Jadwal Penerbangan Pesawat Terbang

Pesawat terbang merupakan salah satu alat transportasi modern. Selama berabad-abad manusia membayangkan untuk bisa terbang, walaupun tidak secara langsung namun pesawat terbang bisa jadi salah satu solusi. Berpergian dengan pesawat terbang memang lebih cepat dibandingkan berpergian dengan alat transportasi lain. Beberapa kelebihan pesawat terbang antara lain kenyamanan, kecepatan, fasilitas dan pelayanan yang biasanya lebih baik dari alat transportasi lain. Kelemahannya bisa jadi pada waktu jadwal penerbangan pesawat terbang yang kadang ditunda karena masalah cuaca ataupun masalah teknis lainnya.

Permasalahan jadwal pesawat dapat mengganggu calon penumpang. Penumpang yang memiliki janji ataupun harus bekerja tepat waktu dapat merasakan dampak yang kurang menyenangkan dari jadwal yang tertunda tersebut. Lalu lintas di udara tidaklah semudah lalu lintas di jalan darat. Ada lebih banyak pilihan alat transportasi di darat, jika misalnya kereta apinya tak jalan maka penumpang dapat beralih ke alat transportasi lain seperti bis. Jika pesawat yang tertunda penerbangannya tentu akan sangat merepotkan. Apalagi harga tiket pesawat tidaklah murah.

Beberapa orang malah terlambat dan tidak dapat menaiki pesawat tepat waktu. Hal tersebut tentu akan merugikan dirinya sendiri. Dia harus menunggu jadwal penerbangan selanjutnya untuk meluncur ke tempat yang dituju. Mengetahui jadwal pesawat sangat penting, dan hadir lebih awal juga lebih penting karena akan ada proses administrasi dulu sebelum menaiki pesawat apalagi yang ingin berpergian ke luar negeri.

Bahasan selanjutnya kita akan membahas beberapa jadwal penerbangan pesawat terbang yang ada di Indonesia. Kita juga akan membahas beberapa masalah jadwal penerbangan yang pernah terjadi.

Jadwal Pesawat Terbang Garuda di Soekarno-Hatta
Soekarno Hatta merupakan salah satu bandara internasional yang ada di Indonesia. Penerbangan di sini melayani penerbangan domestik dan internasional. Banyak sekali perusahaan maskapai penerbangan yang membuka layanan penerbangan pesawat di bandara ini, salah satunya Garuda Indonesia. Maskapai Garuda Indonesia sudah cukup dikenal kualitasnya. Harga yang lebih mahal sebanding dengan pelayanan dan kualitas yang mereka tawarkan.

Jika ingin menggunakan layanan sebuah maskapai tentu kita juga harus mengetahui jadwal penerbangannya. Jadwal penerbangan sebaiknya disesuaikan dengan acara kita di tempat tujuan. Perhatikan juga waktu sampainya kita di tempat tujuan tersebut jangan sampai kita salah perkiraan dan menjadi terlambat karena salah jadwal.

Ada banyak sekali jadwal penerbangan dalam satu harinya. Pihak maskapai biasanya memberikan layanan call center yang dapat dihubungi untuk mengetahui masalah jadwal tersebut. Selain itu ada beberapa cara lain untuk mengetahui masalah jadwal penerbangan. Berikut ini cara-caranya :

a. Mendatangi kantor maskapai penerbangan dan menanyakan jadwal penerbangannya.

b. Memeriksa situs resmi maskapai penerbangan dan melihat jadwalnya.

c. Mendatangi biro agen tiket dan bertanya mengenai jadwalnya.

d. Mencari informasi melalui situs-situs tiket pesawat online.

Cara yang paling aman tentu berhubungan langsung dengan pihak maskapai penerbangan yang akan kita naiki. Misalnya saja Garuda Indonesia, kita bisa menghubungi kantornya atau menghubungi melalui telepon. Memeriksa lewat situs resmi Garuda Indonesia juga bisa kita lakukan. Situs resmi Garuda Indonesia yaitu berada www.garuda-indonesia.com.

Saat memasuki situs tersebut pertama kali kita akan mendatangi berandanya. Pada halaman beranda sudah ada kotak dengan beberapa menu yang dapat kita pilih. Menu-menu tersebut antara lain membuat reservasi, status reservasi, check-in, lihat jadwal, dan pesan hotel. Coba kita pilih lihat jadwal. Pada menu ini kita bisa memasukkan tempat kita dan juga tempat tujuan kita. Misalnya kita masukkan dari Jakarta ke Bali lalu klik lihat detail jadwal.

