Jus Timun untuk Kesehatan Tubuh

Ilustrasi manfaat jus timunTimun adalah jenis sayuran yang sangat murah. Anda pun dapat dengan mudah mendapatkannya, dimanapun dan kapanpun selama anda masih berada dalam supermarket atau pasar, Anda bisa mendapatkannya.

Tahukah Anda, bahwa sayuran yang mudah didapat ini mempunyai khasiat yang luar biasa untuk tubuh?

Timun dikenal sebagai buah terbaik selama musim kemarau. Ini adalah bahan yang paling penting dalam resep salad selagi panas panas. Banyak orang juga menikmati makan timun mentah. Ini memiliki efek sejuk dan menenangkan yang besar selama cuaca panas.

Terlepas dari ini, timun memiliki sejumlah manfaat kesehatan lainnya. Timun memiliki sekitar 90% kadar air dan berfungsi sebagai diuretik yang besar. Timun untuk kulit bekerja keajaiban dan dianggap sebagai elemen penting dari nilai dan fakta nutrisi untuk kulit.

Timun ini dari asalnya milik keluarga labu bersama dengan buah-buahan lainnya seperti labu dan melon. Nama ilmiah Cucumis sativus timun adalah. Buah ini kira-kira berbentuk silinder dengan ujung meruncing.

Ada spesies yang berbeda dari timun yang berbeda dalam ukuran dan bentuk. Tapi konstituen dasar mereka tetap sama. Ketimun merupakan sumber vitamin C, Vitamin E dan mineral banyak seperti kalium, kalsium fosfor, dan magnesium. Isinya ini dikenal dengan  segala jenis zat dari calories anti-inflamasi. Dan manfaatnya begitu jelas.

Salah satu contoh kecilnya saja untuk mata. Jika mata Anda bengkak akibat kurang tidur atau sembab akibat menangis, coba iris tipis timun yang telah disimpan dikulkas, lalu Anda berbaring dan tempelkan irisan timun itu pada mata Anda.

Tidak usah lama-lama, cukup 20 menit saja. Selain bisa menghilangkan bengkak pada mata, timun juga dapat menghilangkan lelah pada mata. Irisan timun untuk wajah juga dapat menghambat kerutan dan penuaan dini, timun juga dapat membuat wajah untuk tetap lembut dan halus.

Fakta Nutrisi Timun

Kupas timun yang ada di hadapan Anda, dan bisa dipasyikan nilai gizi yang hampir sama dengan yang tidak dikupas. Timun kupas mungkin mengandung kurang serat makanan daripada satu timun utuh dengan kulitnya. Toh, Satu cangkir cincang timun kupas (sekitar 133g) berisi:

Jumlah Gizi

  • Kalori 16
  • Karbohidrat 2,9 g
  • Gula 1,8 g
  • Nilai dan fakta nutrisiary Fiber 0,9 g
  • Lemak 0,2 g
  • Protein 0,8 g
  • Thiamin (Vitamin B1) 0.01 mg
  • Riboflavin (Vitamin B2) 0,03 mg
  • Niacin (vitamin B3) 0,08 mg
  • Pantothenic Acid (Vitamin B5) 0,3 mg
  • Vitamin B6 0,01 mg
  • Folat (Vitamin B9) 18,6 mcg
  • Vitamin C 4,3 mg
  • Kalsium 18,6 mg
  • Besi 0,3 mg
  • Magnesium 16 mg
  • Fosfor 27,9 mg
  • Kalium 181 mg
  • Seng 0,2 mg
  • Mangan 0,1 mg
  • Selenium 0,1 mcg
  • Fluorida 1,7 mcg

Manfaat dari Nilai Gizi Jus Timun

Sebuah timun mengandung sejumlah besar air, juga kaya akan vitamin C (asam askorbat). Timun sangat penting dari sudut pandang kesehatan kulit, karena mengandung asam caffeic.

Kedua keberadaan asam bertanggung jawab untuk efek menenangkan pada kulit. Selain mengurangi pembengkakan dan iritasi, juga mengurangi gejala retensi air. Potongan timun Oleh karena itu dipotong, ketika ditempatkan di atas mata bengkak, luka bakar (juga sunburns) dan dermatitis, membantu meringankan gejala dengan cepat.

Kalori dalam timun sangat rendah sehingga Anda dapat memasukkan dalam setiap nilai dan fakta nutrisi penurunan berat badan. Hal ini bebas kolesterol dan sangat rendah lemak jenuh.

Timun ini dikemas dengan berbagai vitamin seperti vitamin A, C, B6, riboflavin, folat, thiamin, asam pantotenat dan mineral seperti fosfor, kalium, molibdenum mangan, dan magnesium. Timun ini juga agak tinggi kandungan gula. Tingginya persentase kalium, magnesium, dan serat dalam timun membantu menurunkan tekanan darah tinggi (memberikan orang yang memiliki tekanan darah tinggi mengikuti nilai dan fakta nutrisi seimbang rendah lemak).

