Kabel Listrik yang Bagus untuk Rumah

Kabel menjadi salah satu perlengkapan penting kalau hendak memasang listrik. Oleh karena itu, kita harus pandai memilih jenis kabel listrik yang bagus untuk rumah atau tempat usaha kita. Pada umumnya, kabel-kabel untuk rumah tak serumit untuk kabel yang ada di perkantoran atau tempat usaha lainnya. Jenis yang baik atau bagus adalah jenis kabel listrik yang terbuat dari penghantar yang baik juga.

Perlu diingat, untuk menyalurkan energi listrik busa dilakukan beberapa cara yakni saluran yang melewati udara juga kabel tanah. Jika yang dipakai adalah saluran kabel yang melewati udara, maka kawat penghantar yang digunakan adalah kawat tembaga telanjang, aluminium telanjang, aluminium berinti baja, kawat baja yang di dalamya berisi lapisan tembaga, dan campuran yang berbasis aluminium. Sementara itu, untuk saluran pada jenis kabel tanah, umumnya menggunakan kabel yang memiliki penghantar dari jenis tembaga atau aluminium.

Seiring berjalannya waktu, perkembangan jenis saluran kabel tanah yang sangat mencolok adalah dari bahan isolasinya. Pada awalnya, akan banyak menggunakan isolasi yang bahannya kertas dengan lapisan lindung yang terbuat dari mekanikal yang berupa timah hitam. Selanjutnya ditambah dengan menggunakan minyak atau yang dikenal dengan jenis kabel GPLK (gewapend papier lood kabel).

Jenis kabel ini merupakan jenis kabel standart yang digunakan oleh Belanda, sedangkan untuk kebal jenis NKBA (Normal kabel Mit Bleimantel Aussenumheullung) biasanya digunakan oleh Jerman. Namun saat ini juga ada jenis kabel yang mulai populer, salah satu contohnya adalah jenis kabel dengan isolasi buatan berupa jenis PVC atau Polyvinyl Chloride dan XLPE atau cross linked polyethylene. Kedua jenis kabel ini menjadi favorit di masyarakat, sebab jenis isolasinya bagus dan baik.

Dahulu jenis bahan yang sering digunakan untuk berbagai saluran listrik adalah tembaga yang diberi kode Cu. Sayangnya, harga tembaga makin tinggi dan tidak stabil, sehingga jenis aluminium kini mulai dilirik untuk dimanfaatkan untuk bahan kawat saluran listrik.

Bahan aluminium ini digunakan tidak hanya untuk saluran udara saja, tetapi untuk saluran tanah pun juga memakai bahan aluminium. Alasan lain mengapa pabrik kabel beralih menggunakan aluminium, karena kabel yang menggunakan jenis kawat tembaga biasanya sering dicuri orang. Bahan tembaga ini bisa didaur ulang untuk membuat aneka barang yang lain, sehingga kabel-kabel besar pun kadang dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Mengetahui Kabel Listrik yang Bagus untuk Rumah
Sebaiknya kita juga perlu tahu jenis kabel yang bagus untuk rumah kita. Nah cara tahunya dengan melihat dari jenis-jenis logam yang dipakai oleh kabel tersebut. Sebab ada banyak jenis logam atau campuran yang biasanya dipakai untuk membuat kabel. Berikut adalah beberapa jenis logam dan campuran yang biasanya dimasukkan untuk pembuatan kawat listrik.

Brons, jenis logam ini juga sering dipakai untuk pembuatan kawat listrik karena mempunyai sifat dan kekuatan mekanikal yang lebih besar, tetapi perlu diingat bahwa daya hantar dari logam ini tergolong rendah. Pada umumnya brons dipakau untuk jenis kawat tanah.
Tembaga elektronik, tiap jenis tembaga yang dipakai harus melalui tahap normalisasi, untuk mengetahui jenis daya hantar dan sifat mekanikal yang terdapat dalam logam tersebut. Salah satunya jenis tembaga elektronik ini.
Aluminium, kelebihan dari jenis logam ini adalah mengandung material yang sangat ringan. Sedangkan kekurangan dari jenis logam aluminium adalah daya hantar listriknya masih rendah serta kawat yang dihasilkan juga terkesan kaku. Namun harganya cukup kompetitif, karena harganya yang cukup murah inilah maka sering bersaing dengan logam jenis tembaga. Tetapi untuk saat ini kabel listrik yang cukup bagus dan sering digunakan untuk instalasi listrik dengan arus kuat adalah tembaga.
Aluminium berinti baja, jenis aluminium ini yang penghantarnya dilengkapi dengan beberapa kawat baja pada inti kabelnya dan biasanya dikenal dengan sebutan aluminium cable steel reinforced (ACSR). Kawat baja diperlukan karena untuk meningkatkan kekuatan dari tarikan kabel dan sering digunakan untuk jenis kawat dengan saluran hantar udara.
Aldrey, jenis kawat ini merupakan campuran dari aluminium dan silicium dengan penghitungan konsentrasi sekitar 0,4 hingga 0,7 persen, magnesium 0,3-035 persen dan ferum 0,2-0,3 persen. Perlu diketahui, bahwa kawat jenis ini mempunyai kekuatan mekanikal yang termasuk sangat besar tetapi daya hantar listriknya masih tergolong rendah.
Cooper weld adalah jenis kawat baja yang biasanya dikelilingi oleh lapisan tembaga.
Baja, jenis logam ini adalah jenis yang sering dipakai untuk kawat petir dan kawat pertanahan.
Melalui beberapa penjelasan singkat ini semoga nanti kita tahu jenis kabel listrik yang cukup bagus itu seperti apa, sehingga awet ketika dipakai. Berdasarkan penjelasan jenis logam untuk kabel itu, dapat disimpulkan bahwa sejauh ini bahan yang sangat penting sebagai saluran penghantar listrik adalah aluminium dan tembaga. Maka dari itu, wajar jika dua bahan itu sering digunakan menjadi kawat penghantar listrik, baik untuk saluran tanah maupun saluran udara.

