Jus Buah-Buahan yang Segar dan Sehat

Jus buah-buahan sekarang ini menjadi minuman yang tidak kalah populernya dengan minuman soda bermerek atau air mineral kemasan. Buktinya, betapa menjamurnya bisnis jus di tepi-tepi jalan. Peminatnya tidak sedikit. Ya, jus memang minuman menyehatkan.

 

Bisnis jus buah yang semakin marak sekarang, menambah kemudahan kita untuk mendapatkan jus setiap hari. Daripada ribet untuk membuatnya sendiri di rumah, lebih baik tinggal pesan dan bawa pulang untuk dinikmati sembari jalan-jalan santai. Bahkan bisnis ini sudah ada di daerah pedesaan yang cukup terpencil. Ya, dimana-mana dapat ditemui kedai jus buah baik itu berupa outlet atau sekedar warung yang menyediakan minuman jus menyehatkan tubuh ini.

Buah-buahan adalah merupakan sumber vitamin yang dibutuhkan tubuh kita agar selalu segar. Para ahli kesehatan menyebutkan bahwa buah wajib kita konsumsi setiap hari karena kandungan seratnya membantu proses pencernaan. Sebaik-baiknya jus adalah yang segar, yang Anda sendiri pun dapat membuatnya.

Tips tentang Jus Buah

Ada beberapa tips penting dari dra. Emma SW, Msc. sehubungan dengan jus buah:

1. Seleksi kualitas buah yang akan digunakan

Selalu pilih buah yang masih segar dan matang agar jus yang dihasilkan lebih enak dan bermanfaat bagi tubuh. Untuk memilih buah yang segar di pasar atau supermarket tentu ada triknya sendiri. Untuk di supermarket lebih gampang dalam mendapatkan buah yang segar, karena pembeli langsung dapat melihat dan mengamati buah yang akan dibeli. Terkadang seseorang di supermarket yang besar mempunyai kebiasaan terburu-buru, disebabkan oleh rasa ingin tahu barang-barang apa saja yang baru dan didiskon pada bulan ini. Hingga berbelanja menjadi tidak terlalu fokus.

Perhatikan buah yang akan dipinang, apakah masih segar atau sudah tampak layu? Bila tampak layu sebaiknya jangan sampai dibawa pulang karena manfaat dan kandungan gizi dalam buah telah banyak berkurang. Untuk membantu memilih buah yang segar dapat kita meminta bantuan kepada orang-orang yang sudah berpengalaman dalam urusan pembelian buah. Ajaklah anggota keluarga seperti ibu atau bibi yang mempunyai waktu luang, waktu berbelanja juga akan merekatkan hubungan keluarga dengan beliau.

2. Minum langsung jus setelah jadi

Selesai dibuat, jus sebaiknya langsung diminum sebelum kandungan vitamin yang terdapat dalam buah rusak akibat cahaya maupun panas. Seringkali ditemui para pembeli yang membutuhkan waktu lama untuk menghabiskan jus yang sudah dipegangnya. Entah karena memang gaya minumnya seperti itu, tetapi dari tinjauan keilmuan cara seperti ini akan mengakibatkan seseorang kehilangan kandungan vitamin yang ada dalam buah.

4. Jika suka dengan yang manis, tambahkan madu atau gula merah.

Bagi yang tidak terlalu suka dengan rasa asam bisa menambahkan madu ataupun gula merah. Madu dan gula merah dipilih karena kandungan gula dan kalori yang ada pada kedua pemanis ini tidak sebesar yang dipunyai oleh gula pasir. Madu akan menambah kesehatan tubuh bila dikonsumsi secara rutin bersama jus buah. Selain rasanya yang semakin enak, berbagai manfaat madu juga baik untuk kesehatan berbagai organ tubuh seperti kulit, mata dan rambut.

Setiap kali membeli jus di luar, baik itu itu di kedai jus ataupun warung upayakan untuk mengamati cara pembuatan jus yang dipesan. Semakin higienis dan rapi tatanan kedainya maka bisa dijadikan pilihan utama untuk berlangganan. Kalau berani tanyakan kepada penjual apakah memakai gula asli atau tidak, takutnya beberapa kedai jus yang ada menggunakan pemanis dalam pembuatan jusnya. Bukannya sehat yang diperoleh nantinya, tetapi penyakit seperti batuk-batuk, pusing atau sakit perut.

5. Menjaga warna agar tetap cemerlang

Anda bisa menambahkan jeruk nipis atau lemon pada jus yang baru Anda buat. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, ini akan meningkatkan keberhasilan diet dengan makanan jus setiap hari. Vitamin C juga bermanfaat banyak bagi tubuh kita, terutama dalam menjaga keseimbangan dan pemulihan berbagai sel yang rusak.

