Jerawat Dan Remaja

Ilustrasi Jerawat RemajaJerawat setiap saat bulan adalah penyebab sakit kepala para remaha, bagaimanapun, jerawat menjadi lebih dari sakit kepala, ketika kita mengamati jerawat bermunculan pada interval reguler di bulan. Jika kita harus melihat itu, jerawat merupakan salah satu masalah kulit paling umum yang mempengaruhi populasi besar di seluruh dunia.

Remaja muda yang sebagian besar terpengaruh olehnya. Jika analisis harus dilakukan ketika tidak jerawat biasanya membuat penampilan, terutama dalam kasus anak perempuan, hanya sebelum siklus mens mereka. Penyebab jerawat sebelum dan selama menstruasi berkaitan dengan fluktuasi hormon, yang umum selama waktu tersebut.

Karena fluktuasi hormon, kelenjar sebaceous dirangsang, yang pada gilirannya menghasilkan minyak berlebih yang dikeluarkan pada kulit. Sekresi tambahan hasil minyak dalam pembentukan jerawat dan wabahnya.

Fakta yang harus diketahui: jerawat remaja itu jelek. Apalagi jika tumbuh subur di wajah remaja. Karena itulah jerawat selalu menjadi mimpi buruk pada remaja karena mereka menjadi tidak percaya diri dan menghindari pergaulan.

Remaja akan merasa malu untuk keluar rumah dengan wajah yang berjerawat. Apalagi jika tumbuh satu jerawat, akan muncul jerawat lain saling bersusulan.

Jika sudah mulai merebak, para remaja akan panik dan mulai mencari berbagai macam obat jerawat yang diharapkan dapat melenyapkan jerawat mereka dalam sekejap.

Terkadang, jerawat malah membuat para remaja frustasi dan depresi, yang justru malah akan menambah pertumbuhan jerawat. Penampilan yang diganggu oleh jerawat akan menurunkan rasa percaya diri remaja. Mereka akan mati-matian berusaha menyembuhkan jerawat dan tidak ingin jerawat balik lagi merusak wajah.

Jerawat memang bukan gangguan pada kulit yang biasa. Karena dengan munculnya jerawat juga sebagai tanda seseorang memasuki masa remaja. Menurut hasil survey, tiga dari empat remaja memiliki sejumlah jerawat.

Karena Tidak Terhindarkan

Hal ini memang disebabkan oleh pubertas yang mereka alami. Dengan adanya pubertas ini, tubuh pun bereaksi dalam perpindahan dari anak-anak menjadi lebih dewasa. Sehingga akan terjadi perubahan hormon selama masa pubertas ini yang mengakibatkan kelenjar penghasil minyak terangsang untuk memproduksi minyak lebih banyak.

Kelenjar minyak tersebut akan mengeluarkan lemak yang disebut sebum dan jika berlebihan serta terkena debu dan bakteri, akan menimbulkan jerawat. Sehingga, sebenarnya remaja tidak perlu sampai frustasi dan depresi apalagi bunuh diri hanya karena munculnya jerawat. Karena munculnya jerawat memang merupakan siklus yang wajar dari pertumbuhan dan pubertas.

Kulit kita memiliki pori-pori yang terdapat rambut dan kelenjar minyak. Dalam keadaan normal, kelenjar minyak ini berfungsi sebagai pelumas untuk menyingkirkan sel kulit mati yang timbul karena siklus. Namun pada remaja, seringkali kelenjar minyak tersebut diproduksi berlebihan akibat pengaruh hormon yang tidak stabil.

Dengan banyaknya sebun dan minyak yang muncul akan mengakibatkan penumpukan bakteri, kotoran, dan minyak yang akhirnya menyumbat pori-pori dan timbullah jerawat. Penyumbatan pori-pori ini ada yang berwarna putih dan biasa disebut whiteheads, yaitu ketika pori-pori tersumbat karena tidak memiliki bukaan.

Ada juga penyumbatan berwarna hitam  yang disebut blackheads, yaitu ketika pori-pori terbuka dan permukaan gelap karena debu atau bakteri. Jika jerawat tersebut pecah, akan tampak cairan yang sebenarnya adalah minyak dan bakteri.

Faktor Penyebab

Penyebab utama timbulnya jerawat bisa dikategorikan menjadi 3 faktor. Produksi minyak yang berlebih, bakteri, dan pengelupasan sel kulit mati. Agar wajah tidak sering dihinggapi bakteri, cucilah wajah dengan sabun anti bakteri secara teratur. Sehingga bakteri akan jarang muncul di wajah dan sel kulit mati lebih mudah luntur.

Untuk mengendalikan minyak berlebih, sebaiknya para remaja rajin mengkonsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung air sehingga dapat menetralisir produksi minyak. Sering-sering minum air putih juga baik untuk meredakan jerawat dari dalam tubuh dan untuk kesehatan kulit. Hindari makanan yang berminyak.