Jenis Kabel Listrik yang Biasa Digunakan
Jika hendak memasang listrik untuk rumah, ada tiga jenis pilihan kabel listrik yang cukup bagus dan biasa digunakan adalah NYA, NYY, dan NYM. Pembagian ketiga istilah tersebut didasarkan tata nama ayau nomenklatur yang ada pada kabel. Dalam Persyaratan Umum Instalasi Listrik (PUIL) tahun 2000 dalam lampiran C pernah dijelaskan terkait tata nama kabel tersebut.

Penyebutan istilah dengan nama NYA, NYY dan NYM juga memiliki arti yakni standar dari kabel penghantar yang memakai tembaga menggunakan huruf N dan jenis kabel isolasi yang berselubung dari PVC menggunakan kode huruf Y. Berikut akan dijelaskan mengenai tiga jenis pemasangan kabel listrik untuk rumah yang bagus.

1. Jenis Kabel NYA
Jenis kabel ini adalah kabel yang berisolasi PVC dan berinti kawat tunggal. Warna untuk isolasinya pun juga ada beberapa macam seperti merah, biru dan hitam. Jenis kabel ini merupakan jenis kabel udara dan tidak dipakai untuk dalam tanah karena isolasinya hanya satu lapis dan mudah luka jika terkena gigitan tikus maupun gencetan benda keras. Cara pemasangannya, kabel NYA harus dimasukkan terlebih dahulu dalm suatu konduit kabel. Konduit sendiri adalah sebuah selubung pelindung yang berupa pipa besi.

Namun secara umum, yang dipakai biasanya dalah pipa PVC. Pipa di sini harus dibedakan dengan pipa air. Konduit ini juga berfungsi untuk melindungi kabel berbagai gangguan luar dan memudahkan jika hendak mengganti atau sekadar menambah kabel. Sebab jenis kabel ini tinggal ditarik atau didorong saja. Selain itu, penggunaan konduit sebenarnya tidak terbatas pada jenis kabel NYA saja namun dapat dipakai untuk kabel NYM dab NYY.

2. Jenis Kabel NYY
Ciri khas dari jenis kabel ini adalah warnanya yang hitam dengan isolasi PVC double atau ganda sehingga akan lebih kuat. Oleh sebab itu kabel ini lebih kuat dari tekanan dan gencetan dari air atau manapun. Sedangkan untuk pemasangannya pun bisa outdoor dan ditanam dalam tanah.

Disaranakan jika hendak memasang kabel untuk daerah di luar rumah atau taman sebaiknya menggunakan kabel ini, karena hasilnya akan lebih baik. Jenis kabel listrik yang cukup bagus memang kadang sedikit lebih mahal, begitu juga dengan jenis kabel NYY yang lebih mahal dari jenis kabel NYA dan NYM.

3. Jenis Kabel NYM
Jenis kabel ini memiliki isolasi yang berada di luar dan berciri khas menggunakan jenis PVC warna putih yang berfungsi untuk mengenali kabel tersebut. Selain itu, kabel ini juga dilengkapi dengan selubung karet di dalamnya dan memiliki inti kawat tunggal yang jumlahnya sekitar 2 hingga 4 inti. Tiap inti mempunyai isolasi PVC dengan warna yang beda-beda jadi bisa diasumsikan bahwa kabel ini hampir mirip dengan kabel NYA yang dijadikan satu dan ditambahkan isolasi putih serta selubung karet.

Jenis kabel ini relatif kuat sebab ada isoalsi PVC dan selubung karetnya. Sedangkan untuk pemasangan pada instalasi listrik untuk rumah tidak harus menggunakan konduit, kecuali jika dipasang dalam tembok. Kabel ini sebenarnya sudah dirancang untuk penggunaan di bagian luar. Nmun konduit juga bisa dipasang sebagai pelindung jika memang ingin dipasang di luar ruangan. Sementara itu, untuk harganya memang lebih mahal dari tipe NYY dan NYA.

Itulah ulasan tentang kabel listrik yang bagus untuk rumah. Semoga bermanfaat!

Speak Your Mind

*