Nah, ternyata kita perlu menuliskan lebih rinci kota apa yang akan didatangi, maka yang benar adalah dari Jakarta ke Denpasar. Jika menggunakan browser komputer tentu akan lebih mudah karena nama-nama bandaranya sudah tertera atau terdaftar saat kita mulai mengetikkan di kolom tersebut.

Berikut ini jadwal penerbangan pesawat terbang dari Jakarta ke Denpasar.

Jadwal/Hari

Waktu Keberangkatan

Waktu Sampai

Setiap hari

05:40

08:45

Setiap hari

06: 15

09:20

Setiap hari

07:15

10:20

Setiap hari

08:15

11:20

Setiap hari

09:45

12:50

Setiap hari

10:05

13:10

Setiap hari

10:45

13:50

Setiap hari

14:05

17:10

Setiap hari

15:20

18:25

Rabu, Sabtu

17:05

20:10

Rabu, Jumat, Sabtu

18 :10

21:15

Setiap hari

19:25

22:30

Senin

20:10

23:15

Setiap hari

20:10

23:15

Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu, Minggu

20:25

23:30

Setiap Hari

21:30

23:35

Senin, Minggu

21:55

01:00

Setiap hari

21:55

01:00

Jadwal tersebut bisa saja berubah dan kita harus selalu memeriksanya dengan baik. Kita juga bisa mencari jadwal penerbangan lainnya baik itu domestik ataupun penerbangan ke luar negeri. Selain mengecek jadwal penerbangan tersebut kita juga bisa melakukan reservasi penerbangan.

Maskapai lainnya juga mempunyai layanan informasi yang serupa. Misalnya saja pada maskapai penerbangan air asia. Kita bisa masuk ke websitenya di airasia.com. Di sana kita bisa memilih menu “rencanakan penerbangan saya” lalu pilih jadwal penerbangan. Jadwal penerbangan tersebut tersusun berdasarkan tempat keberangkatan dan tujuan serta bulan dan tahun penjadwalan.

Masalah Penjadwalan Penerbangan
Penjadwalan adalah hal sangat penting dalam penerbangan. Manajemen penjadwalan yang baik akan menciptakan sistem penerbangan yang baik pula. Lalu lintas pesawat di Indonesia cukup tinggi. Di sebuah bandara perlu dilakukan sebuah manajemen penjadwalan agar tidak adanya bentrokan pesawat yang sedang tinggal landas ataupun sedang mendarat. Penentuan penjadwalan tersebut tentu menggunakan berbagai variabel yang mempengaruhinya.

Banyaknya faktor yang mempengaruhi masalah penjadwalan penerbangan pesawat tersebut membuat proses penjadwalannya melalui empat tahapan. Tahapan tersebut antara lain:

a. Schedule Design

b. Fleet Assignment

c. Aircraft Routing

d. Crew Pairing

Beberapa faktor yang mempengaruhi penentuan jadwal pesawat terbang yaitu jumlah pesawat, jumlah permintaan/pelanggan, kapasitas penumpang, batasan jam terbang awak pesawat, dan lain-lain. Masalah penjadwalan ini dapat diselesaikan melalui pemrograman linier dan beberapa teknik penjadwalan lainnya. Maskapai penerbangan perlu menyiapkan manajemen khusus yang ditugaskan untuk mengurusi masalah penjadwalan ini.

Ketika jadwal sudah disusun dengan baik maka yang perlu dilakukan adalah pelaksanaannya. Pelaksanaan inilah yang kadang tak semudah yang tertulis di atas kertas. Faktor luar seperti cuaca kadang mempersulit pelaksanaan jadwal yang sesuai. Perubahan jadwal penerbangan pesawat kadang dilakukan jika ada penerbangan yang terlambat atau ditunda.

Selain masalah cuaca atau kecelakaan pesawat, masalah komputerisasi juga bisa terjadi. Seperti yang pernah terjadi pada American Airlines. Maskapai penerbangan ini pernah mengalami masalah teknis pada komputerisasinya. Ada masalah kerusakan pada saat pemesanan tiket secara online. Masalah tersebut menyebabkan jadwal penerbangan pada waktu itu ditunda semuanya.

Tentu saja para calon penumpang menjadi kecewa. Penumpang hanya bisa meluapkan emosinya pada pegawai di bagian reservasi atau pelayanan. Pihak maskapai akhirnya memutuskan untuk memberikan ganti rugi kepada mereka dengan mengembalikan dana dan menyediakan penerbangan gratis.

Panduan Pesan Tiket Pesawat Terbang
Cek Jadwal Penerbangan Pesawat Terbang.
Cek Kursi Yang Masih Tersedia.
Pilih Maskapai Penerbangan.
Tentukan Waktu, Tujuan, Dan Tempat Keberangkatan.
Harga Tiket Pesawat.
Pesan Tiket Pesawat Online.

Speak Your Mind

*