Kartu Ucapan Selamat Ulang Tahun dan Makna Ucapannya

Kartu Ucapan Selamat Ulang Tahun dan Makna Ucapannya – Ulang tahun merupakan salah satu momen spesial dalam kehidupan seseorang. Seseorang merasa senang karena masih diberi kesempatan untuk menikmati hidup hingga usia tersebut. Sejatinya, ulang tahun bukanlah sebuah peristiwa pengulangan tahun karena tahun yang sama tidak mungkin berulang. Ulang tahun sebenarnya adalah pengulangan tanggal dan bulan lahir.

kartu ucapan selamat ulang tahun

Akan tetapi, ritual pengulangan tanggal dan bulan lahir itu cenderung disebut ulang tahun. Saat ulang tahun, seseorang akan menerima ucapan selamat ulang tahun dari orang sekelilingnya. Baik keluarga, sahabat, maupun pacar. Ucapan selamat ulang tahun bisa disampaikan secara langsung maupun melalui perantara kartu dan media lain.

Selamat Ulang Tahun- Panjang Umur dan Bahagia

Ucapan selamat ulang tahun biasanya berisi kalimat, “Semoga panjang umur dan bahagia!” Padahal, ulang tahun sama artinya dengan berkurangnya jatah usia seseorang. Jadi, ulang tahun merupakan proses yang dilewati seseorang untuk mengurangi jatah usianya selama satu tahun. Hitungan angka umur boleh saja bertambah, tetapi jatah usia berkurang.

Misalnya, seseorang hanya diberi jatah usia 50 tahun. Jika ia berulang tahun ke-23, berarti jatah usianya tinggal 27 tahun. Pada ulang tahun berikutnya, 24 tahun, jatah usianya berkurang lagi menjadi 26 tahun. Dengan demikian, rasanya tidaklah tepat seseorang berpesta pora merayakan hari ulang tahun.

Merujuk pada kenyataan bahwa ulang tahun merupakan pengurangan jatah usia, agaknya kurang tepat mengucapkan selamat ulang tahun dengan doa, “Semoga panjang umur!” Akan lebih tepat jika doa tersebut diganti, “Semoga sisa usiamu berkah!” Doa seperti itu tampak lebih logis dibanding mendoakan agar seseorang panjang umur karena usia sudah ada yang menentukan.

Kartu Ucapan Ulang Tahun

Terlepas dari persoalan pengulangan tanggal lahir serta doa-doa yang dipanjatkan bagi seseorang yang berulang tahun, kita tentu mengenal kartu ucapan selamat ulang tahun. Dahulu, kartu ucapan happy birthday begitu marak digunakan. Namun, kini media penyampai kebahagiaan ini sudah mulai terabaikan karena semakin canggihnya media komunikasi jarak dekat maupun jarak jauh.

Meskipun eksistensinya mulai meredup, masih ada orang yang menggunakan kartu ucapan selamat ulang tahun karena dianggap memiliki kelebihan tersendiri. Persoalannya pun tidak lagi bergantung pada perkembangan media komunikasi. Orang yang masih memakai kartu ucapan selamat ulang tahun beranggapan bahwa tidak ada satu media pun yang mampu menggantikan kartu ucapan tersebut, baik dari bentuk maupun tujuan.

Kelebihan Kartu Ucapan Ulang Tahun

Sekali lagi, meskipun terbilang agak kuno, kartu ucapan selamat ulang tahun nyatanya masih memiliki daya pikat tersendiri. Ada hal yang tidak bisa digantikan oleh media apapun. Kartu ucapan ulang tahun bisa berdiri sendiri maupun disertakan di dalam kado. Namun, umumnya kartu ucapan disertakan bersama kado.

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan kartu ucapan happy birthday dibanding media komunikasi lain.

    • Bisa mewakili seseorang yang tinggal berjauhan lengkap dengan kadonya. Meskipun bisa mengirim ucapan melalui internet, SMS, dan telepon, seseorang tidak bisa mengirim kado lewat media komunikasi canggih itu. Mengirim kado tetap harus melalui jasa pengiriman paket maupun kantor pos.

    • Bisa menjadi penolong bagi seseorang yang tidak punya keberanian untuk berbicara secara langsung.

    • Bisa menuliskan ucapan dalam karakter yang lebih banyak serta bentuk yang diperindah sedemikian rupa.

    • Memberikan nilai sakral dan kesungguhan orang yang mengucapkan.

    • Bisa memilih gambar kartu sesuai warna maupun tokoh favorit yang berulang tahun.

  • Bisa membuat kartu ucapan sendiri sehingga penerimanya akan merasa tersanjung.

Rahasia Dibalik Ucapan Selamat Ulang Tahun

Ucapan happy birthday bukanlah sekedar ucapan yang keluar dari lisan saja. Ia memiliki rahasia yang luar biasa, terutama bagi yang sedang berulang tahun. Dapat dikatakan, ada tiga rahasia yang terjadi

1. Adanya Rasa Perhatian

Ucapan happy birthday bukan sekedar ucapan saja. Ia menunjukkan bahwa ucapan tersebut mengandung makna adanya perhatian si pemberi ucapan kepada yang berulang tahun. Ucapan yang dicetuskan melebihi dari kado yang diberikan. Namun, bila diiringi dengan kado akan lebih membekas di lubuk hati.

