Jangan Gunakan Obat Jerawat Badan! Lakukan Penyembuhan dengan Cara Alami

Obat jerawat badan merupakan salah satu obat yang banyak dicari oleh mereka yang memiliki jerawat di badan, terutama pada bagian punggung, lengan maupun pantat. Sayangnya, obat untuk jerawat badan ini ada yang baik dan ada juga yang tidak baik. Jika salah obat, justru akan menimbulkan infeksi pada kulit. Lalu apa solusinya?

Obat pada dasarnya bukanlah alternatif terbaik dalam penyembuhan jerwat badan. Ada alternatif lain yang bisa digunakan, salah satunya adalah pengobatan secara alami. Bagaimana caranya? Sebelum membahas lebih lanjut tentang hal ini, simak terlebih dahulu pembahasan tentang jerawat badan ini.

Tentang Jerawat Badan dan Obat Jerawat Badan

Jerawat ternyata tidak hanya muncul pada bagian wajah. Jerawat bisa muncul pula pada bagian badan. Umumnya terjadi pada bagian punggung, lengan, maupun bagian pantat. Istilah untuk jerawat badan ini biasanya disebut back acne atau backne. Bentuk jerawat badan ini beragam. Ada yang bentuknya berupa benjol berwarna hitam, butiran kecil, atau ada juga yang berbentuk menyerupai kista. Jerwatat badan ini biasanya terasa menyakitkan. Rasa sakitnya bisa melebihi dari jerawat biasa. Hal ini dipicu karena jerawat badan lebih banyak mengenai pori-pori dibanding dengan bagian wajah.

Jerawat badan ini kemunculannya masih menjadi misteri. Namun para ahli kesehatan dan kecantikan berasumsi bahwa ada beberapa faktor mengapa jerawat ini bisa muncul pada bagian tubuh. Setidaknya menurut para ahli, ada tiga penyebab atau tiga faktor mengapa jerawat bisa muncul selain di bagian wajah.

Faktor pertama adalah siklus pengelupasan kulit. Siklus ini terjadi dengan cara yang tidak sama pada setiap manusia. Kadang kala dalam prosesnya terdapat gangguan sehingga menyebabkan tersumbatnya kelenjar kulit. Hal inilah yang kemudian memicu datangnya jerawat. Faktor kedua adalah bakteri. Bakteri ini akan menyerang manusia jika kulitnya kotor. Akibatnya bakteri akan beraksi yang memicu timbulnya jerawat.

Faktor terakhir adalah kelenjar minyak yang diproduksi kulit tergolong berlebihan. Akibatnya kelenjar minyak ini memicu timbulnya jerawat. Terlepas dari ketiga faktor ini, jerawat pada badan pun bisa muncul akibat pubertas seperti halnya jerawat yang muncul pada bagian wajah.

Cara Mengatasi Jerawat Badan

Jerawat badan sebenarnya bisa diantispasi kedatangannya. Daripada mengobati dengan obat jerawat badan yang memiliki efek samping, akan lebih baik mengantisipasinya terlebih dahulu. Antisipasi tersebut di antaranya adalah dengan cara sering mengganti baju saat berkeringat. Selain itu, konsumsi asupan antibiotik pun merupakan langkah yang cukup baik dalam menangani datangnya jerawat badan.

Untuk urusan pakaian, selain sering mengganti pakaian yang telah terkena keringat, penggunaan pakaian yang longgar serta berbahan lembut sangat disarankan. Hal ini dilakukan untuk menghindari gesekan pakaian yang bisa merusak kulit. Selain antisipasi tersebut, konsultasi dengan dokter kulit pun menjadi sesuatu yang sangat baik untuk dilakukan.

Penggunaan Bahan Alami untuk Menghilangkan Jerawat di Punggung dan Dada

Jika jerawat badan sudah menyerang, jangan mencoba dulu obat jerawat badan. Cobalah terlebih dahulu pencegahan menggunakan bahan alami. Pencegahan ini juga bisa merupakan suatu terapi yang cukup baik untuk kesehatan kulit. Apa sajakah bahan-bahan yang cukup ampuh dalam mengatasi penyakit kulit ini? Berikut penjelasannya.

