Jenis Minuman Untuk Remaja – Berhati-hatilah Memilih Jenis Minuman!

Ilustrasi jenis minumanJenis minuman  pasti sangat akrab di kalangan remaja. Mereka minum bukan lagi karena sebagai pemenuhan terhadap rasa haus yang dirasakan, tapi juga gaya hidup. Salahnya, ada beberapa jenis minuman yang justru tidak baik bagi kesehatan. Dan yang lebih menyedihkan adalah mereka tidak menyadari hal tersebut.

Tubuh sehat dan bugar pasti menjadi nilai tambah penampilan setiap remaja. Kebugaran ternyata bisa didapatkan dengan cara sederhana, salah satunya adalah cukup mengkonsumsi cairan. Jika jenis minuman yang dikonsumsi tepat, maka kebugaran yang akan didapat, tetapi apa jadinya jika jenis minuman yang dikonsumsi justru membawa dampak buruk bagi kesehatan?

Remaja adalah masa dalam hidup manusia yang penuh dengan berbagai rasa. Rasa ingin tahu, penasaran, rasa merasa dirinya paling hebat, dan rasa bahwa kaumnya adalah penguasa dunia. Rasa-rasa itulah yang kadang justru membuat para remaja tidak terlalu memperhatikan dirinya sendiri. Jenis makanan dan jenis minuman masuk dengan bebas tanpa dipikirkan terlebih dahulu apa manfaatnya untuk tubuh.

Padahal, asupan tersebut sangat penting bagi pertumbuhannya. Akibatnya, seringkali kita melihat anak remaja berbadan kurus kering, pertumbuhan terhambat dan prestasi menurun. Hal-hal tersebut merupakan sekilas gambaran tentang kurangnya asupan berbagai jenis makanan dan jenis minuman yang bermanfaat bagi tubuh.

Jenis Minuman – Pengaruh Terhadap Cairan Tubuh

Kebugaran dan kesehatan tubuh seseorang sangat dipengaruhi jumlah cairan tubuhnya. Cairan dalam tubuh manusia mempunyai persentase yang tinggi, yaitu hampir 75 persen dari berat badan seseorang. Kegunaan cairan tubuh adalah untuk membantu melakukan metabolisme di seluruh bagian tubuh. Aneka jenis minuman bereran besar dalam pembentukan cairan dalam tubuh manusia.

Sumber asupan cairan tubuh bisa berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Selain itu, juga dapat berasal dari hasil metabolisme karbohidrat. Juga mendapatkan pengaruh dari jenis minuman yang dikonsumsi.

Selain memerlukan cairan, tubuh juga mengeluarkan cairan. Sumber pengeluaran cairan tubuh seseorang antara lain melalui paru-paru (proses pernapasan), penguapan lewat kulit (termasuk berkeringat), melalui kotoran buang air besar, dan air kencing. Keseimbangan cairan masuk dan keluar tubuh inilah yang turut mempengaruhi kebugaran tubuh.

Oleh sebab itu, konsumsilah air minum sebaiknya minimal 8 (delapan) gelas per hari. Karena sesungguhnya, jenis minuman yang paling baik untuk tubuh manusia adalah air putih. Jika Anda tidak menyukai air putih karena rasanya yang hambar, maka pintar-pintarlah memilih jenis minuman lain.

Jenis Minuman Sehat untuk Remaja

Mengetahui pentingnya minuman bagi pertumbuhan remaja, berikut ini contoh beberapa sumber cairan yang bisa diasup remaja di masa aktifnya bisa didapat dari beraneka jenis minuman.

Jenis minuman memang cukup akrab di kalangan remaja. Kemanapun Anda lihat, sebagian besar remaja pasti tengah menenteng botol minuman. Entah memang karena trend atau memang haus. Hal ini diimbangi dengan maraknya berbagai jenis minuman kemasan yang praktis dan bisa didapatkan di manapun dengan harga yang cukup murah.

Remaja yang memiliki segudang kesibukan pasti lebih sering mengeluarkan keringat. Stamina pun harus tetap terjaga agar semua aktivitas berjalan dengan baik. Takheran jika mereka juga cukup akrab dengan berbagai jenis minuman kemasan.

1. Jenis Minuman Sehat untuk Remaja – Air Putih

Jenis minuman yang paling mudah dan murah untuk dikonsumsi tentu saja air putih yang telah dimasak matang dan bersih. Direktorat Jenderal Pembinaan Kesehatan Masyarakat menegaskan bahwa meminum air putih bersih adalah salah satu dari menu gizi seimbang dan menunjang kesehatan.

Jenis minuman ini baik untuk menjaga stabilitas kondisi tubuh. Meminumnya secara rutin minimal 8 gelas setiap hari dapat membuat tubuh menjadi segar, tidak mudah sakit, dan dapat membuat kulit wajah menjadi halus. Cocok untuk remaja putri yang memiliki banyak jerawat karena pubertas.