Apalagi jika perhatian tersebut hadir dari orang yang pernah singgah di hatinya. Ia merasa, meski sudah tidak lagi menjadi pacar atau kekasihnya, namun tetap ingat akan tanggal lahirnya. Perhatian ini bisa menjadi nilai persahabatan yang baru. Tak selamanya perhatian yang ditimbulkan oleh mantan kekasih di saat berulang tahun menunjukkan bahwa ia masih ada cinta. Tidak. Bisa jadi, ucapannya tersebut menunjukkan, meski tak menjadi kekasihnya masih tetap melakukan komunikasi dan menunjukkan keinginan untuk tetap menjadi sahabat.

2. Media Penyambung Hubungan yang Retak atau Terputus

Jika Anda pernah cekcok atau bertengkar dengan teman Anda lalu bingung bagaimana untuk memperbaikinya. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaat hari ulang tahunnya. Anda sebagai teman tentunya tahu kapan ia berulang tahun. Maka manfaatkan hari ulang tahunnya untuk membuka komunikasinya dengan. Ucapkanlah kata happy birthday kepadanya.

Kemungkinan besar ia akan membalas ucapan Anda, lalu coba kembali untuk membuka komunikasi dengannya.

Bila sudah terjalin komunikasi, maka Anda mesti bisa menjaga komunikasi tersebut dengan tidak mengingat-ingat apa yang pernah terjadi. Tapi coba untuk mengawalinya dengan canda. Jika memang memiliki rezeki, Anda bisa membelikan kado ulang tahun untuknya.

3. Mencari Pahala

Mengucapkan happy birthday sejatinya mengandung pahala, karena Anda ikut mendoakan orang lain. Cara terbaik untuk mendapatkan kebaikan adalah dengan mendoakan orang lain. Jika Anda ingin kaya misalnya, maka doakanlah orang lain menjadi kaya. Otomatis, Anda sendiri pun nantinya bakal menjadi kaya.

Anda mendoakan orang lain agar panjang umur, murah rezeki, usia yang berkah dan lain-lain, maka doa tersebut akan kembali kepada Anda. Anda pun bakal murah rezeki dan memiliki usia yang berkah. Karena tidak kebaikan kecuali kembali kepada orang yang berbuat baik.

Karena itu, mendoakan orang yang berulang tahun yang diawali dengan pengucapan selamat akan memberikan pahala bagi yang mengucapkannya. Tidak ada manusia yang lebih baik selain manusia yang bermanfaat untuk orang lain. Salah satu cara agar menjadi bermanfaat bagi orang lain adalah dengan mendoakannya ketika berulang tahun.

Kini, Tak Ada Alasan Untuk Tak Mengucapkan Happy Birthday

Kini, tak ada alasan bagi Anda untuk tak mengucapkan happy birthday kepada saudara dan teman Anda yang berulang tahun. Jika tak bisa diucapkan dengan kartu ucapan, maka Anda bisa memanfaatkan SMS, BBM, Twitter dan lain-lain.

Media jejaring sosial kini memang menjadi terbaik yang bisa dilakukan siapa saja untuk mengucapkan happy birthday kepada saudara atau temannya. Dengan jejaring sosial semuanya bisa dilakukan dengan praktis. Bahkan, dengan menampilkan foto kue ucapan selamat ulang tahun.

Sungguh, kini tak punya alasan untuk tak mengucapkan happy birthday kepada siapa saja yang Anda kenal. Bahkan Anda pun dengan mudah kini merangkai kata-kata ucapan happy birthday dengan bantuan internet. Cukup banyak ucapan yang bisa Anda tiru atau Anda tinggal mengetikkannya atau mengcopynya dari blog atau website, lalu Anda kirimkan kepada siapa saja yang berulang tahun.

Jika Anda memiliki banyak uang, mengucapkan happy birthday juga bisa dilakukan melalui iklan di koran. Tentunya, biayanya cukup besar. Namun bila Anda memiliki uang, maka tak ada salahnya Anda mengucapkan happy birthday melalui iklan koran.

Umumnya yang melakukan pengucapan happy birthday melalui surat kabar atau koran adalah warga tionghoa. Meski tak tahu apa maksud pengucapannya yang disampaikan melalui surat kabar atau koran, yang penting mereka mengajarkan bahwa salah satu media yang bisa digunakan untuk mengucapkan happy birthday adalah koran atau surat kabar.

Bolehkah Mengucapkan Happy Birthday dengan Bunga?

Zaman sekarang, orang mengucapkan happy birthday dengan kue. Dahulu, di Zaman kakek atau orang tua kita di masa mudanya, mengucapkan happy birthday dengan bunga. Maka tak salah bila Anda mengucapkan happy birthday dengan menggunakan bunga.

Meski kelihatan jadul, namun tetap saja wanita suka bila di saat ia ulang tahun diberikan bunga. Apalagi, jika Anda mengkombinasikannya dengan kado dan kue ulang tahun. Sampai kapan pun tak akan pernah terlupakannya. Karena Anda bisa membuatnya benar-benar terkesan.

Wanita memang suka dibuat melayang. Apalagi di saat hari ulang tahunnya. Jika ia mendapatkan hadiah spesial, maka ia akan selalu mengingatnya dan menyimpan hadiah yang diberikan. Ini umumnya yang dirasakan wanita.

Speak Your Mind

*