Jajaran Gunung di Dunia yang Terkenal

Ilustrasi gunung di dunia

Daftar Isi

  1. Godwin dan Austen
  2. Gunung Everest
  3. Pegunungan Himalaya
  4. Pegunungan Rocky
  5. Gunung Fuji
  6. Pegunungan Alpen
  7. Pegunungan Andes

Adakah yang tahu berapa jumlah gunung di dunia? Tentunya akan sulit menemukan orang yang mengetahui secara pasti jumlah gunung di dunia. Bumi adalah tempat kita berpijak. Lapisan Bumi terdiri atas dua daerah, yaitu daratan dan perairan. Daratan tempat kita hidup memiliki bentuk yang berbeda-beda, seperti pegunungan, lembah, ngarai, daratan rendah, daratan tinggi, dan lain-lain.

Gunung di dunia dapat dikatakan berupa sebuah gundukan tanah yang telah menumpuk. Adanya penumpukan tersebut menjadikan gunung di dunia terlihat menjulang, seperti bukit yang besar dan tinggi. Ketika kita memandang dari kejauhan, gunung terlihat  seperti hamparan hijau. Hamparan hijau tersebut adalah berupa sekumpulan pepohonan yang menutupi lapisan gunung.

Beberapa kawasan di dunia dikelilingi oleh gunung. Jumlahnya sangatlah banyak. Setiap gunung di dunia memiliki keunikan tersendiri sehingga gunung yang satu akan berbeda dengan gunung yang lainnya. Seperti apa keunikan gunung di dunia tersebut? Berikut adalah beberapa gunung di dunia, yang terdapat di berbagai pelosoknya, bahkan memiliki ketenaran tersendiri.

Gunung di Dunia – Gunung Godwin dan Austen

Gunung Godwin dan Austen termasuk ke dalam kelompok gunung K2. Apa itu K2? Huruf K berarti Karakoram sedangkan angka dua berarti puncak gunung tertinggi kedua di dunia.  Gunung Godwin terletak di daerah Karakoram. Daerah ini tepatnya berada di antara Cina dan Pakistan. Penamaan Godwin dan Austen berdasarkan nama dua ekspedisi yang pernah menyelidiki gunung K2 ini.

Pendakian kedua puncak gunung ini banyak sekali memakan korban. Pada suatu saat, tepatnya sekitar 1954, dua ekspedisi asal Italia berhasil mencapai puncak gunung tersebut. Dua ekspedisi tersebut bernama Achelle Compagnoni dan Lino Lacedelli.

Gunung di Dunia – Gunung Everest

Pada 1953, Sir Edmund Hillary dan Tenzing Norgay berhasil mencapai puncak Gunung Everest.

Pegunungan Everest terletak di antara daerah Cina dan Nepal. Nama Everest diberikan oleh seorang pendaki asal Inggris, Sir Andrew Waugh. Penamaan Everest digunakan untuk mengingat seorang pendaki pertama gunung ini yang bernama Sir George Everest.

Gunung Everest merupakan salah satu gunung tertinggi di dunia. Ketinggian dari gunung ini sekitar 8.800 meter dari permukaan laut. Longsoran salju dan embusan angin kencang mempersulit pendakian gunung ini.

Banyak yang pernah mendaki gunung ini. Namun, hanya sedikit di antara mereka yang pernah berhasil mencapai puncaknya. Pada 1953, Sir Edmund Hillary dan Tenzing Norgay berhasil menancapkan tanda keberhasilan mencapai puncak Gunung Everest. Sampai sekarang, penaklukan puncak gunung ini masih dilakukan.

Banyak kisah menarik seputar Gunung Everest, mulai dari usaha penaklukan puncak tertinggi hingga mitos-mitosnya, yang diangkat ke layar lebar oleh sutradara kenamaan dunia. salah satu film yang menggunakan latar gunung Everest adalah Everest: The Death Zone, Storm Over Everest, Into Thin Air: Death on Everest, Into the Thin Air of Everest: Mountain of Dreams, Mountain of Doom, dan banyak lagi judul film lainnya.

Gunung di Dunia, Pegunungan Himalaya

Pegunungan Himalaya adalah satu tempat favorit wisatawan.

Lingkungan sekitar yang masih berupa hutan, rawa yang luas, aliran sungai, dan puncak gunung yang tertutupi oleh es membuat panorama gunung ini sangat indah untuk dinikmati.

Pegunungan merupakan jajaran dari gunung-gunung. Pegunungan Himalaya merupakan jajaran gunung-gunung yang melingkari kawasan Tibet Utara hingga India bagian Selatan. Tepatnya, pegunungan ini berada di daerah India, Nepal, Bhutan, dan Tibet.

Panjang dari jajaran pegunungan ini sekitar 300 km. Salah satu gunung tertinggi yang berada di jajaran pegunungan ini adalah Gunung Everest.