Timun pun bekerja besar untuk penyakit ginjal, masalah kandung kemih, masalah hati dan gangguan pankreas. Ini membantu meringankan gejala rheumatoid arthritis.

Anak-anak maupun orang dewasa harus mengkonsumsi timun secara teratur, karena membantu memerangi penyakit gusi dan mencegah kerusakan gigi. Dokter menyarankan bahwa mereka yang menderita masalah paru-paru dan dada harus mengkonsumsi timun secara teratur. Ini mengandung enzim erepsin, yang meningkatkan pencernaan protein mudah.

Selain kaya akan mineral, membantu untuk mendapatkan kuku yang kuat. Pasien diabetes dapat mengambil jus ketimun di bawah bimbingan dokter. Mereka didiagnosis dengan gout dapat minum ‘ketimun dan jus wortel’ untuk mengontrol tingkat asam urat.

Kandungan air yang tinggi timun menanamkan nuansa pendinginan karakteristik dan rasa. Air membuat kulit terhidrasi dengan baik. Silika dalam timun memperkuat jaringan ikat pada tulang, ligamen, tendon dan otot. Hal ini juga meningkatkan kesehatan dan tekstur kulit Anda. Menawarkan kulit halus dan bercahaya.

Berbagai jenis timun seperti lampu hijau, hijau tua, kecil, besar, timun tanpa biji tersedia di semua bagian dunia. Manfaat nutrisi dari timun tanpa biji dan manfaat dari varietas timun lainnya hampir sama.

Anda dapat mencampur jus timun dengan jus lain seperti berbagai jus wortel, jus selada, dan sejenisnya. Anda dapat mengkonsumsi jus dan dapat menuai semua manfaat kesehatan dari timun.

Jus Timun dan Manfaatnya

Bagaimana kalau timun di jus, apakah enak juga? Cobalah resep berikut :

  1. Untuk wajah : Potonglah timun menjadi bagian-bagian yang kecil, lalu campurkan dengan sedikit susu. Jangan susu yang mengandung gula, pilihlah susu murni yang tidak ada rasanya. Jika selesai di blender, oleskan pada wajah anda. Diamkan selama 20-30 menit, lalu basuh wajah Anda dengan air hangat. Gunakan masker ini seminggu sekali untuk mendapatkan kulit wajah yang tampak bersinar.
  2. Untuk tubuh : Potonglah timun menjadi bagian-bagian yang kecil, lalu juslah dan sedikit tambahkan madu. Jus timun dipercaya dapat melancarkan air seni yang terhambat dan dapat menurunkan darah tinggi. Kalau Anda tidak suka dengan rasa timun yang hambar, Anda dapat menambahkan sedikit madu. Madu dipercaya dapat menguatkan tubuh dan stamina yang lemah.

Jus Timun untuk Mengatasi Penyakit

Timun juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Diantaranya adalah :

  • Diare : Timun di rebus terlebih dahulu, lalu parut dan ambil airnya. Jika Anda tidak suka dengan rasanya yang hambar, Anda dapat menambahkan sedikit madu. Lakukan sampai rasa diare anda berkurang. Cara ini juga dapat mencegah penyakit hipertensi.
  • Obat typus : Berbeda dengan obat diare, obat typus tidak perlu direbus terlebih dahulu. Cukup diparut dan disaring, minum air perasannya. Lakukan seperti minum obat, yaitu 3x sehari.
  • Selain itu, timun juga dapat menurunkan berat badan Anda. Karena timun mempunyai kalori yang sangat rendah dan kaya akan serat. Timun juga mempunyai kandungan asam melonat yang dipercaya dapat mencegah penyakit gula darah menjadi lemak. Cobalah mengkonsumsi secara rutin.

Kekurangan Timun

Namun timun pun mempunyai kekurangan. Terlalu banyak mengkonsumsi jus timun, ternyata tidak baik juga untuk Anda yang masih gadis, karena dapat menimbulkan keputihan. Sebaiknya untuk para gadis, konsumsilah timun dengan kadar yang sewajarnya, jangan berlebih.

Selamat mencoba resep diatas, jangan lupa memberikan ide ini pada orang terdekat Anda!

Timun adalah jenis sayuran yang sangat murah. Anda pun dapat dengan mudah mendapatkannya, dimanapun dan kapanpun selama anda masih berada dalam supermarket atau pasar, Anda bisa mendapatkannya. Tahukah Anda, bahwa sayuran yang mudah didapat ini mempunyai khasiat yang luar biasa untuk tubuh?

Speak Your Mind

*