Untuk produk kosmetik, jangan gunakan kosmetik yang berbahan dasar minyak. Hindari kosmetik berat yang justru makin menutup pori-pori. Rambut Anda pun harus dijaga agar selalu bersih dan tidak menutupi wajah.

Secara umum, jerawat adalah suatu keadaan yang memang lumrah terjadi pada usia remaja. Karena pada akhirnya, jerawat akan hilang dengan sendirinya. Yang perlu Anda lakukan hanya menjaga kebersihan diri dan supply makanan yang cukup. Selain itu, dalam mengobati jerawat tidak ada yang instan.

Anda harus sabar dalam mengatasinya. Namun jika jerawat yang Anda derita sudah lama menetap dan terus menerus meradang, segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit agar tidak terjadi kerusakan kulit yang lebih lanjut.

Tips untuk Mencegah Jerawat Sebelum Periode Menstruasi

Remaja harus rajin dengan langkah-langkah pencegahan dibanding pengobatan, karena kulit remaja aset setidaknya selama beberapa puluh tahun ke depan. Ada beberapa obat untuk jerawat selama periode mens, yang dapat membuktikan untuk bisa membantu, dalam kasus wabah jerawat. Terakhir namun tidak sedikit, saya ingin membawanya ke pemberitahuan Anda, bahwa wabah jerawat remaja adalah fenomena biasa, dan Anda tidak harus ditekankan tentang hal itu.

1. Kelola Stres Untuk mencegah jerawat sebelum menstruasi ukuran pertama adalah untuk menenangkan diri ke bawah. Hal ini terlihat bahwa stres yang disebabkan sebelum timbulnya periode adalah salah satu penyebab utama jerawat.

Oleh karena itu, satu akan harus membuat satu yakin tidak stres. Langkah-langkah sederhana seperti meditasi, yoga, beberapa bentuk latihan, atau bahkan mandi santai, bisa membuktikan menjadi busters stres besar.

Anda juga dapat memilih untuk mengambil aktivitas apapun, yang Anda cintai, untuk menyingkirkan stres. Jika diperlukan, Anda dapat mengunjungi sauna atau spa untuk mendapatkan pijat santai.

2. Jaga Kulit Bersih Hari-hari sebelum periode mens terasa danya sekresi minyak berlebih, yang menyebabkan pori-pori kulit menjadi tersumbat. Hal ini pada gilirannya menyebabkan peradangan. Oleh karena itu, salah satu harus mengambil langkah-langkah untuk mencegah pori-pori dari yang tersumbat.

Sangat penting untuk memiliki rutinitas perawatan kulit yang sehat. Anda mungkin harus mencuci wajah Anda secara berkala, sehingga sekresi tambahan tidak menyumbat pori-pori. Menggunakan produk perawatan kulit berbasis air sering terbukti sangat membantu juga.

Poin ini penting, mengingat sepanjang waktu, jangan menggosok kulit terlalu keras, karena akan mengiritasi kulit. Pada saat yang sama, juga dapat overstimulate kelenjar sebaceous dan menyebabkan pori-pori untuk menyumbat.

3. Diet Sehat Bukankah kita pernah mendengar manfaat dari mengikuti diet yang sehat? Tapi, lebih sering daripada tidak kita cenderung melupakan nasihat. Namun, untuk mencegah jerawat selama menstruasi dan menjelang menstruasi, Anda harus memastikan diet Anda memang sehat. Cara terbaik adalah untuk tetap berpegang pada makanan segar dan alami.

Menghilangkan daging merah dari diet terbukti sangat membantu selama periode tersebut. Juga lumayan menjauh dari karbohidrat sederhana dan makanan yang kaya lemak trans dianjurkan. Makanan alami memastikan kulit bebas jerawat dan sehat. Anda harus memastikan bahwa diet kaya akan nutrisi yang berbeda seperti vitamin, mineral.

4. Air Sebagian besar dari kita meremehkan pentingnya air minum. Untuk mencegah wabah jerawat setiap saat bulan, penting untuk menjaga kulit terhidrasi dengan baik. Jika Anda adalah tipe orang yang minum air hanya ketika Anda haus, maka ini adalah kebiasaan yang harus Anda ubah.

Bila Anda haus, itu adalah tanda yang jelas, bahwa Anda sudah mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, minum seteguk atau dua setelah setiap beberapa menit merupakan kebiasaan, yang harus di coba.

5. Olahraga Berolahraga secara teratur dianjurkan untuk mencegah jerawat. Ini membantu dalam sirkulasi darah yang lebih baik, yang pada gilirannya mengurangi insiden jerawat. Ada lagi keuntungan dari olah raga secara teratur, yakni tertutupnya pori-pori kulit, yang sering menjadi penyebab utama dari pembentukan jerawat.

Speak Your Mind

*