Jambi TV dan Histeria Kota Beradat

Ilustrasi jambi tvBila melihat dunia pertelevisian di Indonesia, khususnya Jakarta dari kacamata film Si Pitung, Wiro Sableng, dan membludaknya film-film layar kaca sekitar era 1990-an, tentu saja saat ini kota yang lebih dikenal dengan kemacetannya ini sudah dipenuhi sesak oleh stasiun-stasiun televisi swasta dengan berbagai versi dan misi.

Kemungkinan sudah hampir ratusan jumlahnya. Demikian pula di propinsi-propinsi lain di sekitarnya, seperti Jawa Barat, Banten, Surabaya, Yogyakarta, dan pulau Bali yang dikenal dengan Bali TV, pasti masyarakat mereka sudah lama akrab dan bercengkrama dengan acara-acara menarik milik budaya mereka sendiri.

Lain halnya dengan propinsi Jambi, sejak zaman Belanda sudah melarikan diri, hingga zaman internet sudah menjajahi kota-kota besar, sekian lama pula masyarakatnya masih menjadi penonton setia acara-acara televisi dari luar budaya mereka, bahkan tak jarang hasil adopsi dari dunia Barat.

Alhasil masyarakatnya lebih hafal judul-judul sinetron daripada hal-ihwal kedaerahan milik mereka sendiri. Kemungkinan inilah yang membuat para pelaku pertelevisian di propinsi Jambi tak mau ketinggalan meluncurkan Jambi TV dengan semangat slogan “kebanggaan kito”.

Bisa dikatakan sukses, saat ini Jambi TV sudah hampir memasuki tahun ke 3 setelah mengudara untuk pertama kalinya pada awal Januari 2008. Kini, Jambi TV sudah mengudara hingga ke ruang-ruang sudut permukiman masyarakat Jambi. Tentu hal ini telah menciptakan histeria tersendiri bagi masyarakatnya dengan suguhan-suguhan acara yang menarik dari negeri mereka sendiri.

Jambi TV merupakan sebuah stasiun televisi swasta regional pertama di Provinsi Jambi. Berpusat di Gedung Graha Pena Jambi Independent, Jalan Jenderal Sudirman, No. 100, Kel. The Hok, Kec. Jambi Selatan.

Sesuai dengan usianya yang masih sangat muda, maka jangkauan siaran Jambi TV pun masih meliputi Kota Jambi, Kabupaten Muaro Jambi, Kabupaten Batanghari, dan daerah di sekitarnya. Saat ini Jambi TV melakukan siaran selama 14 jam, mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB.

Ada banyak program yang ditawarkan oleh Jambi TV. Walau berita masih mendominasi seluruh kwartal acara, tetapi seluruh siaran sudah hampir menaungi semua elemen masyarakat Jambi. Mulai dari masyarakat bisnis, politikus, hingga kontens remaja.

Seperti “Seputar Jambi”, Program berita utama Jambi TV yang disiarkan setiap hari pada pukul 19.00 WIB. Ini merupakan tontonan yang paling ditunggu-tunggu masyarakat Jambi yang haus informasi mengenai segala peristiwa daerahnya masing-masing.

“Detak Jambi”, yang disiarkan setiap hari pada pukul 12.30 WIB dan “K3 (Kaba Kampung Kito)”, yaitu program berita berbahasa Jambi yang disiarkan setiap hari pada pukul 15.00 WIB.

Di samping itu juga ada pula program Dialog Interaktif Jambi TV, LipSus, Bursa Niaga, Road To School, Total Sport Jambi TV, Mitos (Tah Iyo Tah Idak) hingga acara-acara hiburan, seperti Gelar Wayang Semalam Suntuk, Bintang Dangdut Jambi TV, Bintang Pop Jambi TV, Urband Band Jambi TV Competition 2010, dan masih banyak program jangka pendek lainnya.

Sebagai stasiun TV swasta pertama dan satu-satunya di Jambi (untuk saat ini) tentu masih banyak terdapat kekurangan di sana-sini. Seperti jam mengudara yang hanya pada pukul 10.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB setiap harinya, di tambah content siaran yang masih sederhana.

Namun demikian, paling tidak Jambi TV telah mendorong semangat kemajuan masyarakat propinsi Jambi untuk bersaing dalam membangun peradaban yang lebih baik.

Speak Your Mind

*