2. Jenis Minuman Sehat untuk Remaja – Susu

Siapa yang meragukan manfaat dari jenis minuman yang satu ini? Selain menambah cairan tubuh, susu sebagai sumber protein hewani (susu sapi) atau protein nabati (susu kedelai) bermanfaat untuk pertumbuhan sel-sel organ dan kekebalan tubuh.

Kekurangan protein akan meningkatkan risiko kerontokan rambut dan kondisi tubuh sakit-sakitan. Hal tersebut tentu tidak ingin terjadi pada remaja Anda, bukan?

Bagi sebagian remaja, mengonsumsi jenis minuman yang satu ini mungkin enggak banget. Malu atau gengsi karena menganggap susu hanya cocok untuk anak balita adalah alasan mendasar. Padahal, jenis minuman berwarna putih alami ini sangat baik untuk kesehatan tulang.

3. Jenis Minuman Sehat untuk Remaja – Jus

Jenis minuman yang satu ini uga cukup akrab di kalangan masyarakat, bukan hanya remaja. Jus (juice) adalah minuman yang dibuat dari bahan buah-buahan atau sayur, dengan cara dihaluskan dengan blender ataupun juice-processor. Sehingga, menjadi cairan yang dapat diminum.

Kandungan gizi dalam ekstrak cairan buah dan sayur ini sangat bermanfaat bagi sistem pencernaan dan penyerapan zat gizi. Berbeda dengan susu, minuman yang satu ini sepertinya cukup digemari oleh remaja. Dengan syarat jangan terlalu banyak mengonsumsi jus buah datau sayur dalam kemasan. Pilihlah yang alami.

Jenis Minuman yang Akrab Tapi Tidak Sehat Bagi Remaja

Tak semua jenis minuman membawa manfaat bagi tubuh. Ada beberapa jenis minuman yang sebaiknya dihindari oleh remaja. Dan sialnya, jenis minuman seperti ini justru yang menjadi kegemaran bagi sebagian besar remaja.

1. Jenis Minuman Tidak Sehat – Minuman Beralkohol

Jenis minuman ini jelas tidak baik bagi kesehatan manusia. Mengkonsumsi minuman beralkohol bisa berdampak pada fungsi hati dan organ tubuh. Serta, bila dikonsumsi dalam waktu lama, akan menyebabkan sirosis hati. Sayangkan jika masih muda tetapi fungsi organ vital sudah tidak bisa berjalan dengan baik?

Pada remaja putri, konsumsi alkohol dapat mengganggu sistem reproduksi nantinya. Selain berakibat buruk pada kesehatan fisik, pengaruh alkohol juga mengganggu secara psikologis. Jenis minuman yang satu ini benar-benar merusak kesehatan.

Konsentrasi belajar dan bekerja kaum remaja menjadi menurun, interaksi sosial akan terbatas pada kelompok peminum yang sama. Jadi, hindari minuman beralkohol sedari awal, sebelum terlambat. Jauhkan jenis minuman ini dari pergaulan anak-anak Anda.

2. Jenis Minuman Tidak Sehat – Soft Drink

Jenis minuman yang satu ini sepertinya merupakan jenis minuman paling akrab bagi kalangan remaja. Istilah soft drink digunakan untuk menyebut minuman berkarbonasi dalam kemasan (kaleng atau gelas). Produk minuman seperti ini sudah tak asing lagi di kalangan remaja. Ada baiknya remaja pun tahu, kandungan soft drink.

Kandungan gula dalam jenis minuman ini tinggi. Dengan tingkat keasaman (pH) sekitar 3,4 yang berarti berisiko menggerogoti tulang dan gigi jika dikonsumsi terus-menerus dan dalam jangka waktu lama. Selain itu, kandungan gula yang tinggi dalam soft drink membuat proses penyerapannya membutuhkan banyak air. Sehingga, justru tubuh kita menjadi kekurangan cairan.

3. jenis Minuman Tidak Sehat – Minuman Berenergi (Energy Drink)

Beraneka ragam produk jenis minuman berenergi yang disebutkan dapat meningkatkan stamina banyak dijumpai di sekitar kita. Kandungan minuman ini sebenarnya mirip dengan suplemen berbentuk pil, kapsul, dll., yaitu seperti multivitamin, taurin, gula (sukrosa), kafein, dan di beberapa produk dikombinasikan dengan bahan herbal seperti ginseng.

Salah satu yang perlu diperhatikan dalam minuman berenergi adalah kandungan kafein. Mengkonsumsinya dalam jangka waktu berkepanjangan dan berlebihan dapat berisiko mempengaruhi kerja jantung, tensi darah, hingga gangguan hati. Sudah dapat dipastikan bahwa hal ini sangat berbahaya bagi remaja.

Di Amerika, hasil penelitian tentang hubungan konsumsi minuman berenergi secara rutin dan berlebihan, dengan perilaku remaja, menunjukkan bahwa jenis minuman ini bisa menyebabkan tindakan agresif seperti penyalahgunaan obat serta tindak kriminal.

Lagipula secara logika, remaja belum terlalu membutuhkan jenis minuman seperti ini. Toh, stok tenaganya juga masih banyak. Masa masih mudah sudah loyo?

Speak Your Mind

*