yang dikombinasikan telepon dan internet kemampuan. Selain itu, Cisco merilis sebuah suara melalui internet (VoIP) iPhone protokol melalui divisi Linksys pada tahun 2006.

Apple App untuk iPhone

iPhone app  adalah sebuah aplikasi, biasanya dikembangkan oleh perusahaan selain Apple , dan dirancang untuk digunakan secara khusus pada iPhone atau iPod Touch . Apps bekerja seperti pengguna-instal perangkat lunak pada komputer dan memungkinkan telepon untuk melakukan tugas-tugas tertentu yang diinginkan pengguna atau kebutuhan. Pengguna kadang-kadang membayar sedikit biaya untuk penggunaan sebuah aplikasi, yang di-download langsung ke ponsel. Apps membantu membuat  iPhone dan smartphone lainnya alat harus dimiliki untuk banyak orang yang ingin akses cepat ke informasi.

Ada ratusan ribuan aplikasi yang tersedia, mulai dari peta dan panduan hiburan untuk bisnis dan manajemen uang. Banyak perusahaan telah mengembangkan aplikasi iPhone untuk tujuan pemasaran, seperti produsen panggangan yang memberikan resep dan teknik memanggang, atau musisi yang menciptakan permainan yang mengikat dengan album terbaru mereka. Majalah, koran, dan situs web juga memiliki produk mereka sendiri di App Store yang memungkinkan konten mereka untuk dapat diakses dengan mudah pada telepon. Permainan sangat populer; app “Angry Birds”, yang dimulai sebagai aplikasi iPhone di tahun 2009, begitu populer sehingga diadaptasi untuk platform mobile lain dan telah didownload sedikitnya 250 juta kali pada pertengahan 2011.

IPhone apps harus didownload langsung dari toko Apple iTunes . Kebanyakan relatif murah, dan banyak yang gratis. Ponsel pintar lainnya juga memiliki aplikasi milik mereka sendiri, sehingga sangat penting bahwa pemilik telepon download yang tepat untuk telepon.

iPhone, Telepon Cerdas bagi Pengguna Cerdas

Apa perangkat telepon genggam Anda? Nokia, Sonny Ericsson, Samsung, Blackberry, atau iPhone? Jika yang terakhir adalah jawabannya, mungkin Anda adalah pengguna “cerdas” sebab iPhone adalah telepon cerdas bagi pengguna “cerdas”. Cerdas? Apa maksudnya?

iPhone adalah telepon genggam yang revolusioner dengan teknologi terbaru yang sangat diamini mampu bersaing, bahkan menandingi dan mengungguli kedigdayaan Blackberry. Ya. Blackberry. Produk besutan RIM Kanada ini beberapa tahun ini seakan menjadi produk gadget yang sangat populer dan digemari oleh beberapa kalangan.

Mirip Kamera Digital

Pertama kali melihat iPhone, orang awam pasti mengira gadget ini bukanlah sebuah telepon genggam. Tidak ada keypad. Tidak ada benda menonjol yang biasanya ditemui di telepon genggam. Semuanya dipangkas rata. Semua terkesan rapi. Elegan. Minimalis. Tidak ada sudut. Terkesan iPhone hampir mirip dengan kamera digital.

Steve Job, sang pencipta iPhone, berusaha menghadirkan sebuah telepon genggam baru. Bukan inovasi, melainkan kreasi. Bukan follower, melainkan sebuah breakthrough atau gebrakan. Segala hal yang ditemui di telepon genggam konvensional dihilangkan. Bahkan, papan ketik dihilangkan. Yang ada sekarang virtual atau dikenal dengan touchscreen. Jari jemari tidak perlu memencet tombol ketika mengirimkan perintah. Cukup menyentuhnya. Sangat menghemat tenaga. Mungkin ini yang ada di kepala Steve Jobs ketika menciptakan iPhone.

Multifungsi

iPhone memiliki beberapa fungsi layaknya telepon genggam pada umumnya. SMS, telepon, pemutar media, kamera, voice mail, dan sebagainya. Fungsi telepon genggam konvensional masih dipertahankan. Tidak dihilangkan. Namun, iPhone memiliki keunggulan lain. Koneksi internet menjadi senjata utama yang dibenamkan di telepon ini sehingga pemakainya dapat melakukan berbagai aktivitas di dunia maya. Misalnya, berkirim email, browsing, dan downloading.

Generasi Baru

iPhone generasi terbaru telah hadir pada Oktober 2010. Dengan segala kelebihannya, iPhone teranyar ini digosipkan memiliki banyak kekurangan. Khususnya, di bagian antena sinyal serta layar. Namun, kabar burung tersebut tidak menyurutkan antusias penikmat telepon genggam untuk meyerbu gerai-gerai iPhone ketika produk tersebut diluncurkan.

Keunggulan

Salah satu keunggulan dari iPhone 4 adalah fitur Facetime. Fitur ini hampir mirip dengan video call. Jika di PC, kita mengenal webcam. Bisa dibilang fitur ini adalah video call ala iPhone dengan segala keunggulan teknologi dan kecepatan data yang mampu dihantarkan dengan koneksi internet.

Salah satu kelebihan iPhone adalah ketersediaan aplikasi yang sangat banyak. Sangat beragam. Lebih dari 100 ribu aplikasi tersedia di Apps Store yang siap diunduh secara gratis atau dibeli. Berbagai aplikasi ini tersedia secara bebas. Asalkan kapasitasnya tidak melebihi 100 MB.

iPhone berjalan dengan OS (Operating System) Mac OS. Versi sistem operasi ini sangat ringan. Berbeda dengan komputer Mac pada umumnya. Banyak komponen-komponen yang dihilangkan karena memang tidak diperlukan. Pengguna iPhone dapat memperbaharui sistem operasinya secara berkala melalui iTunes secara gratis.

Speak Your Mind

*