Selain panorama yang indah, pada lereng gunung ini terdapat dua kerajaan, yaitu Kerajaan Bhutan dan Kerajaan Nepal. Kekayaan alam lainnya yang dimiliki gunung ini adalah adanya keanekaragaman flora serta fauna.

Gunung di Dunia, Gunung Fuji

Gunung Fuji merupakan gunung berapi tertinggi di Jepang. Letak dari gunung adalah di perbatasan Shizuoka dan Yamanashi, sebelah barat Tokyo. Gunung ini tepatnya terletak di dekat pesisir Pasifik kepulauan Honshu. Gunung Fuji memiliki ketinggian sekitar 3.776 meter.

Gunung Fuji memiliki panorama yang indah. Gunung Fuji dikelilingi oleh lima danau. Danau tersebut adalah Kawaguchi, Yamanaka, Sai, Motosu, dan Shoji.

Selain itu, Gunung Fuji dikelilingi oleh tiga kota, yaitu Gotemba yang berada di bagian timur, Fuji-Yoshida di bagian utara, dan Fujinomiya di bagian barat daya.

Gunung Fuji merupakan salah satu ikon yang dimiliki Jepang. Tempat ini sering dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Selain itu, gunung ini sering pula dikunjungi oleh para pendaki.

Gunung Fuji, Gunung K2, Pegunungan Himalaya, Pegunungan Rocky, Gunung Everest adalah beberapa nama gunung maupun pegunungan yang terkenal di dunia. Masih banyak gunung maupun pegunungan lainnya yang berada di pelosok Bumi ini.

Gunung di Dunia, Pegunungan Alpen

Pegunungan Rocky

Pegunungan Rocky terletak di kawasan “Paman Sam.” Pegunungan Rocky merupakan rangkaian memanjang dari sebelah barat Amerika Utara sampai dengan kawasan Amerika Serikat.

Panjang rangkaian gunung ini sekitar 4.800 kilometer. Puncak tertinggi dari rangkaian gunung ini berada di puncak Gunung Elbert, Colorado.

Gunung tersebut tingginya sekitar 4.401 meter di atas permukaan laut.

Salah satu jajaran gunung di dunia adalah Pegunungan Alpen. Pegunungan ini berada di Benua Eropa dan melintasi beberapa negara. Negara-negara yang terlintasi Pegunungan Alpen adalah Austria, Swiss, Italia, Jerman, Perancis, Liechtenstein, dan Slovenia.

Pegunungan Alpen merupakan pegunungan terbesar di Eropa. Puncak tertinggi Pegunungan Alpen adalah Mont Blanc. Puncak tertinggi di Pegunungan Alpen ini memiliki ketinggian 4.808 m dan berada diperbnatasan Perancis dan Italia.

Salah satu gunung di dunia ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu Pegunungan Alpen Barat dan Pegunungan Alpen Timur. Pembagian ini dilakukan dengan batas Danau Constance dan Danau Como yang melalui Sungai Rhine, Liro, dan Mera.

Pegunungan Alpen Barat memiliki kontur yang lebih tinggi, tapi rangkaian pegunungannya lebih pendek dan berliku. Pegunungan Alpen Barat ini terletak di Italia, Perancis, dan Swiss. Sementara itu, Pegunungan Alpen Timur memiliki rangkaian pegunungan yang memanjang dan berliku. Pegunungan Alpen Timur ini melintasi Austria, Jerman, Liechtenstein, Slovenia, Swiss, dan Italia.

Puncak tertinggi di Pegunungan Alpen Barat adalah Gunung Blanc a (Mont Blanc) yang memiliki ketinggian 4.808 m. Gunung Blanc ini pun merupakan puncak tertinggi dari keseluruhan Pegunungan Alpen. Sementara itu, puncak tertinggi di Pegunungan Alpen Timur adalah Piz Bernina (4.049 m), Dufourspitze (4.634 m), dan Ortler (3.905 m).

Gunung di Dunia, Pegunungan Andes

Salah satu rangkaian gunung di dunia yang terkenal adalah Pegunungan Andes. Pegunungan Andes adalah pegunungan terpanjang di dunia. Pegunungan ini membentuk rangkaian dataran tinggi sepanjang pantai barat Amerika Selatan.

Panjang pegunungan ini lebih dari 7.000 km, sedangkan lebar Pegunungan Andes sekitar 500 km. Sementara itu, ketinggian Pegunungan Andes rata-rata lebih dari 4.000 m. Pegunungan ini membentang melewati berbagai negara di kawasan Amerika Selatan, seperti Argentina, Bolivia, Chili, Kolombia, Ekuador, Peru, dan Venezuela.

Puncak tertinggi Pegunungan Andes adalah Aconcagua dengan ketinggian 6.962 m dpl (di atas permukaan laut). Soal ketinggian, Pegunungan Andes kalah dari Pegunungan Himalaya. Akan tetapi, untuk panjang dan lebar, Pegunungan Andes mengungguli Pegunungan Himalaya.

Speak Your Mind

*