1. Penggunaan Bagian Putih Telur

Telur adalah salah satu bahan alami yang memiliki manfaat besar dalam menghilangkan jerwat, terutama bagian putih telur. Bagian ini memiliki khasiat tinggi dalam mengilangkan jerawat di badan. Caranya adalah dengan mengoleskan putih telur pada bagian badan yang berjerawat, dalam hal ini adalah bagian punggung. Ingat, hanya putih telur yang dioleskan. Setelah dioles, biarkan sampai seperempat jam atau paling lama 20 menit. Jika sudah selesai, bilaslah dengan air. Pemakaian putih telur ini akan sangat baik dilakukan dua kali seminggu.

2. Campuran Lemon dan Air Mawar

Campuran kedua bahan ini cukup ampuh menghilangkan jerawat, baik di badan maupun di wajah. Cara penggunaanya cukup mudah. Pertama buatlah jus lemon kemudian campurlah jus tersebut dengan air mawar. Setelah itu, oleskanlah pada bagian yang berjerawat. Tunggulah beberapa lama dan bilaslah dengan air.

3. Menggunakan Bubur Tomat

Bubut tomat merupakan tomat yang sudah diblender sehalus mungkin. Cara penggunaannya pun tergolong mudah. Bilaskan bubur tomat ini, diamkan sejenak setelah itu baru bilas dengan air. Untuk penggunaan tomat, bisa dilakukan setiap hari untuk hasil yang lebih baik.

4. Kulit Jeruk Campur Susu

Penggunaan obat badan jerawat sebenarnya tidaklah mutlak salah. Hanya saja akan lebih baik dengan menggunakan bahan alami seperti halnya kulit jeruk. Kulit jeruk yang telah direndam dengan air dan sudah digiling bisa membuat jerawat cepat hilang. Hanya saja bahan ini perlu dicampur dengan susu. Setelah dicampur, oleskan pada bagian punggung yang berjerawat. Tunggu hingga 15-20 menit. Setelah itu, baru bilaslah dengan air selama 15-20 menit. Lakukanlah langkah ini paling sedikit dua kali seminggu agar jerawat di badan cepat menghilang.

Itulah beberapa bahan alamiah yang mampu menghilangkah jerawat badan atau back acne. Perlu diketahui bahwa penggunaan alami ini sangat disarankan jika dibanding dengan penggunaan obat jerawat badan. Namun jika memang ingin menggunakan obat tersebut dan tertarik menggunakan bahan alami, sebaiknya pilihlah obat untuk jerawat badan yang tanpa efek samping. Bila perlu konsultasikanlah dengan dokter kulit untuk hal yang satu ini. Mengingat tidak semua obat bisa cocok dengan kulit, maka hal tersebut perlu diperhatikan.

Cara Lain Menghilangkan Jerawat Badan

Sebenarnya, masih ada penggunaan lain yang lebih aman jika tidak ingin menggunakan bahan alami dan lebih ingin menggunakan semacam obat untuk penyembuhan. Hal yang dimaksud adalah penggunaan asam salisilat dan aspirin. Kedua jenis ini sudah terbukti ampuh menghilangkan jerawat. Berikut dijelaskan cara penggunaaanya.

1. Penggunaan Asam Salisilat

Selain buah-buahan, asam salisilat juga sangat baik untuk penyembuhan jerawat. Untuk penggunaannya, asam salisilat ini tidak dioles seperti halnya buah-buahan. Penggunaan asam salisilat ini dipakai saat sedang mandi. Caranya adalah mencampurkan air mandi dan asam salisilat dengan kandungan 1,25%. Penggunaan bahan ini ternyata memiliki efek untuk mengurangi minyak yang berlebih pada badan yang menjadi pemicu jerawat.

2. Penggunaan Obat Aspirin

Aspirin ternyata cukup ampuh dalam menghilangkan jerawat. Obat yang biasa digunakan untuk menyembuhkan sakit kepala ini disinyalir merupakan  obat  yang mampu menghindari terjadinya pori-pori yang tersumbat. Namun tentu saja obat ini tidak digunakan dengan cara meminumnya. Cara yang benar dalam penggunaaanya adalah dengan menghaluskannya terlebih dahulu. Setelah dihaluskan, diamkanlah selama 10 sampai 15 menit. Setelah selesai, bersihkanlah dengan air hangat.

Dibanding dengan penggunaan obat jerawat badan, cara-cara yang sudah dijelaskan di atas, terbukti ampuh dalam membasmi jerwat di sekujur badan. Cara alami ini pun tidak memiliki efek samping seperti penggunaan obat. Demikianlah penjelasan tentang jerawat badan dan cara pengobatannya ini. Semoga membantu.

Speak Your Mind

*