Manfaat Jus Buah

Buah-buahan memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Buah-buahan adalah jenis makanan yang dapat langsung dimakan atau bisa juga diolah, misalnya menjadi kripik, manisan, atau jus.

Bagi Anda yang sudah menjadikan minum jus sebagai gaya hidup, itu adalah pilihan yang tepat. Anda dapat menghabiskan sebutir apel dalam waktu sekejap jika diolah menjadi jus. Bahkan, Anda bisa menghabiskan 2–3 buah sekaligus dalam satu waktu.

Adapun manfaat jus adalah sebagai berikut:

1. Membantu pertahanan tubuh agar tidak cepat sakit

Konsumsi makanan yang masuk dalam tubuh harus berimbang, yaitu memperhatikan berbagai kebutuhan tubuh seperti vitamin, mineral, kalsium, kalori dan lain-lain. Di era yang semakin cepat ini, banyak didapatkan berbagai produk makanan yang cepat saji. Tentu umumnya makanan yang cepat saji atau isntan tersebut mengandung kalori yang tinggi dan serat yang tidak banyak. Karena memang sayuran jarang menjadi menu makanan cepat saji.

Mengatasi kekurangan vitamin dan serat dapat memanfaatkan jus sebagai pengimbangnya. Dengan begitu tubuh tidak akan kekurangan zat yang diperlukannya dalam menjaga keseimbangan berbagai organ.

2. Mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh

Banyak penelitian yang menyimpulkan bahwa kolesterol dapat dilawan dengan makanan yang bersumber dari nabati. Salah satu adakah jenis buah-buahan. Menghilangkan kolesterol yang melekat pada tubuh memang pekerjaan yang tidak gampang, diperlukan olahraga yang rutin serta pola makan yang benar dan sehat.

Konsumsilah jus setiap hari untuk melawan kolesterol dalam tubuh. Untuk mengatasi kebosanan, Anda dapat mengatur jadwal jus setiap harinya agar enak di lidah.

3. Menjaga pencernaan dari gangguan akibat kurang serat

Serat didapatkan dari makanan dari nabati seperti roti, nasi, sayuran dan buah. Dengan meminum jus buah setiap hari akan memastikan jumlah serat yang masuk tubuh terpenuhi dengan baik.

4. Mencegah kanker dengan kandungan antioksidan dalam buah

Buah apel misalnya yang dipercaya sebagai buah dengan kandungan antioksidan yang baik dapat menjadu menu jus kita setiap beberapa hari sekali.

5. Mempercepat proses pemulihan

Bila sedang mengalami sakit, dokter atau ahli medis tentu menyarankan kita untuk rutin memakan buah dan sayuran. Karena dari kedua bahan makanan tersebut dapat memulihkan tubuh dengan cepat setelah masa sakit.

6. Menjaga kulit tetap kencang dan awet muda

Banyak wanita dan kaum mudi yang percaya bahwa jus buah-buahan dapat mengencangkan kulit dan menghambat keriput muncul di kulit, terutama pada wajah. Kalau dipikirkan masuk akal juga karena jus buah mengandung berbagai vitamin, mineral, antioksidan yang berguna untuk menjaga dan mengganti sel yang rusak pada jaringan kulit.

Macam-Macam Jus Buah

Jus Apel

Apel memiliki beberapa jenis, yaitu apel Malang, Fuji, granny smith, pink lady, golden delicious, gala, dan red delicious. Jus apel berfungsi untuk menaikkan selera makan, mengendalikan gula dan tekanan dalam darah, dan membantu proses detoksifikasi (pembersihan racun) dalam darah.

Jus Alpukat

Jus alpukat bermanfaat dalam menurunkan risiko serangan jantung dan stroke, melembapkan dan mengencangkan kulit, mencegah anemia, dan membantu proses pembentukan sel darah merah.

Jus Tomat

Tomat memiliki beberapa jenis, yaitu gondola (untuk dibuat saus), tomat sayur, cheri, dan granola (tomat buah yang bisa langsung dimakan). Manfaat jus tomat adalah menjaga stamina, menaikkan fungsi hati dan empedu, serta mengendalikan kadar gula darah.

Belimbing

Belimbing dapat membantu menyembuhkan infeksi mulut dan tenggorokan, mengatasi terjadinya kencing batu (jika dicampur madu), menurunkan tekanan darah, dan mengobati sariawan.

Speak Your Mind

*